CampuranTutorialUmum

Cara Mudah Masuk BIOS Untuk Semua Jenis Dan Merk Laptop

Tahukau.com – Cara Mudah Masuk BIOS Untuk Semua Jenis Dan Merk Laptop – Menu Bios merupakan menu default yang disediakan oleh berbagai macam merk laptop dan bila di PC adalah disediakan oleh Motherboard. Menu Bios ini secara umum berguna untuk mengatur fungsi perangkat keras (Hardware) pada laptop atau komputer. Bios sendiri ditulis dalam bahasa assembly komputer dan biasanya akan tersimpan dalam cmos.

Jika anda hendak melakukan install ulang (Clean install) sebuah sistem operasi, maka anda harus masuk dan mengakses BIOS maupun UEFI Settings pada Laptop yang hendak di install. Langkah ini dilakukan agar anda bisa mengatur boot menu dan menempatkan media installer pada urutan pertama. Anda bisa menggunakan flashdisk, CD Drive, atau media lainnya untuk dijadikan installer.

pada artikel ini Mimin akan membahas daftar kunci khusus yang harus Anda tekan sebagai cara untuk masuk ke BIOS pada semua merek laptop. Dalam daftar ini, Anda akan diberikan tombol apa saja yang harus Anda tekan ketika Anda ingin memasuki BIOS di berbagai jenis merek laptop. Merek laptop yang dicakup meliputi Acer, Asus, Compaq / HP, Dell, Lenovo, Toshiba, Samsung, dll.

Pengertian BIOS Pada Laptop dan Komputer

BIOS merupakan singkatan dari Basic Input Output System, merupakan suatu program yang ditulis dalam bahasa assembly yang bertugas mengatur fungsi dari perangkat keras (hardware) yang terdapat pada komputer. 

Pada umumnya Bios terletak di dalam motherboard serta ditanamkan pada memori ROM ataupun CMOS. CMOS sendiri disini adalah sebuah baterai yang memiliki fungsi untuk menjaga agar tanggal dan settingan lainnya yang telah kita set pada BIOS tidak hilang atau kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer dimatikan.

Cara Masuk BIOS di Semua Merk Laptop

Jika Anda ingin menginstal Sistem Operasi, baik itu Windows, Linux, atau OS lainnya, maka Anda harus memasukkan BIOS atau Pengaturan UEFI terlebih dahulu. Anda dapat melihat daftar berikut untuk mengetahui kunci spesifik apa yang harus Anda gunakan / tekan sebagai cara untuk memasukkan BIOS laptop. Tentu saja, Anda harus menyesuaikan merek dan tipe laptop yang Anda gunakan sesuai dengan apa yang ada dalam daftar.

Cara Masuk BIOS Laptop Acer

Laptop Acer memiliki cara sendiri untuk bisa diakses BIOS-nya. Lakukan beberapa langkah sederhana di bawah ini.

  1. Pastikan laptop dalam kondisi mati terlebih dahulu agar aman. Kalau terpasang dilakukan saat menyala, lakukan restart terlebih dahulu dan segera menekan beberapa tombol.
  2. Berbeda dengan laptop lain yang menggunakan kombinasi tombol atau ditekan cukup lama, Acer harus ditekan beberapa kali untuk membuka BIOS. Tombol yang ditekan berkali-kali adalah F2.
  3. Tunggu selama beberapa saat sampai BIOS muncul dan bisa digunakan.

Cara Masuk BIOS Laptop Asus

Laptop Asus lebih mudah diakses BIOS-nya karena hampir semua series menggunakan cara yang sama. Ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk melakukannya.

  1. Pastikan laptop dalam kondisi mati sempurna atau kalau sedang menyala bisa tekan Restart. Cara melakukan booting ulang ini bisa dilakukan dengan menekan Start > Power > Restart.
  2. Saat proses booting sedang berjalan, jangan lupa untuk menekan tombol F2 dan Power.
  3. Secara otomatis BIOS akan muncul dan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Saat BIOS muncul biasanya beberapa jenis tombol pada keyboard bisa digunakan seperti up and down. Jangan sampai salah tekan dan melakukan eksekusi proses agar tidak terjadi masalah.

Cara Masuk BIOS Laptop Dell

Dell memiliki kombinasi tombol juga untuk membuka BIOS dengan baik. Ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Laptop wajib dalam kondisi mati untuk semua jenis merek Dell.
  2. Selanjutnya, tekan tombol power diikuti dengan tombol F2 berkali-kali. Kalau cara ini tidak berhasil, bisa tekan tombol F2 dahulu baru menekan tombol start.

Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo

Salah satu jenis laptop yang digunakan karena memiliki ketahanan yang baik. Kalau Anda ingin membuka BIOS dari Lenovo dan melakukan install ulang atau memasang Windows yang lebih baru.

  1. Lakukan restart atau reboot pada PC dengan menekan Start > Power > Restart.
  2. Saat laptop sedang proses booting ulang, tekan tombol tertentu yang sesuai dengan jenis laptop yang digunakan.
  3. Tekan tombol F1 untuk laptop IdeaPad, Fn dan F2 kalau menggunakan laptop Lenovo G405 atau G series. Selanjutnya kalau menggunakan laptop Lenovo ThinkPad bisa menggunakan kombinasi Fn dan F1 serta logo ThinkPad saat laptop.
  4. Tekan tombol di atas saat laptop sedang proses booting, jangan sampai sudah muncul menu utama agar menu BIOS bisa muncul dan digunakan sesuai dengan kebutuhan.
  5. Kalau terlanjur masuk ke menu utama, lakukan restart kembali dan ulangi langkah di atas sampai benar.

Cara Masuk BIOS Laptop Toshiba

Laptop Toshiba memiliki setting BIOS yang berbeda dengan laptop lain. Apa saja yang ditekan juga sedikit unik per seriesnya. Untuk bisa membuka BIOS dengan baik, lakukan beberapa langkah sederhana di bawah ini.

  1. Bisa dimulai dari laptop yang sedang mati atau saat menyala tapi di-restart ulang. Anda bisa memilih sendiri mana yang lebih mudah. Untuk restart, lakukan di menu Power yang ada di Start Menu.
  2. Saat proses booting ulang sedang berjalan, jangan lupa untuk langsung menekan beberapa tombol seperti ESC dan F1 atau F2 dan Power. Coba salah satu dari kombinasi ini agar bisa membuka BIOS.
  3. Bios akan muncul dalam beberapa detik untuk segera digunakan. Kalau Anda ingin melanjutkan untuk melakukan booting, bisa tekan Exit.

Cara Masuk BIOS Laptop Semua Jenis Laptop

Kalau beberapa cara mengakses BIOS banyak dilakukan saat laptop belum menyala dengan sempurna, pada langkah ini laptop harus sudah menyala dengan sempurna. Selanjutnya, ikuti beberapa langkah sederhana di bawah ini:

  1. Tekan tombol start atau Windows pada keyboard. Selanjutnya, pilih Setting yang berlokasi di kanan bawah.
  2. Setelah keluar banyak menu, Anda bisa memilih Update & Security.
  3. Begitu masuk ke jendela baru, pilih Recovery di sidebar sebelah kiri.
  4. Laptop akan mulai melakukan restart dengan sendirinya. Anda akan diminta memilih beberapa jenis menu seperti Continue, Use a Device, Troubleshoot, dan Turn off your PC. Anda harus memilih Troubleshoot.
  5. Pada jendela Troubleshoot muncul lagi tiga menu yang terdiri dari Refresh Your PC, Reset Your PC, dan Advanced options. Pilih Advance options.
  6. Muncul lagi beberapa menu seperti System Restore sampai Startup Setting. Pilih UEFI Firmware Settings.
  7. Proses restart akan berjalan dan masuk ke BIOS.

Fungsi tombol pada setup BIOS:

1. Tombol Esc / Escape => berfungsi untuk keluar dari menu BIOS
2. ↑↓ => select item
3. ← → => select screen
4 Enter => select sub-menu
5. F1 => general help
6.F9 => setup defaults
7. Tombol 10 => keluar dari menu BIOS dan juga menyimpan hasil settingan

Di menu BIOS ini juga terdapat beberapa bagian sub-menu, yaitu sebagai berikut:

1. Main Menu
2. Advanced Menu
3. Security Menu
4. Power Menu
5. Boot Menu
6. Exit Menu

Itulah daftar tombol khusus yang bisa anda gunakan sebagai cara masuk BIOS pada semua Laptop. Jadi, anda tidak perlu mencari satu per satu tombol khusus mana yang harus digunakan. Selanjutnya, jika anda hendak mengatur boot menu atau urutan booting, maka anda bisa langsung ke Tab Boot pada BIOS.

Baca Juga :
1. Cara Mudah Membuat Akun Microsoft
2. Begini Caranya Download File Di Scribd Terupdate 2020,Gratis Dan Tanpa Login!!!
3.Berikut Aplikasi Edit Foto Terbaik Di PC Atau Laptop Buat Para Pemula
4. Membuat Nada Dering WhatsApp Menjadi Suara Google, Begini Caranya

Dengan cara masuk BIOS Laptop di atas, Anda bisa melakukan install ulang atau proses lain yang berhubungan dengan sistem. Saat melakukan perubahan pada PC, ada baiknya hati-hati dan jangan sampai salah melakukan eksekusi agar tidak menyebabkan gangguan.

Kalau Anda memang sudah ahli dalam melakukan install ulang, urusan BIOS mungkin tidak akan jadi masalah. Namun, kalau belum terbiasa jangan asal pencet karena PC bisa tidak menyala dan butuh perbaikan pada sistemnya. Sekali lagi, hati-hati dalam mengotak-atik BIOS, ya!

Demikianlah ulasan mengenai Cara Mudah Masuk BIOS Untuk Semua Jenis Dan Merk Laptop. Semoga dengan cara ini anda tidak perlu lagi kebingungan jika ingin mengakses menu Bios di laptop anda. Terimakasih telah berkunjung dan terus ikuti Tahukau.com untuk mengetahui artikel terbaru yang akan Mimin bagikan.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close