Cara Mengatasi Gambar Dan Video WhatsApp Tidak Masuk Galeri

  • Whatsapp
tips copy
tips copy

Tahukau.com – Cara Mengatasi Gambar Dan Video WhatsApp Tidak Masuk Galeri – WhatsApp merupakan salah satu media sosial, yang banyak digunakan banyak orang baik oleh milenial atau bahkan para orang tua.

Hal ini dikarenakan aplikasi yang sering disebut WA ini sangatlah mudah penggunaannya, dari cara membuat hingga cara mengoperasikannya cukuplah mudah dan sederhana.

Tetapi, walaupun begitu pasti dalam penggunaannya ada beberapa hal yang cukup rumit untuk dimengerti. Seperti kenapa gambar di WhatsApp tidak bisa disimpan di galeri.

Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, kita dapat saling berkirim pesan. Selain pesan, kita juga bisa berkirim media seperti gambar, foto, pesan suara, lagu, bahkan video.

Saat chat melalui WhatsApp dengan sahabat atau saudara, kadang ada yang mengirim foto untuk kita. Di grup WhatsApp kadang juga ada yang mengirimkan gambar yang bagus.

Supaya foto dan gambar tersebut tidak hilang, tentu wajar jika kita ingin menyimpannya di galeri handphone.

Nah, aplikasi WhatsApp memberikan kebebasan kepada kita tentang cara menyimpan foto atau gambar secara otomatis ataupun manual.

Jika kalian memilih menyimpan gambar WhatsApp secara otomatis, maka semua gambar yang dikirimkan kepada kalian akan terdownload.

Hal tersebut berlaku untuk chat pribadi maupun chat didalam sebuah grup WhatsApp, kelebihan cara otomatis ini ialah kalian tidak perlu repot memilih gambar satu per satu untuk didownload atau disimpan.

Namun, kekurangannya ialah konsumsi kuota menjadi lebih boros.

Berbeda jika kalian menyimpan gambar WhatsApp dengan cara manual, meskipun repot karena harus memilih foto yang hendak disimpan namun penggunaan kuota internet bisa lebih hemat.

Baca juga : Kamera WhatsApp Tidak Full Screen? Ini Alasan Dan Solusinya

Penyebab Gambar WhatsApp Tidak Muncul di Galeri

Cara Mengatasi Gambar Dan Video WhatsApp Tidak Masuk Galeri

Ada beberapa penyebab kemungkinan yang mengakibatkan masalah pada gambar yang tidak tersimpan di galeri pada handphone kalian, diantaranya sebagai berikut:

  • Pengaturan pada visibilitas media di WhatsApp tidak menampilkan media di galeri.
  • kalian belum mendownload gambar yang dikirim.
  • Masalah disebabkan pada aplikasi Galeri di handphone kalian.

Cara Supaya Gambar WhatsApp Tersimpan di Galeri

Ada beberapa cara mengatasi masalah ini sesuai penyebab di atas, silahkan kalian terapkan satu per satu panduan di bawah ini.

Cara Supaya Gambar WhatsApp Tersimpan di Galeri

1. Aktifkan Visibilitas Media WhatsApp Kalian

Caranya seperti ini:

  1. Langkah pertama buka aplikasi WhatsApp.
  2. Kemudian pergi ke bagian Setelan.
  3. Lalu pilih Chat.
  4. Terakhir tinggal aktifkan Visibilitas media.

2. Download Gambar yang Dikirimkan ke WhatsApp Kalian

Hal ini cukup sepele jika kalian lupa tidak mendownload gambar yang dikirimkan, sehingga gambar tersebut tidak tersimpan di galeri handphone kalian.

Nah, supaya kalian tidak lupa maka bisa dengan membuat WhatsApp otomatis mengunduh file yang dikirimkan kepada nomor kalian.

Caranya seperti ini:

  1. Langkah pertama buka aplikasi WhatsApp.
  2. Kemudian pergi ke Setelan.
  3. Lalu pilih Penggunaan data dan penyimpanan.
  4. Berikutnya silahkan kalian pilih opsi Saat menggunakan data seluler, dan centang bagian Foto atau semua jenis media lainnya. Lalu tekan OK, terapkan juga hal ini pada opsi Saat terhubung ke Wi-Fi.

Dengan menerapkan pengaturan seperti di atas, maka file foto yang kalian terima akan tersimpan secara otomatis di galeri handphone kalian saat terhubung koneksi internet.

Jika tidak mengunduh otomatis, bisa disebabkan karena koneksi internet sedang tidak bagus atau memori handphone kalian kapasitasnya penuh.

Baca juga : Cara Keluar Dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan Anggota Grup

3. Hapus Data Aplikasi Galeri di Handphone

Jika kedua cara mengatasi gambar WhatsApp tidak muncul di galeri di atas sudah diterapkan dan tetap saja tidak bisa, maka kemungkinan penyabab masalahnya bukan pada aplikasi WhatsAppnya melainkan pada aplikasi Galeri yang ada di handphone kalian.

Nah, untuk mengatasinya bisa dengan menghapus cache aplikasi galeri atau menghapus datanya saja lewat pengaturan aplikasi. Untuk Android, caranya biasanya seperti ini:

  1. Kalian pergi ke Setelan/Pengaturan handphone.
  2. Kemudian pilih menu Apl (Aplikasi).
  3. Selanjutnya silahkan kalian cari dan pilih aplikasi Galeri.
  4. Kemudian tinggal pilih Hapus data.
  5. Setelah itu coba buka kembali aplikasi Galeri pada handphone.

Untuk pengguna perangkat selain Android, silahkan sesuaikan sendiri lokasi dimana kalian menerapkan panduan di atas.

4. Cari Gambar WhatsApp yang Tidak Muncul di Galeri pada Manajer File Android

Jika tetap tidak bisa, maka solusinya bisa dengan melakukan setel ulang handphone kalian. Namun jika tidak ingin melakukan hal itu, kalian bisa melihat media yang dikirimkan melalui Manajer File.

Caranya:

  1. Buka Manajer File handphoe kalian.
  2. Kemudian pilih Penyimpanan Internal.
  3. Kemudian cari dan pilih folder WhatsApp (jika tidak ada, cari di Penyimpanan Eksternal).
  4. Selanjutnya pilih folder Media.
  5. Nah, berikutnya tinggal buka folder yang sesuai dengan jenis media yang dikirimkan kepada kalian. Jika gambar, maka nama foldernya WhatsApp Images. Namun bisa juga ada di folder WhatsApp Documents jika mengirimnya via file document

5. Cek Media WhatsApp yang Tidak Masuk Galeri pada Folder Sent [UPDATE]

UPDATE! Selain pada folder tersebut, jika gambar atau video dari WhatsApp kalian tidak muncul di galeri. Coba cek pada folder Sent.

  • Langkah pertama silahkan kalian buka folder WhatsApp Images jika file gambar.
  • Kemudian kalian buka folder sent, dan silahkan kalian buka folder WhatsApp Video jika file berupa video.
  • Llalu buka folder sent, kemungkinan file yang tidak masuk galeri tersebut diakibatkan masuk atau tersimpan pada folder sent.

Baca juga : Download Fouad WhatsApp V8.26 Apk, Versi Terbaru 2021

Mungkin hanya itu saja ulasan yang dapat Mimin bagikan mengenai Cara Mengatasi Gambar Dan Video WhatsApp Tidak Masuk Galeri, Mimin berharap semoga dapat bermanfaat untuk kalian dan terimakasi telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *