Umum

Inilah Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia

Negara besar tidak menjamin kesejahteraan masyarakatnya. Faktanya masih banyak negara-negara di dunia yang masuk dalam kategori negara miskin. Sistem pengukuran tingkat kemiskinan di suatu negara berbeda-beda. Namun jika dilihat dari skala Internasional, kemiskinan atau kekayaan yang dimiliki oleh suatu negara dapat diukur dengan menggunakan GDP Per Kapita atau PDB (Pendapatan Domestik Bruto). Banyak faktor yang menyebabkan besar kecil nya PDB yang diperoleh suatu negara, diantaranya yang paling sering ditemui adalah konflik-konflik sipil yang terus terjadi, perubahan situasi politik, terjadinya bencana alam yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi,  korupsi dimana-mana, dan kepemimpinan yang otoriter.

Menurut perhitungan PDB Per kapita yang dilakukan oleh IMF atau Data Moneter Inetrnasional, kebanyakan negara yang masuk dalam kategori negara termiskin di dunia berasal dari benua Timur Tengah dan benua Afrika yang terletak di negara Republik Afrika Tengah. PDB per kapita dari kedua negara tersebut cukup memprihatinkan. Rendahnya tingkat pendapatan per kapita dapat mempengaruhi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakatnya. Benua Asia juga terdapat negara yang termasuk dalam kategori negara termiskin, namun tidak sebanyak kedua benua tersebut. Melalui artikel ini akan di bahas mengenai 10 daftar negara termiskin di dunia. Simak baik-baik ya!.

1. Republik Demokratik Kongo

Inilah Daftar 10 Negara Termiskin di Dunia
Republik Demokratik Kongo

Republik Demokratik Kongo merupakan salah satu negara yang terletak di Afrika Tengah, berbatasan dengan Sudan Selatan, Uganda, Burundi, dan Tanzania. Dulu, negara ini dikenal dengan nama Zaire. Negara ini terkenal dengan hasil sumber daya alamnya yang melimpah sperti emas, berlian, bijih besi, dan sebagainya. Lantas hal tersebut tidak menjadikan Republik Demokratik Kongo dalam kategori negara kaya, malah yang terjadi sebaliknya. Republik Demokratik Kongo termasuk negara miskin di dunia dengan  pendapatan per kapita yang diperoleh Republik Demokratik Kongo hanya sebesar US$ 773,05.

Rendahnya tingkat pendapatan per kapita tersebut disebabkan oleh tidak stabilnya situasi politik yang terjadi di Republik Demokratik Kongo. Ketidakstabilan situasi politik tersebut terjadi dalam kurun waktu yang lama, puncaknya pada tahun 2018. Selain itu pembunuhan politik hingga terjadinya perang saudara juga mempengaruhi rendahnya tingkat pendapatan per kapita sehingga perekonomian di Republik Demokratik Kongo terganggu.

2. Burundi

Burundi
Burundi

Burundi termasuk ke dalam salah satu negara termiskin di dunia karena pendapatan per kapitanya lebih rendah dari Indonesia yaitu hanya sebesar US$ 813,71. Rendahnya tingkat pendapatan per kapita tersebut disebabkan oleh peperangan yang terus terjadi, korupsi, dan sebagainya. Selain itu, negara Burundi terkenal sebagai negara yang umum terjadinya penyebaran pandemi HIV/AIDS. 

3. Mozambik  

Mozambik
Mozambik

Selanjutnya negara yang masuk dalam kategori negara termiskin di dunia  yaitu negara Mozambik yang terletak di Benua Afika. Mozambik merupakan negara bekas jajahan Portugis. Pendapatan per kapita yang diperoleh negara Mozambik hanya sebesar US$ 1.215.32. Cukup miris untuk kategori negara yang memiliki kekayaan gas alam yang melimpah akan tetapi hanya memperoleh pendapatan per kapita yang begitu kecil.

Pada awal 2018, pemerintah menandatangani kontran senilai USD 20 miliar dengan pabrik Anadarko dalam rangka mewujudkan proyek pemanfaatan cadangan gas alam. Kontrak tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan per kapita negara Mozambik.

4. Malawi

Malawi
Malawi

Malawi adalah salah satu negara termiskin di dunia yang terletak di Benua Afrika bagian tenggara. Malawi termasuk negara Landlocked karena seluruh negara ini berbatasan dengan daratan. Tingkat perekonomian negara Malawi sangat bergantung pada pertanian. Pendapatan per kapita negara Malawi hanya sebesar US$ 1.134.49

Negara ini terkenal akan rendahnya tingkat angka harapan hidup dan angka kematian bayi yang cukup tinggi. Selain itu, wabah kekeringan dan bencana banjir juga terjadi di negara ini. Masalah-masalah tersebut menjadikan masyarakat Malawi hidup dalam garis kemiskinan. Pendapatan rata-rata masyarakat malawi per harinya hanya sekitar Rp. 13.000 kalau di Rupiahkan. Saking miskinnya, air seni seseorang pun dijual untuk dijadikan pupuk.

5. Republik Afrika Tengah

Republik Afrika Tengah
Republik Afrika Tengah

Salah satu negara yang masuk dalam kategori negara termiskin yang berada di pedalaman Benua Afrika yaitu Republik Afrika Tengah yang mana berbatasan dengan Chad, Sudan, dan Kongo.  Republik Afrika Tengah merupakan negara bekas jajahan Perancis yang merdeka tahun 1960. Meskipun telah merdeka, situasi politik di negara ini terus terjadi dan mempengaruhi kondisi perekonomian negara Republik Afrika Tengah.

Negara ini terkenal dengan produksi berlian, gading, dan miras, meskipun demikian negara ini masih termasuk negara termiskin karena negara ini menempati urutan pertama negara termiskin di dunia dari negara Republik Demokratik Kongo dan Burundi dengan pendapatan per kapita hanya sebesar US$ 651,92.

6. Yaman

Yaman
Yaman

Yaman merupakan negara yang terletan di Benua Timur Tengah dan masuk ke dalam kategori negara termiskin di Dunia yang memperoleh pendapatan per kapitanya US$ 762 pada tahun 2016. Perekonomian negara Yaman hanya bergantung pada sektor perikanan, agrikultur, dan pariwisata.

Negara Yaman merupakan salah satu negara yang masih terjadi perang saudara yang dimulai sejak tahun 2015 lalu. Peperangan tersebut mengakibatkan terjadinya krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Sebanyak 14 juta jiwa bahkan bisa lebih dari setengah jumlah penduduk Yaman mengalami kelaparan.

7. Somalia

Somalia
Somalia

Somalia menjadi contoh terburuk untuk negara termiskin di dunia. Somalia termasuk negara dengan tingkat kelangkaan makanan yang tinggi. Langkanya makanan di negara Somalia menyebabkan terjadinya kelaparan yang dinilai menghancurkan negara ini. Negara ini terkenal dengan adanya bajak laut bahkan ada yang menyebutkan bahwa negara Somalia disebut sebagai negara yang paling berbahaya untuk ditinggali, bukan hanya dari adanya terorisme, tetapi juga kondisi ekonominya.  Pendapatan per kapita yang diperoleh negara Yaman hanya sebesar US$ 600.

8. Sudan Selatan

Sudan Selatan
Sudan Selatan

Selanjutnya yang masuk dalam kategori negara termiskin adalah Sudan Selatan yang mana Sudan Selatan merupakan bagian dari negara Sudan yang telah memisahkan diri. Pendapatan per kapita yang diperoleh negara Sudan Selatan hanya sebesar US$ 246. Angka yang begitu miris untuk ukuran sebuah pendapatan.

Negara ini pernah terjadi konflik yang menyebabkan adanya perang saudara yang berlangsung pada tahun 1955 hingga 1972 dan 1983 hingga 2005. Pada tahun 2017, PBB menyatakan terkait wabah kelaparan yang terjadi di negara Yaman yang berdampak pada 40% populasi masyarakat di Sudan Selatan. Hingga sampai saat ini, sudah 300 ribu orang yang meninggal akibat dari kelaparan maupun peperangan yang terjadi.

9. Madagaskar

Madagaskar

Madagaskar termasuk ke dalam negara termiskin di Dunia yang terletak di pesisir Timur Afrika yang mana terpisah dengan benua Afrika utama dengan pendapatan per kapita hanya sebesar US$ 479. Negara ini kaya akan flora dan fauna serta dikenal sebagai pulau terbesar keempat di dunia. Perekonomian negara ini bergantung pada sektor agrikultur dan pariwisata. Pada 2017, perekonomian Madagaskar mengalami krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 2009 hingga 2013.

10. Zimbabwe

Zimbabwe
Zimbabwe

Zimbabwe termasuk ke dalam kategori negara termiskin di dunia. Penyebab masuknya Zimbabwe dalam kategori negara termiskin tidak hanya disebabkan oleh beberapa hal seperti kemiskinan, malnutrisi penduduknya, letak geografis yang tidak ada lautan, dan kelangkaan makanan, tetapi rusaknya hukum juga menjadi penyebabnya . Banyak pelanggaran yang terjadi di negara ini terutama yang berkaitan dengan hak tempat tinggal, kebebasan bergerak dan tinggal, dan minimnya perlindungan hukum.

Meskipun negara ini kaya akan sumber daya alamnya, namun kehidupan penduduknya dapat dikatakan sengsara. Kekayaan sumber daya alam yang dimiliki menjadikan penduduk Zimbabwe hidup dalam ketakutan, pembunuhan, kesewenang-wenangan, dan kelaparan. Bahkan inflasi di negara ini meningkat hingga 2,2 juta %. Wabah penyakit berbahaya marak di negara ini seperti penyakit HIV/AIDS. Tidak hanya HIV/AIDS, wabah kolera juga melanda negara ini yang mana menyebabkan banyaknya korban berjatuhan karena pemerintah tidak mampu memberikan fasilitas kesehatan yang memadai.

Baca juga : Gedung Tertinggi di Dunia

Nah itulah ulasan terkait wajib diketahui, inilah 10 daftar negara termiskin di dunia. Jadikan ini sumber pelajaran bagi kita untuk tidak menyia-nyiakan sesuatu karena di luaran sana masih banyak orang yang hidup serba kekurangan. Kita harus selalu peduli dengan sesama kepada orang yang membutuhkan uluran tangan kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close