Begini Cara Uninstall Aplikasi Di Laptop Windows

  • Whatsapp
Cara Uninstall Aplikasi Di Laptop Windows

Tahukau.com – Begini Cara Uninstall Aplikasi Di Laptop Windows – Apakah memori pada RAM laptop kalian sedang penuh, dan kalian ingin meng-uninstall dengan beberapa aplikasi supaya laptop kalian menjadi lebih banyak lagi memori kosongnya? Nah, berikut ini cara uninstall aplikasi di laptop dengan mudah.

Uninstall aplikasi lama yang memang dimanana sudah tidak digunakan dan menggantinya dengan aplikasi yang baru merupakan salah satu hal penting dilakukan. Dengan tertujuan untuk menjaga performa laptop/PC yang digunakan.

Selain itu, menghapus aplikasi yang tidak berguna dalam laptop kalian, maka akan membuat kinerja laptop yang kalian gunakan menjadi lebih meningkat lagi dan tidak akan lemot.

Untuk itu, buat kalian yang penasaran. Kalian bisa simak beberapa cara uninstall aplikasi pada laptop supaya laptop yang kalian miliki menjadi lebih nyaman lagi untuk digunakan pada saat menginstal aplikasi baru.

Baca juga : Download TikTok Mod Apk Versi Terbaru 2021

Tips Uninstall Aplikasi di Laptop/PC

Cara Uninstall Aplikasi Di Laptop Windows

Nah, supaya ruang penyimpanan pada laptop yang kalian punya tidak terbebani dengan berbagai aplikasi-aplikasi yang jarang kalian gunakan atau file sampah yang menumpuk, alangkah baiknya penghapusan dilakukan secara berkala.

Laptop yang kalian gunakan akan lebih sering bermasalah ketika Hard disk yang ada telah penuh. Nah, salah satu masalah yang sering terjadi biasanya ialah ketika laptop kalian akan lebih sering macet atau freeze karena ruang kosongnya sudah habis.

Dan laptop kalian tidak bisa update program-program baru, hingga akan terjadi kerusakan data. Tentunya masalah ini sering disebut dengan Data Corruption karena file yang kalian simpan dengan kondisi rusak akibat tidak tersedianya ruang penyimpanan yang memadai lagi.

Nah, untuk bisa melakukan menguninstall sebuah aplikasi, tentu hal penting adalah kalian dapat menggunakan beberapa cara yang biasanya Mimin gunakan. Seperti menggunakan control panel hingga dengan menggunakan aplikasi khusus seperti Revo Uninstaller Pro.

Tetapi, untuk yang pertama Mimin akan memberikan tutorial mengenai cara Uninstall Aplikasi Laptop menggunakan fitur dari windows itu sendiri.

Uninstall Aplikasi Melalui Start Menu

Untuk melakukannya pastinya kalian bisa menggunakan fitur dari windows 10, dan salah satunya adalah dengan Start Menu yang merupakan salah satu fitur pada sistem operasi Windows yang menyediakan dengan akses cepat ke berbagai program, folder, dan pengaturan sistem.

Dimana pada Windows 10, kalian bisa mengklik tombol Windows di sudut kiri bawah taskbar yang ada di layar PC atau dengan menekan tombol Windows yang ada di keyboar untuk membuka Start Menu.

Setelah itu, baru kalian bisa dengan membuka Start Menu, lalu pilih aplikasi yang akan diuninstal kemudian klik kanan pada mose atau mouse pad dilaptop kalian, dan silakan kalian pilih Uninstall. Dan nantinya kalian akan diarahkan berbagai aplikasi yang ingin kalian hapus permanen.

Uninstall Aplikasi Melalui Control Panel

Control panel adalah salah satu sebuah komponen dari Microsoft Windows yang berisi dengan fasilitas-fasilitas untuk melihat dan mengatur pengaturan sistem yang ada dalam laptop dan komputer. Nah, kalian bisa melakukan menguninstall aplikasi melalui Control Panel, namun terlebih dahulu kalian harus membuka Control Panel baik itu melalui :

  1. Fitur Search & Cortana
  2. Power User (shortcut tombol Windows + X -> Control Panel)
  3. Windows Run (shortcut Windows + R -> ketik Control Panel)
  4. Command Prompt (masukkan perintah “Control Panel”)
  5. Windows PowerShell (masukkan perintah “Control Panel”).

Setelah Control Panel terbuka di layar laptop atau komputer yang kalian gunakan, maka kalian bisa pilih dan klik Uninstall a Program. Dan silakan pilih aplikasi yang ingin kalian uninstall, kemudian klik kanan lalu pilih opsi Uninstall. Dan tunggu beberapa saat hingga proses uninstall selesai.

Baca juga : Filter IG Jedag Jedug Yang Sedang Viral, Ini Dia Efeknya

Uninstall aplikasi Windows Melalui Settings

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk uninstall aplikasi, hal ini bisa menggunakan cara dibawah ini dan tentunya masih tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Yuk, silakan ikuti langkah – langkahnya di bawah ini.

  1. Langkah yang pertama pastikan kalian untuk mengklik menu Start
  2. Kemudian silakan pilih Settings > Apps > Apps & features.
  3. Nah, dari daftar yang disajikan, kalian bisa pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  4. Setelah itu silakan klik tombol “uninstall” di bawah nama aplikasi.
  5. Dan terakhir, silakan konfirmasi dengan klik “uninstall” lagi.
  6. Selesai.

Menghapus Aplikasi Dengan Revo Uninstaller Pro

Mungkin dari kalian yang yang suka tanpa harus ribet cara mengklik-klik fitur dari yang sudah disediakan sama windows, nah berikut Mimin berikan tutorial tentang cara menggunakan Revo Uninstaller Pro untuk menghapus permanen aplikasi di laptop.

  • Langkah pertama pastikan kalau kalian sudah mendownload aplikasi dari Revo Uninstaller terlebih dahulu atau kalian bisa Klik Disini
  • Selanjutnya silakan unduh aplikasinya.
  • Jika sudah, silakan buka aplikasi dan kalian akan langsung melihat list program yang pernah kalian install pada laptop yang kalian miliki.
  • Kemudian silakan pilih Aplikasi yang Akan Dihapus atau ingin kalian uninstall.
  • Setelah itu silakan klik kanan lalu silakan kalian pilih opsi “Uninstall”.
  • Atau cara lainnya yang bisa kalian gunakan untuk menghapus aplikasi yakni dengan menggunakan double click pada aplikasi tersebut hingga muncul dialog box untuk mengkonfirmasi bila kita ingin menghapus aplikasi.
  • Selesai.

Baca juga : Monster Island Penghasil Uang, Apakah Terbukti Membayar?

Demikianlah informasi yang dapat Mimin bagikan terkait Cara Uninstall Aplikasi Di Laptop, mudah -mudahan dengan adanya informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian semua. Serta dapat kalian pergunakan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *