Aplikasi

5+ Aplikasi Kesehatan di Android Paling Populer

Teknologi smartphone yang semakin maju kini telah banyak memudahkan kegiatan manusia dalam berkomunikasi. Seluruh kegiatan pengguna untuk berhubungan dengan pengguna lainnya, menemukan lokasi berbagai tempat hingga mendapatkan banyak informasi. Salah satu manfaat lain dari ponsel pintar Anda adalah adanya aplikasi tentang kesehatan baik dari aplikasi olahraga atau untuk mengetahui total asupan kalori dalam tubuh. Lalu apa saja aplikasi android tentang kesehatan yang bisa Anda coba? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Berikut adalah aplikasi android kesehatan paling banyak dicari, antara lain:

1. Instant Heart Rate (IHR)

5+ Aplikasi Kesehatan di Android Paling Populer
Instant Heart Rate (IHR)

Salah satu indikator kesehatan jantung dilihat dari frekuensi detak jantung, sehingga pengecekan harus dilakukan secara berlanjut. Saat ini, ada aplikasi praktis pengukur denyut jantung yakni Instant Heart Rate (IHR). Aplikasi yang dapat dipasang di segala jenis smartphone tersebut memiliki fitur-fitur terbaik seperti pengukuran denyut jantung, real time PPG, dan pemantauan jantung saat olahraga. Anda hanya perlu meletakkan ujung jari telunjuk ke kamera ponsel kemudian detik rekaman detak jantung akan muncul. Sensor ujung jari bersama dengan built-in kamera smartphone akan mendeteksi perubahan warna ujung jari yang berhubungan langsung dengan denyut nadi. Grafik real-time akan muncul di layar sesuai dengan denyut nadi pengguna dalam durasi 10 detik. Teknik penggunaan alat ini sama dengan penggunaan medical pulse oximeters yang telah terkenal di dunia kesehatan. Akurasi aplikasi ini telah digunakan oleh pelatih kebugaran, atlet, dan 25 juta pengguna lain. Selain bagi para penderita penyakit, alat tersebut juga digunakan untuk memantau kesehatan pengguna yang sehat. Akan tetapi, meskipun cukup akurat, diagnosis penyakit tidak bisa ditentukan  melalui aplikasi IHR. Gangguan jantung selanjutnya awajib dikonsultasikan ke ahli medis.

Baca juga : Aplikasi TV Online

2. Dokter Diabetes

Dokter Diabetes
Dokter Diabetes

Kadar gula darah, berat badan, dan asupan kalori sekarang bisa Anda periksa kapan pun dan dimana pun menggunakan aplikasi dokter diabetes. Aplikasi dokter diabetes menjadi aplikasi pertama yang menghubungkan pengguna dengan dokter spesialis penyakit dalam, ahli gizi, dan educator diabetes secara langsung. Dokter diabetes telah diunduh lebih dari 50.000 pengguna tanpa membutuhkan ruang penyimpanan besar, yakni sekitar 11 MB. Setiap kalo aplikasi dibuka, informasi tentang seminar diabetes secara pop-up di layar selalu muncul. Fitur-fitur yang disediakan oleh dokter diabetes adalah konsultasi dokter, dokter diabetes artikel, checkup record, diabetes risk, shop, dan inbox. Anda bisa berkonsultasi masalah penyakit diabetes dengan dokter yang kompeten namun tim dokter yang disediakan masih beberapa orang saja. Selain berkonsultasi dengan dokter, artikel-artikel yang berkaitan dengan diabetes, diet, olahraga, info diabetes, resep, dan healthy lifestyle juga disediakan. Checkup record memudahkan Anda untuk mencatat kadar glukosa dalam darah, berat badan, dan tekanan darah sehingga pola hidup sehat berupa asupan kalori harian serta gula darah bisa selalu stabil. Aplikasi lain yaitu diabetes risk calculator bisa memudahkan Anda menghitung risiko seseorang tentang diabetes berdasarkan faktor-faktor penyebabnya. Sedangkan fitur shop memudahkan Anda memesan Soyjoy, yaitu makanan atau snack kalori rendah produksi PT Amerta Indah Otsuka sebagai pencetus aplikasi ini.

Baca juga : Aplikasi Video Call

3. ApaSakitku

ApaSakitku
ApaSakitku

Apasakitku dikembangkan oleh Smartindo Access yang sampai sekarang sudah diunduh oleh 1.072 pengguna dengan memberikan rating aplikasi sekitar 4,2 dari skala 1-5. Selain mendeteksi kemungkinan penyakit yang diderita oleh pengguna, juga ada banyak fitur lain yang menarik di aplikasi ini. Aplikasi apasakitku hanya membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 5,78 MB. Gambar anatomi tubuh yang berada di tampilan utama akan membantu pengguna mendeteksi penyakit dengan cara menunjuk ke gambar anatomi sesuai lokasi gejala sakit yang diderita. Fitur penyakit akan memberikan informasi deskripsi penyakit, penyebab, mitos atau fakta penyakit, serta terapi yang dilakukan. Fitur konsultasi dipakai untuk menanyakan masalah kesehatan ke tim dokter tanpa dipungut biaya. Percakapan dengan dokter pun akan dijaga keamanannya sehingga orang lain tidak bisa melihatnya. Sayangnya, tim dokter di aplikasi apasakitku masih sering offline. Sedangkan fitur maps memberikan informasi pelayanan kesehatan yang paling dekat dengan Anda seperti lokasi praktik dokter, klinik, klinik gigi, rumah sakit, dan apotek. Item-item tambahan adalah artikel kesehatan, water, calorie, P3K, diet, kalender kehamilan, tidur-KU, serta informasi obat berdasarkan merk, kategori, dan generic. Jadi, kapan Anda menggunakan aplikasi tersebut?

Baca juga : Aplikasi Pelacak Smartphone

4. Dokter Babe

Dokter Babe
Dokter Babe

Di aplikasi dokter babe, Anda mendapatkan pembahasan kesehatan secara lengkap hingga berkonsultasi tentang masalah-masalah kesehatan tubuh. Selain memberikan informasi gangguan kesehatan, Anda bisa mendapatkan tips menjalani hidup sehat yang sesuai dengan gaya hidup masyarakat Indonesia. Artikel yang ada di dokter babe disusun dengan bahasa yang begitu mudah dipahami tidak hanya bagi orang ahli, maupun orang awam juga. Pengguna akan mudah berinteraksi dengan admin dokterbabe atas artikel yang disediakan tentang keluhan berbagai penyakit. Anda juga bisa menambahkan komentar terhadap artikel yang diunggah. Sayangnya, dokter babe hanya menuliskan penjelasan dan tidak pernah mencamtumkan dari mana sumber gambar yang diunggah ke artikel dokter babe. Untuk menjadi anggotanya, Anda bisa melakukan pendaftaran melalui akun facebook, twitter, dan google.

Baca juga : Aplikasi VPN Android

5. Alodokter

Alodokter
Alodokter

Aplikasi Alodokter memiliki rating tertinggi antara 4,5 yang menunjukkan tingkat kepuasan pengguna. Di sini, Anda akan memiliki pengetahuan kesehatan yang baik agar dapat menolong dan menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga dan orang-orang sekitar. Fitur-fitur yang ada di alodokter sangat beragam. Chat bersama dokter adalah aplikasi untuk menanyakan topik kesehatan secara cepat dan akurat berupa penyakit, gejala, obat-obatan, dan pola hidup sehat. Anda bisa memilih dokter-dokter terbaik untuk melakukan perbincangan di mana pertanyaan Anda bisa ditampilkan ke publik atau disembunyikan. Tim medis Alodokter yang terdaftar di Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pun akan bersedia menemani Anda untuk mengatur jadwal, mengecek biaya, dan merekomendasikan dokter maupun masyarakat sesuai kebutuhan. Informasi perihal dokter-dokter terbaik dan komunikatif seperti profil dokter, riwayat pendidikan, praktik, menu dokter, dan jadwal dokter dapat Anda ketahui. Selain itu, tim dokter di Alodokter juga menyusun berbagai artikel kesehatan terbaru sehingga masyarakat Indonesia memudahkan masyarakat untuk memahami kesehatannya. Informasi penyakit dari sisi gejala yang terjadi, tindakan yang harus dilakukan, serta obat yang begitu detail seperti fungsi, pihak yang mengonsumsi, dan peringatan kewaspadaan. Aplikasi lain yang ada di alodokter adalah layanan rekam medis untuk mengakses kondisi kesehatan Anda setiap saat. Rekam medis dapat disimpan, ditambah, dan digunakan kembali sesuai kebutuhan konsultasi saat berkonsultasi langsung dengan dokter. Diagnosis rekam medis semakin mudah dan cepat berkat aplikasi rekam medis tersebut.

Demikian ulasan lengkap 5 aplikasi android tentang kesehatan yang wajib Anda coba supaya turut menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, teman-teman, serta sahabat di sekitar Anda. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close