Bisnis

Cara Memulai Bisnis Properti dari Nol dengan Modal Kecil

Memulai sebuah bisnis merupakan tantang paling berat terutama bagi pemula. Hal itu dikarenakan banyaknya pebisnis-pebisnis senior yang sukses dengan bisnisnya. Ketika ingin menekuni bidang bisnis, hal utama yang harus dimiliki adalah modal yang digunakan untuk menjalankannya, baik modal finansial maupun ketekunan. Bisnis yang dijalankan bisa bermacam-macam tergantung orang tersebut ingin menekuni bidang bisnis apa.

Ada salah satu bisnis yang dapat memberikan keuntungan yang cukup besar yaitu bisnis properti. Bisnis properti merupakan sebuah bisnis yang bergerak di bidang kepemilikan harta yang berbentuk tanah dan bangunan serta semua sarana dan prasarana di dalamnya. Bisnis properti mencakup kegiatan jual beli maupun sewa menyewa produk yang berbentuk tanah dan bangunan.

Cara Memulai Bisnis Properti dari Nol dengan Modal Kecil

Bisnis properti identik dengan modal besar untuk menjalankannya. Namun tahukah kalian jika tidak selamanya bisnis properti itu membutuhkan modal yang besar? Ada bisnis properti yang dijalankan dengan menggunakan modal kecil bahkan ada yang tidak menggunakan modal sama sekali. Untuk memulai bisnis properti tanpa modal yang menjadi modal utama adalah keterampilan berbicara dan juga ketekunan. Meskipun tanpa adanya modal besar, bisnis properti tersebut dapat memberikan keuntungan meskipun dengan laba kecil.

 Untuk mencapai kesuksesan pada bisnis properti yang sedang dijalankan, diperlukan usaha yang keras, kesabaran, dan juga kegigihan. Jika harus memulainya dari nol, Anda dapat menerapkan beberapa cara memulai bisnis properti dari nol dan modal yang kecil. Berikut akan dijelaskan cara memulai bisnis properti dari nol dengan modal kecil. Simak baik-baik penjelasan di bawah ini!

Baca juga : Peluang Bisnis untuk IRT

Cara Memulai Bisnis Properti dari Nol dengan Modal Kecil

1. Menjadi Investor Properti

Cara Memulai Bisnis Properti dari Nol dengan Modal Kecil

Sebagai permulaan sebelum menjalankan bisnis properti sendiri, cobalah menjadi investor properti meskipun investasi yang diberikan kecil, namun pendapatan yang diterima tetap bertambah. Dengan menjadi investor merupakan langkah awal yang baik untuk bersaing di segmen bisnis properti. Dengan begitu, Anda menjadi tahu ruang lingkup apa saja yang ada di dalam bisnis properti. Menjadi investor dapat dimulai dengan membeli properti yang nantinya untuk disewakan misalnya membeli rumah untuk disewakan, membeli tanah untuk dibangun kos-kosan, dan masih banyak lagi.

2. Memanfaatkan Teknologi Internet

Cara Memulai Bisnis Properti dari Nol dengan Modal Kecil

Jika selama ini Anda menggunakan internet untuk kepentingan berkomunikasi dengan teman, maka sudah saatnya Anda memanfaatkan teknologi internet untuk memulai bisnis. Anda harus mulai belajar dan memaksimalkan teknologi internet sebagai awal untuk memulai bisnis termasuk bisnis properti.

Banyak hal yang bisa di dapatkan jika memanfaatkan teknologi internet mulai dari mencari informasi, menjual informasi, bahkan mencari cara untuk membangun bisnis properti yang ingin dijalankan pun ada. Perlu diingat, jika ingin memasarkan properti yang dijual, ada hal yang harus diperhatikan yaitu berikan informasi kontak yang benar dan mudah untuk dihubungi.

Baca juga : Peluang Bisnis Jual Beli Barang Bekas

3. Selalu Melihat Iklan-iklan Properti

Cara Memulai Bisnis Properti dari Nol dengan Modal Kecil

Dengan berkembangnya teknologi, saat ini banyak sekali media yang di dalamnya memuat iklan-iklan yang berhubungan dengan properti. Sumbernya pun mudah ditemukan seperti koran, majalah, spanduk, maupun internet. Anda juga sekalian dapat memasarkan produk properti yang dijual kepada orang-orang yang membutuhkan. Ketika memasang harga, patok harga yang sedikit lebih tinggi agar tetap memperoleh keuntungan jika properti tersebut terjual.

4. Memulai dari Lingkungan Sekitar

Cara Memulai Bisnis Properti dari Nol dengan Modal Kecil

Di lingkungan tempat tinggal Anda, pasti ada orang yang ingin membeli rumah atau menjualnya. Nah yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis properti yaitu ikutlah nimbrung pembicaraan mereka terkait hal tersebut kemudian tanyakan lebih detail rumah seperti apa yang diinginkan dan lokasinya dimana sehingga itu menjadi suatu kesempatan untuk Anda dalam memulai bisnis properti. Toh tidak adanya perjanjian yang mengikat sehingga Anda tidak perlu mencari rumah yang diinginkan sampai dapat. Sifat bisnis ini adalah nothing to lose.

Baca juga : Peluang Bisnis Cucian Mobil

5. Mencari Calon Penjual

Cara Memulai Bisnis Properti dari Nol dengan Modal Kecil

Jika Anda sudah sampai tahap dimana Anda berdiskusi dengan calon pembeli, maka tugas selanjutnya adalah mencari calon penjual. Cara pertama yang harus dilakukan dalam mencari properti yang ingin dijual yaitu Anda harus rajin mendatangi lokasi perumahan dan pameran properti yang sedang dilangsungkan di daerah terdekat. Lokasi ini sangat penting dalam menentukan harga dan minat. Carilah informasi dengan detail agar calon pembeli pun memiliki gambaran terhadap lokasi tersebut sehingga akan memuaskan akan pilihan rumah pada lokasi yang ada.

6. Membangun Kepercayaan Para Investor

Cara Memulai Bisnis Properti dari Nol dengan Modal Kecil

Mendapatkan kepercayaan dari orang lain merupakan modal utama dalam menjalankan suatu bisnis termasuk bisnis properti. Salah satu hal yang mungkin menjadi cara untuk mendapatkan kepercayaan investor adalah dengan mencari investor yang telah membeli properti kemudian menawarkan calon pembeli dari properti mereka. Jika Anda berhasil membangun hubungan kepada investor dengan mendapatkan kepercayaannya, maka yakinlah bahwa bisnis yang dijalankan akan berjalan dengan mulus.

7. Tawarkan Sebuah Kerjasama

Cara Memulai Bisnis Properti dari Nol dengan Modal Kecil

Ketika Anda telah menemukan penjual dan mendapatkan kepercayaannya, tawarkan kerjasama. Langkah terbaik dalam menuliskan kerjasama tersebut, sebaiknya lakukan di atas kertas agar lebih jelas dan tidak menimbulkan kerugian. Untuk menuliskan kerjasama di atas kertas, jangan lupa untuk menanyakan detail dari rumah yang dijual seperti luas, lantai, harga, kondisi sekitar rumah, serta cara pembayaran beserta komisi yang didapatkan jika berhasil menjual rumah tersebut.

Setelah melakukan kerjasama, tugas selanjutnya adalah mencari pembeli. Nah, disinilah keahlian marketing diperlukan. Jangan sampai terlalu melebihkan fakta mengenai keadaan properti karena itu membuat Anda menjadi orang tidak jujur dalam berbisnis. Jika ketahuan berbohong akan berakibat fatal dan memberikan kerugian bagi Anda sendiri dimana mereka pastinya tidak akan pernah menggunakan jasa Anda lagi.

7. Buat Situs Website untuk Promosi Properti

Cara Memulai Bisnis Properti dari Nol dengan Modal Kecil

Saat ini, kebanyakan orang dalam melakukan promosi menggunakan media online atau yang disebut zero marketing. Pemilik bisnis properti dapat membagikan informasi terkait properti yang dijual melalui akun-akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Namun, ada juga cara lain yang dapat dilakukan yaitu membuat situs website gratis seperti blogger.com maupun wordpress.com. Adanya situs website ini nantinya dapat mempertemukan pembeli dan juga penjual. Perlu diingat, jangan pernah menuliskan informasi kontak pembeli maupun penjual dalam website tersebut. Semua informasi harus melalui Anda selaku pemilik website bisnis properti.

Pemasaran melalui online ini memberikan keuntungan bagi pemilik bisnis properti. Bisnis properti yang dimiliki akan semakin luas sehingga pembeli dari luar pulau pun dapat mengetahu properti yang sedang ditawarkan.

8. Buatlah merk usaha sendiri

Cara Memulai Bisnis Properti dari Nol dengan Modal Kecil

Ketika bisnis properti yang dijalankan mulai lancar, Anda dapat membuat merk usaha sendiri. Carilah nama yang mudah diingat dan pastikan sudah mendaftarkannya secara hukum karena calon pembeli dan penjual akan lebih perjaya dengan jasa yang telah memiliki nama dan terbukti bermanfaat.  

9. Mencari karyawan

Cara Memulai Bisnis Properti dari Nol dengan Modal Kecil

Setelah bisnis properti sukses dan besar serta memiliki merk sendiri, maka selanjutnya adalah mencari karyawan karena tidak mungkin selamanya Anda akan mengurusi bisnis properti tersebut sendirian. Pastinya Anda juga membutuhkan bantuan orang lain untuk meringankan pekerjaan Anda. Anda juga pastinya membutuhkan seorang yang akan mengurusi administrasi yang masuk ke listing Anda.

Baca juga : Usaha Tusuk Gigi

Nah itulah penjelasan dari informasi mengenai cara memulai bisnis properti dari nol dengan modal kecil. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan pengetahuan baru yang bermanfaat terutama bagi Anda yang ingin memulai suatu bisnis poperti.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close