Pendidikan

Pengertian Jurnal : Contoh Penulisan Dan Format

Jurnal penelitian bisa dikatakan sebagai saudara kembarnya artikel ilmiah. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki tujuan dan bentuk susunan yang nyaris sama. Yang membedakan hanyalah format penulisan serta kerangka dari jurnal dan artikel ilmiah yang sedikit berbeda. Artikel kali ini akan membahas mengenai apa iu jurnal dan bagaimana contoh jurnal yang baik dan benar.

Baca juga : Artikel Ilmiah

Pengertian Jurnal : Contoh Penulisan Dan Format

Pengertian Jurnal

Jurnal : Pengertian, Format Penulisan, & Contoh
Apa Itu Jurnal ??

Salah satu media yang memiliki fungsi utama sebagai alat penyampaian informasi dalam bentuk tulisan artikel ilmiah adalah jurnal. Jurnal itu sendiri bisa diartikan sebagai sebuah karya tulis ilmiah yang berisi pembahasan mengenai suatu penelitian. Perbedaan jurnal dengan laporan atau proposal adalah jumlah katanya yang dibatasi. Umumnya jurnal hanya memiliki enam hingga 8 halaman yang diisi mulai dari judul, abstrak, pendahuluan, bahan dan metode, hasil, pembahasan hingga daftar pustaka.

Baca juga : Penulisan Daftar Pustaka

Jurnal memiliki tujuan untuk mengembangkan keilmuan dari beberapa penelitian yang telah dilakukan. Selain itu,jurnal atau karya ilmiah lainnya sering digunakan sebagai rujukan dalam melakukan suatu tahapan penelitian.

Contoh Jurnal

Jurnal : Pengertian, Format Penulisan, & Contoh
Jurnal : Pengertian, Format Penulisan, & Contoh

Berikut adalah contoh jurnal yang memiliki format serta susunan tulisan yang baik dan benar. Anda bisa menggunakannya sebagai acuan dalam membuat bagian – bagian jurnal sesuai dengan yang diinginkan.

Baca juga : Contoh Kerangka Makalah

FABRIKASI TINTA SPIDOL WHITEBOARD DARI AMPAS TEH DAN BUAH TAMPAL BESI

Ida Putri*

Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika

Fakultas Sains dan Teknologi

Email : Idaputri@gmail.com

ABSTRAK

Kebutuhan tinta yang sangat tinggi dibidang pendidikan mendorong perkembangan teknologi pembuatan tinta semakin berkembang. Efek samping tinta pasaran yang berdampak buruk bagi kesehatan dan harga yang relatif mahal menjadi alasan pembuatan tinta dengan bahan dasar murah dan ramah lingkungan. Ampas teh memiliki kandungan zat tanin yang berfungsi sebagai antidotum alami dan berperan dalam proses penyamakan, pembuatan cat dan sebagai bahan perekat. Kandungan carbon pada ampas teh yang sudah dioven menjadi bahan pembuatan tinta warna hitam. Kandungan zat pewarna antosianin pada buah tampal besi memberikan warna orange dan merah dirasa tepat untuk menjadi tambahan zat pewarna pembuatan tinta. Pembuatan tinta menggunakan bahan ampas teh dan buah tampal besi dicampurkan dengan zat pelarut berupa alkohol dan aquades, ditambahkan pelicin berupa PEG dan Perekat berupa Getah Acasia (Gum Arab). Tinta dibuat dengan variasi masa carbon ampas teh untuk kemudian diuji intensitas cahaya, absorbsi dan juga adhesi.

Kata-kata Kunci: Tinta, Ampas Teh, Buah Tampal Besi

A. PENDAHULUAN

Tinta adalah cairan yang merupakan zat berwarna baik merah, hitam, biru dan warna lainnya (Anonim.,2010). Ada banyak sekali jenis tinta diantaranya tinta untuk menulis baik di buku tulis atau di papan tulis, tinta untuk pewarnaan, dan tinta untuk percetakan. Semua lembaga baik di perkantoran, insdustri dan pendidikan sangat bergantung dengan ketersediaan tinta. Lembaga pendidikan merupakan salah satu lembaga yang tidak dapat dipisahkan dengan adanya tinta. Meskipun perkembangan teknologi memunculkan sistem berbasis online, tapi pada kenyataannya kegiatan belajar mengajar belum dapat dipisahkan dari kegiatan menulis menggunakan tinta.

Tinta merupakan komponen penting dalam lembaga pendidikan di Indonesia. Dibuktikan dengan hampir setiap sekolah mengguakan whitebard dan spidol dalam kegiatan belajar mengajar disekolah(Putro et al., 2018). Kebutuhan tinta yang sangat tinggi dengan harga yang tidak murah dan kandungan VOC (Volatile Organic Compound) yang sangat membahayakan jika terhirup sehingga menimbulkan iritasi dan gangguan pernafasan merupakan permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini(Suhartini.,2012). Salah satu contoh VOC yang berdampak buruk yaitu xylene(dimetilbenzene) yang bahkan dapat menyebabkan kerusakan otak, hati, ginjal dan paru-paru jika terhirup dalam jangka panjang (Anova 2017; Ratnasari et al.,2013).

B. METODE

Bahan utama penelitian ini adalah ampas teh dan juga buah tampal besi. Sedangkan bahan pendukungnya berupa Gum Arab (getah acasia), alkohol 70%, aquades, dan PEG (Polyethylene Glycol). Peralatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah oven, gelas kimia, pipet, gelas ukur, pengaduk, saringan, blender, panci dan kompor elektrik.

Pada tahap pertama, ampas teh di keringkan dibawah sinar matahari hingga mengurangi kadar air pada ampas teh. Setelah dirasa cukup kering masukkan ampas teh pada oven dengan suhu 200ºC selama 45 menit. Kemudian haluskan ampas teh dengan menggunakan blender dan kemudiandisaring untuk menghomogenkan serbuk teh.

Tahap yang kedua, yaitu dengan membuat larutan campuran antara gum arab dan aquades pada suhu 70ºC – 80ºC hingga larutan tercampur merata. Gum arab secara umum memiliki fungsi stabilitas dan viskositas karena sifatnya sebagai perekat (Y.D. Bayuarti.,2006). Pada larutan ini massa gum arab 1,5 gram dengan aquades sebanyak 7 ml. Campurkan pula ampas tehdenganvariasi sebanyak 1-3 gram , tanaman tampal besi 5 ml dan PEG 0,2 gram. Aduk hingga larutan tercampur rata. Proses pemanasan tidak boleh melebihi suhu 80ºC untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan pada getah acasia dalam proses emulsifikasi (A. Setyawan.,2007).

C. HASIL DAN PEMBAHASAN

Tahap awal dapat dilihat pada gambar 1.2. arang ampas teh dibuat dengan cara dioven untuk mengurangi kadar air yang terdapat dalam ampas. Arang kemudian diblender sehingga arang menjadi lebih halus. Pemaksimalan arang dapat dilakukan dengan cara disaring untuk mempermudah proses pencampuran sehingga hasil tinta semakin homogen.

Pengujian pertama yang dilakukan yaitu uji taraf intensitas cahaya dengan menggunakan luxmeter. Pengukuran ini dengan cara kertas yang dilapisi tinta untuk kemudian diletakkan pada lubang yang dibuat pada permukaan kotak sebagai jalan cahaya masuk dan   didalamnya diletakkan pendeteksi intensitas cahaya. Kotak yang seluruh permukaannya ditutupi lakban hitam untuk meminimalisir cahaya yang masuk. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kekentalan tinta menggunakan kertas yang sudah dilapisi tinta. Pada pengukuran intensitas cahaya dalam kotak sebelum lubang ditutup cahaya diketahui intensitas yang terukur 0,78 lux dan ketika lubang ditutup dengan kertas HVS polos 80 gram intensitas cahaya yang terukur 0,24 lux. Dengan data intensitas yang didapatkan setelah kertas HVS dilapisi tinta sebagai berikut :

D. KESIMPULAN

Ampas teh yang biasanya hanya menjadi sampah dapat dijadikan pigmen warna hitam untuk spidol whiteboard. Dari uji intensitas cahaya, absorbs dan daya adhesi dapat diketahui bahwa ampas the dan sari buah tampal besi memiliki klasifikasi untuk diijadikan bahan utama pembuatan tinta.  Pada uji intensitas cahaya dapat diketahui tinta paling tebal yaitu tinta dengan variasi massa 3 gram dengan intensitas cahaya sebebsar 0,05 lux yang bisa melewatinya. Pada uji absobsi, tinta dengan ke 3 variasi hampir memliki daya serap yang sama. Dengan laju penyerapan terbaik terjadi pada 30 detik awal.

Baca juga : Struktur Penulisan Essay

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. (2010). Tinta. [online]. Tersedia : http://id.wikipedia.org/wiki/Tinta. [12 Juni 2019].

Anonim, 2015, Pewarna Alami Dan Buatan. Serviens in lumine vertitatis.

Anova dan Nuchtar.2017.Pemanfaatan Gambir Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Tinta Spidol.Balai Riset dan standardisasi Industri Padang.Jurnal Litbang Industri Vol. 7 No. 2, Desember 2017: 101-109

A. Setyawan. (2007). Gum arab [Online]. Available : https://soulkeeper28.files.wordpress.com/2009/01/gum-arab.pdf.

Hagerman, A. E. Tanin Handbook. Department of Chemistry and Biochemistry, Miami University. 2002.

Kasischke, E., and Hoy, E.E., 2012. Controlson carbon consumption during Alaskanwildland fires.Global ChangeBiology, 18, 685-699.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close