Umum

Contoh Surat Cinta – Buat Orang Tua, Sahabat, & Kekasih

Apakah kamu pernah menerima atau mengirim sebuah surat cinta?, entah itu ke orangtua, sahabat, rekan atau kekasih. Surat cinta sendiri adalah tulisan berupa surat dalam mengungkapkan perasaan cinta kepada orang terkasih. Contoh surat cinta dapat ditemukan dalam berbagai situs maupun buku manapun. Sebab surat ini adalah hal yang umum diketahui oleh semua orang.

Surat cinta dapat disampaikan kepada siapa saja. Baik itu kepada orang tua, keluarga, adik, kakak dan kekasih. Surat cinta yang sering dijumpai yaitu surat cinta didalam kisah novel. Surat cinta yang ditulis umumnya merupakan surat cinta untuk kekasih. Surat cinta identik dengan pernyataan cinta, kasih sayang, perasaan, rasa kasih, rindu kepada orang terdekat atau orang terkasih. Berikut ini beberapa dari contoh surat cinta yang bisa dipraktikkan:

Contoh Surat Cinta – Buat Orang Tua, Sahabat, & Kekasih

1. Surat Cinta Untuk Orang Tua

Surat Cinta Untuk Orang Tua
Surat Cinta Untuk Orang Tua

Salam sayang,

Bapak dan ibuku yang tersayang, apa kabar?. Aku selalu berharap kalian sehat dan baik saja. Tentu aku pun baik-baik saja. Tahukah kalian, bahwa saat ini aku tengah menangis? Aku menangis sebab merindukan kalian.

Bapak, ibu, terima kasih. Untuk semua waktu dan usaha yang tidak pernah ku sia-siakan. Untuk semua restu dan doa yang tercurah. Untuk semua harapan-harapan kalian yang ingin terus kugenggam.

Untuk segala kasih sayang yang kalian curahkan kepadaku selama ini. Aku tahu, selama hidup belum pernah bisa membahagiakan kalian. Yang aku lakukan  setiap hari adalah membuat kalian khawatir dengan segala tingkahku.

Maafkan aku, bapak, ibu. Aku hanyalah anak yang belum beranjak dewasa di mata kalian. Entah sudah berapa lama aku menahan untuk menulis ini. Mengingat bagaimana cengengnya diriku, aku tidak pernah sanggup melakukannya.

Rasa sayangku tidak pernah sampai kepada kalian karena air mata senantiasa turun ketika ingin menuliskan surat ini. Setelah rencana pergi dari sisi kalian, aku baru menyadari betapa aku sangat membutuhkan kehadiran orang tua.

Betapa aku masih belum dewasa hingga kini. Betapa aku masih belum bisa menapaki hidup sendiri. Aku masih terlampau kekanakan untuk mengetahui jika beban hidup memanglah berat.

Bapak, ibu, terima kasih. Untuk semua perasaan cinta yang kalian berikan untukku dan tidak pernah putus hingga sekarang. Untuk semua doa-doa yang selalu kalian pinta. Terima kasih, karena berkat itu semua aku dapat hidup.

Aku dapat berbahagia. Aku dapat menjadi seorang anak yang kelak membanggakan kalian. Aku akan berusaha lebih keras kali ini. Untuk mencapai semua cita-citaku dan membanggakan ibu dan bapak.

Agar kalian dapat tersenyum melihatku dan berkata, ‘dia adalah anak kami. Dan kami bangga padanya.’ Aku rasa, surat ini sampai sini dulu. Air mataku sudah tidak dapat berhenti mengalir akibat rindu.

Aku selalu mendoakan kesehatan ibu dan bapak agar kita dapat senantiasa bertukar kabar. Insha Allah, minggu depan aku akan pulang. Aku akan menuntaskan rindu kepada ibu dan bapak. Aku sangat menyayangi kalian.

Baca juga : Contoh Puisi Ibu

2. Contoh Surat Cinta Kepada Kekasih

Contoh Surat Cinta Kepada Kekasih
Contoh Surat Cinta Kepada Kekasih

Salam sayang,

Hai, kekasihku. Aku sudah lama mengagumi senyummu. Lewat dinding kaca ruang laboratorium, aku dapat menyembunyikan tatapan mata memuja milikku. Aku tahu, kamu pasti menganggap ini aneh, bukan?

Tenang, aku bukan ingin menakutimu. Yang aku lakukan pun semata hanya tidak ingin membuat kamu terganggu. Itulah alasan mengapa kamu mungkin tidak mengetahui diriku.

Aku sudah mengenalmu sejak kelas 10. Senyum dan redup matamu mengingatkanku dengan suara gugup yang menjawab pertanyaanku kala itu. Ya, kita pernah berjumpa meskipun kamu tidak mengingatnya.

Saat itu, aku bertanya tentang ruangan gugus punyaku. Padahal saat itu kamu sedang dihukum oleh kakak senior. Maafkan aku. Bahkan saat itu aku tahu matamu terlihat begitu takut.

Sudah ingatkah? Iya, ini aku. Cowok berkacamata yang mungkin sudah kamu lupakan. Bisakah kita mengobrol akrab seperti sahabat yang sudah lama tidak bersua. Mungkin terdengar aneh, namun aku ingin lebih akrab denganmu.

Aku ingin mengetahui apapun yang kamu rasakan, sukai, dan inginkan. Aku akan menjadi sahabat, kakak bahkan tempat curhat terbaik yang kamu punya. Aku rela melakukan semua itu karena aku menyukaimu. Sangat.

Adalah harapan semua orang jika perasaan cinta ingin terbalas juga. Maka aku pun begitu. Jika kamu memiliki perasaan yang sama denganku, aku senantiasa menunggu di ruang istirahat dalam laboratorium.

Kapanpun kamu siap menjawab, aku akan menunggu disana hingga kamu datang dengan senyuman indahmu itu.

Tertanda,

Pengagummu

Baca juga : Kumpulan Syair

3. Contoh Surat Cinta Kepada Sahabat

Contoh Surat Cinta Kepada Sahabat
Contoh Surat Cinta Kepada Sahabat

Untuk sahabatku,

Aku mengenalmu sejak kita bersama saat memasuki Taman Kanak-kanak. Mungkin, sekarang sudah 17 tahun lebih lamanya. Masih ingatkah kamu dengan suasana persahabatan kita yang polos dan lugu?

Dulu hanya karena jepit rambut berwarna sama, kita dapat merasa bahagia. Mengapa sekarang berbeda? Mengapa sekarang kita harus menjauh? Aku merindukan persahabatan kita yang dulu. Persahabatan yang polos nan lugu.

Persahabatan yang selalu mengutamakan kebersamaan daripada hal lainnya. Bukankah kita pernah berjanji jika kita akan kembali saling bertegur sapa ketika sudah berdiaman selama 3 hari.

Mengapa sekarang membutuhkan beberapa tahun lamanya untuk kembali saling bersikap tidak canggung? Membutuhkan usaha yang lebih banyak untuk kembali saling tersenyum. Membutuhkan banyak doa untuk meruntuhkan ego di antara kita.

Maafkan aku. Apapun kesalahanku, aku akan minta maaf. Rasanya aku tidak tahan untuk bersikap egois lebih lama. Kehilangan sahabat sepertimu adalah hal terburuk yang pernah ku bayangkan.

Aku harap kamu tidak melupakan masa-masa persahabatan kita yang sudah terjalin lama. Aku janji akan memperbaiki diri dan lebih mengurangi keegoisanku. Aku hanya meminta kamu untuk tidak menjauhiku lagi.

Jika kamu membaca surat ini, harap hubungi aku. Sudah lama sejak kita saling bertukar kabar. Jika kamu sudah mengganti nomormu, akan aku berikan kembali nomorku di ujung surat ini. Ku harap kamu dapat memberi kabar.

Sahabatmu

Baca juga : Kumpulan Syair

4. Surat Cinta Untuk Adik

Surat Cinta Untuk Adik
Surat Cinta Untuk Adik

Teruntuk adikku sayang,

Sudah dewasa saja dirimu. Aku ingat jika dulu kamu adalah hal yang paling tidak aku inginkan di dunia ini. Dulu yang aku tahu, kamu adalah penghalang kasih sayang yang akan orang tua kita kasih kepadaku.

Seiring berjalannya waktu, rasa benciku semakin menghilang ketika melihat kamu tertidur dengan tenang di kala malam. Pipi cabimu selalu menggodaku untuk dicium. Tangan-tangan kecilmu membuat aku ingin menjagamu.

Senyum menggemaskan darimu membuat diriku menjadi lebih sayang kepadamu dari hari ke hari. Tahukah kamu, aku menjadi seseorang yang lebih kuat ketika mengingatmu. Aku berusaha ingin menjagamu.

Kamu adalah alasan mengapa aku kini dipanggil kakak. Kamu adalah alasan mengapa aku menjadi orang yang lebih dewasa. Kamu adalah alasan aku selalu khawatir jika kamu akan salah langkah nantinya.

Di masa kini, aku sangat paham jika dunia yang akan kamu hadapi tidaklah semudah yang terlihat. Pergaulan dan cara hidup yang sangat mengkhawatirkan membuatku ingin selalu menjagamu.

Kakak hanyalah orang biasa yang ingin membahagiakanmu apapun yang terjadi. Kakak hanyalah orang biasa yang ingin membuat keluarga kecil kita bahagia. Bersabarlah. Tumbuhlah dengan baik.

Kakak akan berusaha sekeras mungkin untuk membahagiakan kamu dan orang tua kita. Kakak berjanji hal itu akan segera terwujud. Kakak menyayangi kalian semua dan selalu akan seperti itu.

Saudara terkasih,

Baca juga : Kata Bijak Cinta

5. Contoh Surat Cinta Untuk Nenek Dan Kakek

Contoh Surat Cinta Untuk Nenek Dan Kakek
Contoh Surat Cinta Untuk Nenek Dan Kakek

Teruntuk kakek dan nenek yang kusayangi,

Apa kabar?. Sudah lama aku tidak mengunjungi kalian. Maafkan aku. Harusnya aku senantiasa menjenguk dan menengok kalian. Nyatanya, aku malah lebih sibuk dengan urusan pribadiku sendiri.

Kakek, nenek, kalian adalah orang tua kedua yang aku sayangi. Kalian adalah alasan mengapa orang tuaku menjadi orang tua terbaik sepanjang masa. Dan akhirnya mendidikku menjadi orang yang berguna.

Kakek, nenek, tanpa sadar seiring bertambahnya umurku maka semakin tua juga umur kalian. Semakin dewasa diriku, semakin berkurang masa bertemu kita. Tanpa kusadari, jika seiring waktu kalian pun akan meninggalkanku.

Maafkan aku jika masih banyak kesalahan yang ku perbuat. Semakin dewasa diriku, semakin lupa jika aku adalah cucu yang selalu kalian sayangi. Kegiatan-kegiatan yang ku miliki membuat diriku menjadi terlalu sibuk untuk kalian.

Aku selalu menyayangi kalian. Dimanapun aku berada, aku juga selalu mengingat kalian. Terlebih lagi ketika aku melihat seorang cucu yang berboncengan dengan kakeknya menggunakan sepeda. Aku mengingat masa itu.

Baca juga : Puisi Guru

Masa dimana aku masih diantar ke sekolah bersama kakek. Masa dimana aku adalah anak kecil yang bahagia. Aku merindukan hal itu. semakin tua kalian, harusnya aku semakin berbakti juga kepada kalian.

Minggu depan akan aku ajak ibu, bapak dan adik berkunjung kesana. Kita akan berkumpul dan bercengkrama kembali. Kakek akan mengajarkan kami untuk mencari kerang di sawah atau memanjat pohon.

Kita akan duduk dibawah pohon jambu dengan sekeranjang buah yang siap untuk disantap. Sampai saat itu tiba, bersabarlah ya. Aku akan mengusahakan untuk secepatnya bertemu kalian. Aku menyayangi kalian.

Itulah contoh surat cinta yang dapat dijadikan contoh untuk mengungkapkan perasaan kepada orang yang kamu kasihi.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close