Umum

7 Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar

Alasan yang biasanya menjadi latar belakang mengapa seseorang mengundurkan diri dari pekerjaannya yaitu dibayar dengan gaji yang rendah, tidak terciptanya hubungan kantor yang harmonis dengan atasan atau mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik dan juga sudah merasa bosan.

Ada banyak alasan yang menjadi mengapa seorang pegawai memutuskan untuk berhenti kerja. Namun, pada saat kamu memutuskan untuk berhenti tentu ada prosedur yang harus dilakukan yaitu dengan membuat surat pengunduran diri secara formal kepada perusahaan tempat bekerja.

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja

7 Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar

Nah, untuk mengetahui seperti apa contoh surat pengunduran diri saat bekerja, berikut simak beberapa contoh di bawah ini:

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Perusahaan

7 Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar
Contoh surat pengunduran diri dari perusahaan

Jakarta Selatan, 11 Maret 2019

Kepada Yth,

HRD Manager

PT. Maju Selaras Bersama

Jl. Ir. Soekarna No 23-25

Jakarta Selatan

Dengan hormat

Melalui surat ini, saya Ahmad Dani bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Maunya Untung Terus sebagai Operator Mekanik terhitung mulai tanggal 21 Maret 2019.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang dapatkan ketika saya bekerja untuk PT. Maunya Untung Terus. Saya juga menghaturkan maaf kepada seluruh rekan-rekan karyawan dan manajemen PT. Maunya Untung Terus jika selama saya bekerja ada kekeliruan dan kesalahan yang saya lakukan.

Saya berharapkan PT. Maju Selaras Bersama semakin terus berkembang pesat dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,

( tanda tangan )

Ahmad Dani

Baca juga : Contoh Surat Keterangan

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pekerjaan Lain

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pekerjaan Lain

Magetan, 2 Agustus 2019

Kepada Yth,

HRD Manager

PT. Karya Jujur Mandiri

Jl. Induk Raya No 12-18

Kendari

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Indah Wati bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Karya Jujur Mandiri sebagai Operator Produksi, terhitung dari tanggal 2 Agustus 2019. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Karya Jujur Mandiri. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin menambah wawasan serta pengalaman di perusahaan lain.

Saya juga mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Karya Jujur Mandiri apabila selama saya bekerja mempunyai kesalahan baik itu yang saya sengaja ataupun yang tidak di sengaja.

Saya berharap semoga PT. Karya Jujur Mandiri semakin maju dan berkembang pesat. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Indah Wati

Baca juga : Contoh Surat Kuasa

3. Contoh Pengunduran Diri Karena Kesehatan dan Usia

Contoh Pengunduran Diri Karena Kesehatan dan Usia

Malang, 01 Mei 2019

Kepada Yth,

Kepala Personalia PT. Kiara Maju

Di Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Kiara Maju berdasarkan atas Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang–Undang tenaga yang melingkupinya yang bertanda tangan dibawah ini saya :

Nama                : Anwar Sanusi

Departemen     : PT. Maju Mundur

Jabatan             : Mekanik

No. Karyawan  : 000678

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri kepada PT Kiara Maju dengan alasan kondisi kesehatan yang semakin menurun. Saya sangat berharap perusahaan bisa memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan dukungan perusahaan terhadap saya selama saya bekerja, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Anwar Sanusi

Baca juga : Contoh Surat Izin

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Kesehatan

Bandung, 11 Mei 2019

YTH,

Bapak/Ibu Manager PT _______

Di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                         : Rina

Jabatan                      : Official Administrator

No. Karyawan           : RK4315

Dengan Surat ini, saya mengajukan dan memohon untuk mengundurkan diri dari jabatan sebagai Official Administrator di PT __________. Pengunduran diri yang saya ajukan ini didasari karena alasan kesehatan dan keluarga.

Besar harapan saya kepada Bapak/Ibu petinggi perusahaan bisa memahami dan mengizinkan saya untuk mengundurkan diri.

Ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada rekan-rekan, teman dan pejabat lain selama saya bekerja di perusahaan ini. Saya juga memohon maaf apabila ada salah kata ataupun tingkah saya didalam menjabat kepada bawahan, teman atau atasan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Terima kasih atas segala perhatiannya.

Pemohon,

Ttd.

(Nama Lengkap)

Baca juga : Contoh Brosur

5. Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana Dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana Dalam Bahasa Inggris

September, 4, 2019

To: Mr. David Beckham

HRD Departement

PT Pertamina Tbk

Dear Mr. David Beckham,

I would like to inform you that I am resigning from my position as IT Suppor for PT Pertamina tbk, effective May 15, 2019.

Thank you for the support and the opportunities that you have provided me during the last two years. I have truly enjoyed my tenure with PT Pertamina tbk, and am more than grateful for the encouragement you have given me in pursuing my professional and personal growth objectives.

If I can be of any assistance during this transition in order to facilitate the seamless passing of my responsibilities to my successor, please let me know. I would be glad to help however I can.

Sincerely,

Daniela

6. Contoh Surat Pengunduran Diri Untuk Berwirausaha

Contoh Surat Pengunduran Diri Untuk Berwirausaha
Contoh Surat Pengunduran Diri Untuk Berwirausaha

Palembang, 04 Agustus 2019

Kepada

Yth Kepala Bagian HRD

Hotel Mimpi Indah

Jln. Merdeka Bangsa Palembang

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dewi Anisa Jelita

Tempat/Tgl Lahir: Medan, 23 Januari 1993

Alamat: Medan

Jabatan: General Accounting Hotel Mimpi Indah

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 06 Agustus 2019 dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri sesuai dengan cita-cita saya selama ini.  Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Accounting Hotel Mimpi Indah akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Mimpi Indah, mohon maaf juga atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas pengertian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dewi Anisa Jelita

7. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Keluarga

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Keluarga
Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Keluarga

Makassar, 18 Agustus 2019

Kepada

Yth. Kepala PT. Sejahtera Adil Makmur

di Jln. Jenderal Sudirman, no 11 Makassar

Makassar

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Sejahtera Adil Makmur, berdasarkan surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka

saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dimas Andrean Putra

Departemen: Pemasaran dan Informasi

Jabatan: Sales

No. Karyawan: B234 8907

Bermaksud mengundurkan diri dari Sejahtera Adil Makmur dikarenakan urusan ingin fokus membangun bisnis keluarga. Surat ini saya buat berdasarkan prosedur hubungan industrial dan tanpa ada maksud buruk. Saya berharap Anda dapat mengerti dan menerima permohonan saya, serta memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran, atas dukungan dan bantuan yang Anda berikan selama ini, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dimas Andrean Putra

Demikianlah contoh surat pengunduran diri bekerja yang bisa kamu contoh, semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close