Umum

Daftar Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya mendapatkan pendidikan yang terbaik hingga ke Perguruan Tinggi karena tidak dapat dipungkiri jika pendidikan yang bagus berhubungan erat dengan masa depan yang cerah. Sayangnya setiap orang tuan masih memikirkan apakah nantinya masih bisa memberikan biaya yang tinggi untuk anaknya karena kondisi di masa depan tidak ada yang mengetahuinya.

Jika orang tua memikirkan pendidikan anaknya, hal tersebut tidak lepas dari biayanya. Setiap tahun, biaya pendidikan selalu mengalami kenaikan. Semakin tinggi jenjang pendidikan yang ditempuh, maka semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan. Dalam keadaan ini, jangan sampai pendidikan anak dikorbankan. Nah untuk mengatasi permasalahan tersebut, penting bagi orang tua untuk membekali masa depan anaknya dengan asuransi pendidikan dimana selain untuk menjamin masa depan anak, asuransi pendidikan dapat digunakan untuk investasi jangka panjang. 

Asuransi pendidikan merupakan salah satu asuransi yang berasal dari kombinasi antara produk asuransi jiwa berjangka (term life insurance) dengan tabungan atau investasi. Dengan adanya asuransi pendidikan, maka perusahaan asuransi sebagai penanggung akan bertanggung jawab mengganti uang penanggungan jika orang tua sebagai tertanggung meninggal dunia sementara anaknya masih harus menyelesaikan pendidikannya. Fungsi dari asuransi pendidikan adalah untuk perlindungan dan juga dana pendidikan. Saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menyediakan jasa layanan asuransi pendidikan, namun tidak semuanya dapat dipercaya. Oleh karena itu, sebelum memilih menggunakan asuransi pendidikan perlu pertimbangan yang matang dalam memiliki. Berikut ini tips memilih asuransi pendidikan yang tepat, diantaranya :

Baca juga : Daftar Perusahaan Asuransi

Tips Memilih Asuransi Pendidikan

Daftar Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak
Tips Memilih Asuransi Pendidikan

 1. Berpengalaman

Cara yang harus dilakukan ketikan memilih asuransi pendidikan adalah perhatikan track record perusahaan asuransi pendidikan tersebut dan cek apakah perusahaan tersebut terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, pengguna asuransi diwajibkan mencari hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan asuransi pendidikan yang dipilih.

2. Terdaftar

Pastikan perusahaan asuransi pendidikan yang dipilih memiliki kartu Asosiasi Umum Indonesia.

3. Memiliki informasi yang jelas

Pastikan perusahaan asuransi pendidikan yang dipilih memberikan penjelasan secara detail terkait produk yang ditawarkan pihak asuransi pendidikan, mulai dari mekanisme pembayaran premi, denda, biaya pertanggungan, dan besaran biaya akuisisi.

4. Mengetahui jumlah dana sesuai target biaya pendidikan

Sebelum mengambil asuransi pendidikan untuk anak, pastikan menghitung jumlah dana agar sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak. Setiap orang wajib memiliki bayangan  berapa biaya untuk masuk sekolah anaknya, biaya kenaikan kelas, dan mengitung berapa biaya yang dihabiskan untuk masuk sekolah anaknya.

5. Memahami risiko dari asuransi pendidikan

Setiap perusahaan asuransi pendidikan pasti memiliki risiko. Risiko tergantung dari instrumen investasi yang dipilih. Penting untuk memilih instrumen yang sesuai dengan risk appetite atau kemampuan dalam menerima risiko.

Setelah mengetahui dan memahami tentang asuransi pendidikan dan tips memilih asuransi pendidikan yang baik, berikut ini akan diulas mengenai daftar perusahaan asuransi pendidikan terpercaya untuk masa depan anak. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Asuransi Pendidikan Prudential

Asuransi Pendidikan Prudential
Asuransi Pendidikan Prudential

Asuransi Pendidikan Prudential merupakan bagian dari perusahaan Prudential Plc yang bergerak dibidang asuransi yang didirikan sejak tahun 1995 dan dikenal dengan slogan “Always Listening, Always Understanding”. Perusahaan asuransi ini cukup terpercaya dan [atut untuk  karena telah menerima berbagai penghargaan prestisius dan diakui sebagai The Best Insurance membuat asuransi pendidikan prudential patut untuk dipertimbangkan banyak orang. Perusahaan asuransi ini menawarkan dua produk asuransi pendidikan, yaitu PRUmy Child dan PRUlink Edu Protection. PRUmy Child menawarkan perlindungan komprehensif dimulai sejak dalam kandungan, dilahirkan, hingga dewasa. perlindungan yang ditawarkan berupa perlindungan kesehatan, finansial, dan pendidikan. Sedangkan PRUlink Edu Protection merupakan salah satu produk terkait investasi dengan memberikan santunan dana setiap bulannya ketika terjadi suatu risiko.

2. Asuransi Pendidikan Manulife

Asuransi Pendidikan Manulife
Asuransi Pendidikan Manulife

Asuransi Pendidikan Manulife didirikan sejak tahun 1985 yang termasuk bagian dari grup perusahaan Manulife Financial Corporation yang merupakan perusahaan besar yang bergerak di  bidang asuransi jiwa. Selain itu, perusahaan tersebut juga bergerak dibidang asuransi pendidikan dimana asuransi pendidikan yang ditawarkan juga patut dipertimbangkan yang dikenal dengan Manulife Edication Protector dimana asuransi pendidikan ini jenisnya unit link. Jadi, dengan menggunakan asuransi pendidikan ini, tidak hanya masa depan anak terjamin, pengguna juga dapat berinvestasi dengan produk-produk Manulife.

 Jenis produk yang ditawarkan asuransi pendidikan Manulife yaitu StudyLink dan ProGraduate . StudyLink yang menjamin perlindungan bagi dana pendidikan anak dari usia 6-23tahun. Asuransi StudyLink ini memiliki dua pilihan yaitu Plan Crystal dan Plan Diamond. Plan Crystal memiliki premi lebih kecil dari pada Plan Diamond. Sedangkan ProGraduate memiliki program asuransi untuk membantu mempersiapkan dana pendidikan anak dimulai sejak masuk perguruan tinggi hingga berusia 23 tahun dengan dana pendidikan sebesar 250% dari uang pertanggungan dan masa pembayaran premi sangat fleksibel  sesua dengan kebutuhan anak maupun kondisi keuangan orangtua.

3. Asuransi Pendidikan BCA

Asuransi Pendidikan BCA

Selain menyediakan jasa perbankan, PT Bank Central Asia Tbk juga menyediakan produk yang bergerak dibidang asuransi. PT Bank Central Asia Tbk baru saja mengeluarkan produk asuransi, salah satunya asuransi pendidikan yang diberi nama Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan) dimana asuransi pendidikan tersebut merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan asuransi yang berasal dari Hong Kong dimana Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan) ini menawarkan jaminan dana pendidikan sedini mungkin.  Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan) termasu produk asuransi dwiguna yang mana dapat membantu mempersiapkan kebutuhan dana pendidikan anak. Pembayaran premi dari asuransi pendidikan Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan) dapat dilakukan 3, 10, hingga 15 tahun dan pendidikan anak dijamin sebesar 200% dari uang pertanggungan saat anak berusia 18-21 tahun.

4. Asuransi Pendidikan AXA Mandiri

Asuransi Pendidikan AXA Mandiri
Asuransi Pendidikan AXA Mandiri

Asuransi Pendidikan AXA Mandiri merupakan produk asuransi milik dua perusahaan besar yang bergabung untuk bekerja sama yaitu PT Bank Mandiri dan AXA Group. Asuransi Pendidikan AXA Mandiri menawarkan produk asuransi yang patut untuk dijadikan pilihan yaitu asuransi mandiri sejahtera cerdas dan asuransi mandiri tabungan rencana. Asuransi mandiri sejahtera cerdas dimana memiliki manfaat utama yaitu sebagai jaminan perlindungan terkait dana pendidikan anak. Selain itu, Asuransi mandiri sejahtera cerdas juga memiliki manfaat lain yaitu memberikan santunan dana sebagai bentuk uang pertanggungan sebesar 100% ketika meninggal dunia, kecelakaan dan diagnosa mengalami kecacatan, dan masih banyak lagi. Sedangkan asuransi mandiri tabungan rencana merupakan produk asuransi yang dirancang untuk mempersiapkan serta mewujudkan impian masa depan anak seperti menyekolahkan hingga ke Perguruan Tinggi, pernikahan, dan persiapan pensiun.

5. Asuransi Pendidikan AJB Bumiputera

Asuransi Pendidikan AJB Bumiputera
Asuransi Pendidikan AJB Bumiputera

Asuransi Pendidikan AJB Bumiputera merupakan bagian dari perusahaan PT AJB Bumiputera yang didirikan sejak tahun 1912 ini termasuk perusahaan asuransi yang cukup tua. Oleh karena itu, perusahaan asuransi ini dapat dijadikan salah satu perusahaan asuransi yang terpercaya dimana perusahaan asuransi ini menawarkan berbagai produk asuransi, salah satunya asuransi pendidikan. Produk asuransi pendidikan dari PT AJB Bumiputera menawarkan dua jenis pilihan asuransi pendidikan yaitu mitra cerdas dan mitra beasiswa. Mitra Cerdas merupakan produk asuransi pendidikan yang menawarkan program asuransi yang menyediakan biaya pendidikan terkait dengan investasi sehingga dana yang sudah dirancang untuk biaya pendidikan akan meningkat sejalan dengan hasil investasi yang telah dilakukan. Sedangkan Mitra Beasiswa merupakan produk asuransi pendidikan yang memberikan jaminan perlindungan anak hingga biaya pendidikan anak mulai dari TK hingga Perguruan Tinggi.

Demikian informasi mengenai daftar perusahaan asuransi pendidikan terpercaya untuk masa depan anak. Sebenarnya masih banyak lagi daftar perusahaan asuransi pendidikan, namun di dalam artikel ini hanya dibahas beberapa saja yang diyakini menjadi pilihan banyak orang dalam melakukan asuransi pendidikan. Semoga bermanfaat!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close