Umum

Daftar Wakil Menteri Kabinet Kerja Jokowi-Ma’ruf (2019-2024)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan nama-nama Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju. Didampingi Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Jokowi membacakan satu-satu nama wakil menteri untuk periode 2019-2024.

Sama seperti saat mengumumkan menteri, Jokowi juga memperkenalkan 12 wakil menterinya sambil duduk lesehan di tangga Istana Merdeka, Jakarta, pada tanggal 25 Oktober 2019 lalu. Dimana berikut ini daftar Wakil Mentri Kabinet Kerja Jokowi 2019-2024, lengkap beserta biografinya:

1. Budi Gunadi Sadikin

Daftar Wakil Menteri Kabinet Kerja Jokowi-Ma'ruf (2019-2024)
Budi Gunadi Sadikin

Budi Gunadi Sadikin dipilih Jokowi untuk menempati pos Wakil Menteri BUMN. Budi merupakan Direktur Utama PT Inalum sejak September 2017 lalu. Dia mengaku siap menanggalkan jabatannya sebagai Dirut untuk membantu pemerintahan lima tahun ke depan.

Budi Gunadi Sadikin, pria kelahiran tahun 1964 yang merupakan sarjana Fisika Nuklir dari Institut Teknologi Bandung pada 1988. Budi mengawali karier sebagai staf teknologi informasi di IBM Asia Pasifik yang berpusat di Tokyo, Jepang. Kemudian, ia melanjutkan karier di IBM Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai Systems Integration & Professional Services Manager sampai tahun 1994. Tahun 1994, ia pindah ke Bank Bali yang sekarang berubah nama menjadi Bank Permata. Budi memegang sejumlah jabatan, di antaranya sebagai General Manager Electronic Banking, Chief General Manager wilayah Jakarta, dan Chief General Manager Human Resources hingga 1999.

2. Wahyu Sakti Trenggono

Wahyu Sakti Trenggono

Wahyu Sakti Trenggono dilantik menjadi wakil menteri pertahanan. Trenggono akan mendampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Meski Trenggono kuat dengan latar belakang sebagai pebisnis bidang telekomunikasi, alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Bina Nusantara ini sempat terjun ke dunia politik sebagai Bendahara Partai Amanat Nasional (PAN) yang saat itu ketua umumnya dijabat Hatta Rajasa.

Pria kelahiran Semarang, 3 November 1962 pernah menempuh pendidikan Teknik Industri, Institut Teknologi Bandung ( ITB). Wahyu Sakti Trenggono, atau yang lebih akrab disapa Trenggono, memiliki kisah hidup yang sederhana.

3. Zainut Tauhid

Zainut Tauhid
Zainut Tauhid

Zainut Tauhid terpilih menjadi Wakil Menteri Agama. Politisi PPP akan membantu kerja Menteri Agama Fachrul Razi. Zainut juga merupakan Wakil Ketua MUI Pusat.

Nama : Drs H Zainut Tauhid Sa’ adi

Nama Panggilan : Zainut Tauhid

Kelahiran : 20 – 06 – 1968

Tempat Kelahiran : Jepara

Kewarganegaraan : Indonesia

Agama : Islam

Drs H Zainut Tauhid salah seorang kader dari P3 ( Partai Persatuan Pembangunan ) yang berhasil menduduki posisi anggota di dalam tubuh DPR yang mendapatkan kursi dari partai yang mengusungnya yaitu P3 selain tegas dan dikenal disiplin yang dimilikinya bertingkat tinggi, juga dikenal sangat ramah terhadap semua orang, baik yang sudah lama dikenal maupun orang yang baru saja dikenalnya.

4. Mahendra Siregar

Mahendra Siregar
Mahendra Siregar

Mahendra Siregar dipilih sebagai wakil menteri luar negeri. Mahendra memang sudah mempunyai pengalaman di bidang ini. Ia merupakan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat. Sebelumnya, Presiden Jokowi telah melantik Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

Mahendra Siregar lahir pada tanggal 17 Oktober 1962, di Jakarta. Kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Dan lulus dari kuliahnya, kemudian ia berkarier di Departemen Luar Negeri.

Selama bertugas di Deplu, ia menjabat sebagai Economic Third Secretary Kedutaan Besar Indonesia di London (1992–1995) dan duta informasi Kedutaan Besar Indonesia di Washington D.C selama 3 tahun (1998–2001).

Pada tahun 2001, ia bergabung dengan Kementrian Koordinator Perekonomian dan dipercaya menjadi Asisten Khusus Menteri Koordinator Perekonomian Dorodjatun Kuntjoro Jakti. Lalu ia kembali melanjutkan S2 Ekonomi di Universitas Monash, Australia. Dan ia juga dipercaya menjadi Deputi Menko Perekonomian Bidang Kerjasama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional tahun 2005 hingga 2009.

5. Jerry Sambuaga

Jerry Sambuaga
Jerry Sambuaga

Jerry Sambuaga dipilih sebagai Wakil Menteri Perdagangan. Politisi Partai Golkar ini akan mendampingi Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Nama : Dr Jerry Sambuaga

Kelahiran : 02 – 07 – 1985

Usia : 34 ( Tahun )

Tempat Kelahiran : DKI Jakarta

Kewarganegaraan : Indonesia

Ayah : Theo L Sambuaga

Pendidikan Terakhir : S3 Universitas Indonesia Tahun 2016

Partai : Golongan Karya

Dr. Jerry Sambuaga selama perjalannya saat menyelesaikan pendidikan Pada tahun 2006 yang silam di universitas luar negeri yaitu USF ( University of Fransisco ) dengan jurusan Bachelor Arts In Politic, lantas ia melanjutkan sekolahnya di Negara Columbia dan mengambil gelar masternya di bidang keamanan serta berhasil diselesaikan pada tahun 2008.

Sekian lama Dr Jerry Sambuaga malang melintang di dunia pendidikan luar negeri akhirnya memutuskan untuk kembali ke tanah air dengan pendidikan yang terakhir sebagai Doktor Politik yang kemudian selesai di tahun 2016 dengan gelar tertingginya.

6. Suahasil Nazara

Suahasil Nazara
Suahasil Nazara

Suahasil Nazara dilantik menjadi Wakil Menteri Keuangan. Kepala Badan Kebijakan Fiskal akan membantu Sri Mulyani yang lebih dahulu dilantik sebagai Menteri Keuangan.

Suahasil Nazara yang lahir pada tanggal 23 November 1970, di Jakarta. Pada tahun 1994, ia meraih gelar Sarjana Ekonomi (SE) di Universitas Indonesia. Pada tahun 1997 mendapatkan gelar Master of Science (MSc) di Cornell University USA. Setelah itu, pada tahun 2003, ia kembali meraih gelar Doctor of Philosophy (PhD) di University of Illinois at Urbana-Champaign USA.

Karir yang ia mulai dari bidang pendidikan di mana sejak tahun 1999 ia menjadi pegawai negeri sipil (PNS) sebagai dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI). Kemudian pada tahun 2009 mendapatkan gelar Guru Besar (Profesor) di bidang Ilmu Ekonomi.

7. John Wempi Wetipo

John Wempi Wetipo
John Wempi Wetipo

Politisi PDI-P dan mantan Bupati Jayawijaya 2 periode yang menduduki posisi wakil menteri PUPR. Basuki Hadimuljono telah dilantik menjadi Menteri PUPR pada Rabu, 23 Oktober 2019 lalu.

John Wempi yang lahir pada 15 September 1972 di Jayawijaya merupakan seorang politisi PDI-P dari Papua yang menjabat bupati Kabupaten Jayawijaya selama dua periode dari 2008 sampai 2018. Namun, ketika berpartisipasi dalam pemilihan gubernur 2018 Papua, Wempi kalah dari petahana Lukas Enembe dengan hanya mendapatkan 32,5 persen suara. Wempi berasal dari suku Dani, dan merupakan putra tunggal dari Habel Wetipo. John Wempi adalah putra asli Papua yang pernah menjabat sebagai Bupati Jayawijaya.

8. Budi Arie Setiadi

Budi Arie Setiadi
Budi Arie Setiadi

Ketua Umum Relawan Projo Budi Arie Setiadi terpilih sebagai wakil menteri kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi (PDTT). Lulusan Universitas Indonesia pernah menjadi wakil ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta.

Pria kelahiran Jakarta, 20 April 1969 yang lebih dikenal sebagai relawan, aktivis, praktisi media sekaligus politikus. Perannya sebagai aktivis cukup panjang. Ia memulai aktivitas sejak mahasiswa. Sosok Budi Arie sebelumnya diketahui memimpin kelompok relawan Pro Joko Widodo ( Projo), salah satu organisasi relawan terbesar pendukung Jokowi. Ia pernah aktif mendirikan dan membina Forum Studi Mahasiswa (FSM) UI dan juga Kelompok Pembela Mahasiswa (KPM ) UI. Kariernya di bidang politik, ia pernah menjadi Kepala Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta periode 2005-2010 dan juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta.

9. Alue Dohong

Alue Dohong
Alue Dohong

Deputi Badan Restorasi Gambut Alue Dohong terpilih menjadi wakil menteri lingkungan hidup dan kehutanan. Alue membantu kinerja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Alue Dohong yang berasal dari Suku Dayak pertama yang ditawari untuk menjadi wakil menteri. Alue Dohong merupakan akademisi yang memang sudah lama bergelut di bidang pengolahan lahan basah atau lahan gambut. Sebelum di BRG, ia mendirikan Lembaga Pengkajian, Pendidikan, dan Pelatihan Lingkungan Hidup (LP3LH) di Palangkaraya. Selain itu, Alue Dohong juga mengajar di Universitas Palangkaraya dalam bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup.

10. Surya Tjandra

Surya Tjandra
Surya Tjandra

Politisi PSI Surya Tjandra dipilih sebagai wakil menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN. Ia akan mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil.

Surya lahir dan tumbuh dalam keluarga yang sederhana pada tanggal 28 Maret 1971. Ayah dan ibunya adalah pedagang ayam potong di pasar Jatinegara, Jakarta. Kehidupan yang sederhana, dan bisa dikatakan pas-pasan semakin terasa berat karena harus tumbuh bersama dengan 6 saudaranya.

Surya seorang yang mengagungkan sosok ibu. Dari ibunya ia banyak belajar manajemen kehidupan dan seni memimpin. “Beliau perempuan istimewa dan akan selalu istimewa bagi saya” bagi Surya. Ibundanya adalah sosok pekerja keras, selain bekerja sama dengan ayahnya, sosok ibundanya tidak lupa mendidik putra agar selalu disiplin dan tekun mengejar cita-citanya.

Melalui perjuangan yang panjang sampai pada akhirnya Surya berhasil menyelesaikan studinya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Surya pun melanjutkan Studi PASCA SARJANA melalui jalur bea siswa di Universitas Warwick, Inggris dan Program DOKTORAL di Universitas Leiden, Belanda.

11. Kartika Wirjoatmodjo

Kartika Wirjoatmodjo
Kartika Wirjoatmodjo

Dirut PT Bank Mandiri Tbk Kartika Wirjoatmodjo akan mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir. Kartika terpilih menempati pos wakil menteri BUMN.

Nama lengkap : Kartika Wirjoatmodjo.

Nama panggilan : Tiko.

Tempat, tgl lahir : Surabaya, 18 Juli 1973.

Kartika merupakan lulusan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Menempuh jenjang pendidikan sarjana dengan mengambil jurusan ekonomi dan akuntansi, beliau berhasil menyelesaikan studinya pada tahun 1996.

Kemudian memulai kariernya sebagai konsultan akuntan dan pajak di RSM AAJ sejak tahun 1995 sampai tahun 1996. Selanjutnya , ia bekerja sebagai Analis Kredit di Bank Industri Jepang (1996-1998), Konsultan Senior di PwC Financial Advisory Services ( 1998-1999) dan Boston Consulting Group (2000-2003 ).

Tahun 2008, karier Kartika semakin naik, ia ditugaskan oleh Mandiri Sekuritas sebagai Managing Director. Dan mengemban tugas khusus untuk melakukan restrukturisasi keuangan dan refocusing bisnis, pasca krisis 2008 di pasar modal.

12. Angela Hary Tanoesoedibjo

Angela Hary Tanoesoedibjo

Putri Ketua Umum Partai Perindo Angela Hary Tanoesoedibjo turut mendapatkan jatah kursi. Ia dilantik sebagai wakil menteri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sosok kelahiran Ottawa, Kanada pada 23 April 1987 merintis karier profesionalnya dari industri media. Ia pernah ditunjuk sebagai Editor in Chief dari High End Magazine dan High End Teen Magazine pada 2008. Empat tahun kemudian, Angela dipercaya menjadi Co-Managing Director di MNC Channel. Dan sempat bekerja sebagai staf keuangan di MNC Group milik ayahnya.

Puncak karirnya, Angela Tanoesoedibjo ditunjuk sebagai Direktur Perseroan MNC Group berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tanggal 30 September 2016. Ia menyelesaikan studinya pada program Bachelor of Arts in Communications di Universitas Teknologi Sydney Australia di tahun 2008. Dan ia mendapatkan gelar Master of Commerce di bidang Keuangan pada tahun 2010 di Universitas New South Wales Australia.

Baca juga : Syarat Pendaftaran CPNS November 2019

Demikianlah biografi dari daftar wakil Mentri Kabinet Kerja Jokowi 2019-2024, semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan untuk pembaca sekalian.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close