Begini Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB

  • Whatsapp
foto copy
foto copy

Tahukau.com – Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB Di Android – Mengecilkan ukuran pada gambar atau foto seorang desainer tentu menjadi salah satu hal yang sangat lumrah pada saat ini yang sedang mencari pekerjaan.

Namun ada beberapa kendala bagi banyak orang saat ini mengenai hal tersebut, contohnya yang pada saat ini sedang dilakukan calon CPNS yang ingin mendaftar pada website sscasn BKN yang mengharuskan semua file harus dengan ukuran maksimal paling besar merupakan 200 Kbps.

Hal ini artinya ketika kalian telah melakukan scan atau foto tentu ukurannya sangat besar dibutuhkan, maka dari itu harus kalian kecilkan sesuai dengan permintaan yang telah dibuat.

Beberapa hari belakangan yang lalu, sudah dibuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dan PPPK 2021. Sejumlah dokumen yang dimintai memiliki batas ukuran upload tertentu, karena memang sudah di tentukan dan itu kita harus mengikuti permintaan yang telah dibuat.

Nah, satu diantara dokumen yang harus di-upload yaitu file foto dan KTP dengan ukuran maksimal khusus adalah 200 Kbps. Ketika kalian melakukan scan dan foto, tentu ukurannya sangat besar dibutuhkan bahkan ada yang lebih dari 1MBps atau setara dengan 1024 Kbps.

Untuk dapat mengecilkan suatu ukuran foto tanpa menurunkan kualitas pada gambar, kalian bisa menggunakan satu diantara aplikasi rekomendasi yang Mimin berikan dan kalian bisa mengakses dengan internet melalui foto lewat handphone tanpa aplikasi tambahan.

Nah, untuk melalukan suatu editing supaya menjadi 200 Kbps, kalian bisa menggunakan perangkat komputer atau laptop serta ada juga yang menggunaan handphone dengan OS iOS dan pengguna android lainnya.

Baca juga : Cara Mengubah Foto Menjadi HD Di Handphone Tanpa Aplikasi

Ukuran Foto CPNS 2021

Begini Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB

Biasanya pengiriman berkas lamaran sudah beralih ke sistem online saat ini. Dokumen – dokumen tersebut diupload dengan softcopynya ke website dari SSCN CPNS.

Masa pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dan PPPK 2021 sudah di mulai sejak 30 Juni 2021 hingga 21 Juli 2021 mendatang. Waktu yang cukup lama bagi kalian ingin mendaftar.

Namun, yang perlu kalian ketahui adalah jangan sampai kalian mendaftar mendekati akhir – akhir penutupan. Hal tersebut karena bisa jadi waktu itu terkendala lemot dan sulit di akses.

Ketika kalian ingin mendaftar tentu banyak sekali yang harus kalian persiapkan untuk di upload filenya. Salah satunya ialah Swafoto, KTP, Ijazah, Transkrip Nilai, Sertifikat pendidik jika ada, dan file – file pendukung lainnya.

Setiap instansi tentu memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda untuk masalah berkasnya. Yang terpenting kalian sudah mempersiapkan file yang akan di upload, jika sudah foto akan kita coba perkecil sampai dengan dibawah 200 Kbps.

Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KBPS

Untuk dapat mengecilkan suatu ukuran foto tanpa menurunkan kualitas gambar, kalian bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga tanpa harus mendownload dan instal pada handphone maupun laptop yang kalian punya.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memperbesar ukuran foto kecil kalian menjadi 200kb. Semisal foto kalian ingin dibesarkan dari 100kb menjadi 200kb.

COMPRESS JPG Dengan TINYPNG.COM

Website dari TinyPNG merupakan salah satu penyedia layanan dengan memperkecil ukuran foto atau gambar yang ingin kalian ubah. Cara mengecelikan ukuran foto menjadi 200 kb melalui situs tersebut juga terbilang sangat mudah dan sederhana. Berikut ini beberapa cara yang dapat kalian lakukan dan coba di ulasan berikut ini.

  1. Langkah pertama buka situs tinypng.com melalui browser komputer ataupun smartphone kalian sendiri.
  2. Kemudian klik tulisan “Drop your .png or .jpg file here“
  3. Selanjutnya pilih salah satu foto yang kalian di compress menjadi 200 Kb size. Kalian juga bisa secara langsung mendrag foto dari folder komputer ke situs tersebut.
  4. Nah, secara otomatis tinypng.com akan mengompres foto supaya ukurannya lebih optimal atau lebih kecil sesuai dengan yang kalian inginkan.
  5. Setelah itu tinggal klik tombol download untuk mengunduh foto supaya tersimpan di galery smartphone ataupun di komputer.
  6. Selesai, selamat mencoba.

Mengecilkan Ukuran JPG Menggunakan Komputer

Selain cara diatas yang mengharuskan kalian online, kalian bisa juga menggunakan laptop dan komputer tanpa harus menginstal aplikasi pihak ketiga. Karena kalian hanya menggunakan aplikasi yang sudah ada pada windows 7, 8, dan 10. Berikut ini Mimin berikan ulasan lengkapnya di bawah ini.

  1. Pertama – tama kalian klik kanan pada mouse untuk gambar yang ingin kalian turunkan sizenya.
  2. Kemudian pilih Open With – Microsoft Office 2010 atau Picture Manag
  3. Setelah itu kalian bisa klik Edit Pictures, dan klik Resize.
  4. Selanjutnya pilih pada percentage of original width x height menjadi 50%.
  5. Lalu kalian klik saja OK.
  6. Terakhir kalian simpan file foto atau gambar yang sudah kamu kompres tersebut.
  7. Selesai, selamat mencoba.

Caranya sangat mudah bukan, nah kalian tidak perlu lagi untuk melakukan instal pada handphone kalian sendiri karena akan memakan space atau tempat dan membuat ruang penyimpanan kalian menjadi lebih besar. Solusi terbaik buat kalian yang lebih memudahkan.

Demikianlah ulasan yang dapat di Mimin bagikan diatas mengenai Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menjadi 200 KB, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *