Umum

PT Asuransi Jasa Indonesia – Sejarah, Visi & Misi, Produk

Setiap orang tidak mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan, apa akan terjadi hal-hal yang baik atau malah sebaliknya. Ketidakpastian terkait apa yang terjadi di masa depan tentunya merupakan salah satu yang patut diperhatikan dan dipikirkan oleh orang-orang terutama orang tua. Oleh karena itu, setiap orang diharapkan mendaftarkan diri atau keluarganya di salah satu perusahaan asuransi. Hal itu dilakukan untuk berjaga-jaga dan digunakan sebagai bekal jikalau dikemudian hari terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Asuransi termasuk salah satu hal yang harus dipertimbangkan oleh banyak orang. Istilah Asuransi berasal dari bahasa Inggris yaitu “Insurance” yang memiliki arti pertanggungan. Asuransi dapat dikatakan sebagai layanan jasa untuk masa depan seseorang. Asuransi adalah suatu layanan bisnis yang menawarkan  jasa  perlindungan finansial seperti kesehatan, jiwa, kendaraan, properti dimana perusahaan asuransi yang bertindak sebagai penanggung bersedia mengganti kerugian yang mungkin dialami oleh nasabah yang bertindak sebagai tertanggung di masa depan.

Setiap asuransi digerakkan oleh perusahaan yang bergerak di bidangnya. Perusahaan asuransi adalah suatu lembaga yang menyediakan berbagai macam polis dimana di dalam perusahaan asuransi terdapat perjanjian untuk melindungi pemakai jasa asuransi dari suatu perusahaan dari berbagai macam kerugian. Fungsi dari perusahaan asuransi seperti sebagai alat menabung untuk masa depan, sebagai jaminan perlindungan bagi pemakai jasa asuransi, adanya jaminan kredit, memberikan tingkat kepastian, serta pengalokasian biaya yang lebih teratur an adil.

Baca juga : Perusahaan BUMN

Banyak sekali tersebar di Indonesia perusahaan yang bergerak di bidang asuransi, namun tidak semuanya perusahaan asuransi tersebut memiliki izin beroperasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Oleh karena itu,  penting untuk memilih perusahaan asuransi mana yang akan digunakan. Hal penting yang harus diperhatikan seseorang ketika menggunakan perusahaan asuransi adalah mengetahui apakan perusahaan asuransi tersebut telah mendapatkan izin dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau  tidak. Jika perusahaan asuransi tersebut belum memiliki izin dan belum terdaftar, maka sebaiknya berhati-hati dan hindari perusahaan asuransi tersebut.  Salah satu perusahaan asuransi yang terdaftar di OJK adalah perusahaan asuransi jasa Indonesia. Untuk itu di dalam artikel ini akan di ulas perusahaan asuransi jasa yang ada di Indonesia atau yang biasanya disingkat Jasindo. Simak ulasan di bawah ini!

PT Asuransi Jasa Indonesia – Sejarah, Visi & Misi, Produk

PT Asuransi Jasa Indonesia - Sejarah, Visi & Misi, Produk
PT Asuransi Jasa Indonesia – Sejarah, Visi & Misi, Produk

PT Asuransi Jasa Indonesia atau yang biasanya disingkat Asuransi Jasindo termasuk Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) dan merupakan salah satu perusahaan jasa yang bergerak di bidang asuransi yang dimiliki 100% oleh Negara Republik Indonesia yang menerima pertanggungan asuransi baik secara langsung maupun tidak langsung. PT Asuransi Jasa Indonesia didirikan sejak tahun 1973 dan telah memiliki 48 kantor cabang, 40 kantor penjualan yang tersebar di seluruh Indonesia serta memiliki 1 kantor cabang di luar negeri. Kantor pusat Asuransi Jasindo berada di Jl. Let. Jend. MT Haryono kav.61 Jakarta.

PT Asuransi Jasa Indonesia atau yang biasa dikenal oleh Asuransi Jasindo tercatat sebagai salah satu BUMN dimana perusahaan asuransi ini tercatat memiliki kinerja usaha yang baik dan seluruh saham yang ada di perusahaan ini miliki Negara Republik Indonesia. Perjalanan waktu membuktikan bahwa PT Asuransi Jasa Indonesia memiliki pengalaman-pengalaman yang panjang dan matang di bidang asuransi sejak era kolonial. Pengalaman-pengalaman yang didapatkan tersebut memberikan nilai kepeloporan tersendiri bagi keberadaan dan pertumbuhan kinerja Asuransi Jasindo sehingga dari pengalaman tersebut berhasil menarik kepercayaan dari publik baik yang ada di dalam maupun luar negeri.

Asuransi Jasindo senantiasa memegang teguh nilai-nilai budaya perusahaan dan berkomitmen memberikan pelayanan yang prima demi memenuhi kepuasan pihak tertanggung. Di samping itu, Asuransi Jasindo juga banyak mendapatkan dukungan dari reasuradur terkemuka dari seluruh belahan dunia seperti dari negara Swiss Re dan Partner Re.

Baca juga : Perusahaan Asuransi

Sejarah Perusahaan Asuransi Jasa Indonesia

PT Asuransi Jasa Indonesia – Sejarah, Visi & Misi, Produk

Sejarah berdirinya PT Asuransi Jasa Indonesia dimulai pada tahun 1845 yang pada saat itu termasuk periode transisi kedaulatan dari pemerintahan Belanda ke Pemerintahan Republik Indonesia. pada tahun tersebut dilaksanakan nasionalisasi sejumlah perusahaan asuransi miliki kolonial Belanda yaitu NV Assurantie Maatschappij de Nederlander, sebuah perusahaan asuransi umum yang dimiliki oleh Belanda, dan Bloom Vander merupakan perusahaan asuransi umum milik Inggris yang beroperasi di Jakarta.

Setelah kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, proklamator Ir. Soekarno dan Muhammad Hatta melakukan nasionalisasi terhadap dua perusahaan asuransi dari Belanda tersebut dan mengubah namanya menjadi PT Asuransi Bedasraya yang mana bergerak di bidang asuransi umum dalam Rupiah dan PT Umum Internasional Underwriters (UIU) yang bergerak di bidang asuransi umum dalam valuta asing. Kemudian  pada tanggal 9 Desember 1972 ditetapkan melalui Keputusan Menteri Keuangan No. 764/MK/IV/12/1972, kedua perusahaan asuransi tersebut dimerger menjadi PT Asuransi Jasa Indonesia atau yang biasa dikenal dengan Asuransi Jasindo. Seiring dengan pembangunan nasional dimana memerlukan jasa layanan perlindungan kerugian di setiap proses pembangunan, maka pemerintahan menetapkan kebijakan untuk menggabungkan dua usaha asuransi tersebut. pengesahan penggabungan kedua perusahaan asuransi tersebur dikukuhkan oleh akta notaris Mohamad Ali Nomor 1 tanggal 2 Juni 1973.

Visi, Misi, dan  Budaya Perusahaan Asuransi Jasa Indonesia

PT Asuransi Jasa Indonesia – Sejarah, Visi & Misi, Produk

Visi Perusahaan

  • Perusahaan Asuransi Umum Indonesia Terbaik

Misi Perusahaan

  • Menyediakan jasa asuransi pilihan pelanggan melalui layanan yang memiliki nilai tambah
  • Menjalankan peran aktif di dalam peningkatan kesejahteraan bangsa

Budaya Perusahaan

Budaya perusahaan Jasindo dibangun dengan nilai-nilai yang diyakini, dijalankan, dan menjadi tingkah laku keseharian dan menjadi kebiasaan yang harus dilakukan oleh seluruh insan Jasindo. Nilai-nilai budaya perusahaan yang dimaksud yaitu RAISE (Resourceful, Agility, Integrity, Synergy, Excellence Service.

Dewan Komisaris dan Direksi Perusahaan Asuransi Jasa Indonesia

PT Asuransi Jasa Indonesia - Sejarah, Visi & Misi, Produk
PT Asuransi Jasa Indonesia – Sejarah, Visi & Misi, Produk

Dewan Komisaris

  1. Komisaris Utama     : Prof. Dr. Widodo Ekatjahjana, S.H., M.Hum.
  2. Komisaris                  : Rimawan Pradiptyo, Ph.d                 
  3. Komisaris                  : Dr. Yuli Harsono, SH., LL.M
  4. Komisaris                  : Silvester Budi Agung

Dewan Direksi

  1. Direktur Utama                                   : Dr. Edie Rizliyanto
  2. Direktur Keuangan dan Investasi   : Didit Mehta Pariadi, S.E., M.M
  3. Direktur Pengembangan Bisnis       : Dr. Sahata L. Tobing, M.M., AAAIK
  4. Direktur Operasional                           : Ricky Tri Wahyudi, S.T., M.B.A., AAAIK
  5. Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum : Linggarsari Suharso, PSI., M.Psi

Produk Perusahaan Asuransi Jasa Indonesia

PT Asuransi Jasa Indonesia - Sejarah, Visi & Misi, Produk
PT Asuransi Jasa Indonesia – Sejarah, Visi & Misi, Produk

Perusahaan Asuransi Indonesia memiliki dua jenis produk asuransi jasa yaitu produk Korporasi dan produk ritel. Berikut penjabarannya!

Produk Korporasi

  • Asuransi Kebakaran
  • Asuransi Oil dan Gas
  • Asuransi Pesawat dan Ruang Angkasa
  • Asuransi Engineering
  • Asuransi Kecelakaan Diri
  • Asuransi Rangka Kapal
  • Asuransi Aneka
  • Asuransi Pengangkutan
  • Asuransi Keuangan
  • Asuransi Tanggung Gugat

Produk Ritel

  • Asuransi Jasindo Oto
  • Asuransi Jasindo Graha
  • Asuransi Keluarga
  • Asuransi Karisma
  • Asuransi Lintasan
  • Asuransi Pelangi
  • Asuransi Anak Sekolah
  • Asuransi Takaful
  • Inbound Travel Insurance
  • Asuransi Haji dan Umroh
  • Asuransi Jasindo Health Care
  • Asuransi Jasindo Mikro

Demikian informasi mengenai perusahaan asuransi jasa Indonesia (Jasindo). Semoga apa yang kalian baca di dalam artikel ini membawa dampak yang baik bagi diri kalian. Selamat membaca!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close