Aturan COD, Pembeli Wajib Bayar ke Kurir Sebelum Paket Dibuka

  • Whatsapp
aturan cod copy
aturan cod copy

tahukau.com – Aturan COD, Pembeli Wajib Bayar ke Kurir Sebelum Paket Dibuka – Kasus yang terjadi pada kurir menjadi korban luapan amarah pembeli, jual beli online kembali terulang. Kasus terbaru menimpa seorang kurir yang mengantar sebuah paket kepada seorang pembeli di Ciputat, Tangerang Selatan

Kejadian itu berawal dari, ketika pembeli memaksa uang yang sudah dibayarkan dengan sistem bayar di tempat (COD) untuk dikembalikan.

Seorang pengantar barang dari perusahaan ekspedisi SiCepat mendapatkan ancaman, dari sang pembeli yang mengayun – ayunkan pedang katana itu.

Sang pembeli menakut – nakutin akan mencelakai kurir dengan pedangnya, jika tidak segera mengembalikan uangnya. Di sisi lain, pembeli itu telah membongkar kemasan paket. 

Baca juga : Remaja 16 Tahun Diperkosa 17 Pemuda Secara Bergiliran

Lalu, Bagaimana Sebenarnya Skema Pembelian Di Marketplace Menggunakan Metode COD?

Sprinter J&T Express sedang mengantarkan paket ke pelanggan. Berikut skema pembelian di marketplace menggunakan metode COD.

COD merupakan salah satu fitur di e-commerce yang memungkinkan pembeli membayakan setiap pesanannya, setelah pesanannya telah sampai.

Fitur tersebut berbeda dengan metode akan pembayaran lainnya, yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum barang diproses penjual.

“Konsumen Tanah Air harus lebih waspada dan cerdas dalam berbelanja secara online menggunakan fitur COD, untuk menghindari kejadian – kejadian yang tidak diinginkan.

Seperti belakangan ini yang sempat sedang viral, ” kata Chief Marketing Officer Ninja Xpress Andi Djoewarsa dalam keterangannya seperti dikutip pada Jumat (28/5/2021). 

Andi Djoewarsa mengungkapkan, sistem COD memiliki beberapa risiko bagi pembeli seperti barang yang tidak sesuai.

Sehingga, bagi pembeli sebaiknya memilih toko dengan reputasi yang baik ketika memilih untuk membayar dengan cara COD. 

Ia megatakan, toko online yang memiliki track record bagus dapat dilihat melalui kolom komentar masing – masing produk dan dapat dilihat lewat jumlah bintang sebagai mana penilaian terhadap konsumen lain.

Ketentuan COD Salah satu marketplace Tanah Air, Tokopedia menulis, pembayaran di tempat atau COD ialah merupakan pilihan metode pembayaran yang disediakan oleh Tokopedia. Yang mana mitra (pembeli) dapat melakukan pembayaran secara tunai pada saat barang diterima.

Sementara itu dikutip dari laman resmi Shopee Indonesia, COD merupakan salah satu metode pembayaran yang dilakukan secara langsung di tempat setelah pesanan dari kurir yang telah diterima oleh pembeli.

Dengan kata lain, COD berarti hanya pilihan metode pembayaran. Shopee juga menuliskan peraturan metode pembayaran dengan COD, yaitu pembeli wajib membayar kepada kurir sebelum menerima atau membuka paket.

“Pembeli yang melakukan penolakan pembayaran, atau tidak ada di tempat saat kurir mengirim paket 2x dalam 60 hari akan diblokir dari sistem pembayaran yakni COD.” Tulis Shopee Indonesia dalam keterangannya.

Memang benar tidak semua marketplace menyediakan layanan COD, begitu juga tidak semua jasa kurir ekspedisi mendukung layanan COD untuk memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli.

Baca juga : Gedung KPK Dijaga Ketat Oleh TNI – Polri, Water Canon Siaga

Dalam konteks marketplace, COD juga biasanya cuma tersedia di beberapa wilayah pengiriman tertentu. Artinya, tidak semua daerah di Indonesia bisa dijangkau dalam melakukan COD.

Supaya transaksi lebih terjamin atau terbukti, biasanya pihak marketplace yang menghubungkan pembeli dan penjual biasanya akan menyediakan opsi asuransi untuk meningkatkan keamanan dalam melakukan transaksi.

Selain itu, fitur COD artinya juga bersifat sukarela. Artinya, penjual dapat memilih untuk mengaktifkan fitur COD atau sebaliknya menonaktifkannya.

Banyak penjual atau seller pada marketplace yang memilih untuk menyediakan fitur COD, karena dianggap dapat berkontribusi mendongkrak penjualan.

Hal yang sama juga berlaku untuk kepada konsumen atau pembeli, di mana metode pembayaran COD juga ialah pilihan.

Baca juga : Penutupan Seluruh Objek Wisata Di Siak Kembali Diperpanjang


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *