SmartphoneTeknologiUmum

Begini Caranya Mengaktifkan USB Debugging Di Android

Tahukau.com – Begini Caranya Mengaktifkan USB Debugging Di Android

Opsi pengembang ini digunakan agar kita bisa mengaktifkan USB Debugging dan lain sebagainya yang berfungsi untuk membantu developer atau yang suka ngoprak aprik HPnya.

Bagi kamu yang mau root hp atau menguprak aprik dalamnya, maka ylangkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengaktifkan USB Debugging atau Opsi Pengembang.

USB Debugging merupakan opsi debugging yang dapat diakses menggunakan fungsi USB pada Android dan PC. Nah, fungsi utama dari USB Debugging adalah membangun jembatan antara perangkat Android dan PC. 

Dengan adanya USB Debugging, para application developer dapat melakukan uji coba software dengan menggunakan Android SDK (Software Development Kit). Sehingga, para developer tersebut dapat memastikan apakah software berjalan dengan baik atau tidak serta masalah yang terjadi saat aplikasi dijalankan.

Selain itu, USB Debugging juga digunakan oleh application developer ataupun pengguna Android untuk melakukan beberapa hal seperti menginstal custom recovery, melakukan root, menginstal custom ROM, dan yang lainnya.

Cara Mengaktifkan USB Debugging

Baiklah, kali ini langsung saja kita praktek bagaimana cara mengaktifkan USB debugging. Pada tutorial ini saya menggunakan HP samsung Galaxy A10. Apapun merek HPnya, cara dan kerjanya adalah sama saja. Langsung saja simak langkah – langkah dibawah ini.

1. Buka HP kesayangan kamu, lalu masuklah ke pengaturan telepon (Settings)

2. Gulis ke bawah, cari menu “tentang Ponsel/Perangkat” atau menu “About Phone”. Bisanya letaknya di bagian bawah pengaturan, tapi beberapa HP ada di paling atas seperti Xiaomi dan Oppo.

3. Setelah berada pada menu Tentang ponsel, silahkan klik menu “Informasi perangkat lunak” untuk melihat detail system HPnya. Beberapa HP menu tentang Ponsel berada di pengaturan lainnya > Tentang ponsel, seperti HP Vivo dan Oppo.

4. Maka akan di tampilkan semua detail perangkat lunak seperti pada gambar di bawah, kebanyakan HP ketika di tekan menu tentang ponsel, maka sudah otomatis menampilkan semua detail perangkat, tanpa perlu masuk ke menu lainnya lagi.

5. Silahkan klik beberapa kali dengan cepat pada “versi perangkat lunak” atau di HP lain “Nomor versi” hingga ada notifikasi “Anda sudah di modepengembang”.

6. Sekarang perangkat kamu sudah berada pada mode pengembang, saatnya kamu mengaktifkan USB debuggingnya, silahkan masuk ke menu “Pilihan pengembang” atau Developer mode’. Pada HP Vivo misalnya, opsi pengembang ini ada di menu “Pengaturan lainnya” lalu gulir ke bawah dan klik menu opsi developer/pengembang.

7. Gulir ke bawah dan kamu akan melihat opsi USB debugging, silahkan di aktifkan untuk keperluannya.

Sekarang opsi pengembang telah aktif dan kamu bisa dengan leluasa melakukan debugging ke android. Juga sudah bisa melakukan unlock OEM dan melakukan root untuk perangkat android kamu.

Baca Juga :

  1. Ini Dia Aplikasi Root Android Semua Tipe Hp Tanpa Pc, Berikut Caranya
  2. Bingung Sinyal di Android Anda Hilang ?, Begini Cara Mengatasinya
  3. 6 aplikasi Keyboard Terbaik Untuk Mempercantik Tampilan Papan Ketik di Android
  4. 5 Cara Membuka Pola Hp Vivo Yang Terkunci atau Lupa Pola

Penting

USB Debugging hanya boleh diaktifkan ketika kamu membutuhkannya. Membiarkannya diaktifkan sepanjang waktu sangat beresiko untuk keamanan, mode ini memberikan akses tingkat tinggi ke perangkat kamu. Misalkan, kamu sedang menghubungkan ponsel kamu ke USB port orang lain atau dilokasi publik, maka port bisa menggunakan akses ke USB kamu untuk mengakses data di ponsel atau menginstall malware. Hal ini bisa terjadi kapan saja, dan hanya jika USB Debugging aktif.

Akhir Kata

Sekian dulu pembahasan tentang Begini Caranya Mengaktifkan USB Debugging Di Android. Mudah dan sederhana, bukan? Baiklah, semoga artikel diatas bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close