Teknologi

Pengertian Cloud Hosting : Sejarah, Cara Kerja, dan Manfaat

Dalam dunia internet, istilah Cloud Hosting mungkin sudah tidak asing lagi didengar. Bagi seseorang yang sedang menjalani bisnis online, maka Cloud Hosting merupakan salah satu teknologi terbaik dalam menunjang kegiatan online. Akan tetapi bagi sebagian orang, istilah Cloud Hosting dirasa kurang begitu familiar. Hal itu dikarenakan tidak banyaknya pengetahuan serta akses informasi yang diterima mengenai inovasi layanan dari Cloud Hosting.

Di era perkembangan teknologi seperti saat ini, banyak developer lokal yang mulai menggunakan layanan Cloud Hosting, baik untuk kebutuhan pribadi maupun perusahaan. Sebenarnya banyak orang yang sering menggunakan Cloud Hosting meskipun mereka tidak sadar dalam penggunaannya. Ketika seseorang membuat email atau akun di media sosialnya, secara otomatis orang tersebut telah menggunakan layanan Cloud Hosting dan mereka dapat mengakses akun media sosialnya dengan mudah meskipun dalam waktu yang sama. Cloud Hosting sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah teknologi yang menghubungkan server dalam satu hosting dimana akan memberikan kemudahan para pengguna dalam mengakses setiap website yang dikunjungi. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini akan diulas secara lengkap mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Cloud Hosting, mulai dari pengertian dan sejarah, cara kerja, manfaat, dan kekurangan Cloud Hosting. Simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Dedicated Server Hosting

Pengertian dan Sejarah Cloud Hosting

Pengertian Cloud Hosting : Sejarah, Cara Kerja, dan Manfaat
Pengertian dan Sejarah Cloud Hosting

Perkembangan Cloud Hosting tidak lepas dari gagasan Cloud Computing ang mana gagasan tersebut dicetuskan pertama kali oleh pakar komputasi dan kecerdasan buatan asal MIT yang bernama John McCharty pada tahun 1960. Gagasan awal tersebut ternyata ditindaklanjuti oleh pendiri Oracle di medio pada tahun 1990an sebelum akhirnya mulai banyak digunakan oleh perusahaan kekinian sekelas Amazon dengan E2C dan Google lewat Google App.

Cloud Hosting dapat diketahui bentuk terbaru dari hosting yang semaikn populer dari waktu ke waktu. Cloud Hosting merupakan sebuah layanan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara virtual yang mana menggunakan banyak server yang saling terhubung satu sama lain dengan jam kerja server (uptime) dan performa website masih tetap terjaga. Cloud Hosting memiliki konsep utama yaitu “Divide and Rule” yang memiliki pengertian sumber daya yang diperlukan untuk menjaga website tetap online yang tersebar di beberapa web server yang mana nantinya akan dialokasikan sesuai dengan kebutuhan.

Teknologi yang dihasilkan Cloud Hosting merupakan pembaruan dari layanan web hosting konvensional dimana pembaruan tersebut masih memerlukan sebagai sentral penyimpanan data. Penggunaan Cloud Hosting sendiri bertujuan sebagai upaya pencegahan agar website bisa tetap berjalan meski salah satu server down atau mengalami gangguan.

Cloud Hosting sendiri memiliki kemampuan ekstra dalam menampung lebih banyak trafik sehingga sangat cocok digunakan oleh para pengembang website seperti online shop, portofolio perusahaan, dan sebagainya. Untuk pengelolaannya sendiri tidaklah sulit karena Cloud Hosting dapat diatur karena menggunakan Cpanel layaknya Shared Hosting standar, namun untuk performa jauh di atas shared hosting bahkan hampir mirip dengan Virtual Private Server (VPS).

Layanan Cloud Hosting dapat digunakan untuk mengakomodir kebutuhan berbagai jenis website, baik pribadi maupun profesional. Namun, Cloud Hosting tetap dikatakan lebih recomended apabila diguankan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang operasional dimana fungsionalitas website seperti sistem informasi perbankan, marketplace, situs berita, dan sebagainya lebih mendominasi.

Baca juga : VPS Hosting

Cara Kerja Cloud Hosting

Cara Kerja Cloud Hosting
Cara Kerja Cloud Hosting

Setiap server di dalam jaringan Cloud Hosting memiliki satu set tugas tertentu. ketika terjadi masalah atau gangguan pada satu server, maka server lain akan menggantikan server yang gagal tersebut dan menyediakan sumber daya yang diperlukan. Untuk memastikan Cloud Hosting berfungsi dengan baik, diperlukan hardware server berkualitas tinggi sehingga mempu menjalankan berbagai tugas dalam waktu yang bersamaan dan mampu memberikan layanan cloud yang handal sehingga melebihi apa yang ditawarkan oleh dedicated server.. Apabila hardware yang dipakai berkualitas rendah, hanya akan meniadakan kelebihan Could Hosting dan meningkatkan biaya tanpa menghasilkan sesuatu yang signifikan.

Baca juga : Pengertian VPN

Manfaat Cloud Hosting

Manfaat Cloud Hosting
Manfaat Cloud Hosting

Penggunaan Cloud Hosting ternyata memberikan manfaat bagi para penggunannya. Ada beberapa manfaat yang diberikan ketika seseorang menggunakan layanan Cloud Hosting, sebagai berikut:

1. Dapat menyimpan data terpusat satu server

Sudah dijelaskan di atas jika Cloud Hosting dapat dikatakan sebagai layanan yang memiliki teknologi canggih yang mampu menyimpan data terpusat hanya dengan satu server. Hal tersebut memudahkan setiap orang dalam mengakses website kapanpun dan dimanapun bahkan mudah dalam mengakses di waktu yang sama. Layanan Cloud Hosting ini dipercaya sebagai jasa pembuatan website dengan harga murah dan ketika mengaksesnya pun sangat mudah tanpa adanya kelambatan.

2. Memiliki sistem keamanan yang tinggi

Selain dapat menyimpan file dalam satu server, Cloud Hosting ternyata memiliki keamanan yang tinggi untuk menyimpan konten atau informasi untuk sebuah website. Hal tersebut tentunya memberikan keuntungan bagi pemilik website untuk melindungi data dari para hacker yang usil. Dengan menggunakan layanan Cloud Hosting, pemiliki website dapat membuat website menjadi lebih berkualitan dengan konten-konten yang memberikan manfaat bagi pengguna yang membacanya.

3. Sangat Fleksible

Sudah dijelaskan d atas bahwa Cloud Hosting merupakan sebuah fitur dalam website yang sangat membantu untuk mempercepat proses mengakses ke dalam website. Sifatnya yang fleksible memudahkan setiap orang dalam mengaksesnya. sebagian besar pengguna internet khususnya pengguna website pastinya menginginkan kecepatan dalammengakses website yang dikunjungi, maka yang harus dilakukan pemilik website adalah memilih Cloud Hosting untuk membuat kualitas website semakin bagus.

4. Bentuk investasi jangka panjang

Cloud Hosting ternyata dapat dikatakan sebagai investasi jangka panjang yang memberikan banyak keuntungan. Dengan kemampuannya yang mempercepat sistem akses internet, Cloud Hosting dapat membuat website yang dimiliki berada daam peringkat pertama dalam mesin pencarian atau browser. Hal tersebut menjadikan salah satu peluang bagi pemilik website untuk memperoleh penghasilan yang cukup besar. Biasanya website terintegrasi dengan sebuah iklan yang mana dari iklan tersebut dapat menghasilkan pendapatan yang cukup besar.

5. Point of sale

Istilah point of sale biasanya ada di website yang khusus untuk bisnis dimana ketika seseorang memiliki website bisnis, maka harus terdapat beberapa fitur yang mampu mencapai point of sale. Ponit of sale sendiri merupakan salah satu bentuk pencapaian suatu kegiatan penjualan baik secara online maupun offline. dengan menggunakan Cloud Hosting, maka website yang dimiliki diyakini akan mencapai point of sale dengan mudah.

Kekurangan Cloud Hosting

Kekurangan Cloud Hosting
Kekurangan Cloud Hosting

Selain memberikan manfaat, ternyata Cloud Hosting memiliki kekurangan yang harus diketahui pemilik website. Kekurangan dari Cloud Hosting sebagai berikut:

1. Masalah privasi

Jika menggunakan teknologi Cloud Hosting, maka data yang dimiliki disimpan di dalam server dan server tersebut bukan milik Anda sebagai pemilik data. Hal tersebut mengakibatkan Cloud hostinh dapat mengakses semua data tanpa sepengetahuan Anda sebagai pemilik data sehingga hal tersebut akan menjadi salah satu kekurangan dari layanan ini.

2. Pelayanan tidak menyeluruh

Setiap layanan pastinya memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan pastinya memiliki batasan yang tergantung dari servis yang digunakan. Cloud Hosting juga bisa saja tidak konsisten dan tidak menyeluruh dalam memberikan pelayanan bagi pengguna jasa Cloud Hosting.

3. Penyesuian dalam menyimpan data

Setiap perusahaan pengguna Cloud Hosting pastinya harus memperhatikan regulasi dari bisnis yang dijalani. Secara teortis, Cloud hosting memang diharapkan dapat menyamakan level penyesuaian dalam penyimpanan data di dalam cloud. Namun, perlu diketahui bahwa cloud hosting masih relatif mudah dalam bidang teknologi, sehingga pemilik data atau website diharapkan untuk berhati-hati dalam menyimpan data di server.

Baca juga : Penyedia Web Hosting Gratis

Nah itulah informasi yang dapat disampaikan mengenai ulasan pengertian Cloud Hosting terlengkap mulai dari pengertian dan sejarah, cara kerja, manfaat , hingga kekurangan dari Cloud Hosting. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membacanya!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close