Aplikasi

Top 5 Aplikasi Penyimpanan Data Online Android Terbaik

Memory internal dan slot memory merupakan bagian penting dalam handphone karena digunakan untuk tempat penyimpanan data. Aplikasi-aplikasi baik aplikasi bawaan handphone maupun hasil download di PlayStore maupun App Store banyak menghabiskan memory internal dalam sekali download. Apalagi kalau aplikasi tersebut diupgrade ulang, pastinya kan menghabiskan memory internal yang cukup besar. Oleh karena itu, ketika membeli handphone baru sebaiknya carilah handphone yaang mneyediakan memory internal yang besar yaitu sekurang-kurangnya 16GB dengan RAM minimal 2GB.

Semakin berkembangnya teknologi yang menjadikan semakin canggihnya handphone dimana banyak handphone yang memiliki memory internal yang cukup besar baik Android, iOS, maupun Windows 10 for Mobile. Dengan besarnya kapasitas memory internal dalam handphone, otomatis semakin banyak pula pengguna dapat menyimpan data di dalam memory internal. Jika terlalu banyak menyimpan data di dalam memory internal maka akan menghabiskan kapasitas penyimpanan memory internal di dalam handphone Anda. Nah, untuk Anda yang kebetulan memiliki handphone dengan memory internal yang sedikit bahkan tanpa adanya slot memory, Anda tidak perlu berkecil hati karena Anda dapat menyimpan data ke tempat penyimpanan data lain yang lebih aman. Berikut ini akan diulas mengenai 5 aplikasi Android tempat penyimpanan data online terbaik dan aman. Simak ulasan di bawah ini!

Baca juga : Aplikasi Streaming Video

Top 5 Aplikasi Penyimpanan Data Online Android Terbaik

1. Google Drive

Top 5 Aplikasi Penyimpanan Data Online Android Terbaik
Google Drive

Google Drive menjadi salah satu layanan tenpat penyimpanan data online favorit bagi pengguna smartphone khususnya pengguna Android di seluruh dunia karena terintegrasi penuh dengan akun google. Aplikasi buatan Google inc ini memberikan kapasitas penyimpanan data mencapai 15 GB secara gratis. Jika ingin kapasaitas yang lebih besar lagi, Google Drive harus di upgrade ke versi premium.

Dengan menggunakan Google Drive, pengguna dapat menyimpan beragam jenis file seperti foto, video, dokumen, dan sebagainya. Di samping itu, Google Drive dapat membuat dan mengedit dokumen langsung dengan menggunakan Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Pemasangan aplikasi ini di smartphone hampir mencapai 5 miliar lebih, belum lagi pemasangan di dekstop. Untuk menggunakan penyimpanan data ini, pengguna harus login terlebih dahulu melalui akun email google. Google Drive memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam pemakaian. Berikut kelebihan dan kekurangan aplikasi Google Drive:

Kelebihan:

  • Kecepatan download sangat baik karena berada di atas aplikasi penyimpanan data lain.
  • Sistem keamanan yang baik sehingga data yang tersimpan di Google Drive terjamin aman.
  • Mudah dalam mengirim atau membagikan semua file kepada orang lain
  • Mengakses file terbaru yang tersimpan di Google Drive hanya butuh waktu beberapa detik
  • Mudah mengaktifkan tampilan file secara online
  • Adanya fitur kamera untuk memindai data penting yang disimpan
  • Mudah mengakses foto dan video langsung melalui Google foto

Kekurangan:

  • Sangat bergantung pada jaringan atau koneksi internet
  • Tidak menyediakan fitur Password untuk memproteksi file yang disimpan sehingga tidak dapat digunakan untuk banyak akun

Baca juga : Aplikasi Download Video

2. Dropbox

Dropbox
Dropbox

Dropbox merupakan salah satu aplikasi tempat penyimpanan data online secara gratis yang cukup populer seperti Google Drive yang berasal dari rancangan Dropbox inc. Aplikasi ini banyak digunakan banyak orang untuk mengupload file ke internet. Selain untuk mengunggah file, Dropbox  menyediakan tempat untuk mencadangkan file. Aplikasi Dropbox menawarkan kapasitas penyimpanan mencapai 5 GB yang cukup untuk kebutuhan umum. Namun jika memiliki trik rahasia, kapasitas penyimpanan hingga mencapai 16 GB.  

Dropbox menyediakan aplikasi khusus untuk smartphone maupun PC sehingga tidak perlu masuk ke dalam web. Sama seperti Google Drive, jenis file yang dapat diunggah dan dicadangkan dalam aplikasi ini seperti foto, video, dokumen, musik, dan sebagainya. Aplikasi Dropbox menjadi pesaing dari Dropbox karena saat ini pemasangan di smartphone hampir mencapai 1 miliar. Dropbox  memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam pemakaian. Berikut kelebihan dan kekurangan aplikasi Dropbox:

Kelebihan :

  • Mudah mengedit dokumen file dari smartphone
  • Mencadangkan file seperti foto dan video secara otomatis
  • Mudah digunakan
  • Mudah dalam mengirim file besar melalui email dari Dropbox

Kekurangan

  • Sejak perubahan terkait privasi per tanggal 20 Februari 2014, DropBox dapat memberikan data dalam akun pengguna ke pihak berwenang.

Baca juga : GoPay Dompet Virtual

3. OneDrive

OneDrive
OneDrive

OneDrive merupakan aplikasi buatan Microsoft Corporation yang digunakan untuk tempat penyimpanan data online secara gratis dengan kapasitas mencapai 15GB. Namun jika ingin menambah kapasitas penyimpanan maupun mendapatkan berbagai fitur keren, pengguna dapat mengupgradenya ke versi berbayar. Oleh karena itu, OneDrive sangat power full karena terintegrasi dengan beragam layanan Microsoft seperti Word, Excel, dan PowerPoint.

OneDrive memiliki fitur backup otomatis untuk video dan foto sehingga dapat berbagi file dengan mudah. OneDrive juga terintegrasi dengan Android Wear sehingga pengguna dapat melihat koleksi foto di smartwatch. Pemasangan aplikasi ini hingga mencapai 500 juta di smeua perangkat Android. Pengguna dapat mengakses dan membagikan jenis-jenis file seperti dokumen, foto, video, dan sebagainya. OneDrive  memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam pemakaian. Berikut kelebihan dan kekurangan aplikasi OneDrive:

Baca juga : Tarif Ongkir Jasa Pengiriman

Kelebihan:

  • Mudah menyimpan dokumen penting seperti Excel, Word, PowerPoint, dan OneNote dengan cepat
  • Dapat menemukan foto dengan mudah dengan fitur penandaan otomatis.
  • Mudah dalam membagikan album foto dan video favorit
  • Mudah mengakses file penting secara offline
  • Adanya sistem keamanan berupa PIN ketika mengakses di Android

Kekurangan:

  • Bila panjang path document mencapai lebih dari 256 karakter makan akan mengakibatkan keerroran sistem
  • Untuk mengupload file membutuhkan waktu yang lama
  • Untuk manajemen dokumen di perangkat MAC masih terbatas

4. Amazon Cloud Drive

Amazon Cloud Drive
Amazon Cloud Drive

Amazon Cloud Drive merupakan aplikasi tempat penyimpanan data online secara gratis dengan menawarkan penyimpanan untuk foto unlimited serta berbagai jenis file line milik pribadi sehingga pengguna dapat mengupload koleksi foto-foto tanpa ada batasan. Kapasitas penyimpanan yang disediakan di aplikasi Amazon Cloud Drive ini sebesar 5GB. Akan tetapi, layanan gratis ini hanya dapat dinikmati secara trial selama 3 bulan, selebihnya berlangganan per tahunnya membayar USD 11,99 atau sekitar Rp. 150.000. Amazon Cloud Drive  memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam pemakaian. Berikut kelebihan dan kekurangan aplikasi Amazon Cloud Drive:

Baca juga : Laptop Gaming

Kelebihan :

  • Adanya backup otomatis
  • Aman digunakan
  • Dapat diakses di semua perangkat smartphone
  • Mudah mencari file melalui menu pencarian berdasarkan kategori file

Kekurangan

  • Adanya batasan ukuran dalam mengunggah file sebesar 2GB

5. Degoo

Degoo
Degoo

Degoo merupakan aplikasi tempat penyimpanan data secara online dengan gratis yang memiliki kapasitas penyimpanan hingga 100GB sehingga pengguna akan puas dalam menyimpan file. Jika pengguna ingin mendapatkan penyimpanan yang lebih besar lagi, maka pengguna bisa mengubah akun Degoo menjadi akun premium yang per bulannya membayar sekitar $2,99. Meskipun tidak sepopuler aplikasi tempat penyimpanan lain, Degoo menjadi aplikasi yang cukup fleksibel. Aplikasi Degoo dirancang oleh Degoo Backup AB-Cloud yang saat ini mencapai 5 juta pemasangan. Degoo memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam pemakaian. Berikut kelebihan dan kekurangan aplikasi Degoo:

Kelebihan:

  • Memiliki tingkat keamanan tinggi dimana aplikasi ini penyimpanannya terdapat 3 salinan dari setiap file untuk menjaga keamanan data.
  • Sistem dalam pengambilan foto atau menambah beberapa file mendeteksi secara otomatis
  • Dapat memulihkan file dari aplikassi Degoo ke perangkat komputer di seluruh dunia

Kekurangan:

  • Koneksi dalam penyimpanan sangat lambat
  • Tidak menyediakan fitur-fitur menarik karena hanya fokus dalam penyimpanan file
  • Layanan terbatas, hanya menyediakan layanan backup file

Demikian informasi mengenai 5 aplikasi Android tempat penyimpanan data online terbaik dan aman yang dapat kalian coba. Dengan mencoba aplikasi-aplikasi di atas, semoga dapat memuaskan kalian dalam hal penyimpanan data sehingga kalian tidak perlu khawatir lagi kemana akan menyimpan data yang penting. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close