Pendidikan

Cara Membuat Berita Acara Beserta Contoh

Istilah “berita acara” tidak asing dalam dunia kerja. Segala kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan pasti dicatat atau direka menggunakan sebuah dokumen yang disebut berita acaraa, agar apapun yang dilakukan memiliki bukti yang jelas secara administratif meskipun hanya di atas kertas. Selain dunia kerja, berita acara juga ada dalam dunia perkuliahan, misalnya digunakan untuk pengantar sebelum melakukan seminar proposal dan ujian skripsi yang berisikan tanda tangan pembimbing dan penguji. Akan tetapi, banyak orang-orang yang kesulitan dalam membuat berita acara. Nah untuk itu, berikut ini akan diulas mengenai apa sih berita acara itu? bagaimana cara membuat berita acara yang benar? Dan contoh berita acara berdasarkan jenisnya. Simak ya!

Cara Membuat Berita Acara Beserta Contoh :

Apa Yang Dimaksud Dengan Berita Acara?

Cara Membuat Berita Acara Beserta Contoh
yang dimaksud berita acara

Secara umum, berita acara dapat dikatakan salah satu dokumen atau arsip penting yang harus disimpan dalam dunia pekerjaan. Di dalam berita acara memuat pernyataan terkait suatu kegiatan yang dilakukan seperti kehilangan, rapat, serah terima barang, serah terima jabatan, ujian skripsi, dan sebagainya.

Baca juga : doa qunut

Oleh karena itu, berita acara merupakan salah satu surat kedinasan (surat resmi) yang digunakan sebagai bukti legal milik suatu instansi atau perusahaan yang memuat peryataan mengenai suatu kegiatan atau kejadian, serah terima, rapat, kehilangan, kerusakan, transaksi, yang disahkan oleh pihak yang bersangkutan berupa tanda tangan. Fungsi dari berita acara yaitu sebagai bukti keabsahan yang digunakan notulen untuk membuktikan bahwa notulen tersebut telah melakukan suatu kegiatan sesuai perintah yang diterima dan untuk menghindari terjadinya penipuan. Berita acara memuat catatan secara lengkap mengenai suatu informasi yang valid dari sebuah acara terkait siapapun yang terlibat, di mana tempat kejadian, kapan terjadinya, bagaimana hasilnya, dan sebagainya.

Bagaimana Cara Membuat Berita Acara Yang Benar?

cara membuat berita acara
cara membuat berita acara

Banyak orang yang masih awam dalam pembuatan berita acara karena pembuatannya berbeda dari pembuatan surat biasa. Pembuatan berita acara tidak semudah seperti apa yang dipikirkan. Pembuatan berita acara harus berdasarkan point-point penting yang ada di dalam berita acara sehingga informasi yang diberikan sesuai dengan kejadian yang sebenarnya. Berikut ini adalah cara membuat berita acara berdasarkan point-point penting yang harus ada dalam berita acara:

Baca juga : lafal asmaul husna

  1. Jangan lupa untuk mencantumkan sederet pihak yang bersangkutan dalam kegiatan yang dilakukan seperti serah terima, transaksi, rapat, kehilangan, kerusakan, perubahan status, dan sebagainya. Apa yang terjadi dalam kegiatan tersebut mulai dari siapa saja yang terlibat hingga bagaimana hasil dan dan alur dari kegiatan dicatat secara rinci oleh notulen yang telah dipilih. Biasanya catatan terdiri dari nama, jabatan, kartu identitas (KTP, SIM, NPWP), tanggal lahir, tempat tinggal, nama perusahaan atau instansi dari suatu pihak yang terlibat, dan point-point lain seperti hasil kegiatan beserta tindak lanjut dari kegiatan tersebut yang digunakan untuk menambah kevalidan atau keabsahan informasi yang dihasilkan.
  2. Mencantumkan kronologi kejadian kegiatan secara detail seperti hari, tanggal, jam, dan tahun.
  3. Mencantumkan tempat kegiatan yang dilakukan seperti alamat serta kode pos. Gunakan alamat lengkap untuk menulis di dalam suatu berita acara.
  4. Pastikan terdapat tanda tangan dari pihak-pihak yang bersangkutan dalam kegiatan yang dilakukan karena ini merupakan dokumen atau arsip penting suatu instansi atau perusahaan.
  5. Tambahkan saksi-saksi yang diperlukan untuk menjadikan berita acara tersebut sebagai bukti yang sah .
  6. Untuk penyusunan berita acara yang digunakan seperti serah terima barang, jabatan harus memiliki kesepakatan yang rinci antara dua belah pihak atau lebih.

Contoh Berita Acara Yang Benar

Berita acara berbeda dengan surat lainnya. Hal ini diketahui dari pola dan tata urutannya. Berikut ini akan dipaparkan beberapa contoh berita acara berdasarkan jenisnya:

Baca juga : contoh puisi ibu

Contoh Berita Acara Ujian Skripsi

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG
Jl. S.Supriadi No 48 Malang 65148
Telp. (0343) 801488 Fax. (0343) 831532 ext: 123
——————————————————————————————————————–

Pada hari ini Rabu, tanggal 20 Agustus 2018, telah dilaksanakan ujian skripsi untuk:

Nama Mahasiswa        : Abimanyu Putra
NPM                           : 140342908879
Program Studi             : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas                       : Bahasa dan Sastra
Judul Skripsi               : Nilai moral dalam novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi

Mahasiswa tersebut dinyatakan lulus dengan revisi dengan nilai A-. Hal-hal tersebut yang perlu dicatat dalam berita acara ini selama ujian skripsi berlangsung:………………..

Demikian berita acara ini dibuat sesuai dengan keadaan yang sebenar-benarnya.

Penguji UTAMA                               Penguji I                                     Penguji II

Drs. Agus Winarto, M.Pd     Mukarommah, M.Pd                    Saraswati, M.Pd

Mengetahui,
Dekan FBS

Dr. Susilo Rahman, S.Pd., M.Pd

Contoh Berita Acara Kehilangan

SURAT BERITA ACARA KEHILANGAN

Saya sebagai penulis surat berita acara kehilangan pada hari Kamis, 15 Agustus 2019 , bertempat di Jakarta:

Nama   : Rahayu Ajeng Pratiwi
Alamat            : Jl. Sasongko No 98 Jakarta

Dengan ini menyatakan dengan sebenar-benarnya terkait kehilangan beberapa barang pribadi dengan rincian sebagai berikut:
Jenis Barang    : Televisi, Laptop, Sepeda Motor
Merek Barang :  Panasonic, Asus, Vario
Tipe                 : LK22KRI, IDEAPAD S210, TECHNO125

Yang telah hilang pada hari Rabu, 14 Agustus 2019 di dalam rumah berlantai 2 pada pukul 22.00 WIB. Demikian surat berita acara kehilangan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada rekayasa sedikitpun.

Jakarta, 15 Agustus 2019
Yang menyatakan kehilangan,

Rahayu Ajeng Pratiwi

Contoh Berita Acara Serah Terima Jabatan Pekerjaan

PT. ABADI JAYA
Jl. Kaliurang No. 56 Jakarta

Telp. 0823456728779  Fax. 02287675937
———————————————————————————————————-

SURAT SERAH TERIMA JABATAN
No. 90/PAP/PBIE/VI/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:
Nama               : Ahmad Abdul
Jabatan            : Direktur Personalia PT Abadi Jaya
NIP                 : 99790878
Alamat            : Jl. Kaliurang No.56 Jakarta
NIK                 : 3450875670002

Dalam hal ini disebut pihak I

Nama   : Satria Bimasakti
Jabatan : Manager Personal PT Jaya Abadi
NIP     : 56787654
Alamat  : Jl. Kaliurang No.56 Jakarta
NIK     : 8392842084024029

Dalam hal ini disebut pihak II

Pada hari Kamis tanggal 22 Agustus tahun 2019, telah mengadakan proses serah terima jabatan sebagai direktur personalia PT. Abadi Jaya yang terperinci sebagai berikut;

  1. Pihak I telah menyerahkan semuan tugas, administrasi, dan tanggung jawab sebagai direktur personalia PT Abadi Jaya kepada pihak II
  2. Pihak II sebagai manager personal PT Abadi Jaya menerima penyerahan semua tugas, administrasi, dan tanggung jawab dari pihak I selaku direktur utama.
  3. Serah terima jabatan ini disertai penyerahan berkas-berkas pekerjaan kantor perusahaan beserta kelengkapannya yang dijadikan lampiran berita acara serah terima jabatan ini.

Demikian berita acara serah terima jabatan ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan penuh tanggung jawab dengan mengingat apa yang tertera dalam sumpah jabatan dan proses serah terima jabatan ini dilakukan di hadapan sebagian besar pegawai perusahaan. Berita acara serah terima jabatan ini dibuat rangkap tiga, masing-masing digunakan sebagai pegangan pihak I, pihak II, dan sebagai arsip perusahaan.

Jakarta, 26 Juli 2019
Pihak Kedua                                                                              Pihak Pertama
Yang Menerima,                                                                      Yang Menyerahkan,

Satria Bimasakti                                                                          Ahmad Abdul
Mengetahui,
Direktur Utama PT Abadi Jaya

Ir. Joko Adipati

Demikian ulasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan  berita acara mulai dari pengertian, cara membuat hingga beberapa contoh berita acara berdasarkan jenisnya. Semoga bermanfaat bagi Anda!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close