Aplikasi

Top 5 Aplikasi Ojek Online Terpopuler

Ojek Online adalah ojek yang bisa dipesan secara online berbeda dengan ojek pangkalan dimana penumpang datang langsung ke pangkalan ojek yang ada. Ojek Online (Ojol) memudahkan penumpang karena pengemudi akan datang menghampiri sesuai dengan lokasi yang ditentukan. Bahkan penumpang bisa langsung mengetahui jumlah biaya yang harus dikeluarkan. Tak hanya sekadar melayani jasa mengantar penumpang ke tempat tujuan saja, kini ojek online juga menyediakan layanan sebagai kurir pengantar barang, membelikan makanan atau keperluan lain, serta menjual tiket bioskop. Lalu apa saja aplikasi android ojek online tersebut? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Baca juga : Tarif Ongkir Jasa Pengiriman

Top 5 Aplikasi Ojek Online Terpopuler

Berikut ini adalah beberapa aplikasi android ojek online yang wajib Anda ketahui, antara lain:

1. Gojek

Top 5 Aplikasi Ojek Online Terpopuler
Gojek

Hingga saat ini, terhitung ada 13 layanan yang disediakan oleh Gojek selain layanan utamanya, yakni Go-Ride dan Go-Car. Jumlah armadanya sekarang mencapai jutaan driver di seluruh pelosok negeri. Tak heran jika Gojek menguasai pasar lokal hampir tersebar di kota-kota besar seluruh Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Bali, Surabaya, Makassar, Palembang, Medan, Balikpapan, Yogyakarta, Semarang, Manado hingga Solo. Layanan yang diciptakan Nadiem Makarim tersebut memberlakukan jam sibuk atau rush hour mulai dari jam 06.00-09.00 dan 16.00-19.00. Pada jam-jam tersebut, tarif akan naik lebih mahal sekitar Rp 5.000 dari jam normal. Gojek menawarkan diskon tarif perjalanan 50% jika Anda bayar menggunakan uang elektronik GoPay. Dengan promosi yang ditawarkan, banyak orang yang beralih ke pembayaran non tunai. Namun, di awal tahun 2019, potongan GoPay hanya sebesar 5 %. Namun, Gojek terkadang menemui error seperti dobel order sehingga banyak membingungkan pengguna dan driver Gojek. Komunikasi driver dan penumpang masih menggunakan konektivitas selular untuk menelepon atau SMS sehingga akan ada pulsa tambahan di luar paket data internet. Selain itu, nomor telepon penumpang bisa mudah diketahui driver Gojek. Tak hanya itu, plat nomor kendaraan driver muncul di aplikasi sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan driver. Meskipun masih banyak driver Gojek yang tidak membawa motor atau mobil sesuai dengan plat nomor di aplikasi.

Baca juga : GoPay Dompet Virtual

2. Grab

Grab
Grab

Grab memiliki jumlah armada lebih dari jutaan driver bahkan hingga Asia Tenggara. Startup yang dipimpin oleh Anthony Tan masih kalah dengan Gojek di pasar lokal. Selain hadir di Asia Tenggara, grab juga ada di Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Filipina. Untuk mengambil hati konsumen, Grab kerap mengadakan kampanye tematik dengan memasukkan kode tertentu sehingga Anda bisa mendapatkan diskon bahkan tarif perjalanan gratis. Jam sibuk atau rush hour juga diberlakukan oleh Grab mulai dari jam 06.00-09.00 dan 16.00-19.00. Dibandingkan dengan Gojek, aplikasi Grab relatif lebih baik karena sangat minim terjadi error. Di sisi lain, Grab juga memiliki fitur chat dan panggilan telepon di dalam aplikasi. Sehinga Anda tidak memerlukan biaya tambahan ketika menelepon atau melakukan SMS dengan driver Grab. Fitur komunikasi tersebut membuat driver dan penumpang tidak mengetahui nomor telepon masing-masing sehingga terjaga privasinya. Selain selalu mencantumkan plat nomor kendaraan pada aplikasi, driver grab juga lebih disiplin dalam mengenakan atribut sebagai tanda pengenalnya.

3. Anterin

Anterin
Anterin

Anterin adalah layanan ojek online yang dibuat oleh PT Anterin Digital Nusantara yang berada di Jalan Kemang I No 11, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Layanan tersebut meliputi ojek sepeda motor, mobil, kurir, dan truk dengan tarif driver yang bisa ditentukan sendiri berdasarkan sistem lelang. Aplikasi Anterin bisa menjadi pilihan transportasi hemat karena Anda bisa memilih tarif paling miring yang ditawarkan oleh pihak driver. Tak hanya tarif yang menjadi penentu pilihan, jenis kendaraan pun dipertimbangkan sesuai dengan keinginan. Apabila Anda berisi, motor yang dipilih bisa berupa N-Max atau Vario, bukan Mio atau Beat yang cenderung kecil. Mengingat persaingan driver menggunakan sistem lelang tarif, maka pengemudinya pun terlihat minim daripada Gojek dan Grab. Selain itu, layanan aplikasi Anterin juga masih terbatas di Jabodetabek saja. Kabar terbarunya, layanan ini dikabarkan juga tersedia di Yogyakarta. Aplikasi Anterin ini masih belum matang benar. Saat melihat review aplikasi di Google Play, pengguna masih banyak yang mengeluhkan titik GPS yang tidak tepat, crash saat dibuka, hingga tampilannya kurang nyaman.

Baca juga : KlikBCA

4. Golek

Golek
Golek

Aplikasi ojek online satu ini mirip dengan Gojek. Namun perbedaanya, Golek dikelola secara syariah. Salah satu syarat menjadi driver Golek adalah shalat berjamaah di masjid lima waktu bagi laki-laki. Kemudian, komitmen shalat dhuha minimal seminggu tiga kali, memberi sedekah minimal Rp 2.000, hingga mengikuti program gratis layanan hari Jumat. Kantor Golek ada di Jalan Pamenag II/42 Katang, Sukorejo, Ngasem, Kabupaten Kediri. Pada situsnya tidak disebutkan area layanannya mencakup daerah mana sehingga driver di Jakarta dan sekitarnya kesulitan mengakses kantor pusatnya jika terjadi masalah. Layanan yang ditawarkan oleh Golek adalah ojek motor, taksi online, kurir, belanja, dan makanan yang hampir sama dengan aplikasi Gojek. Aplikasi tersebut sangat bagus terutama bagi kaum muslim seperti asuransi, bank, dan layanan syariah. Diklaim bersaing dan transparan, namun tarif golek tidak pernah disebutkan nominalnya. Jumlah driver yang sedikit bisa mengurangi persaingan antar driver ditambah dengan potongan 10% yang begitu menarik. Namun, jumlah driver yang terbatas ini membuat penumpang kesulitan menemukan driver. Apalagi jangakauan layanannya pn belum begitu luas. Karena berkonsep syariah, driver perempuan dilarang mengambil order penumpang laki-laki. Tetapi driver laki-laki diizinkan mengambil order penumpang perempuan selama driver perempuan belum proporsional.

Baca juga : Daftar Kode Bank Indonesia

5. Lojek

Lojek
Lojek

Aplikasi lojek menyediakan transportasi online rasa ojek pangkalan yang dibuat pemerintah daerah Bandung demi mengatasi masalah antara pengemudi ojek konvensional dan online. Layanan ini khusus digunakan bagi transportasi motor tanpa menggunakan smartphone. Driver akan mendapat stiker NFC sebagai sistem pembayaran. Sistem Lojek sangat unik. Setiap pangkalan ojek akan didata dan diberikan stiker NFC. Penumpang akan diarahkan ke pangkalan ojek terdekat beserta info tarifnya. Driver yang berada di urutas teratas secara otomatis yang mendapat orderan tersebut. mengenai tarif, aplikasi Lojek belum bisa memastikan karena masih banyak pengembangan. Dari beberapa kekurangannya, Lojek bisa menjadi pilihan alternatif bagi driver khusunya ojek pangkalan.

Dari 5 aplikasi tersebut, ternyata masih banyak aplikasi android ojek online yang lain, namun memang banyak yang tenggelam. Aplikasi tersebut antara lain Tripy di Pontianak, Bloon di Bengkulu, dan M-Jek di Mataram. Banyaknya pilihan aplikasi ojek onile ini adalah kabar baik bagi penumpang ataupu driver. Bagi penumpang, mereka semakin banyak memiliki pilihan ojol yang memberikan tarif terhemat dengan layanan terbaiknya. Sedangkan, pengojek bisa menjadi anggota ojol yang menyediakan poin plus banyak dengan potongan yang sedikit dan intensif yang besar. Demikian penjelasan mengenai aplikasi android ojek online di seluruh Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close