Pendidikan

Pidato : Ciri, Fungsi, Tujuan, & Contoh

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, pidato dapat diartikan sebagai sebuah pengungkapan pikiran melalui kata – kata yang ditujukan kepada banyak orang. Pidato juga dapat diartikan sebagai sebuah wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak umum. Pidato biasanya berisi tentang pernyataan sikap terhadap suatu peristiwa penting atau memberikan gambaran suatu hal kepada khalayak ramai. Lalu, mengapa pidato menjadi suatu yang penting? Berikut adalah ulasan mengenai pidato yang wajib anda ketahui sebelum mampu menyebutkan Contoh Pidato itu sendiri.

Baca juga : Contoh Cerpen

Pidato : Ciri, Fungsi, Tujuan, & Contoh

Pidato : Ciri, Fungsi, Tujuan, & Contoh
Pidato : Ciri, Fungsi, Tujuan, & Contoh

Fungsi dan Tujuan Pidato

Pidato tidak hanya tersusun dari kata – kata yang bernada biasa saja. Akan tetapi, pidato haruslah disusun secara rinci dan baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yang tersusun secara sistematis adalah pidato – pidato yang sering kita lihat disampaikan oleh aparat Negara atau bahkan presiden.

Baca juga : Struktur Penulisan Essay

Meski terdengar tidak berhubungan sama sekali, namun kemampuan berpidato yang baik ternyata mampu membentuk pribadi atau karakter seseorang menjadi jauh lebih maju dibandingkan dengan mereka yang tidak mampu berorasi. Beberapa perusahaan menginginkan seseorang dengan kemampuan softskill yang baik salah satunya adalah dengan melihatnya meyakinkan pembeli dengan berpidato.

Pidato tidak hanya terfokus pada kata – kata yang diucapkan oleh mereka yang berpidato, akan tetapi juga aspek nonbahasa seperti ekspresi wajah, pelafalan, pandangan atau kontak mata hingga intonasi suara semuanya membentuk satu kesatuan pidato yang utuh dan saling bersinergi. Untuk mengerti betul betapa pentingnya pidato, berikut adalah beberapa fungsi pidato yang wajib anda ketahui, antara lain adalah :

Mempermudah komunikasi

Proses komunikasi yang terjadi pada khalayak ramai tidak semudah yang anda bayangkan. dalam banyak kesempatan, sering kali seseorang bisa kehilangan kemampuan verbalnya hanya karna berdiri di hadapan banyak orang untuk menyampaikan sesuatu yang penting. Belajar cara berpidato yang baik dan benar mampu mempermudah seseorang untuk berkomunikasi dalam suatu kelompok.

Baca juga : Kumpulan Puisi Guru

Membangun suasana yang kondusif

Pidato yang baik akan mampu menarik telinga dan perhatian siapapun yang mendengarnya. Inti sari dari pidato adalah menyampaikan sesuatu dan hal ini hanya bisa didapatkan ketika ada orang yang mendengarkan. Suasana yang kondusif akan mudah terjadi ketika terdapat seorang orator ulung yang mampu membuat banyak orang merasa terwakili.

Mempengaruhi Orang Lain

Salah satu fungsi utama dari pidato adalah mempengaruhi orang lain untuk sepakat dengan idea tau gagasan yang kita kemukakan terhadap suatu hal. Pidato merupakan cara terhalus dan tersantun dalam emngajak orang – orang untuk sependapat dengan gagasan yang kita berikan.

Ciri – Ciri Pidato

Pidato memiliki ciri khasnya tersendiri yang akan membedakan pidato dengan alat komunikasi lainnya. nah, berikut adalah beberapa kriteria atau ciri khas dari pidato yang wajib anda ketahui, antara lain adalah :

Baca juga : Kumpulan Syair

  • Memiliki tujuan yang jelas – menyampaikan pendapat, idea tau gagasan di depan umum terhadap suatu hal atau peristiwa
  • Isi pidato sesuai dengan topik yang sedang atau akan terjadi
  • Cara menyampaikan pidatoyang harus disesuaikan dengan pendengar yang hadir
  • Isi pidato harus bersifat jelas, objektif, dan benar
  • Pidato disampaikan dengan intonasi, artikulasi dan volume suara yang jelas

Contoh Pidato

Pidato dapat dilakukan dengan berbagai cara atau metode pembacaan. Beberapa orang mampu melakukan pidato dengan hanya membawa tangan kosong. Beberapa yang lain lebih memilih untuk membawa list dari daftar topic yang akan ia bahas, dan beberapa yang lain harus berhadapan dengan khalayak umum tanpa persiapan alias pidato secara spontan. Nah, berikut adalah cocntoh teks pidato yang bisa anda jadikan sebagai acuan dalam membuat sebuah pidato yang baik dan benar.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada Hadirin yang terhormat,

Bapak ibu hadirin yang saya hormati,

Pertama – tama marilah kita panjatkan doa kepada kehadirat Allah SWT, atas berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini tanpa suatu halangan apapun. Perkenankanlah saya untuk menyampaikan sedikit ulasan tentang bab kesehatan yang belakangan ini begitu marak diperbincangkan.

Telah diketahui bersama bahwa setelah berlalunya musim kemarau, maka akan datang musim penghujan. Musim hujan selain membawa berkah yang melimpah khususnya bagi para petani, juga membawa banyak bibit penyakit yang cukup berbahaya. Maka, alangkah baiknya bila sebelum musim ini tiba, kita berusaha mempersiapkan lingkungan di sekitar rumah, sekolah hingga bahkan tempat kerja dengan memastikan kelancaran saluran pembuangan air untuk mencegah berkembangnya penyakit demam berdarah. Salah satu penyakit paling berbahaya yang telah merenggut ribuan nyawa hanya karna sebuah nyamuk kecil.

Lancarnya saluran pembuangan air merupakan salah satu langkah paling sederhana dan mudah yang dapat anda dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir serta berkembangnya penyakit mematikan. Salah satu cara untuk melancarkan saluran air yang tersumbat akibat menumpuknya sampah organik adalah dengan menggunakan campuran cuka putih, soda kue, dan juga air panas.

Namun, apabila saluran air tersumbat akibat sampah plastik, maka satu-satunya cara adalah mengambil sampah plastik tersebut dan membuangnya di tempat yang tepat. Hal yang lumrah dan wajar apabila masih banyak yang merasa kotor dan jijik ketika mengambil sampah, namun apabila diingatkan kembali akan dampak atau resiko penyakit serta banjir yang akan terjadi, kerja bakti membersihkan lingkungan akan lebih baik dilakukan secara rutin dan teratur.

Ingatlah bahwa Allah SWT menyukai kebersihan dan keindahan, maka tugas kita untuk selalu berbenah diri dan menjadi lebih baik lagi. Selain itu, perlu untuk menekankan kepada para generasi muda mengenai pentingnya membuang sampah di tempat sampah.

Jadilah generasi yang cinta akan kebersihan, sehingga akan Nampak jelas bagaimana kayanya negri tercinta kita Indonesia. Dengan lingkungan yang bersih, maka tidak akan ada banyak bakteri dan kuman yang berkembang biak.

Beberapa jenis bakteri ini ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, dengan meningkatkan kebersihan lingkungan, secara tidak langsung kita telah meningkatkan kesehatan masyarakat sekitar. Selain dari  menjaga kebersihan saluran air, terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjernihkan air yang telah terkontaminasi oleh kotoran atau keruh. Air hasil penyulingan ini dapat kembali digunakan dan bebas dari penyakit. Kebersihan air juga sangat penting untuk diperhatikan, karena air yang kotor dan berpenyakit akan berdampak secara langsung pada sistem imun tubuh.

Cara yang paling ampuh untuk membersihkan atau menyuling air yang keruh adalah dengan menggunakan biji kelor. Dibandingkan dengan menjernihkan air menggunakan tawas yang tidak alami, penjernihan air dengan menggunakan biji kelor lebih aman bagi kesehatan.

Selain itu, biji kelor ini juga dapat mengikat berbagai macam zat logam yang terkandung dalam air kotor. Tentunya, kotoran – kotoran ini apabila dibiarkan dan masuk ke dalam sistem percernaan akan sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Sekian pidato dari saya, semoga bermanfaat. Apabila terdapat kesalahan dalam berkata, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close