Umum

Cara Cairkan Blt Rp 600 Ribu Bagi Pekerja Dengan Gaji Di Bawah 5 Juta

Tahukau, – Cara cairkan blt Rp. 600 ribu bagi pekerja dengan gaji di bawah 5 juta rencananya di bulan September sudah bisa dinikmati.

Bagi pekerja yang bergaji di bawah Rp 5 juta sebulan maka akan diberikan subsidi Rp 600 ribu langsung dari pemerintah. Subsidi ini merupakan bagian dari bantuan langsung tunai selama pandemi virus corona berlangsung.

Mereka yang akan menerima uang itu yaitu para pekerja yang memiliki iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Rp 150 per bulan atau dengan gaji di bawah Rp5 juta per bulan mulai bulan September ini.

Berdasar dari keterangan berbagai pejabat, bantuan tersebut senilai Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan ke depan.

Baca juga: Rencana Pemerintah Beri Bantuan Bagi Pegawai Yang Gaji Dibawah 5 Juta!

Sedangkan untuk pencairannya dilakukan dalam dua kali pembayaran.

Pekerja bisa menyimak keterangan yang disampaikan oleh akun Twitter resmi BPJS Ketenagakerjaan, sekarang lebih dikenal dengan BP Jamsostek, @BPJSTKInfo yang diunggah pada Minggu 9 Agustus berikut ini:

“Sahabat, udah pada tahu belum kalo Pemerintah akan berikan Bantuan Subsidi Gaji bagi peserta BPJAMSOSTEK yang masih aktif, dengan upah dibawah Rp5 juta perbulan, berdasarkan data upah yang dilaporkan dan tercatat di BPJAMSOSTEK?”

“Iya, pemerintah saat ini sedang memfinalisasi skema, mekanisme dan kriteria bantuan subsidi gaji, berdasarkan data kepesertaan dari BPJAMSOSTEK dan lembaga lainnya.”

“Nah saat ini BPJAMSOSTEK dalam proses mengumpulkan data nomor rekening peserta yang memenuhi kriteria dimaksud melalui kantor cabang di seluruh Indonesia. Pemerintah juga akan memvalidasi lagi data yang disampaikan oleh BPJAMSOSTEK. Tujuannya, untuk memastikan bantuan ini tepat sasaran”

“Jadi, tunggu apalagi Sahabat ? Ayo segera minta ke HRD Perusahaan sampaikan nomor rekening kamu ke BPJAMSOSTEK.”

Baca juga: Gaji PNS Ke 13 Akan Segera Cair Bulan Agustus Ini!

Akun Twitter @BPJSTKInfo juga memberikan penjelasan seperti yang pernah disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir:

“Program ini bagi pekerja yang tidak termasuk Pegawai BUMN ya, Sahabat.”

Dimana sebelumnya, Menteri Erick sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional dalam rilis yang diperoleh dari Tim Komunikasi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional menyatakan untuk kebijakan program BLT dalam proses finalisasi.

“Program stimulus saat ini sedang difinalisasi agar bisa dijalankan oleh Kementerian Ketenagakerjaan pada September 2020 ini,” jelas Erick Thohir dalam keterangan tersebut.

Berikut beberapa ketentuan yang dinyatakan melalui keterangan tertulis tersebut:

  • Penerima bantuan: 13,8 pekerja
  • Status pekerja: non-PNS dan non-karyawan BUMN
  • Pekerja aktif terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dengan iuran di bawah Rp150 ribu per bulan atau sebanding dengan gaji di bawah Rp5 juta per bulan
  • Besaran bantuan: Rp 600 ribu selama empat bulan
  • Pencairan: Dijadwalkan mulai bulan September 2020. Diberikan kepada penerima per dua bulan sekali.

“Dan akan langsung diberikan per dua bulan ke rekening masing-masing pekerja sehingga tidak akan terjadi penyalahgunaan,” jelas Erick.

Bagi para pekerja mulai bisa mendaftarkan nomer rekening sesuai dengan ketentuan dari jamsostek, dan semoga realisasi blt tersebut langsung bisa segera dicairkan di bulan September mendatang.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close