Umum

Cara Memperpanjang SIM Lebih Mudah dan Praktis 2020

Tahukau.com – Surat Ijin Mengemudi (SIM) merupakan kelengkapan administrasi yang wajib dibawa saat berkendara sebagai bukti bahwa Anda memang lulus uji kelayakan dalam mengemudi. Apabila bekendara tanpa membawa SIM berarti tindakan tersebut melangaar hukum dan bisa kena tilang. Agar bisa mendapatkan SIM, Anda harus melakukan proses dan tes khusus. Tes yang dijalankan berupa dua tes, yakni tes teori dan ujian praktek. Masa berlaku SIM adalah 5 tahun sehingga Anda wajib memperpanjang SIM setiap 5 tahun sekali. Proses perpanjangan SIM yang ribet sering dikeluhkan oleh banyak orang sehingga banyak orang yang malas mengurusnya. Lalu, bagaimana sebenarnya cara memperpanjang SIM tersebut. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda!

Baca juga : Cara Membuat SKCK

Cara Memperpanjang SIM Paling Mudah

Cara Memperpanjang SIM Paling Mudah

Jenis SIM sendiri terbagi menjadi beberapa bagian. SIM A digunakan oleh pengguna mobil, SIM C untuk motor, SIM B bagi pengemudi angkutan umum dan kendaraan alat berat, sementara SIM D khusus bagi pengendara penyandang cacat. Secara umum, syarat-syarat perpanjangan SIM A dan SIM C sebagai berikut:

  • KTP asli dan fotokopi sebanyak 2 lembar
  • SIM A atau C yang masih berlaku dan fotokopi sebanyak 2 lembar
  • Surat keteragan sehat yang diurus di loket tersendiri
  • Biaya perpanjang SIM

Untuk biaya perpanjangan SIM C, Anda harus membayar sebesar Rp 75 ribu rupiah, biaya perpanjangan SIM A adalah Rp 80 ribu, biaya pemeriksaan kesehatan Rp 25 ribu, serta biaya asuransi Rp 30 ribu. Perpanjangan SIM A dan SIM C sendiri bisa Anda lakukan secara onine maupun mendatangi kantor maupun layanan SIM keliling secara langsung. Sebelum memperpanjang SIM, Anda bisa melakukan pendaftaran SIM online dengan cara berikut ini:

Baca juga : Apa Itu Pajak ?

Cara Memperpanjang SIM Lebih Mudah dan Praktis
Cara Memperpanjang SIM Paling Mudah
  1. Pertama, akses lama http://sim.korlantas.polri.go.id/ 
  2. Pilihlah menu pendaftaran online. Baca seksama setiap petunjukanya. Jika sudah selesai membaca, klik tombol lanjut
  3. Masukkan data sesuai informasi yang terdapat pada laman “Data Permohonan”. Baca seksama mengenai informasi Satpas dimana Anda akan melakukan validasi nantinya. Yainkan bahwa data telah benar sebelum Anda memilih Lanjut
  4. Isi data pribadi sesuai dengan KTP atau karti identitas pemohon seperti nama, alamat, tinggi badan, golongan darah, dan lainnya. Pastikan Anda telah mengisi keseluruhan dengan jelas dan lengkap
  5. Masukkan data keadana darurat yang bisa dihubungi seperti kontak darurat (hubungan, nama, alamat, telepon), data validasi (nama ibu kandung), dan data sertifikasi (pilihan pernah ikut kursus mengemudi atau tidak)
  6. Selanjutnya adalah bagian pemohon SIM untuk melakukan validasi dari data SIM Online yang dilakukan. Pastikan jika Satpas, Gerai SIM atau SIM keliling tidak terlewat dari data yang telah diinput
  7. Tunggu email konfirmasi sebagai bukti registrasi pembuatan SIM Anda
  8. Lakukan pembayara sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada email. Pembayaran dilakukan melalui Bank yang sudah ditunjuk oleh Korlantas Polri melalui ATM, mesin EDC atau teller Bank
  9. Langakah terakhir adalah mendatangi kantor Satpas Online sesuai dengan data yang sudah diisikan pada registrasi online. Proses ini meliputi, pengambilan foto SIM baru, rekam sidik jari, hingga pengambilan SIM baru

Nah, setelah Anda mengetahui proses pembuatan SIM, berikut adalah prosedur yang harus dilakukan untuk memperpanjang SIM di Satpas atau Gerai SIM, yaitu:

  • Membawa seluruh persyaratan perpanjangan SIM
  • Mengambil nomor antrean
  • Lalu mengisi formulir permohonan
  • Memeriksakan kesehatan
  • Lalu lakukan pembayaran asuransi kesehatam
  • Setelah itu petugas melakukan verifikasi
  • Biaya perpanjangan SIM bisa dilakukan melalui loket
  • Saat pemanggilan tunjukkan resi pembayaran
  • Lalu petugas melakukan foto, sidik jari, dan tanda tangan
  • Pencetakan SIM segera diproses
  • Kemudian SIM bisa diambil

Satpas, Gerai SIM, dan SIM keliling biasanya buka pada hari Senin hingga Sabtu. Tetapi, hari Sabtu biasanya hanya buka setengah hari yakni sampai pukul 12.00. Berikut adalah penjelasan mengenai SIM keliling dan Gerai SIM, antara lain:

Baca juga : Apa Itu NPWP ?

1. SIM Keliling

Demi peningkatan pelayanan POLRI kepada masyarakat, SIM Keliling hadir sejak beberapa tahun lalu. Bentuknya adalah mobil khusus dengan petugas yang melayani perpanjangan SIM. Layanan SIM Keliling hadir pada waktu dan tempat tertentu yang ada di bnayak daerah. Perlu Anda ketahui bahwa SIM Kelilin hanya ditujukan bagi pemohon SIM yang akan melakukan perpanjangan SIM atau SIM C. Jadi, bukan termasuk pemohon yang ingin membuat SIM sebab harus datang langsung ke kantor Satpas.

2. Gerai SIM

Gerai SIM hampir sama dengan SIM keliling namun bukan berupa fasilitas bergerak. Layana Gerai SIM bisa dijumpai di tempat-tempat ramai seperti Mall atau pusat perbelanjaan besar. Pelayanannya berupa perpanjangan SIM A dan C serta tidak menerima permintaan SIM baru.

Baca juga : Urutan Pangkat TNI

Biaya Perpanjangan SIM

Biaya Perpanjangan SIM

Di bawah ini adalah biaya perpanjangan SIM yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah:

1. Biaya Perpanjangan SIM A

Bagi pengendara mobil yang ingin memperpanjang SIM A, Anda cukup membayar biaya sebesar Rp 80 ribu rupiah. Biaya perpanjangan SIM A umum juga sama sehingga tak menyulitkan pekerja online atau taksi konvensional.

2. Biaya Perpanjangan SIM C

Peraturan Nomor 60 tahun 2016, pemerintah membagi SIM C menjadi SIM C1 dan SIM C2. SIM C standar ditujukan ke pengendara motor di bawah 150 cc. SIM C1untuk pengendara motor bermesin 250-500 cc dan SIM C2 ditujukan bagi pengendara motor bermesin 250 cc ke atas. Biayanya relatf lebih rendah yakni Rp 75 ribu rupiah.

3. Biaya perpanjangan SIM B1

Sama dengan biaya perpanjangan SIM A, SIM B1 juga dikenakan biaya sebesar Rp 80 ribu rupiah. SIM B1 dikhususkan bagi kendaraan bermotor dengan berat lebih dari 3.500 kg. Sementara SIM B1 Umum ditujukan bagi pengemudi mobil penumpang atau barang yang beratnya lebih dari 3.500 kg.

4. Biaya perpanjangan SIM B2

Golongan SIM tertinggi adalah SIM B2 dimana pemilik SIM tersebut boleh mengendarai semua jenis kendaraan golongan SIM A atau SIM B1. SIM ini ditujukan bagi pengemudi kendaraan alat berat, penarik, atau kendaraan gandengan dengan berat yang diperbolehkan lebih dari 1.000 kg.

5. Biaya Perpanjangan SIM D

SIM D adalah surat izin mengemudi bagi pengendara khusus penyandang cacat. Motor yang biasanya digunakan oleh pengemudi khusus penyandang cacat ini dimodifikasi sehingga nyaman saat dipakai. Proses pembuatannya pun sama, harus melalui tes praktek dan teori. Biaya yang diperlukan untuk memperpanjang SIM D sebesar Rp 30 ribu rupiah.

6. SIM Internasional

Golongan terakhir adalah pemakai SIM Internasional yang dikhususkan pengemudi kendaraan baik motor atau mobil di luar negeri. Pengajuan SIM Internasional ditujukan bagi golongan SIM yang Anda miliki. Jika Anda memiliki SIM C, maka nantinya akan mendapatkan SIM Internasional khusus bagi pengendara motor.  Begitu pula dengan SIM A, SIM B1, SIM B2, dan SIM D. Biaya perpanjangan SIM D sebesar Rp 225 ribu rupiah.

Baca juga : Pangkat dan Golongan PNS

Demikian ulasan lengkap mengenai cara memperpanjang SIM palling mudah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close