Aplikasi

√ Top 5 Aplikasi Dompet Virtual yang Wajib Anda Coba

Dompet virtual atau dompet digital saat ini banyak digunakan masyarakat dalam melakukan berbagai transaksi perbankan. Uang elektronik berbeda dengan dompet digital. Sebab Anda memerlukan aplikasi pada ponsel untuk mengaksesnya. Di Indonesia sendiri, dompet digital sudah banyak tersedia baik BUMN maupun swasta. Lalu apa saja aplikasi android dompet virtual yang wajib Anda coba. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Beberapa aplikasi dompet virtual yang bisa Anda coba, antara lain:

1. Mandiri E-Cash Bank Mandiri

√ Top 5 Aplikasi Dompet Virtual yang Wajib Anda Coba
Mandiri E-Cash Bank Mandiri

Mandiri e-cash adalah dompet virtual yang dikeluarkan oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Meskipun dikeluarkan oleh bank Mandiri, Anda bisa menggunakannya tanpa nomor rekening. Jadi, nomor rekeningnya adalah nomor telepon di ponsel. Transaksi yang dapat dilakukan mulai dari top-up money, menyetor dan menarik tunai, mengecek saldo, mentransfer antar rekening Mandiri e-cash dan berbagai fitur lainnya. Berbagai toko yang bekerja sama dengan Mandiri e-cash akan memudahkan Anda dalam melakukan beragam pembayaran. Dompet virtual ini tidak bisa dipindah tangankan seperti e-money Mandiri. Bagi yang belum registrasi, saldo maksimum hanya Rp 1 juta sedangkan yang sudah melakukan registrasi maksimum Rp 5 juta. Untuk memiliki program Mandiri e-Cash di telepon seluler, Anda bisa mengunduhnya melalui Apps Store dan Google Pay, menghubungi *141*6#, atau melalui layanan Telkomsel, Indosat, dan XL. Kemudahan lain dari Mandiri E-cash adalah pembayaran cinema XXI hingga 50%. Caranya, Anda harus memiliki mobile Mandiri e-cash di telepon seluler. Kemudian melakukan pendaftaran dengan memasukkan nama, tanggal lahir, kode rahasia dan PIN. Setelah berhasil, Anda harus mengisi ulang saldo e-cash melalui via e-banking atau transfer dari bank lain. Lalu tuliskan nominal yang wajib dibayar setelah dipotong 50%, lanjut, masukkan PIN, lalu tekan lanjut lagi. Bank Mandiri akan mengirimkan SMS kepada pihak XXI untuk melalukan pembayaran. Selain membantu mengelola keuangan, Mandiri e-cash membantu Anda untuk melalukan isi pula prabayar, membeli tiket, bayar listrik, delivery makanan, online shopping, dan berbelanja di gerai mitra Mandiri e-cash.

Baca juga : Kartu Kredit Terbaik

2. GoPay

GoPay
GoPay

Awalnya GoPay adalah dompet virtual dari Gojek yang memberikan kemudahan transaksi berbagai layanan yang tersedia di aplikasi Gojek. Namun, saat ini GoPay mampu bertransaksi dengan berbagai toko yang melakukan mitra dengan Gojek. Berbagai potongan harga juga kerap diberikan mulai dari cashback, voucer hingga diskon cukup besar dari toko makanan, buku, aksesoris dan bioskop. Pada aplikasi ini, Anda bisa melakukan top-up GoPay melalui driver atau minimarket terdekat. Selain itu, ATM dan internet banking yang menjadi mitra Gojek seperti BCA, Mandiri, BRI, BNI, Permata Bank, dan CIMB niaga juga bisa digunakan. GoPay memberikan Anda kemudahan untuk melakukan berbagai macam transaksi pembayaran semua layanan di aplikasi Gojek kapan saja dan dimana saja selama 24 jam penuh. Setiap kali melakukan transaksi menggunakan Gopay, Anda akan mendapatkan token. Token yang dikumpulkan tersebut bisa Anda tukar nantinya melalui layanan Go-Points agar mendapatkan beragam voucher menarik dari GoPay. Tak perlu ragu dengan keamanannya. Sebab, GoPay menggunakan sistem yang begitu aman setiap transaksi pembayaran sehingga saldo dan informasi data Anda akan lebih aman. Menggunakan aplikasi GoPay memang aman-aman saja, namun, fitur E-Wallet dalam aplikasi GoPay cenderung sedikit. Namun, hal itu dirasa bukan sebuah masalah sebab GoPay memiliki banyak kelebihan.

Baca juga : GoPay

3. OVO

OVO
OVO

OVO adalah dompet virtual, saingan GoPay. Diusung oleh PT Visionet International, OVO bisa memudahkan Anda melakukan berbagai macam pembayaran di setiap merchant yang bekerja sama. Sama seperti GoPay, OVO pun akan memberikan OVO Points sebagai loyality reward setiap kali pengguna melakukan transaksi. I OVO point bernilai 1 rupiah yang kemudian bisa digunakan kembali sebagai alat pembayaran. Anda dapat melakukan top-up melalui merchant OVO, seperti Alfamart Hypermart, Matahari, Boston, Books&Beyond, dan sebagainya. Banyak mitra bank yang bekerja sama dengan OVO, baik dari BCA, Mandiri, CIMB nuaga, BNI, BRI, Permata, Bank Mega, BTN, Danamon, Panin Bank, NOBU, BTPN, Maybank, dan DBS. Selain menawarkan berbagai penawaran menarik saat pembelian maupun berbelanja di mitra OVO, pembayarannya pun relatif lebih cepat dan sangat aman. Anda bisa selalu mengatur dan memonitor pengeluaran menggunakan OVO di mana pun dan kapan pun. Di samping itu, OVO juga memiliki beberapa kekurangan seperti belum adanya tagihan yang lengkap seperti pembayaran BPJS, Ketenagakerjaan, PBB, dan lainnya. Selain itu, upgrade OVO club ke OVO premiere mewajibkan Anda untuk datang langsung sebab belum bisa dilakukan secara online.

Baca juga : KlikBCA

4. DANA

DANA
DANA

DANA (Dompet Digital Indonesia) resmi muncul pada tanggal 21 Maret 2018 sebagai salah satu layanan pembayaran digital Indonesia. Layanan ini berbasis open-platform dan diharapkan menjadi salah satu kegiatan transaksi virtual non-tunai, baik online maupun offline. DANA dipimpin oleh Vincent Henry Iswaratioso, country head Alipay Indonesia yang menjadi pejabat co-founder layanan payment digital INDOMOG. Sebelum resmi diluncurkan, muncul kabar jika DANA adalah perusahaan patungan antara Ant Financial (Alipay) dengan EMTEK. Walaupun mengadopsi Ant Financial, namun DANA memiliki investor utama dari Indonesia, yaitu grup EMTEK. Berbasis open-platform, sehingga DANA bisa terhubung dengan layanan transaksi virtual lain yang telah bekerja sama seperti KFC, TIX.ID, Ramayana, dan BBM. Aplikasi DANA juga menyediakan fasilitas pembayaran melalui QDR code menggunakan mesin transaksi di toko yang telah bekerja sama. Caranya sangat mudah, yakni membuka aplikasi DANA, kemudian memilih tombol “Pay” berlogo kode QR di bagian bawah antarmuka aplikasi. Setelah itu, pengguna tinggal menyodorkan ponsel yang berisikan kode QR di layar mesin POS. Setelah itu, kode verifikasi PIN akan dikirimkan melalui ponsel pengguna, masukkan kode verifikasi dan proses transaksi pun berhasil.

Baca juga : Daftar Kode Bank

5. Sakuku BCA

Sakuku BCA
Sakuku BCA

Tidak hanya bank Mandiri, BCA juga memiliki dompet virtual, yaitu Sakuku. Dengan menggunakan Sakuku, Anda bisa melakukan tarik tunai di ATM BCA meskipun tidak membawa kartu. Saat melakukan transaksi tanpa menggunakan kartu, Anda tinggal memilih menu transaksi tanpa kartu. Kemudian masukkan nomor Sakuku dan kode transaksi. Setelah proses tersebut dilakukan, proses transaksi akan berhasil. Layanan menarik lainnya yang ditawarkan oleh Sakuku BCA adalah dapat membayar patungan makanan dan minuman di restoran bersama orang lain. Caranya pun sangat mudah, Anda tinggal memasukkan total pembayaran pada menu SplitBill yang telah tersedia di aplikasi Sakuku. Kemudian, total pengeluaran tersebut dibagi rata sesuai porsi makan dan ditagihkan ke aplikasi Sakuku teman Anda lainnya. Sama seperti dompet virtual lainnya, Sakuku juga memberikan banyak promo menarik mulai dari promo makanan di restoran, promo belanja di e-commerce, tiket bioskop, hingga tiket wisata.

Demikian ulasan lengkap aplikasi dompet virtual yang wajib Anda coba. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close