Umum

√ 5 Contoh Surat Tagihan Untuk Berbagai Keperluan

Umumnya surat tagihan diberikan apabila pembayaran sudah melampaui jatuh tempo yang diberikan. Contoh surat tagihan dibawah ini yaitu beberapa macam surat tagihan yang dapat dijadikan referensi bagi yang ingin mengetahuinya.

Surat tagihan sendiri adalah surat yang diberikan oleh perusahaan Negara atau swasta terhadap keterlambatan pembayaran pada suatu perkara. Contoh surat tagihan misalnya seperti surat pembayaran pembelian barang, surat pembayaran hutang, dan sebagainya. Berikut simak contohnya di bawah ini:

Baca juga : Contoh Surat Niaga

1. Contoh Surat Tagihan Pembayaran

√ 5 Contoh Surat Tagihan Untuk Berbagai Keperluan
Contoh Surat Tagihan Pembayaran

PT KOMODITI GLOBAL CONTRACTOR

Jl. Soekarno-Hatta no. 110, Jakarta Selatan

Nomor : 020/KGC/VIII/2019

Kepada Yth,

Bagian Administrasi CV. Dinamika Fajar

Perihal : Permohonan Kelanjutan Pembayaran Proyek

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, kami sampaikan bahwa pengajuan penundaan pembayaran proyek lanjutan sebanyak 25% atau sebesar Rp. 325.000.000 telah jatuh melewati tempo.

Untuk melakukan kelanjutan pekerjaan, diharapkan agar segera melunasi pembayaran yang ada. Pembayaran ini sudah disesuaikan dengan surat pengajuan sebelumnya yang bernomor 017/KGC/VII/2019 tanggal 7 Juli 2019.

Uang tersebut selanjutnya akan dipergunakan untuk membayar upah pekerja serta melakukan kelanjutan proyek seperti yang dijanjikan. Serta akan dipergunakan untuk pembelian bahan kelanjutan proyek.

Demikian surat ini kami sampaikan sebagaimana semestinya. Kami mengharapkan kesediaannya untuk segera melunasi pembayaran kembali. Sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Jakarta, 10 Agustus 2019

PT KOMODITI GLOBAL CONTRACTOR

Direktur

Baca juga : Contoh Surat Balasan

2. Contoh Surat Tagihan Hutang Dari Bank

Contoh Surat Tagihan Hutang Dari Bank
Contoh Surat Tagihan Hutang Dari Bank

BANK KOMODITI GLOBAL

Jl. Soekarno-Hatta no. 110, Jakarta Selatan

Nomor : 011/BKG-SPH/VIII/2019

Kepada Yth,

Bapak Rama Sudewa

Di Tempat

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini, saya sampaikan surat penagihan atas hutang Bapak yang sebesar Rp. 250.000.000 sudah melewati jatuh tempo. Dikarenakan sudah melewati tempo yang diberikan maka Bapak akan dikenakan beban tambahan sebesar 15%.

Untuk pembayaran hutang tersebut, bapak dapat datang langsung ke kantor saya dan membicarakannya. Surat ini dapat menjadi acuan untuk Bapak bawa ke kantor kami. Batas waktu akan ditambah selama 20 hari.

Surat ini dapat dipertanggungjawabkan sebagaimana mestinya jika Bapak sudah melakukan pembayaran atau melunasi pembayaran. Sehingga Bapak tidak akan mendapatkan kerugian.

Demikian surat ini saya sampaikan kepada Bapak. Dimohon untuk kerjasamanya dan terima kasih atas perhatiannya.

Hormat kami,

Direktur Keuangan

Baca juga : Contoh Surat Jual Beli

3. Contoh Surat Tagihan Jatuh Tempo Angsuran

Contoh Surat Tagihan Jatuh Tempo Angsuran
Contoh Surat Tagihan Jatuh Tempo Angsuran

PT. SUARA PEMBAHARUAN

Jl. Soekarno-Hatta no. 12B, Jakarta Selatan

Jakarta, 10 Agustus 2019

Perihal : Pemberitahuan Tunggakan Angsuran

Lampiran : 1 (Satu) lembar.

Dengan hormat,

Bersama surat ini kami memberitahukan kepada Bapak/Ibu Konsumen PT. Suara Pembaharuan, bahwa berdasar dengan jadwal pembayaran, Anda belum melakukan pembayaran angsuran mobil anda.

Tunggakan pembayaran ini terhitung sudah 3 bulan tertunda dengan tanggal jatuh tempo 1 Agustus 2019. Sesuai dengan kesepakatan yang berlaku di perusahaan ini, tunggakan ini akan diproses secara hukum apabila tidak segera ditindaklanjuti.

Sesuai dengan prosedur terkait dengan masalah penundaan pembayaran ini dapat ditempuh dengan jalur hukum jika pihak nasabah tidak mengindahkan surat tagihan ini serta tidak melakukan pembayaran lebih lanjut.

Pembayaran dimaksud harapnya dicicil sehingga tidak menunda dan mengakibatkan bunga yang lebih besar lagi. Karena akan ada beberapa perubahan di bagian tim survey dan administrasi sehingga hal ini berpengaruh untuk para nasabah.

Perubahan itu akan berpengaruh dengan pembayaran yang akan mengalami penghambatan dan juga beberapa system yang berpengaruh. Serta tim survey yang akan mendata ulang beberapa nasabah.

Serta penertiban bagi para nasabah yang melakukan penundaan pembayaran. Penerbitan akan berlanjut dengan proses hukum bagi para nasabah yang sudah melewati jatuh tempo mendekati waktu satu tahun atau dua belas bulan.

Bapak/Ibu berkewajiban melakukan pembayaran sebesar Rp. 15.000.000 ditambah dengan bunga yang menunggak sebesar 20%. Pembayaran dapat dilakukan langsung di kantor kami dengan membawa surat ini.

Demikian surat tagihan ini kami sampaikan. Sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

( Nama, jabatan dan tanda tangan )

Baca juga : Contoh Surat Hibah

4. Contoh Surat Tagihan Pembayaran Penggunaan Internet

Contoh Surat Tagihan Pembayaran Penggunaan Internet
Contoh Surat Tagihan Pembayaran Penggunaan Internet

PT KOMODITI GLOBAL NETWORK

Jl. Soekarno-Hatta no. 110, Jakarta Selatan

Nomor : 090/KGN/VIII/2019

Tanggal Cetak : 06 Agustus 2019

Tanggal Jatuh Tempo : 10 Agustus 2019

Kepada Yth,

Bapak Iman Abdullah

Perum. Griya Mahoni Blok B No. 11

Jakarta

Dengan hormat,

Sehubungan dengan pembayaran biaya internet unlimited paket C yang telah disetujui bahwa jatuh temponya adalah tanggal 10 Agustus 2019. Maka dengan ini saya sampaikan bahwa pembayaran telah melewati tempo.

Pembayaran ini sudah tidak melewati proses pembayaran sejak 3 bulan yang lalu atau tertanggal 10 Mei 2019. Adapun jumlah yang harus dibayarkan setiap bulannya adalah Rp. 1.500.000.

Hal ini meliputi beberapa fasilitas internet tambahan yang Bapak minta dan juga telah disepakati di surat penerimaan tawaran nomor : 078/KGN/VIII/2019. Bahwa pembayaran fasilitas tambahan akan di include di tagihan.

Penundaan pembayaran ini harus disegerakan karena internet akan mengalami perubahan beberapa daftar harga sehingga mempengaruhi beberapa harga paket unlimited. Untuk itu perusahaan akan melakukan peninjauan kembali.

Saya berharap Bapak dapat segera melakukan pembayaran secepatnya sebelum jatuh tempo yang kedua yaitu 2 minggu dari tertanggal surat ini diterima. Saya berharap Bapak dapat melunasi semua pembayaran.

Demikian surat ini saya buat sejelas-jelasnya agar dijadikan perhatian bagi Bapak/Ibu. Terima kasih.

Hormat kami,

( Nama, jabatan dan tanda tangan )

Baca juga : Contoh Surat Penawaran

5. Contoh Surat Tagihan Pembayaran Barang

Contoh Surat Tagihan Pembayaran Barang
Contoh Surat Tagihan Pembayaran Barang

PT KOMODITI GLOBAL

Jl. Soekarno-Hatta no. 110, Jakarta Selatan

Nomor : 120/KG-STPB/VIII/2019

Lampiran : 2 (dua) lembar

Perihal : Permohonan Kelanjutan Pembayaran Proyek

Kepada Yth,

Manager CV. Sinar Fajar

Jl. Raja Tihang Ruko Bougenvill Blok E5

Semarang

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami memberitahukan bahwa berdasarkan catatan kami per tanggal 10 Agustus 2019, dengan pengiriman barang sebanyak 12 unit meja computer lengkap atas nama CV. Sinar Fajar, Bapak belum melakukan pembayaran yang ketiga kali.

Sesuai dengan perjanjian, pembayaran peralatan kantor ini dijadwalkan akan diangsur selama 5 kali. Total pembayaran yang harus dibayar adalah sebesar Rp. 50.000.000 ( Lima puluh juta rupiah ).

Jumlah tersebut sudah disesuaikan dengan penawaran dan kesepakatan yang disepakati bersama sesuai dengan faktur terkait. Faktur sudah kami lampirkan di surat ini untuk dipergunakan sebagai acuan.

Sebagai pertimbangan yang sudah disepakati bahwa pembayaran akan dilakukan setiap bulan dengan maksimal tempo yaitu 2 minggu. Tertanggal hari ini 10 Agustus 2019, jatuh tempo sudah diberlakukan.

Serta dengan ini juga kami memperjelas kembali bahwa Anda telah melewatkan pembayaran ketiga di bulan lalu. Sehingga pembayaran sudah menunggak selama dua kali.

Dimohon kerjasamanya untuk melakukan pembayaran secepatnya agar dapat diproses kembali jika ada pembelian perlengkapan kantor selanjutnya. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

( Nama, jabatan dan tanda tangan )

Sekian pembahasan mengenai contoh surat tagihan, semoga menjadi manfaat dalam membuat surat tersebut.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close