Pendidikan

Apa Itu Pengertian Ukhuwah : Dasar Hukum dan Manfaat Ukhuwah

Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah, manusia menjadi makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan orang lain. Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin dan menjadi keharusan bagi setiap muslim untuk menjaga hubungan baik, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, dan dengan Negara.

Apa Itu Pengertian Ukhuwah : Dasar Hukum dan Manfaat Ukhuwah

Dalam ajaran agama islam semua manusia sama statusnya di mata Allah, yang membedakan hanyalah dari tingkat ketaqwaan seseorang. Islam mendidik umatnya melarang bersifat individuals, dan selalu menyuruh umatnya untuk selalu menjalin hubungan kepada sesamanya, yang dalam agama dikenal dengan ukhuwah islamiyah. Ukhuwah Islamiyah tersebut seharusnya menjadi spirit baru dalam kehidupan beragama, sehingga agama menjadikan sebuah suasana yang menyejukkan, dan tidak menebar  kebencian. Ukhuwah (persaudaraan) dengan orang Islam tidak menjadi ukhuwah Islamiyah, ketika disertai dengan sikap saling merugikan dan mendhalimi. Namun, saat persaudaraan dengan orang lain meski berbeda keyakinan, pada saat itu juga persaudaraan menjadi ukhuwah Islamiyah.

Baca juga : Apa Itu Qanaah ?

Pengertian Ukhuwah

Pengertian Ukhuwah

Kata ukhuwah sendiri berasal dari bahasa arab yang kata dasarnya yaitu akh yang berarti saudara, sehingga kata ukhuwah artinya persaudaraan.

Pengertian ukhuwah islamiyah menjadi kekuatan iman dan spiritual yang dikaruniakan Allah kepada hamba-Nya yang beriman dan bertakwa dan menumbuhkan perasaan kasih sayang, persaudaraan, kemuliaan, dan rasa saling percaya terhadap saudara seakidah.

Baca juga : Apa Itu Tabligh ?

Ukhuwah Insaniyah (Basyariyah)

Ukhuwah Insaniyah/Basyariyah adalah bentuk persaudaraan yang berlaku pada semua manusia secara universal tanpa membedakan adanya ras, agama, suku dan aspek-aspek kekhususan lainnya.

Persaudaraan di ikat oleh jiwa kemanusiaan, maksudnya sebagai manusia harus bisa memposisikan atau memandang orang lain dengan penuh rasa kasih sayang, selalu melihat kebaikannya dan bukan kejelekannya.

Ukhuwah Wathoniyah

Ukhuwah Wathoniyah adalah bentuk persaudaraan yang diikat oleh jiwa nasionalisme tanpa membedakan agama, suku, warna kulit, adat istiadat serta budaya dan aspek-aspek yang lainnya.

Pentingnya menjalin hubungan kebangsaan dilandaskan pada Sabda Rosulullah yaitu “Hubbui wathon minal iman” yang artinya Cinta sesama saudara setanah air termasuk sebagian dari iman.

Baca juga : Apa Itu Tawakal ?

Dasar Hukum Ukhuwah Islamiyah

Dasar Hukum Ukhuwah Islamiyah

Ukhuwah didasarkan pada Al-Qur’an dan Hadist yaitu pada QS. Al-Hujrat ayat 10 dan QS. Ali Imran Ayat 103 dan pada Hadist Bukhari dan Muslim

QS. Al-Hujrat ayat 10

إِنَّمَا الْمًؤْمِنُوْنَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوْا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوْا اللهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

“Sesungguhnya orang-orang Mukmin adalah bersaudara. Karena itu, damaikanlah kedua saudara kalian, dan bertakwalah kalian kepada Allah supaya kalian mendapatkan rahmat.” (QS al-Hujurat :10).

QS. Ali Imran Ayat 103

واَعْتصِمُواْ بِحَبْلِ الله جَمِيْعًا وَلاَ تَفَـرَّقوُا وَاذْ كـُرُو نِعْمَتَ الله عَلَيْكُمْ إٍذْكُنْتُمْ أَعْـدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلـُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا

“Dan berpegang teguhlah kamu sekalian dengan tali Allaah dan janganlah kamu sekalian berpecah belah, dan ingatlah nikmat Allah atas kamu semua ketika kamu bermusuh-musuhan maka Dia (Allah) menjinakkan antara hati-hati kamu maka kamu menjadi bersaudara.” (QS. Ali Imran :103).

HR. Bukhari dan Muslim

مَثَلُ الْمُؤْ مِنِينَ فِى تَوَ ادَّهِمْ وَ تَرَاحُمِهِمْ وَ تَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌتَدَاعَى لَهُ سَا ئِرُ ا لْجَسَدِ بِا لسَّهَرِ وَا لْحُمَّى

“Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal saling mencintai, saling mengasihi, dan saling menyayangi adalah bagaikan satu jasad, jika salah satu anggotanya menderita sakit, maka seluruh jasad juga merasakan (penderitaannya) dengan tidak bisa tidur dan merasa panas.” (HR. Bukhari dan Muslim).

HR. Bukhari dan Muslim

الْمُسْلِمُ أَخُو لْمُسْلِمِ لَايَظْلِمُهُ وَلَا يُسْلِمُهُ وَمَنْ كَانَ فِى حَا جَةِ أَخَيَهِ كَانَ اللهُ فِى حا جَتِهِ وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَتً مِنْ كرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَة

“Orang muslim adalah saudara muslim lainnya, ia tidak akan menganiayanya dan tidak akan menyerahkannya (kepada musuh). Barang siapa ada didalam keperluan saudarany amaka Allah ada didalam keperluannya. Barangsiapa menghilangkan suatu kesukaran dari orang muslim, maka Allaah akan menghilangkan satu kesukaran-kesukaran yang ada pada hari kiamat. Dan barangsiapa yang menutupi (aib) seorang muslim, maka Allaah akan menutupu (aibnya) pada hari kiamat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca juga : Apa Itu Ikhtiar ?

Hikmah dan Manfaat Ukhuwah Islamiyah

Hikmah dan Manfaat Ukhuwah Islamiyah

Ada beberapa hikmah yang harus diambil dari pelajaran untuk menjalin ukhuwah islamiyah dalam kehidupan sehari-hari sehingga Allah SWT senantiasa menurunkan keberkahan didunia ini yaitu :

1. Terciptanya Solidaritas yang Kuat Antara Sesama Muslim

Dengan adanya saling sikap tepa selira, maka akan merasakan kebahagiaan saat orang lain bahagia dan merasakan kesedihan ketika orang lain ditimpa musibah. Akan membuahkan sikap solidaritas yang kuat di antara sesama muslim. Seorang muslim akan lebih peduli dan memberikan perhatian yang lebih kepada saudaranya sesama muslim. Dari sikap ini Islam dan kaum muslimin akan semakin kuat dalam berbagai hal, termasuk secara ekonomi sehingga terhindar dari adanya kemiskinan.

2. Terciptanya Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Jika seorang muslim bisa memberikan kasih sayang terhadap muslim lainnya, dan kasih sayang diwujudkan dalam berbagai aspek kehidupan, maka akan merasakan betapa nikmatnya kebersamaan sebagai umat Islam dan bangsa yang kuat dan kokoh dan tidak muda di adu domba yang akan berakhir pada perpecahan. Apalagi dengan sikap ikhlas karena mengharap ridha Allah.

3. Terciptanya Kerukunan Hidup Antara Sesama Warga Masyarakat

Jika seorang muslim bisa menghargai dan menghormati orang lain dalam berbagai hal, termasuk menghormati dan menghargai terhadap adanya perbedaan, baik dalam hal bahasa, budaya, dan pemahaman agama yang sarat akan perbedaan mazhab serta pendapat. Maka akan merasakan betapa nikmatnya hidup rukun dalam sebuah perbedaan yang dibingkai atas dasar ukhuwah Islamiyah dengan menganggap perbedaan sebagai rahmat atas kasih sayang Allah kepada semua hamba-Nya, tanpa terkecuali.

Baca juga : Doa Qunut

Dengan demikian dapat diketahui, apa itu Pengertian Ukhuwah. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close