Teknologi

Cara Cek Tagihan Listrik [Online, Telepon, & SMS] Lengkap

Listrik adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Selain befungsi untuk menggerakkan mesin-mesin di pabrik, penggunaan listrik juga dibutuhkan di setiap rumah untuk menghidupkan alat-alat elektonik. Tidak bisa kebayang kan jika rumah tidak ada listrik? Pasti Anda bingung kan jika listrik padam begitu saja? Oleh karena itu, Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyebarluaskan pemasangan listrik hingga ke desa-desa sebagai lagkah pemerataan daya listrik di seluruh Indonesia. Penggunaan listrik ini membutuhkan biaya yang harus dibayarkan kepada pelanggan setiap bulan tergantung dari seberapa besar pemakaian listrik di rumah. Lalu bagaimana cara mengetahui tagihan listrik? Simak baik-baik ya!

Cara Cek Tagihan Listrik [Online, Telepon, & SMS] Lengkap
Cara Cek Tagihan Listrik [Online, Telepon, & SMS] Lengkap

Pada dasarnya, terdapat dua jenis pemasangan  listrik, yaitu:
Listrik prabayar adalah layanan pembayaran listrik dari PLN dengan pulsa atau token dimana pelanggan bisa mengatur pemakaian listrik sesuai budget. Sistem pembayarannya sama seperti pembelian pulsa bagi pengguna SIM Card prabayar. Jadi sebelum menggunakannya, Anda harus membeli pulsa terlebih dahulu. Saat nominal pulsa yang ada di meteran listrik habis, maka terdengar bunyi beep beep. Bunyi tersebut adalah tanda bahwa Anda harus isi ulang pulsa listrik. Kelebihan listrik prabayaradalah pelanggan bisa menentukan sendiri budget pemakaian listrik perbulannya, tidak akan ada denda jika konsumen telat bayar, tidak akan pernah terjadi kesalahan pencatatan meteran oleh petugas, dan keamanannya sangat terjamin. Namun, listrik pulsa prabayar juga memiliki banyak kekurangan, yaitu listrik bisa mati kapan saja apabila pemakaian terlalu besar serta meteran listrik prabayar lebih mudah rusak.

Baca juga : Pinjaman Online

Listrik pascabayar adalah sistem pembayaran listrik yang dibayarkan setelah 1 bulan pemakaian. Pembayaran listrik ini bisa dilakukan secara online melalui aplikasi milik PLN atau langsung melalui loket. Kelebihan listrik pascabayar yaitu listrik selalu tersedia meskipun tetap memilii resiko mati karena habis pulsa. Sedangkan, kekurangan listrik pascabayar adalah apabila pemakaiannya sembarangan bisa overbudget. Untuk mengecek tagihan listrik bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

Cara Cek Tagihan Listrik

Cara cek tagihan listrik lewat telepon

Cara cek tagihan listrik lewat telepon
Cara cek tagihan listrik lewat telepon

Cara cek tagihan listrik bisa dilakukan melalui panggilan telepon. Anda tinggal menghubungi customer service PLN dan bertanya berapa tagihan listrik Anda. Silahkan lakukan panggilan ke call centre PLN 123 dengan mencantumkan kode area. Misalnya, jika Anda berada di Jakarta, maka telepon menjadi (021) 123. Call centre PLN tersedai 24 jam dengan dikenakan biaya tarif normal.

Baca juga : Cek Kuota Internet Kartu Simpati

Cara cek tagihan listrik lewat SMS

Cara cek tagihan listrik lewat SMS
Cara cek tagihan listrik lewat SMS

Selain melalui telepon, cek tagihan listrik juga bisa dilakukan melalui SMS dengan kurun waktu 1 bulan atau secara continue. Artinya, Anda berlangganan setiap bulannya untuk mendapat informasi tagihan. Caranya cukup kirim sms dengan format REK (spasi) No. ID pelanggan, lalu kirim ke 8123. Apabila Anda ingin berlangganan, kirim sms dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, lalu kirim ke 8123. Cek tagihan listrik yang dikirimkan melalui sms akan dikenakan biaya sebesar Rp. 500 (belum termasuk ppn 10%) per sms. Selain mendaftar, Anda juga bisa berhenti berlangganan informasi tagihan listrik dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123.

Baca juga : KlikBCA

Cara cek tagihan listrik lewat website

Cara cek tagihan listrik lewat website

Mengecek tagihan listrik melalui website juga bisa dilakukan sebab data sudah terintegrasi dengan PLN. Situs cek tagihan listrik PLN adalah www.cekbill.com. Silahkan masuk ke website dan pilih navigasi Cek Tagihan Listrik PLN di bagian kiri laman. Kemudian masukkan ID pelanggan PLN pada kolom yang tersedia. Klik kode captcha untuk verifikasi. Terrakhir, klik cek tagihan maka akan muncul tagian listrik beserta status pembayarannya (sudah bayar atau belum).

Cara cek tagihan listrik lewat langganan email PLN

Cara cek tagihan listrik lewat langganan email PLN

Pemberitahuan tagihan listrik juga bisa Anda dapatkan melalui email. Anda harus mendaftar di e-billing PLN untuk mendapatkan email e-billing yang berisikan tagihan listrik. Anda bisa berkonsultasi via email di pln123@pln.co.id.

Baca juga : Panduan Penggunaan Internet Bangking BNI

Cara cek tagihan listrik lewat Aplikasi

Cara cek tagihan listrik lewat Aplikasi
Cara cek tagihan listrik lewat Aplikasi

Anda yang menggunakan Apple bisa mengakses aplikasi App Store sepert PLN mobile dan informasi cek tagihan listrik PLN secara gratis. Cek tagihan listrik PLN yang paling banyak digunakan pengguna iOS adalah PLN Mobile. Aplikasi tersebut adalah aplikasi resmi dari PLN yang bisa digunakan untuk cek tagihan listrik, cek riwayat pemakaian kwh listrik, transaksi token listrik, info lokasi pembayaran dari banking, info status lstrik, info permohonan, dan pengaduhan keluhan pelaggan. Cara cek tagihan listrik melalui PLN Mobile yaitu:

  • Unduh aplikasi PLN Mobile melalui Google Pay bagi pengguna android dan App Store bagi pengguna iOS
  • Setelah mengunduh, instal aplikasi Anda lalu daftar untuk set up profil. Apabila Anda termasuk pengguna lama, maka tinggal migrasikan data ke aplikasi PLN Mobile
  • Bagi pengguna baru, klik “Daftar” dan isi setiap informasi yang diminya. Setelah data atau informasi tersebut selesai dimasukkan langsung klik “Simpan”
  • Kemudian Anda tinggal login setiap kali ingin mengakses aplikasi tersebut. Profil dan tagihan listrik Anda secara otomatis muncul setiap kali Anda login
  • Untuk mengetahui informasi tagihan dna token listrik, klik ikon informasi
  • Selanjutya klik “Informasi Tagihan dan Token listrik”
  • Anda akan menemukan pop up yang meminta informasi IDPEL (nomor pelanggan) atau nomor meter Anda lalu klik “Cari”
  • Secara otomatis, tagihan listrik Anda akan muncul
  • Cara cek tagihan listrik dengan datang langsung ke PLN

Alternatif terakhir yang bisa digunakan untuk mengetahui tagihan listrik PLN adalah dengan datang langsung ke kantor cabang PLN terdekat. Dengan begitu, Anda bisa langsung menanyakan inforasi terkait tagihan listrik beserta status tagihan di loket yang sudah disediakan.

Layanan Simulasi Tagihan Listrik

Layanan Simulasi Tagihan Listrik
Layanan Simulasi Tagihan Listrik

Selain menggunakan layanan untuk cek tagihan listrik online, fasilitas simulasi perhitungan biaya listrik juga tersedia bagi Anda yang belumatau sudah memakai jasa listrik pascabayar. Caranya cukup mudah antara lain:

  • Silahkan masuk ke laman http://www.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/simulasi-tagihan/simulasi-rekening-pascabayar
  • Lalu isi setiap kolom sesuai dengan kebutan Anda
  • Klik “Hitung” dan otomatis Anda akan melihat angka tagihan yang harus dibayarkan
  • Pilih “Detail biaya” apabila Anda ingin melihat rincian biayanya

Simulasi ini bisa Anda jadikan sebagai panduan untuk memilih daya yang sesuai dengan alokasi dana yang sudah Anda siapkan. Dalam kata lain, Anda bisa mengira-ngira sendiri berapa tagihan listrik Anda ketika menggunakan jasa listrik PLN.

Dari penjelasan di atas, beberapa customer service yang bisa Anda akses secara online adalah melalui telepon (123), twitter (@pln_123), facebook (PLN 123), dan email (pln123@pln.co.id). Anda bisa menggunakan layanan tersebut untuk mengecek tagihan listrik, mengajukan pertanyaan dan keluhan, menambah daya bahkan memasang listrik sementara dimana saja dan kapan saja. Ingatlah untuk menggunakan listrik sehemat mungkin dengan mematikan televisi atau lampu yang tidak digunakan. Demikian cara cek tagihan listrik dan semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close