Aplikasi

Cara Menggunakan WhatsApp Web di PC atau Laptop

Whatsapp sebagai salah satu media sosial terpopuler di seluruh dunia yang digunakan untuk alat berkomunikasi secara online. Biasanya Whatsapp dioperasikan di sistem perangkat handphone baik Android maupun iOS, namun saat ini Whatsapp juga bisa dioperasikan melalui PC atau Laptop yang dinamakan dengan Whatsapp Web.

Dengan adanya Whatsapp Web, kamu dapat mengakses Whatsapp sekaligus dengan mengerjakan tugas di PC atau Laptop. Hal tersebut merupakan kelebihan dari Whatsapp Web dimana kamu dapat terkoneksi dari Whatsapp yang ada di Android maupun iOS ke Whatsapp melalui PC atau Whatsapp Web sehingga kamu tidak perlu bolak-balik mengecek handphone untuk membalas chat WA.

Akan tetapi, bagaimana cara menggunakan Whatsapp Web di PC atau Laptop? Apakah sama dengan penggunaan Whatsapp yang ada di Android maupun iOS. Nah jangan khawatir! Karena kali ini akan diulas mengenai cara menggunakan Whatsapp Web di PC atau Laptop dengan mudah tanpa ribet. Selain itu, akan diulas juga mengenai kelebihan dan kekurangan Whatsapp Web serta tips untuk mengatasi jaringan yang bermasalah pada saat membuka Whatsapp Web. Oleh karena itu, simak baik-baik ya!

Baca juga : Sejarah Whatsapp

Cara Menggunakan Whatsapp Web Di PC atau Laptop

Cara Menggunakan WhatsApp Web di PC atau Laptop

Biasanya pengguna Whatsapp Web adalah orang-orang yang memiliki pekerjaan yang mana diharuskan untuk selalu mengontrol pekerjaannya dengan seksama. Namun yang perlu diingat sebelum menggunakan Whatsapp Web adalah PC atau Laptop Anda harus terkoneksi dengan internet karena menggunakan Whatsapp Web memerlukan akses internet untuk membukanya. Yang paling penting dari ini semua adalah koneksikan Whatsapp Web melalui PC atau Laptop pribadi. Hal tersebut untuk menjaga keamanan dan privasi yang dimiliki.

Berikut ini langkah-langkah dalam menggunakan Whatsapp Web melalui PC maupun Laptop:

Baca juga : Aplikasi Video Call

Langkah 1:

Pilih browser yang ingin Anda gunakan

Pilih browser yang ingin Anda gunakan

Setelah PC atau Laptop Anda hidup, pilih browser yang ingin Anda gunakan untuk mengakses Whatsapp Web. Anda dapat menggunakan Firefox, Internet Explorer, Chrome, Opera, dan lalin-lain sesuai dengan keinginan Anda.

Langkah 2:

Buka situs Whatsapp Web

Buka situs Whatsapp Web

Langkah selanjutnya yaitu buka situs Whatsapp Web dari browser PC atau Laptop Anda dengan cara ketik Whatsapp Web di kolom pencarian atau langsung kunjungi https://web.whatsapp.com/. Sangat disarankan membukanya melalui Chrome supaya cepat untuk mengaksesnya. Setelah Anda membuka situs Whatsapp Web, maka akan muncul tampilan yang berisi QR Code seperti gambar di bawah ini:

Sebelum melanjutkan ke langkah lain, pada tampilan yang berisi QR Code terdapat tulisan “Keep me signed in”. Centang tulisan tersebut agar Anda dapat terkoneksi secara otomatis setiap kali Anda membuka Whatsapp melalui PC maupun Laptop.

Baca juga : Aplikasi TV Online

Langkah 3:

Buka Whatsapp yang ada di Handphone

Buka Whatsapp yang ada di Handphone

Langkah selanjutnya yaitu buka aplikasi Whatsapp yang ada di Handphone kamu. Pilih icon titik tiga yang ada di pojok kanan atas, pilih Whatsapp Web dan tunggu hingga terbuka kamera yang digunakan untuk scan QR-Code. Lihat gambar di bawah ini:

Langkah 4 :

Scan QR-Code

Scan QR-Code

Agar Whatsapp terhubung ke PC atau Laptop, arahkan kamera handphone ke QR Code yang muncul pada layar PC atau Laptop Anda untuk melakukan proses scan seperti gambar di bawah ini:

5. Ketika proses scanning sudah selesai, maka secara otomatis Whatsapp Web akan langsung login di PC atau Laptop Anda seperti yang ada pada Android atau iOS dan Whatsapp Web sudah dapat digunakan.

Baca juga : Aplikasi Pelacak Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Web

Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp Web

Setiap aplikasi pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya seperti halnya Whatsapp Web. Adapun kelebihan dan kekurangan Whatsapp Web sebagai berikut:

Kelebihan:

  • Mudah dalam pengiriman file seperti foto, dokumen, video, dan audio yang sebelumnya tersimpan di PC atau Laptop.

    Jika mengirim foto, dokumen, video, dan audio menggunakan Handphone, maka Anda harus bekerja dua kali yaitu Anda harus memindah dokumen terlebih dahulu ke Handphone baru mengirimnya. Lain halnya jika menggunakan Whatsapp Web, Anda tidak perlu bekerja dua kali dalam pengiriman foto, dokumen, video, dan audio karena Anda secara langsung dapat mengirim tanpa harus memindahkannya terlebih dahulu sehingga Anda dapat bekerja secara maksimal hanya dngan satu perangkat saja.
  • Tingkat produktivitas bekerja lebih optimal

    Bagi beberapa pekerjaan yang memerlukan aplikasi Whatsapp, Whatsapp Web ini berperan penting dalam pekerjaan seperti halnya pekerjaan Customer Service yang setiap harinya selalu berkomunikasi dengan customer atau yang lainnya. Dengan adanya Whatsapp Web setidaknya memudahkan atau meringankan pekerjaan mereka dalam membalas pertanyaan-pertanyaan yang masuk dengan cepat.
  • Memiliki fitur keamanan yang berupa auto log out yang akan bekerja apabila dalam beberapa menit tidak terbaca suatu aktivitas pada Whatsapp Web

    Dengan adanya fitur tersebut sebenarnya dapat membantu Anda yang tidak membuka Whatsapp Web dari PC atau Laptop pribadi. Akan tetapi akan menjadi masalah jika kamu benar-benar membutuhkannya Whatsapp Web di PC atau laptop pribadi. Apabila Anda tidak nyaman dengan pengaktifan fitur keamanan tersebut, maka Anda sebaiknya menonaktifkan saja.

    Caranya yaitu hapus centang yang ada pada tulisan “Keep me signed in” yang ada pada tampilan QR-Code. Selain itu, ada cara lain jika kamu tidak sempat log out dari Whatsapp Web dari PC atau Laptop yaitu Anda dapat mengaturnya melalui handphone dengan cara mengarahkan pencarian ke Whatsapp Web kemudian lihat perangkat mana saja yang terkoneksi dengan akun Whatsapp Anda. Dari situlah Anda dapat mengeluarkan atau menghapus atau me-log out akun Whatsapp Web yang sudah tidak digunakan lagi di PC atau Laptop.

Kekurangan:

  • Jaringan intenet yang digunakan harus dalam keadaan stabil

    Stabilnya jaringan internet akan mempercepat proses mengakses Whatsapp Web. Apabila jaringan dalam keadaan lemah, maka proses mengaksesnya pun akan lambat dalam menerima respon
  • Tidak memiliki layanan Video Call maupun Audio Call

    Video Call maupun Audio Call merupakan fitur penting yang ada dalam aplikasi Whatsapp. Namun, di dalam Whatsapp Web tidak adanya layanan tersebut sehingga dapat dikatakan bahwa kegunaan utama Whatsapp Web yaitu sangat cocok digunakan untuk bekerja atau sekedar mengiri file dari PC atau Laptop.
  • Tidak bisa digunakan jika Hnadphone dalam keadaan mati

    Whatsapp Web hanya dapat digunakan jika Handphone dalam keadaan hidup dan adanya jaringan. Ketika handphone dalam keadaan mati dan kehilangan sinyal, maka Whatsapp Web tidak dapat digunakan.

Cara Mengatasi Jaringan yang Bermasalah Saat Membuka Whatsapp Web

Cara Mengatasi Jaringan yang Bermasalah Saat Membuka Whatsapp Web

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tidak bisa mengakses Whatsapp Web melalui PC atau Laptop, salah satunya adalah jaringan. Jika jaringan yang ada di handphone bermasalah, maka akan berpengaruh pada proses mengakses Whatsapp di PC atau Laptop. Logikanya seperti ini jika aplikasi Whatsapp yang ada di Handphone tidak dapat terkoneksi dengan internet, maka Anda juga tidak dapat mengkoneksikan Whatsapp melalui PC atau Laptop. Nah untuk mengatasi jaringan yang sedang bermasalah, berikut akan dipaparkan langkah-langkah untuk mengatasi jaringan yang bermasalah pada saat membuka Whatsapp Web:

  • Periksa PC atau Laptop apakah terkoneksi dengan WiFi atau teatring dengan baik.
  • Jika koneksi internet baik-baik saja, kemungkinan Anda harus mereload atau memuat ulang situs Whatsapp Web
  • Penggunaan Whatsapp Web memiliki sesi waktu sehingga apabila Anda tidak dapat terkoneksi mungkin masa berlaku Whatsapp Web sebelumnya sudah habis. Yang harus dilakukan adalah membuka kembali situs Whatsapp Web.
  • Perbarui brower yang digunakan dalam mengakses Whatsapp Web karena kebaruan dari browser yang digunakan merupakan point penting. Bisa jadi Whatsapp Web tidak dapat terkoneksi dikarenakan versi dari browser yang terlalu lama atau tidak up to date.

Baca juga : Aplikasi VPN Android

Nah itulah informasi mengenai cara menggunakan Whatsapp Web di PC atau Laptop dengan mudah tanpa ribet beserta kelebihan dan kekurangan Whatsapp Web serta tips mengatasi jaringan yang bermasalah pada saat membuka Whatsapp Web. Semoga apan yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close