Bintang Emon Diserang Buzzer, Apa Itu Buzzer?

  • Whatsapp
bintang emon diserang buzzer

Tahukau.com – Bintang Emon, Komika asal Indonesia diduga diserang oleh beberapa akun dari Buzzer yang mencoba menyerang dan menuduh jika dirinya adalah seorang pengguna narkoba. Hal ini viral di beberapa sosial media seperti instagram dan twitter akhir-akhir ini. Penyebabnya diduga karena Bintang Emon mengunggah video yang berdurasi 1:43 menit, dalam videp tersebut Bintang Emon mempertanyakan tuntutan Jaksa Penuntut Umum terhadap kasus penyiraman air keras Novel Baswedan. Lalu sebenarnya apa itu buzzer? Kenapa istilah buzzer akhir-akhir ini viral di sosial media?

BACA JUGA: Kronologi Kasus Air Keras Terhadap Novel Baswedan

Apa Itu Buzzer?

apa itu buzzer

Sebenarnya istilah Buzzer atau Pendengung ini sudah ada sejak lama. Namun istilah Buzzer ini makin ramai diperbincangkan di sosial media ketika sosial media digunakan untuk media komunikasi dan juga pemasaran yang lebih cepat dan lebih efektif dibandingkan media yang lainnya. Istilah Buzzer mulai rama di Indonesia semenjak marak aksi demo atau unjuk rasa Mahasiswa di beberapa daerah. Mahasiswa demo dan mengkritik habis kebijakan pemerintah yang dianggap aneh, apalagi terhadap pengesahan beberapa undang-undang baru.

Saat mahasiswa sedang menyuarakan kegelisahaan mereka lewat aksi demo. Munculah tandingan atau lawan dari mahasiswa yang disebut dengan Buzzer. Buzzer sangat mendukung semua kebijakan pemerintah. Jadi apa itu buzzer? bisa dibilang Buzzer adalah seseorang yang mempunyai pengaruh tertentu guna menyuarakan suatu kepentingan. Buzzer bisa tergerak karena inisiatif sendiri untuk menyuarakan hal tersebut, atau terkadang karena memang disuruh oleh suatu kelompok dengan mendapatkan imbalan.

Ciri-Ciri Buzzer

Ciri-ciri dari Buzzer yang bisa kita ketahui adalah biasanya mereka memiliki jaringan yang luas. Saking luasnya sumber informasi ini bahkan terkadang Buzzer juga mempunyai sumber informasi terpercaya. Para buzzer ini dikenal dengan orang yang melek terhadap suatu isu. Buzzer akan dengan cepat membuat konten baru berdasarkan isu yang tengah ramai diperbincangkan di masyarakat. Buzzer memiliki kemampuan luar biasa yang bisa meyakinkan banyak orang.

Cara Kerja Buzzer

Bagaimana buzzer bekerja? Buzzer yang profesional biasanya akan lebih terorganisir. Mereka akan merancang isu tertentu yang harus didengungkan ke publik melalui sosial media. Buzzer biasanya sudah terlebih dulu memetakan apa saja yang kira-kira akan didengarkan atau diperhatikan oleh masyarakat. Buzzer juga biasanya bisa mengatur lalu lintas penyebaran pesan yang mereka siapkan tersebut melalui beberapa tools atau bot yang mereka miliki.

Perbedaan Buzzer Dan Influencer

Orang awam terkadang susah untuk membedakan mana yang buzzer dan mana yang influencer. Hal ini karena masing-masing memiliki beberapa kesamaan. Namun walaupun sekilas terlihat sama, antara buzzer dan influencer adalah dua hal yang berbeda loh. Buzzer biasanya lebih berfokus untuk melakukan penggiringan opini secara masif, tanpa memiliki dasaran yang sangat kuat. Bahkan terkadang Buzzer ini menyebarkan berita bohong atau Hoax dalam menyebarkan pesan tersebut.

Kemudian untuk Influencer biasanya mempunyai cara tersendiri guna mengamplifikasi pesan yang ingin mereka sampaikan kepada masyarakat. Influencer biasanya adalah orang atau sosok artis yang memiliki keahlian pada bidang tertentu. Karena keahlian atau ketenaran inilah yang membuat influencer biasanya lebih netral dan layak didengar oleh publik jika dibandingkan dengan buzzer.

Nah selesai sudah pembahasan artikel kali ini mengenai apa itu buzzer, apa saja ciri-cirinya, bagaimana mereka bekerja dan juga perbedaan dari buzzer dan influencer. Semoga bisa menambah wawasan anda dan semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *