Aplikasi

√ 5 Aplikasi Android Pelacak Smartphone Hilang Paling Akurat

Bentuk smartphone saat ini semakin ramping sehingga lebih mudah dibawa. Aksesoris tambahannya pun sangat lucu. Namun, semakin banyak kegunaan tersebut, smartphone biasanya tak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja, melainkan juga membantu aktivitas pekerjaan. Nah, terkadang lupa menaruh smartphone adalah hal yang  biasa. Tak usah panik, sebab smartphone berbasis android memiliki sebuah aplikasi untuk membantu Anda mencari android yang hilang. Apa saja aplikasi tersebut? Simak selengkapnya disini.

√ 5 Aplikasi Android Pelacak Smartphone Hilang Paling Akurat

Berikut ini adalah 5 aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melacak handphone yang hilang, diantaranya adalah:

1. Aplikasi Where’s My Droid

√ 5 Aplikasi Android Pelacak Smartphone Hilang Paling Akurat
Aplikasi Where’s My Droid

Selagi smartphone masih dalam genggaman, silahkan cari “Where’s My Droid”. Aplikasi ini berfungsi menyembunyikan  smartphone dengan mengirim SMS berisi kata kunci. Saat dalam kondisi silent, secara otomatis akan mengubah ringtone menjadi bersuara seperti yang telah Anda tentukan. Jika smartphone tidak bersuar, Anda harus melakukan fungsi pencairan melalui GPS. Meskipun memakai smartphone teman Anda, tentu hal ini tidak menjadi masalah. Setelah Anda menemukan smartphone tersebut, pilih tombol besar bertuliskan “FOUND PHONE!” Where’s My Droid adalah alternatif lain jika Anda tidak menggunakan Goggle. Nada dering Anda bisa disembunyikan dengan mengirim SMS. Pelacakan tersebut sangat akurat sebab aplikasi ini akan memberikan lokasi berdasarkan GPS yang dibantu dengan pemetaan Goggle Maps. Aplikasi pelacak smartphone ini akan mengirimkan notifikasi apabila kartu SIM nya diganti. Sehingga sangat memudahkan pelacakan apabila seseorang ingin memindahtangankan smartphone Anda. Namun, versi gratisnya sangat terbatas. Jika ingin menikmati seluruh fitur, Anda harus membayar Rp 120 ribu per tahunnya. Apabila dengan harga tersebut, Anda bisa melindungi data di smartphone, mengapa Anda tidak mencobanya?

Baca juga : Aplikasi Download Video

2. Aplikasi Find My Phone

Aplikasi Find My Phone
Aplikasi Find My Phone

Aplikasi Find My Phone dapat mengirim pesan SMS dengan memberikan lokasi dan tempat keberadaan smartphone. Find My Phone mengirim lokasi meskipun tanpa koneksi internet asal pulsa dan nomor smartphone tersebut masih aktif. Lokasi smartphone dapat Anda temukan di mana pun ia berada. Anda tinggal mengirim SMS ke smartphone, maka smartphone akan membalas dengan nomor koordinat lokasi. Misalnya, Anda yang memiliki kurir, SMS yang Anda kirim ke kurir tersebut akan membalas secara otomatis lokasi keberadaannya. Atau apabila Anda ingin mengetahui keberadaan anak, istri atau pasangan Anda yang sedang jalan-jalan. Cukup kirim SMS saja, maka smartphone akan langsung mengirim keberadaan si pemilik ponsel tanpa diketahui pemiliknya. Lalu, tunggu apalagi. Cukup install aplikasi Find My Phone di Google Pay Store. Gunakan satu nomor untuk recovery password. Untuk menghindari lupa password yang mungkin bisa saja terjadi, masukkan pula satu nomor handphone lain untuk recovery password. Sebab aplikasi ini tidak menyediakan opsi recovery password selain dengan SMS.

Baca juga : Aplikasi VPN Android

3. Aplikasi Android Lost

Aplikasi Android Lost
Aplikasi Android Lost

Sebenarnya, aplikasi Android Lost buatan Theis Borg tersebut memiliki fungsi sama seperti aplikasi Where’s My Droid. Semua fitur standar seperti GPS dan SMS sudah tersedia. Namun, ada banyak kelebihan di dalam aplikasi ini. Android Lost dapat melacak, menyembunyikan sirene, mengirimkan notifikasi, menghapus data di smartphone atau kartu memori, serta mengaktifkan kamera utama atau kamera depan untuk memotret sang pencuri sekaligus lokasi smartphone Anda. Android Lost bisa bersembunyi dari menu aplikasi sehingga pencuri tidak bisa menghapus aplikasi tersebut dari smartphone Anda. Selain itu, kode password untuk mengaktifkan dan mematikan layanan aplikasi juga tersedia. Jadi, tunggu apalagi segera unduh Android Lost di smartphone Anda melalui Google Play Store, kemudian kunjungi laman resmi untuk mendaftar lebih lanjut. Di laman resminya, Anda juga bis melakukan pelacakan smartphone yang hilang.

Baca juga : Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat

4. Aplikasi Find My Device

Aplikasi Find My Device
Aplikasi Find My Device

Untuk berjaga-jaga jika perangkat android Anda hilang, pastikan data yang tersimpan terhapus otomatis. Caranya sangat mudah, pilih Settings – Google – Security. Lalu, aktifkan fitur Remote Data Wipe dengan slide ke “Allow Remote Lock and Erase. Kemudian, Anda pasang aplikasi Find My Device di perangkat android lain. aplikasi tersebut mengharuskan Anda masuk dengan akun Goggle untuk mengaktifkan lokasi. Setelah log in, Anda harus mengizinkan Find My Device menggunakan data lokasi. Setelah itu menu dashboard akan muncul dan menunjukkan lokasi di mana ponsel Anda berada memakai beberapa opsi. Opsi pertama adalah lokasi di mana ponsel Anda ditemukan lengkap dengan daya baterai yang masih bertahan hingga kapan smartphone tersebut akan terakhir dinyalakan. Opsi kedua adalah play sound yang memungkinkan smartphone Anda yang hilang untuk bergetar dan berdering selama lima menit dengan volume maksimum. Fitur ini tetap akan berfungsi meskipun smartphone Anda dalam mode silent. Ketiga adalah opsi Lock yang bisa mengunci secara otomatis sehingga tak ada satu pun yang bisa mengakses perangkat smartphone Anda. Untuk mengunci ponsel, klik opsi Lock, masukkan kata sandi baru dua kali, lalu ketik nomor yang bisa Anda hubungi saat ponsel ditemukan. Dan opsi yang terakhir adalah opsi Erase dimana pengguna bisa menghapus data secara manual dari Find My Device. Data yang dihapus adalah semua aplikasi, foto, video, musik, dan lainnya. apabila smartphone mati, maka fitur ini berfungsi setelah dihidupkan kembali.

Baca juga : Aplikasi Penyimpanan Data

5. Aplikasi Android Device Manager

Aplikasi Android Device Manager
Aplikasi Android Device Manager

Adalah sebuah fitur besutan Google yang membantu pengguna melacak keberadaan smartphone mereka. Semua perangkat smartphone yang menggunakan android versi 2.2 ke atas dapat menggunakannya. Namun, ADM tidak dapat berfungsi apabila terjadi hal-hal seperti smartphone yang hilang dalam kondisi tidak aktif, tidak bisa mengendalikan smartphone dari jarak jauh, tidak mampu mengambil data dari smartphone yang hilang, serta tidak bisa mengetahui lokasi smartphone yang sudah direset. ADM hanya mampu melacak keberadaan smartphone dengan kemampuan geolocation. Meskipun belum tentu akurat, setidaknya Anda bisa mendapatkan gambaran lokasi terakhir smartphone berada. Aplikasi ADM dapat juga menyembunyikan nada dering smartphone meskipun dalam keadaan silent sekalipun. Nada dering tersebut akan berdering kencang selama 5 menit. Selain itu, ADM bisa mengunci aplikasi di smartphone Anda. Bagi Anda yang jarang menggunakan kunci layar, fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum orang lain mengakses smartphone Anda. Yang paling bagusnya, ADM mampu menghapus seluruh data yang ada di smartphone sehingga tidak bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Android Device Manager bekerja dengan koneksi TCP rendah latency di antara perangkat android dan server Google. Kedua gabungan koneksi ini mampu membantu ADM untuk mengirimkan instruksi ke smartphone. Kemudian smartphone akan membalas dengan sebuah informasi tertentu sehingga bisa digunakan untuk menentukan lokasi dan berbagai operasi lainnya. Tertarik untuk mencobanya?

Baca juga : Aplikasi Streaming Video

Demikian ulasan lengkap mengenai 5 aplikasi android yang mampu melacak smartphone hilang. Segera install aplikasi tersebut untuk mengantisipasi keselamatan data-data Anda agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close