Umum

Cara Membangun Motivasi Dalam Bekerja | Tahukau.com

Tahukau.comCara Membangun Motivasi – Penyemangat sebagai motivasi kerja untuk mendapatkan hasil yang diinginkan pasti dibutuhkan oleh semua orang. Jika tidak ada semangat dalam bekerja untuk melakukan suatu pekerjaan, hasil yang didapat selama bekerja pasti kurang baik dan bisa saja tidak seperti yang diharapkan. Motivasi kerja seharusnya berasal dari dalam dirinya sendiri. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika orang tua ataupun orang-orang terdekat Anda bisa memberikan motivasi agar semangat Anda lebih semangat dalam bekerja. Sebab, bekerja dengan maksimal bisa lebih mendekatkan Anda untuk meraih tujuan-tujuan yang sudah Anda tentukan. Lalu, bagaimana cara membangun motivasi kerja tersebut? Simak ulasan berikut ini ya!

Baca juga : Apa Itu Konsep Diri ?

Cara Membangun Motivasi Dalam Bekerja

Cara Membangun Motivasi Dalam Bekerja

Motivasi kerja senantiasa harus Anda bangun setiap harinya. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan motivasi kerja tersebut, antara lain:

1. Selalu Ingat Tujuan Anda

Ada kalanya, rasa penat dan jenuh datang menghampiri sehingga membuat Anda malas dan tidak bersemangat dalam bekerja. Jika saat-saat itu tiba, cobalah untuk mengingat kembali tujuan Anda bekerja. Tujuan setiap orang mungkin berbeda-beda, ada orang yang bekerja huntuk mendapatkan uang guna memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari, membiayai sekolah adik, membantu pengobatan orang tua yang sedang sakit, mewujudkan cita-cita atau beberapa tujuan lainnya. Setelah Anda mengingat kembali tujuan Anda bekerja, tarik nafas dalam-dalam dan ucapkan dari hati bahwa “Saya pasti bisa”. Dengan begitu, motivasi kerja Anda akan muncul secara perlahan. Jika Anda malas dan tidak bersemangat, maka tujuan Anda akan sulit tercapai.

2. Sering Berpikir Positif

Saat semangat kerja Anda menurun, berusahalah untuk memunculkan pikiran positif yang mampu menguatkan Anda. Pikiran positif akan memberikan motivasi diri agar Anda tetap bertahan dengan semangat yang menyala. Berusahalah untuk menghilangkan pikiran negatif yang hanya bisa menghambat pekerjaan Anda.

3. Lakukan Hal-hal Menyenangkan

Banyak orang yang membut dirinya hanya fokus bekerja, bekerja, dan bekerja. Jika sudah lelah, barulah ia merasakan malas dan tidak bergairah karena badan dan pikiran yang terlalu diforsir untuk bekerja. Oleh karena itu, perbanyak penghargaan terhadap diri Anda sendiri. Penghargaan yang dimaksud bukanlah sesuatu yang mewah atau berlebihan. Di hari libur, Anda bisa memanjakan dan menyenangkan diri sendiri dengan berbagai kegiatan yang mampu meningkatkan semangat dan motivasi baru. Misalnya saja, menyalurkan hobi,  berkumpul bersama keluarga, bermain atau berbelanja bersama teman ataupun banyak kegiatan lain yang bisa membuat Anda rileks. Dengan pikiran yang kembali segar, Anda akan siap bekerja dengan membawa semangat baru. Tunggu apalagi? Segera luangkan waktu libur bekerja Anda untuk melakukan kegiatan menyenangkan.

4. Cintai Pekerjaan Anda

Pekerjaan yang dijalani akan selalu menjadi beban terus menerus apabila Anda tidak mencintai apa yang Anda kerjakan. Oleh karena itu, belajarlah mencintai pekerjaan Anda apapuun tugas dan tanggung jawabnya. Pekerjaan yang dilakukan dengan senang hati pasti akan memberikan hasil terbaik. Bahkan, kinerja bagus di tempat kerja akan meningkatkan karier dan menambah gaji Anda. Jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan yang sudah diberikan oleh perusahaan, ya!

5. Kurangi Rasa Takut dan Ragu

Rasa takut dan ragu berlebihan bisa mengurangi motivasi dan semangat kerja Anda. Hal ini akan membuat performa Anda kurang maksimal di tempat kerja. Lawan rasa takut dan keraguan dalam diri Anda. Bekerjalah dengan maksimal untuk menunjukkan kemampuan dna keahlian Anda. Rasa ragu dan ketakutan  bisa Anda kurangi dengan banyak melakukan interaksi dengan orang lain atau berkumpul dengan teman.

6. Selalu Bersyukur

Saat gairah bekerja mula menurun, ingatlah jika banyak orang diluar sana yang sedang mencari pekerjaan, bahkan mungkin menginginkan pekerjaan seperti Anda sekarang. Oleh karena itu, selalu bersyukur dengan pekerjaan yang Anda dapat. Cobalah memandang ke bawah dan jangan selalu melihat ke atas. Dengan begitu, semangat kerja Anda perlahan akan meningkat. Intinya, selalu bersyuur ya!

Baca juga : Motivator Indonesia

Kata-Kata Motivasi Kerja

Kata-Kata Motivasi Kerja

Jika Anda masih merasa lelah atau jenuh, berikut ini adalah beberapa kata-kata motivasi kerja yang bisa Anda jadikan inspirasi, antara lain:

  1. Bob Hasan – Setiap bertemu dengan orang baru, gelas saya selalu saya kosongkan dahulu
  2. Mario Teguh – Hidup ini terjadi di alam tindakan bukan alam rencana. Segera bertindaklah. Buat apa malam bersemangat akan rencanamu, lalu menundanya di pagi? Lebih bertindaklah!
  3. Mery Riana – Bekerja tidak hanya mencari materi namun bekerja agar bermanfaat bagi banyak orang
  4. Chairul Tanjung – Bekerjalah lebih banyak dari orang lain, sebab usaha tidak membohongi hasil
  5. Farrah Gray – Wujudkan mimpimu sendiri atau orang lain yang akan mempekerjakanmu untuk mewujudkan mimpinya
  6. Thomas Carlyle – Melangkalah sejauh mungkin ke tempat yang ingin dilihat, saat tiba disana, kamu bisa melihat lebih jauh lagi
  7. Theodore Roosevelt – Jika kamu yakin mampu mewujudkan mimpi, sebenarnya kamu sudah berada di separuh jalan
  8. Karen Lamb – A year from now you may wish you had started today (Jangan sampai menyesal di masa depan sebab Anda tak melakukan apa yang harusnya dilakukan hari ini
  9. Emilie Zola – I would rather die of passion than of boredom (Saat Anda mencintai pekerjaan Anda, teruskan bekerja meskipun ada banyak tantangan dan kendala
  10. Anonim – Success doesn’t find you. You have to go out and get it (Sukses tidak akan  datang menghampiri, sebab Anda yang harus keluar untuk menjemput kesusksesan tersebut

Baca juga : Apa Itu Etiket ?

Pentingnya Motivasi Kerja

Pentingnya Motivasi Kerja

Adanya motivasi kerja bisa membuat seseorang baik atau buruk dalam melakukan pekerjaannya. Anda akan menjadi sangat malas apabila tidak ada motivasi kerja dalam diri Anda. Apalagi jika posisi Anda adalah seorang atasan, maka Anda harus menjadi contoh bagi yang lainnya. Jenis motivasi sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yakni motivasi dari dalam dan dari luar. Motivasi kerja dari dalam adalah motivasi yang berasal dari dalam diri Anda hsendiri. Sedangkan, motivasi luar berasal dari lingkungan ataupun orang lain. Contoh motivasi dari luar adalah:

  • Gaji sesuai performa kerja Anda – Artinya seseorang harus berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan gaji yang besar. Bahkan, ada yang rela lembur untuk mendapatkan gaji lebih. Bekerja di perusahaan biasanya lebih terjamin, karena selain mendapatkan gaji, Anda juga bisa memperoleh tunjangan. Anda pun akan diberikan kesempatan untuk naik pangkat atau jabatan sehingga gaji Anda pun akan semakin besar
  • Lingkungan kerja kondusif – Lingkunga kerja kondusif akan mempengaruhi semangat dan mood kerja. Jika teman sekantor semangat bekerja, maka Anda pasti akan lebih ikut bersemangat juga. Namun, jika rekan Anda malas, bisa saja Anda juga terpengaruh dengan mereka

Baca juga : Apa Itu Obsesi ?

Mendapatkan motivasi kerja memang bukan hal yang mudah, sebab Anda harus menciptkan motivasi itu sendiri. Motivasi kerja sangat perlu dilakukan, sebab tanpa motivasi, Anda bisa ketinggalan dengan prestasi teman-teman kantor Anda yang lain. Demikian cara membangun motivasi dalam bekerja. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close