PendidikanUmum

Contoh Pendek ( Cerpen ) : Pengertian, Ciri Dan Unsur

Cerita Pendek (Cerpen) merupakan salah satu bentuk prosa fiksi yang menceritakan suatu kejadian atau peristiwa yang berisikan nasehat dan relatif singkat ceritanya dan langsung kepada tujuannya. Cerita yang ditampilkan dalam sebuah cerpen biasanya hanya sepenggal peristiwa yang terjadi dan fokusnya terletak pada tokoh utamanya.

Ciri-ciri Cerpen

  • Biasanya terdiri kurang dari 10.000 kata
  • Memiliki jalan cerita yang lebih pendek dibandingkan novel
  • Kata yang digunakan sederhana dan mudah dipahami.
  • Memiliki alur lurus atau tunggal
  • Hanya menampilkan satu jenis kejadian

Baca juga : Kata Pengantar

Unsur Intrinsik Cerpen

cerita singkat
cerita singkat
  • Tema
  • Alur
  • Tokoh dan perwatakan
  • Sudut Pandang
  • Latar
  • Gaya Bahasa
  • Amanat

Unsur Ekstrinsik Cerpen

Cerpen
Cerpen
  • Latar belakang masyarakat
  • Latar belakang penulis
  • Nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen

Saat ini, membaca cerita terutama cerpen dapat dilakukan melalui media online dan semua orang pun bisa mengaksesnya. Cerita melalui media internet pun tidak berbeda jauh dengan yang biasa ada dibuku. Berikut ini beberapa contoh cerpen singkat yang menarik dan wajib untuk dibaca. Simak baik-baik ya!

Baca juga : Daftar Pustaka

Contoh Cerpen Singkat tentang Ibu

Contoh Cerpen Singkat tentang Ibu
Contoh Cerpen Singkat tentang Ibu

KeiIkhlasan Hati Ibu

Pada suatu malam, seorang tengah terjaga dari tidur dan sedang berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa, memohon untuk kebahagiaan keluarganya, termasuk anaknya. Meskipun dalam kehidupannya dia sebatang kara, namun baginya kebahagiaan dan keselamatan anak adalah yang utama. Ya, dia itu adalah seorang ibu. Tidak ada seorang ibu di dunia ini yang menginginkan kehidupan anaknya hancur. Semua ibu di dunia ini menginginkan anaknya sukses, menjadi orang yang besar dan membanggakan keluarga.

Suatu hari, setelah sang anak lulus dari perguruan tinggi, sang anak meminta izin untuk merantau ke luar kota untuk mencari pekerjaan karena sang anak berkeyakinan bahwa ia akan mendapatkan pekerjaan yang akan membawanya menuju kesuksesan.

“Bu, izinkan Rania pergi ke kota untuk mencari pekerjaan di sana. InsyaAllah, Aku yakin bu. aku akan sukses di sana dan akan membuat ibu bangga akan hasil kerja kerasku nanti. Tapi itu semua tergantung restu ibu. Kalau ibu merestui, aku akan berangkat. Kalau tidak, aku akan tetap di sini” ungkap sang anak

Mendengar ungkapan sang anak, seketika membuat hati sang ibu terharu karena tidak menyangka bahwa selama ini dia telah berhasil mendidik anaknya menjadi pribadi yang baik, berbakti, dan sholehah. Namun di satu sisi, sang ibu juga merasa khawatir. Memberikan restu berarti harus siap berjauhan dengan anak dan di kota pun kehidupannya sangat keras, sang ibu takut jika anaknya nanti terjerumus ke hal-hal yang merusak pribadinya.

“Kalau memang itu keinginan Rania, ibu merestui dan ikhlas Nak jika kamu ingin pergi ke kota dan ibu berpesan hati-hati dalam memilih teman, jangan mudah percaya dengan orang yang baru kenal. Tetaplah menjadi Rania yang baik, penyayang, dan dermawan” Jawab ibu sambil menghapus air matanya. “Tunggu sebentar Rania. Ini perhiasan ibu yang selama ini memang ibu simpan untuk kamu. Meskipun hanya sedikit, tapi ibu berharap ini cukup untuk bekalmu nanti” ucap ibu

Rania yang mendengarkan ucapan ibu seketika menangis terharu lantaran sangat beruntung memiliki ibu yang berhati lembut dan penuh keikhlasan itu. “Terimakasih ibu. Rania sayang Ibu” Ucap Rania sambil memeluk sang Ibu.

Contoh Cerpen Singkat tentang Perjuangan

Contoh Cerpen Singkat tentang Perjuangan
Contoh Cerpen Singkat tentang Perjuangan

Keluargaku Adalah Prioritasku

Ini adalah kehidupanku. Kehidupan seorang anak pertama dari lima bersaudara yang terlahir di dalam keluarga yang begitu sederhana. Saat aku berumur 15 tahun, ayahku meninggalkan ibu, aku beserta kedua adikku. Dan kini aku harus bekerja dan membantu ibu untuk menghidupi segala kebutuhan dalam keluarga kami. Hitung-hitung belajar jadi kepala keluarga.

Ibuku bekerja sebagai penjual di pasar dan aku membantunya dengan berjualan di sekolah. Sebagian dititipkan di kios-kios kantin, sebagian aku sendiri yang berkeliling sekolah untuk menjajakan jualanku. Kalau ditanya, apa kamu malu? Jawabanku tidak. Karena bagiku ini adalah sesuatu yang mulia dan hasil yang didapat halal.

Berjualan di sekolah tampaknya tidak selalu berjalan mulus. Ada saja halangan yang mengampiriku. Suatu ketika aku ditegur oleh wali kelasku dan langsung melaporkannya kepada ibuku karena sering berjualan di sekolah, namun hal itu tidak menyurutkan semangatku. Malah aku semakin tertantang. Aku tetap berjualan di sekolah namun tidak sesering biasanya.

Suatu malam di rumah, ketika aku sedang menikmati makan malamku. Ibuku menghampiriku. “Le, besok tidak usah jualan lagi ya. Fokuslah sama sekolahmu. Untuk masalah bekerja, biar itu menjadi tugas ibu. Kamu cukup belajar sampai menjadi orang sukses” ungkap ibu di suatu sore

“Ibu, aku anak laki-laki. Sudah seharusnya aku menjadi kepala keluarga menggantikan ayah. Mungkin sekarang ini aku belum bisa sepenuhnya menghasilkan uang yang banyak untuk keluarga kita karena aku berjualan kue. Tapi aku yakin bu, apa yang kulakukan ini akan mengantarkan diriku menjadi orang yang sukses nanti. Ini hanya permulaan bu. Kelak ketika aku dewasa, aku akan membuktikan keseriusan ucapanku ini. Ibu tenang saja. Tidak usah khawatir” jawabku dengan nada menyakinkan.

Apa yang kulakukan ini bukan semata-mata ingin mencari uang saja. Apa yang kulakukan ini untuk kebahagiaan dan ketentraman keluargaku. Keluargaku adalah prioritasku. Ini adalah awal dari perjuangaku sebagai seorang laki-laki yang akan menggantikan ayah sebagai kepala keluarga kelak. Meskipun masa remajaku aku habiskan dengan membantu ibu, tapi demi keluargaku. Aku akan melakukan segala cara agar kehidupan keluargaku jauh dari kata sengsara.

Contoh Cerpen Singkat Lucu

Contoh Cerpen Singkat Lucu
Contoh Cerpen Singkat Lucu

Niat Menghilangkan Malah Jadi Sasaran Binatang. Apes Dah!

Namaku Sonya. Aku punya sahabat mulai dari sekolah menengah pertama hingga sekarang bernama Abigail. Suatu hari, kita berangkat sekolah bersama karena kita berdua adalah tetangga yang kebetulan satu sekolah. Saat sekolah masih sepi, tiba-tiba Abigail melontarkan pertanyaan yang membuatku terkejut karena bagiku sangat jarang dia membahas sesuatu yang berkaitan kecantikan, “Sist, kira-kira cara bibirku gak pecah-pecah apasih?” tanya Abigail.

Mendengar jawaban Abigail seketika membuatku tersenyum, “Gimana ya, Ab. Kamu tau sendiri aku juga gak pernah macem-macem sama wajahku. Tapi coba deh pakai madu. Olesin di bibirmu. Mungkin itu membantu mengurangi pecah-pecahmu” jawabku.

 “Gitu ya. Boleh deh nanti bakal ku coba. Makasih sarannya, Son” Abigail menjawab sambil berlalu dari hadapanku.

Selama beberapa hari, Abigail melakukan apa yang disarankan Sonya secara rutin. Sedikit demi sedikit, ada perubahan pada bibirnya. Namun di suatu hari, tiba-tiba Abigail datang dengan wajah yang ditutupi masker. Sontak hal tersebut mengundang perhatian banyak anak-anak termasuk Sonya.

“Kamu kenapa kok pakai masker? Kamu lagi flu?” tanyaku. Yang ditanya cuma geleng-geleng kepala dan tidak lama Abigail melepas maskernya yang seketika membuat Sonya tertawa, “Loh Ab, abis diapain bibirmu itu? Aduh jontor banget hahahaha” Ucapku yang tidak bisa lagi menahan ketawa setelah melihat bibir seksi milik Abigail.

“Ih kok diketawain. Ini tuh akibat saranmu yang nyuruh aku ngolesin madu. Nih gara-gara ku pakai malam hari sebelum tidur kemarin, bibirku digigit semut jadi hasilnya kayak abis operasi plastik tapi gagal” Ucap Abigail dengan muka cemberut.

“Astaga Abigail salah sendiri pakai madu kok malam hari. Rasain tuh dicium sama semut hahaha” Aku menjawab sambil menyentil dahi Abigail karena gemas dengan tingkah lakunya.

Demikian ulasan mengenai cerita pendek (cerpen) beserta contohnya yang dapat anda gunakan sebagai referensi bacaan. Semoga bermanfaat!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close