PendidikanUmum

Contoh Kerangka Makalah Yang Baik Dan Benar

Saat Anda di bangku sekolah hingga perkuliahan, Anda pasti akan bertemu dengan yang namanya makalah. Anda dituntut untuk menyusun makalah dengan sempurna oleh guru maupun dosen Anda. Nah, pertanyaannya, bagaimana menyusun makalah yang baik, benar, dan lengkap? Kemudian, Apa saja yang harus dimuat di dalam sebuah makalah jika ingin makalah yang dihasilkan sempurna?. Untuk itu, berikut ini akan diulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan makalah hingga kerangka makalah beserta contoh makalah yang benar itu yang bagaimana. Simak baik-baik ya!

Pengertian Makalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, makalah adalah salah satu bentuk karya ilmiah yang bersifat resmi yang di dalamnya membahas suatu topik masalah tertentu dan ditulis secara sistematis untuk dibacakan di muka umum. Makalah juga dapat diterbitkan jika makalah tersebut terbukti keakuratannya atau hasil dari pembahasaannya diterima karena berisikan suatu penemuan atau pengetahuan yang baru.

Baca juga : Pengertian Karya Ilmiah

Ciri-ciri Makalah

Ciri-ciri Makalah
Ciri-ciri Makalah

Setiap hal pastinya memiliki pembeda dari yang lainnya. Sama halnya dengan makalah. Makalah memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakan dari jenis karya ilmiah lainnya. Berikut ini ciri-ciri dari makalah:

  1. Memuat suatu kajian literatur atau laporan suatu kegiatan tergantung apa yang akan dibahas atau pokok pembahasan suatu mata pelajaran maupun mata kuliah tertentu.
  2. Memuat pemahaman dari seorang pemakalah terkait dengan permasalahan yang diambil kemudian dikaji dengan menggunakan teori dan prinsip yang sesuai permasalahan.
  3. Memuat suatu penggambaran kemampuan dari seorang pemakalah dalam menyatuka sebuah teori dan informasi menjadi satu. Oleh karena itu, makalah yang disusun harus sistematis, sempurna, dan selalu memperhatikan cara penulisan harus sesuai dengan EYD, tata bahasa, cara mengutip, hingga cara menyimpulkan gagasan pun juga harus diperhatikan.
  4. Memiliki sistematika yang paten karena sistematika penulisan makalah tidak sama dengan penulisan karya ilmiah lainnya.

Baca juga : Pengertian Abstrak

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pembuatan Makalah

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pembuatan Makalah
Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pembuatan Makalah

1. Permasalahan Yang Akan Dibahas

Masalah adalah hal yang penting dalam penulisan makalah. Masalah yang akan dibahas terlebih dahulu dijelaskan di dalam latar belakang masalah sebagai pembukaan sebelum ke inti. Dengan adanya masalah, Anda dapat menyusun sebuah makalah karena makalah maupun karya ilmiah lainnya dapat disusun dari permasalahan yang di ambil dan permasalahan tersebut disatukan menjadi rumusan masalah dan akan dibahas pada bab pembahasan.

2. Pemilihan Tema Atau Topik Pembahasan

Topik adalah salah satu hal yang penting dalam pembuatan makalah karena topik yang mendasari isi dari makalah yang akan di buat. Topik diperoleh dari latar belakang masalah yang diangkat di dalam makalah. Pemilihan topik diusahakan yang menarik, unik, serta yang Anda kuasai karena nantinya apa yang dibahas di dalam makalah harus sesuai dengan teori yang digunakan.

Baca juga : Pengertian Abstrak

3. Judul Makalah

            Setelah menentukan masalah dan topik, selanjutnya adalah menentukan judul makalah. Penentuan judul makalah harus berhubungan dengan masalah dan topik yang diambil karena hanya dari membaca judul pun, pembaca dapat langsung mengetahui isi dari makalah yang dibuat.

4. Tata Penulisan

Selain topik, hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan makalah adalah tata penulisan seperti pemilihan bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan sebagainya karena hal tersebut dapat menentukan kualitas dari makalah dan penulisan makalah yang baik dapat memudahkan pembaca memahami makalah yang dibuat.

5. Sumber Referensi atau Rujukan

Sumber referensi atau rujukan juga sangat penting dalam pembuatan makalah. dengan adanya rujukan atau referensi tersebut dapat menghindarkan makalah Anda dari plagiarism. Sumber referensi dapat diambil darimana saja, seperti jurnal, artikel, buku, internet, dan sebagainya.

Kerangka Makalah Beserta Contoh Makalah Yang Benar

1. Cover

Cover makalah memuat judul,  nama penulis, logo lembaga/institusi, tempat dan tahun terbit. Penulisan judul menggunakan huruf kapital, dicetak tebal, jenis huruf Times New Roman dengan font 14, dan rata tengah. Nama penulis ditulis nama lengkap. Berikut contoh cover:

Cover Makalah
Cover Makalah

2. Kata Pengantar

Secara umum, kata pengantar dalam makalah maupun karya ilmiah lainnya membahas isi makalah secara keseluruhan. Kata pengantar merupakan sebuah pengantar untuk pembaca sebelum masuk ke inti pembahasan dalam makalah. hal yang ada dalam kata pengantar adalah mencakup semua isi dari apa yang dibahas di dalam makalah. Berikut contoh kata pengantar:

Baca juga : Kata Pengantar

kata pengantar makalah
kata pengantar makalah

3. Daftar Isi

Daftar isi merupakan bagian penting dalam makalah yaitu memuat informasi halaman dari setiap sub bab yang sebelumnya diberikan keterangan halaman di bawahnya yang memudahkan pembaca untuk menemukan bahan yang akan dibaca tanpa kesulitan untuk mencarinya. Berikut contoh daftar isi:

Daftar Isi Makalah
Daftar Isi Makalah

4. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan bagian awal yang membahas masalah dan topik penelitian yang akan disusun di dalam makalah yang tidak perlu ditulis secara luas, hanya secara umumnya saja. Di dalam pendahuluan terdapat tiga bagian penting yang harus selalu ada, diantaranya:

a. Latar Belakang

Di dalam latar belakang membahas permasalahan yang diangkat di dalam penelitian dan setidaknya isi dari latar belakang mencakup jawaban dari pertanyaan-pertanyaan seperti mengapa, apa, dan bagaimana. Berikut contoh latar belakang:

latar belakang makalah
latar belakang makalah

b. Rumusan Masalah

Bagian ini berisi beberapa pertanyaan sesuai dengan topik yang ingin Anda bahas dan jelaskan di  bagian pembahasan. Pembahasan suatu makalah harus sesuai dengan rumusan masalah yang sudah ditentukan. Berikut contoh rumusan masalah:

Baca juga : Rumusan Masalah

Rumusan Masalah Makalah
Rumusan Masalah Makalah

c. Tujuan

Tujuan merupakan bagian yang berisi mengenai tujuan di ambilnya masalah ataupun topik serta tujuan ditulisnya makalah tersebut. tujuan juga harus menggambarkan manfaat yang dihasilkan dari makalah yang telah dibuat. Tujuan dalam makalah dapat bersifat umum dan khusus. Berikut contoh tujuan:

Tujuan Makalah
Tujuan Makalah

5. Isi atau Pembahasan

Isi merupakan inti dari makalah yang memaparkan pembahasan mengenai permasalahan yang diambil, teori yang digunakan, penyelesaian masalah, hasil dari penelitian yang dilakukan hingga metode penelitian yang digunakan. Berikut contoh Isi atau pembahasan:

Isi atau Pembahasan
Isi atau Pembahasan

6. Penutup

Bagian penutup terdiri dari dua sub bab, yaitu:

a. Kesimpulan

Kesimpulan merupakan langkah akhir setelah menganalisis hasil penelitian dengan mengaitkan teori dan metode penelitian yang digunakan. Kesimpulan menjelaskan apakah penelitian yang dilakukan sesuai dengan rumusan masalah apa malah sebaliknya.

b. Saran

Saran berisikan harapan penulis kepada pembaca. Saran berisikan manfaat penelitian berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yang diharapkan dapat dikembangkan kembali dengan menggunakan teori maupun metode yang berbeda, dapat ditindaklanjuti, serta diterapkan.

Berikut contoh penutup:

Penutup Makalah
Penutup Makalah

7. Daftar Pustaka

Daftar pustaka merupakan bagian akhir yang berisikan sumber-sumber referensi yang digunakan dalam penelitian. Biasanya berisi paling sedikit 25 sumber, baik dari jurnal, artikel, buku, maupun internet. Penulisan daftar pustaka harus sistematis berdasarkan huruf abjad yang dilihat dari nama pengarang. Berikut contoh daftar pustaka:

Baca juga : Contoh Daftar Pustaka

DAFTAR PUSTAKA

Amminuddin. 2015. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru Algendino.
Jamaluddin, Mahbub. 2007. Laskar Hizib. Yogyakarta: Matapena
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Adipati, Stevin. 2015. Aliran Prosa Fiksi Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia. eJournal Sastra-Indonesia,  Vol. 19, No.2

Demikian ulasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan apa itu makalah hingga kerangka makalah beserta contohnya. Semoga bermanfaat bagi kalian semua!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close