Umum

Pengertian Brosur – Cara Membuat, Jenis, & Contoh

Dalam menjalankan sebuah usaha, kegiatan promosi menjadi salah satu hal elemen yang bisa menjadi pemicu sebuah kesuksesan. Untuk itu, tidak heran banyak perusahaan baik di dalam bidang apapun berusaha sebaik mungkin di dalam mempromosikan produknya.

Meskipun sarana internet dan digital sudah canggih dan modern, dan bisa memanfaatkannya sebagai sarana untuk berpromosi, langkah tradisional layaknya menyebar brosur atau pamflet tetap banyak diminati. Hal itu menjadi alasan tersendiri bagi banyak orang melakukannya, berikut ini contoh brosur yang bisa kamu ketahui:

Baca juga : Contoh Kliping

Pengertian Brosur – Cara Membuat, Jenis, & Contoh

Pengertian Brosur

Pengertian Brosur - Cara Membuat, Jenis, & Contoh
Pengertian Brosur – Cara Membuat, Jenis, & Contoh

Pengertian bahasa indonesia sendiri mengenai brosur yaitu suatu alat untuk promosi barang, jasa dan lain sebagainya. Yang terbuat dari kertas atau bahan sejenisnya yang dimana didalamnya terkandung sejumlah Info dan terhitung penawaran tentang jasa atau produk . Brosur sendiri memiliki banyak variasi macam, seperti brosur kuliah, brosur produk HP baru, brosur motor, dan lain sebagainya. Tujuannya untuk memperkenalkan sebuah produk atau jasa tertentu kepada konsumen.

Baca juga : Contoh Jurnal

Cara Membuat Desain Brosur Yang Menarik

Pengertian Brosur - Cara Membuat, Jenis, & Contoh
Pengertian Brosur – Cara Membuat, Jenis, & Contoh

1. Brosur Dengan Bentuk Yang Terkenal

Kiat pertama memberikan foto wanita/pria yang menarik di bagian depannya. Ini digunakan hampir di seluruh produk di dunia. Untuk perusahaan-perusahaan besar digunakan publik figur yang kondang layaknya para selebriti, atlit olah raga, ratu kecantikan sampai tokoh masyarakat dan pemimpin organisasi besar.

Baca juga : Contoh Teks Deskripsi

2. Judul Brosur Yang Menarik

Kiat kedua memakai judul utama yang bombastis juga menakjubkan memiliki kandungan unsur WOW, bisa mungkin memainkan faktor emosi konsumen agar menarik perhatian orang yang secara sekilas membaca untuk karena tertarik dapat membaca ulang ulang di dalam hatinya.

3. Pemilihan Warna Brosur Yang Sesuai

Kiat ketiga memakai nuansa warna yang cocok bersama produk juga target customer yang akan dibidik. Kamu harus membaca filosfi warna untuk lebih mendalam pada artikel warna. Ini juga perlu karena pemakaian warna-warna spesifik ternyata mempengaruhi kekuatan membidik customer.

Contoh, untuk produk mainan anak-anak dapat lebih cocok dan lebih menarik dengan digunakan warna-warna dasar yang terang. Untuk produk aksesoris remaja putri dapat lebih menarik misalnya lebih banyak memakai warna pink atau warna kalem dan lembut.

4. Cantumkan Harga Pada Brosur, Jika Bermaksud Menjual Suatu Barang

Berikutnya cantumkan harga bila memungkinkan atau Diskon produk tersebut. Bila kamu percaya bahwa harga produk tidak mahal atau paling besar dibanding bersama merek lain yang mutunya serupa dan , jangan ragu untuk mencantumkannya.

Oleh karena itu customer dapat segera tertarik contoh dengan harga produk yang mereka cari ternyata tersedia yang lebih tidak mahal dibanding dengan yang lainnya.

5. Gunakan Penanda Khusus Pada Bagian Brosur

Kiat kelima memakai penanda spesifik pada judul utama layaknya seperti bintang, oval, lingkaran, kotak, tanda panah dan wujud atau lainnya untuk berkomunikasi secara visual. Ini berguna untuk lebih memperkuat kesan menarik dan juga unik.

6. Buatlah Sub Judul Brosur Semenarik Mungkin

Keenam buatlah subjudul yang menyebutkan secara singkat tujuan berasal dari judul utama. Subjudul ini kebanyakan berbentuk kalimat pendek yang memuat ilustrasi singkat yang bisa membuat orang menyaksikan lebih lanjut.

Subjudul kebanyakan adalah sebuah kalimat yang memiliki makna untuk memperkuat dan mempertegas kesan berasal dari judul utama.

7. Buat Layout Desain Brosur Yang Menarik dan Sesuai

Kiat berikutnya agar brosur kami bisa menciptakan keinginan konsumen, maka buatlah layout yang harus bisa mengilustrasikan atau melukiskan keunggulan produk dengan baik. Buatlah uraian yang menerangkan desain lebih cermat mengenai keunggulan produk yang dijual.

8. Beri Jarak Yang Cukup

Kiat kedelapan beri area kosong sebagai atau space yang cukup. Jika space terlalu penuh dapat mengakibatkan orang malas membaca karena terlihat ribet dan berantakan. Pada brosur yang sukses mengkomunikasikan isi dari brosur terdapat area kosong untuk memastikan kesediaan dan legibility karya desain brosur.

Area kosong dapat juga berkenaan dengan dominasi atau mengutarakan apa yang ditonjolkan.

9. Isi Brosur Mencantumkan Informasi

Kesembilan setelah customer puas akan keingintahuan pada produk melalui Body Copy yang ada, pasti kamu menginginkan menggiring mereka untuk segera take action bukan?. Hal itu tu bisa berbentuk dengan menghubungi no telepon kamu, bisa juga singgah segera ke alamat toko atau counter terdekat, atau segera membeli produk yang kamu jual.

Ragam Jenis Brosur Dan Ukuran Brosur

Pengertian Brosur - Cara Membuat, Jenis, & Contoh
Pengertian Brosur – Cara Membuat, Jenis, & Contoh

Brosur sebenarnya sering digunakan untuk promosi usaha mereka sehingga dapat menaikkan kuantitas penjualan. Dan kebanyakan untuk penyebaran brosur ini sering digunakan pada awal usaha yang bertujuan untuk memperkenalkan produk.

Baca juga : Contoh Cerpen

Namun brosur memiliki aneka macam jenis juga ukuran sehingga kamu akan lebih tahu mana yang sesuai untuk usaha yang dijalankan.

Berikut ini Jenis Brosur dan Ukuran Brosur :

Pengertian Brosur - Cara Membuat, Jenis, & Contoh
Pengertian Brosur – Cara Membuat, Jenis, & Contoh

1. Ukuran Brosur Lipat 3

Brosur lipat 3 merupakan satu jenis brosur yang kondang dan sebenarnya sering dipakai untuk sebuah promosi , ukurannya untuk brosur lipat 3 yaitu A4 ( 21 x 29,7 cm ) yang sesudah itu dilipat 3. Brosur yang mempunyai 6 halaman yang bolak balik.

Kamu yang menginginkan menampilkan beraneka macam foto foto produk atau pun mempunyai materi yang banyak dan menginginkan dibagi perhalaman, maka brosur lipat 3 yang sebenarnya sesuai untuk kebutuhan.

Untuk ukuran brosur lipat 3 ini tidak hanya A4 namun juga disesuaikan bersama dengan kebutuhan yang kamu inginkan seperti A5.

2. Ukuran Brosur Lipat 2

Brosur jenis lipat dua ini banyak memakai ukuran kertas A4 ( 21 x 29,7 ) yang sesudah itu dilipat 2 sehingga mempunyai 4 Halaman yang bolak balik . Brosur ini sesuai untuk kamu yang menginginkan penampilan jenis gambar yang lebih besar.

3. Ukuran Brosur Tanpa Lipat

Brosur jenis ini tidak punya lipatan dan biasa disebut dengan fleyer dan untuk ukuran yang paling banyak digunakan yaitu A4 , A5 ( 14,8 x 21 cm ) atau dapat juga size 1/4 kertas kuarto. Untuk jenis brosur lebih sesuai bagi kamu yang juga mempunyai Info singkat dan padat , tetapi jika menginginkan lebih banyak materi lain dapat memakai ukuran A4 ( 21 x 29,7 ).

Baca juga : Contoh Rumusan Masalah

Contoh Brosur Dalam Produk

Pengertian Brosur - Cara Membuat, Jenis, & Contoh
Pengertian Brosur – Cara Membuat, Jenis, & Contoh

1. Contoh Brosur Makanan

Contoh desain brosur sebagai bahan referensi dan gagasan bagi kamu yang ingin menjalankan promosi tentang makanan atau restoran melalui tempat brosur. Brosur makanan sangat menarik, karena bisa membuat usaha rumah makan yang kamu buat dapat dikenal dengan waktu yang singkat dan menjadi terkenal.

Di dalam sebuah desain brosur makanan umumnya diisi mengenai Info tentang makanan apa saja yang disediakan lengkap bersama gambar makanan yang menarik dan menyebabkan selera makan.

2. Contoh Brosur Sekolah

Pada pembuatan desain brosur sekolah bisa dikatakan sama dengan yang lainnya, tapi brosur sekolah, lebih memfokuskan pada promosi lembaga pendidikan atau sekolah kepada masyarakat.

Biasanya brosur memuat keunggulan – keunggulan lembaga atau sekolah seperti prestasi akademik dan non-akademiknya, sarana dan prasarana penunjangnya, kualitas staf pengajarnya, dan sebagainya.

3. Contoh Brosur Dalam Bahasa Inggris

Dalam pembuatan brosur bahasa inggris, biasanya dibuat dengan bentuk yang menarik, hampir sama dengan contoh brosur sekolah yang menitik beratkan kepada keunggulan pendidikan, mutu pengajar, biaya, materi dan sebagainya.

4. Contoh Brosur Promosi Produk

Karena bertujuan untuk promosi produk maka bentuk brosur tersebutlah bisa membawa dampak desain yang menarik sehingga bisa menarik minat calon pengguna jasa dan produk yang dapat dipromosikan.

Tata letak, penentuan kata, juga warna menjadi elemen yang perlu diperhatikan di di dalam mendesain brosur tersebut. Dengan kreatifitas sehingga menjadi menarik jika dilihat.

Masih banyak lagi contoh brosur lainnya yang bisa diketahui. Namun itulah pembahasan singkat mengenai contoh brosur beserta dengan penjelasan mengenai pengertian brosur. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close