Pendidikan

Apa Itu Pengertian Xilem dan Floem : Perbedaan dan Unsur

Tahukau.com – Pernah mengenal istilah xilem dan floem?. Bisa jadi Anda sangat awam dengan kedua istilah tersebut bukan. Untuk itu berikut bahasan yang akan menggupas mengenai istilah dan Pengertian Xilem dan Floem seperti berikut. Istilah Xilem dan Floem adalah sebagai jaringan pengangkut. Jaringan pengangkut sendiri merupakan jaringan yang berfungsi sebagai transportasi hasil dari asimilasi daun sampai ke semua bagian pada tumbuhan dan pengangkutan air maupun garam mineral.

Adapun jaringan pengangkut dibagi ke dalam dua bagian, yaitu floem dan xilem. Xilem merupakan jaringan kompleks yang terdiri dari sel hidup maupun sel mati. Adapun juga jaringan floem sendiri yaitu jaringan kompleks yang akan terdiri dari berbagai macam unsur yang memiliki tipe berbeda seperti parenkim serabut, kloroid & pembuluh lapisan. Adapun sel-sel yang sangat penting pada floem yaitu tabung tapis.

Baca juga : Apa Itu Flora ?

Jaringan Xilem

Jaringan Xilem

Xilem berfungsi sebagai tempat untuk mengangkut air dan zat mineral mulai dari akar sampai melalui bagian daun. Dimana susunan xilem tersebut yaitu sebuah jaringan pengangkut komplek, terdiri dari berbagai macam bentuk sel. Sel-selnya tersebut ada yang sudah mati atau yang masih tetap hidup, namun pada umumnya sel yang akan menyusun xilem sendiri sudah mati beserta membran sel yang lebih tebal dan akan memiliki kandungan lignin. Dengan demikian fungsi dari xilem yaitu sebagai salah satu jaringan untuk penguat.

Unsur utama dari xilem yaitu Trakeid, Trakea, & Parenkim Xilem. Trakeid sendiri terdiri dari susunan sel-sel sempit, dimana penebalan-penebalan dalam dinding akan berlangsung menjadi lebih tebal jika dibandingkan yang sudah terjadi dalam trakea. Adapun sel-sel pada trakea sendiri akan kebanyakan terjadinya penebalan sekunder, yang dimana lumen selnya tidak memiliki kandungan protoplas lagi. Sementara trakea sendiri adalah komponen pembuluh yang terdiri atas sel-sel yang berbentuk silinder dimana sesudah dewasa akan mati dengan ujungnya semakin ber 1 untuk membentuk tabung penghantar untuk air yang bersel banyak yang dinamakan sebagai pembuluh. Sementara Parenkim Xilem umumnya tersusun dari sel-sel hidup. Biasanya dijumpai dalam xilem sekunder atau primer. Adapun xilem sekunder sendiri telah ditemukan 2 macam parenkim, yaitu parenkim jari-jari empulur dan parenkim kayu.

Baca juga : Apa Itu Meiosis ?

Jaringan Floem

Jaringan Floem

Jaringan floem akan berfungsi untuk menyebarkan dan membawa zat makanan sebagai hasil fotosintesis pada bagian-bagian yang akan terletak dibawahnya. Dimana jaringan floem yang memiliki susunan jaringan dengan sifat yang sangat kompleks, dan terdiri atas beraneka ragam bentuk sel.yang Dimana diantaranya ada sel-sel yang sudah mati atau sel-sel hidup yang masih aktif. Sel penyusun dari floem sendiri seperti sel penyerta, sel tapis, kulit kayu, sel parenkim kulit kayu & sel serabut.

Baca juga : Apa Itu Gen ?

Unsur-unsur Xilem

Unsur-unsur Xilem

Xilem terdiri dari beberapa komponen seperti trakea, trakeida, serat xilem dan parenkim xilem. Berikut penjelasan terkait unsur-unsur yang ada dalam xilem.

1. Trakea

Trakea yaitu komponen dari xilem yang terdiri dari tabung-tabung berdinding tebal. Tabung-tabung dilapisi oleh selulosa sekunder dan lignin sehingga teksturnya keras dan kuat.

Umumnya unsur trakea hanya terdapat pada tumbuhan berbiji tertutup atau disebut dengan angiospermae. Pengecualian untuk tumbuhan berbiji terbuka hanya ditemukan pada tanaman melinjo.

2. Trakeid

Trakeid yaitu sebuah trakea yang memiliki diameter lebih kecil dibandingkan dengan diameter trakea. Diameter rata-ratanya adalah 30 mm dan pada trakeida terdapat pada semua tumbuhan berbiji (spermatophyta).

3. Parenkim Xilem

Parenkim Xilem terdiri dari sel-sel yang masih hidup. Parenkim Xilem dapat ditemukan pada xilem primer dan xilem sekunder. Untuk xilem sekunde dapat ditemukan 2 jenis parenkim yaitu parenkim kayu dan jari-jari empulur.

Sel parenkim berfungsi sebagai tempat cadangan makanan berupa zat tepung. Zat tepung biasanya tertimbun sampai saat-saat pertumbuhan lalu berkurang bersamaan dengan kegiatan kambium.

Baca juga : Apa Itu Atom ?

Perbedaan Xilem dan Floem

Perbedaan Xilem dan Floem
Perbedaan Xilem dan Floem

Xilem dan Floem memiliki beberapa perbedaan, diantaranya yaitu:

  1. Xilem terbuat dari sel mati, sedangkan floem kebalikannya yaitu sel hidup.
  2. Xilem berdinding sel tipis, sedangkan floem tebal.
  3. Dinding sel xilem terbuat dari lignin , sedangkan dinding sel floem terbuat dari selulosa.
  4. Permeabilitas dinding sel xilem yaitu impermeabel, sedangkan pada floem yaitu permeabel.
  5. Pada xilem terdapat tidak sitoplasma, sedangkan pada floem juga terdapat sitoplasma.
  6. Fungsi xilem yaitu mengangkut air atau unsur hara mineral dari akar ke daun, sedangkan  floem juga berfungsi mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh tubuh tumbuhan.
  7. Arah aliran xilem ke atas, maka pada floem ke atas maupun ke bawah.

Letak Xilem dan Floem

Letak Xilem dan Floem

Letak Xilem dan Floem yaitu pada akar dan batang tumbuhan monokotil, berkas pengangkutnya kolateral tertutup yang akan ditutup oleh sklerenkin dan bersifat menyeluruh. Dan pada mikroskop, kelihatan jika xilem bentuknya bulat besar, sedangkan floemnya itu yang kecil di sekeliling xilem.

Pada tumbuhan dikotil yang terlihat perbedaannya antara floem dan xilem yang akan dipisahkan oleh kambium, dan berkas pengangkutnya kolateral terbuka dimana xilem itu ada di dalam kambium, dekat dengan empulur sedangkan floem ada di luar kambium. Lalu dimanakah letak xilem dan floem pada tumbuhan?. Letak keduanya berada di dalam tubuh tumbuhan seperti pada batang, akar dan daun. Pada tumbuhan dikotil, xilem terletak pada bagian yang lebih jauh dan dalam daripada kambium. Sedangkan floem terletak dibagian luar kambium.

Baca juga : Apa Itu Molekul ?

Unsur-unsur Floem

Unsur-unsur Floem

Jaringan floem terdiri dari beberapa unsur yaitu parenkim floem, sel pengantar, sel albumin, serat-serat floem, dan unsur tapis. Berikut adalah penjelasannya :

1. Unsur-unsur Tapis

Unsur tapis memiliki ciri daerah tipis di bagian dinding dan intinya hilang dari protoplas. Daerah tapis merupakan daerah noktah yang termodifikasi dan tampak sebagai daerah cekung di dinding yang berpori-pori.

2. Sel Pengantar

Sel Pengantar yaitu sel muda yang bersifat meristematis. Komponen diperkirakan berfungsi sebagai pembawa hormon penyembuh luka dan sebagai penyalur fotosintat bagi sel-sel tapis.

3. Parenkim Floem

Parenkim Floem yaitu jaringan parenkim yang berada di jaringan pengangkut tapis. Fungsinya sebagai tempat penyimpanan karbohidrat, tanin, resin, lemak dan zat organik lainnya.

4. Sel Albumin

Jaringan Floem satu ini yaitu sebuah sel jari empulur yang kaya akan zat putih telur. Sel ini berupa sel mati yang berfungsi sebagai pelindung sel pengantar.

5. Serat-serat Floem

Serat-serat Floem yaitu penyusun yang terdiri dari dua komponen seperti komponen floem primer dan floem sekunder.

Floem primer berada pada organ tumbuhan yang masih mengalami pertumbuhan memanjang. Sedangkan Floem Sekunder terletak di dalam sel-sel kambium.

Sekian dahulu pembahasan mengenai Pengertian Xilem dan Floem, semoga menjadi manfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close