Bisnis

Daftar Perusahaan Asuransi Mobil All Risk dan Non All Risk

Mobil termasuk ke dalam salah satu aset yang mana memiliki nilai ekonomi tinggi sehingga seseorang yang memiliki sebuah mobil sebagai kendaraan pribadi perlu mempertimbangkan banyak hal termasuk cara memelihara dan merawatnya agar menjaga nilai aset tersebut tetap dalam kondisi yang baik dan terhindar dari berbagai macam risiko seperti risiko kecelakaan mobil.

Risiko kecelakaan tidak pernah terduga datangnya. Seseorang tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Jika suatu saat terjadi kecelakaan dan mobil pribadi kalian terkena imbasnya, perkiraan biaya yang akan dikeluarkan pastilah sangat banyak mulai dari biaya perawatanm biaya pengobatan, atau biaya perbaikan mobil yang bisa saja mencapai puluhan juta. Nah solusi untuk mengatasi dan memperkecil risiko yang akan terjadi adalah dengan menggunakan asuransi mobil.

Asuransi mobil merupakan jenis asuransi yang menanggung khusus yang berhubungan dengan kendaraan mobil, dimana risiko yang mungkin akan terjadi pada kendaraan pribadi nantinya akan dialihkan kepada perusahaan asuraansi atau lembaga yang menjadi penjamin. Jika suatu saat Anda mengalami kecelakaan dan mobil Anda mengalami kerusakan sehingga butuh perbaikan ulang maka biaya perbaikan mobil akan ditanggung oleh perusahaan asuransi mobil.

Baca juga : Pengertian Asuransi

Perusahaan asuransi menyediakan dua jenis asuransi mobil, sebagai berikut:

Asuransi Mobil All Risk

Asuransi Mobil All Risk

All risk memiliki arti yaitu segala risiko. Jadi, asuransi jenis All Risk akan memberikan jaminan terhadap kerugian yang ditimbulkan akibat adanya kerusakan secara keseluruhan mobil akibat dari berbagai macam risiko yang disebutkan di dalam polis asuransi. Pihak asuransi All Risk akan bertanggung jawab untuk membayar segala jenis keerusakan mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan. Pembiayaan asuransi All risk lebih mahal daripada TLO. Besaran prei yang harus dibayar dalam jangka waktu satu tahun. Asuransi all risk banyak dipakai untuk asuransi jenis mobil penumpang.

Baca juga : Asuransi Perjalanan

Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Total Loss Only (TLO) memiliki arti yaitu hanya (jika) kehilangan total. Total Loss Only (TLO) merupakan jaminan yang dapat diajukan jika seseorang mengalami kehilangan total terkait mobil yang dimiliki. Yang dimaksud kehilangan total yaitu  terjadinya kerusakan mobil lebih dari 75% dari harga mobil, kehilangan karena pencurian, serta perampasan. Patokan 75% diambil karena mobil yang mengalami kerusakan tidak dapat digunakan lagi. Biaya premi dalam asuransi Total Loss Only (TLO) lebih rendah dari pada All risk. Asuransi Total Loss Only (TLO) tdak diberikan pada mobil yang mengalami kerusakan ringan dan banyak digunakan untuk mobil angkutan barang dan sepeda motor.

Perlu diketahui, selain dua jenis asuransi mobil yang telah disebutkan di atas, dikenal pula Third party liability (TPL) yaitu asuransi yang memberikan jaminan perlindungan dari gugatan pihak ketiga. Yang dimaksud pihak ketiga disini adalah siapapun yang terlibat dalam kecelakaan mobil yang dikendarai pribadi.

Setelah mengetahui jenis asuransi mobil yang telah disebutkan di atas, berikut ini akan diulas daftar perusahaan asuransi mobil All risk dan non all risk (TLO). Simak ulasan di bawah ini!

Baca juga : Asuransi Kesehatan

Daftar Perusahaan Asuransi Mobil All Risk dan Non All Risk (TLO)

1. Asuransi Mobil Adira Autocillin

Asuransi Mobil Adira Autocillin

Asuransi Adira atau Adira Insurance merupakan salah satu perusahaan yang masih memiliki keterkaitan dengan Danamon Grup yang bergerak dibidang usaha asuransi umum. Sedangkan anak perusahaan Adira Insurance yang bernama Adira Autocillin bergerak dibidang asuransi mobil. Adira Insurance didirikan pada tanggal 24 Januari 2002 dan sudah memiliki aset sebesar Rp 4,9 triliun dan modal hingga akhir tahun 2015 sebesar Rp 1,6 triliun.

Baca juga : Asuransi Jiwa

2. Asuransi Mobil Sinarmas

Asuransi Mobil Sinarmas

Asuransi Mobil Sinarmas merupakan salah satu anak perusahaan dari PT Sinarmas Multi Artha Tbk dan sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk berdiri. Tujuan didirikannya perusahaan ini yaitu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan asuransi mobil  baik secara online maupun offline. Asuransi Mobil Sinarmas menawarkan jaminan atas berbagai macam kerugian seperti kecelakaan, tindakan kriminal, kebakaran, sambaran petir, kecelakaan selama penyeberangan, pengangkutan, atau penarikan ke bengkel maupun tempat lain.

Asuransi Mobil Sinarmas dengan jenis TPL dapat memberikan jaminan meliputi tuntutan ganti rugi dari phak ketiga seperti biaya pengobatan dan biaya kematian. Sedangkan Asuransi Mobil Sinarmas dengan jenis TLO memberikan jaminan melipiti biaya perbaikan jika kerusakan mobil memiliki harga yang sama atau lebih dari harga mobil saat membeli.

Dengan menggunakan asuransi mobil sinarmas, seseorang dapat mengajukan perluasan jaminan seperti kerusakan akibat bencana alam, kecelakaan diri untuk pengemudi dan penumpang, serta mendapatkan biaya tambahan seperti biaya ambulans dan biaya transportasi saat memperbaiki mobil. Keunggulan asuransi mobil ini adalah dapat mengajukan pembelian secara online melaluo situs web Sinarmas serta dapat mengajukan klaim secara langsung ke bengkel yang bekerja sama dengan asuransi Sinarmas.

3. Asuransi Mobil ACA Otomate

Asuransi Mobil ACA Otomate

Asuransi Mobil ACA Otomate merupakan salah satu anak perusahaan PT Asuransi Central Asia yang bergerak di bidang asuransi mobil. Asuransi Mobil ACA Otomate menawarkan asurans dalam bentuk paket yang memiliki beberapa fasilitas, salah satunya Roadside assistance yang digunakan untuk meminta pertolongan teknisi ACA ke lokasi kejadian. Jika nasabah yang bekerja sama dengan asuransi ini mengalami kecelakaan dan mengakibatkan kerugian total, maka nasabah tersebutt berhak mendapatkan mobil baru. Nasabah Asuransi Mobil ACA Otomate tidak perlu datang ke kantor ACA untuk mengajukan klaim karena asuransi ACA menyediakan fasilitas mobile claim yang dapat diakses secara langsung di tempat nasabah oleh petugas ACA. Untuk membeli Asuransi Mobil ACA Otomate, nasabah cukup mengisi form beli di situs ACA. Kemudian menunggu hingga dihubungi oleh pihak asuransi ACA.

4. Asuransi Mobil Allianz MobilKu

Asuransi Mobil Allianz MobilKu

Asuransi Mobil Allianz MobilKu merupakan perusahaan asuransi mobil yang menawarkan tiga paket asuransi mobil yaitu Allianz MobilKu Grand yang memiliki jaminan paling lengkap, Allianz MobilKu ECO yang memiliki jaminan ekonomis yang sesuai kebutuhan masyarakat, dan Allianz MobilKu Non Paket yang memiliki pilihan jaminan perlindungan yang dapat disesuaikan dengan keinginan. Nasahab yang membeli di Asuransi Mobil Allianz MobilKu juga bisa untuk mendapatkan jaminan perlindungan tambahan berupa jaminan 24 jam dari kecelakaan dengan uang tanggungan sebesar Rp 100 juta yang berlaku di seluruh dunia. Asuransi Mobil Allianz MobilKu memiliki keunggulan yaitu proses ketika klaim cukup mudah karena dapat dilakukan melalui situs resmi maupun layanan SMS Allianz MobilKu.

5. AXA Auto Insurance

AXA Auto Insurance

AXA Auto Insurance merupakan salah satu perusahaan asuransi mobil yang menawarkan empat jenis perlindungan yaitu basic TLO, Comprehensive, smart drive TLO, dan Smart Drive Comprehensive. AXA Auto Insurance dapat digunakan untuk jaminan atas kerusakan akibat bencana alam atau kejadian-kejadian yang menimbulkan kerusakan. Selain itu, seseorang yang kehilangan kunci mobil dapat mendapatkan ganti rugi apabila memakai jasa AXA Auto Insurance.

6. Asuransi Mobil Jasaraharja Putera (JP-Astor)

Asuransi Mobil Jasaraharja Putera (JP-Astor)

Asuransi Mobil Jasaraharja Putera (JP-Astor) didirikan sejak tahun 1993 di Jakarta dimana perusahaan asuransi ini memberikan layanan asuransi kepada masyarakat lebih dari 20 tahun. Asuransi Mobil Jasaraharja Putera (JP-Astor) memiliki dua jenis perlindungan yaitu TLO dan All risk. Asuransi Mobil Jasaraharja Putera (JP-Astor) terkenal memiliki biaya premi yang terjangkau di bandingkan dengan jasa asuransi mobil lainnya.

Baca juga : Klaim Asuransi

Nah demikianlah informasi mengenai daftar perusahaan asuransi mobil All risk dan non all risk (TLO) yang wajib diketahui. Semoga pembahasan yang ada di dalam artikel ini bermanfaat bagi kalian sehingga kalian akan dengan mudah menemukan perusahaan asuransi mana yang akan kalian pakai untuk mengasuransikan mobil yang kalian miliki.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close