Pendidikan

Apa Itu Pengertian Teks Ulasan : Struktur, Jenis dan Contoh

Tahukau.comApa Itu Teks Ulasan – Sebagai manusia yang sering berhubungan dengan akademik, tentunya kita harus selalu membaca karya-karya yang diciptakan oleh orang seperti buku, film, novel maupun artikel-artikel ilmiah. Pada saat membaca atau menonton itulah, tentunya kita harus dapat mencerna apa yang disampaikan di dalam karya tersebut sehingga kita dapat memahami isinya. Setelah paham dengan isinya, kita bisa menuangkan pemahaman kita ke dalam bentuk sebuah teks ulasan. Ulasan dapat berbentuk ulasan baik atau buruk tergantung dari pandangan pengulas itu sendiri. Oleh karena itu, setiap orang sangat membutuhkan apa yang dinamakan dengan keterampilan mengulas suatu karya.

Apa Itu Pengertian Teks Ulasan : Struktur, Jenis dan Contoh

Nah, kira-kira apakah kalian sudah memahami pengertian dari teks ulasan? sudahkah kalian mengetahui bentuk dari teks ulasan itu?  apabila belum mengetahui, maka jangan khawatir karena di dalam artikel ini akan diulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan teks ulasan mulai dari pengertian, struktur, kaidah kebahasaan, jenis hingga contoh dar teks ulasan. Maka dari itu, mari kita simak baik-baik ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Teks Eksemplum

Pengertian Teks Ulasan

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan disebut juga resensi. Teks ulasan adalah sebuah teks yang berisikan ulasan, penilaian, atau review terhadap sebuah karya seseorang seperti buku, novel, film, drama, dan lainnya. Ketika seseorang mengulas sebuah karya, pengulas harus memiliki sikap kritir agar hasil ulasannya dapat memberikan konstribusi yang bermanfaat bagi kemajuan dari karya tersebut di lain waktu.

Seseorang dapat membuat teks ulasan dari karya apapun itu, misalnya mengulas buku dinamakan ulasan buku, resensi buku atau timbangan buku. Selain buku, karya lain seperti cerpen, novel, puisi, drama ataupun karya seni dapat juga menjadi objek untuk membuat teks ulasan. Bahkan suatu peristiwa dapat dijadikan bahwa untuk membuat teks ulasan sehingga dapat disimpulkan bahwa ulasa berfungsi untuk menimbang, menilai, serta mengajukan kritik terhadap suatu karya maupun peristiwa yang akan diulas.

Teks ulasan memiliki beberapa tujuan dalam penulisannya. Adapun tujuan penulisan teks ulasan sebagai berikut:

  • Menunjukkan pandangan penulis terhadap suatu karya
  • Memberikan informasi kepada masyarakat tentang kelayakan sebuah karya seseorang
  • Membantu pembaca untuk memahami isi dari suatu karya yang menjadi bahan ulasan
  • Memberikan informasi kepada pembaca mengenai kelebihan dan kekurangan dari suatu karya yang diulas
  • Mengajak pembaca untuk merenungkan, memikirkan dan mendiskusikan permasalahan yang ada di dalam suatu karya yang diulas
  • Memberikan pertimbangan kepada pembaca apakah karya tersebut layak untuk dinikamti atau tidak

Baca juga : Teks Berita


Struktur Teks Ulasan

Struktur Teks Ulasan

Teks ulasan dibangun oleh empat struktur, yaitu:

1. Orientasi

Bagian orientasi biasanya berisikan pengenalan atau gambaran umum suatu karya yang akan diulas sehingga nantinya pembaca akan mudah dalam mengetahui karya apa yang akan diulas.

2. Tafsiran

Bagian tafsiran berisikan mengenai gambaran secara detail mengenai sebuah karya yang akan diulas. Biasanya bagian ini membahas tentang kualitas, kelebihan, keunikan, dan sebagainya dari suatu karya.

3. Evaluasi

Bagian evaluasi memuat pandangan dari pengulas terhadap hasil karya yang telah diulas. Biasanya penulisan evaluasi dilakukan setelah menulis tafsiran.

4. Rangkuman

Bagian rangkuman memuat kesimpulan dari ulasan sebuah karya. Biasanya isi dari rangkuman yaitu komentar dari pengulas apakan karya yang baru saja diulas berkualitas apa tidak.

Baca juga : Teks Prosedur Kompleks

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Teks ulasan yang baik harus disusun dengan menggunakan kaidah kebahasaan yang baik. Adapun kaidah kebahasaan dalam teks ulasan sebagai berikut:

  • Menggunakan kalimat opini
  • Menggunakan konjungsi internal dan konjungsi eksternal
  • Menggunakan ungkapan perbandingan, persamaan atau perbedaan
  • Menggunakan kata kerja material dan relasional

Baca juga : Struktur Penulisan Teks Eksplanasi

Jenis-jenis Teks Ulasan

Jenis-jenis Teks Ulasan

Berdasarkan isinya, teks ulasan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Teks ulasan informatif

Teks ulasan informatif berisi tentang gambaran singkat, padat, dan umum suatu karya yang akan diulas dengan memaparkan bagian yang penting dan lebih menekankan pada kelebihan dan kekurangan dari karya tersebut

2. Teks ulasan deskriptif

Teks ulasan deskriptif berisi tentang gambaran secara detail pada setiap bagian suatu karya yang akan diulas. Biasanya dilakukan pada suatu karya fiksi yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran dengan jelas mengenai manfaat pentingnya informasi dan kekuatan argumentasi yang ditulis pengulas pada sebuah karya.

3. Teks ulasan kritis

Teks ulasan kritis biasanya berisikan ulasan sebuah karya secara terperinci yang mengacu pada metode ilmu pengetahuan tertentu. Biasanya teks ulasan kritis ditulis secara objektif dan kritis, bukan berdasarkan pandangan subyektif dari pengulas.

Baca juga : Contoh Teks Deskripsi

Contoh Teks Ulasan Singkat Berdasarkan Strukturnya

Contoh Teks Ulasan Singkat Berdasarkan Strukturnya

Berikut ini akan dipaparkan beberapa contoh teks ulasan singkat berdasarkan strukturnya:

A. Contoh Teks Ulasan Novel Habibie dan Ainun

a. Orientasi

Novel yang berjudul Habibie dan Ainun merupakan novel yang mengangkat kisah cinta dari BJ Habibie dan Istrinya, Ainun dari awal pertemuan hingga takdir Illahi yang memisahkan mereka. Novel ini diluncurkan pada tanggal 30 November 2010 berisi 321 halaman juga terdapat bebebrapa untaian doa dan puisi cinta.

b. Tafsiran

 Cerita dari novel ini dimulai dengan pertemuan kembali antara Pak Habibie dan Ibu Ainun yang dipertemukan di rumah Bu Ainun pada malam Idul Fitri. Waktu itu, masa cuti Pak Habibie hanya 3 bulan dan akan kembali ke Jerman bersama dengan Bu Ainun.

Cerita tentang perjuangan Pak Habibie dan Ibu Ainun dimulai setelah mereka tiba di Jerman dimana Bu Ainun sangat mendukung pekerjaan dan tugas yang dijalankan oleh Pak Habibie. Ibu Ainun tidak pernah mengeluh mengenai pekerjaan Pak Habibie. Bahkan Ibu Ainun tidak pernah mengganggu konsentrasi Pak Habibie ketika beliau bekerja.

Dalam novel ini diceritakan jika Pak Habibie memiliki riwayat penyakit TBC. Meski dalam keadaan tersebut, Ibu Ainun selalu mensupport Pak Habibie dalam bentuk merawat dengan penuh kasih sayang dan selalu mengontrol kesehatan beliau. Jika dilibatkan dengan suatu keputusan yang harus diambil, Pak Habibie selalu melibatkan Ibu Ainun dengan meminta pendapatnya. Berkat keharmonisannya, Pak Habibie berhasil meraih banyak prestasi dan juga banyak dikagumi di Jerman.

Kisah cinta yang manis dan penuh dengan romansa ini ditutup dengan kematihan Ibu Ainun akibat dari penyakit kanker yang dideritanya selama bertahun-tahun.

c. Evaluasi

Novel sebanyak 321 halaman ini disajikan dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh pembaca sehingga dapat membuat pembaca seolah-olah terlibat di dalam cerita tersebut. Tak heran juga jika novel ini menjadi salah satu novel yang banyak diminati oleh pecinta novel. menurut Pak Habibie sendiri, dengan hadirnya novel ini dapat menutupi kekosongan jiwa Pak Habibie selama ini.

d. Rangkuman

Habibie dan Ainun merupakan salah satu novel yang dibutuhkan oleh orang dewasa, terutama bagi sepasang suami istri karena di dalam novel ini memberikan semangat dan motivasi untuk membangun keluarga yang harmonis dan tentunya saling mendukung satu sama lain.

B. Contoh Teks Ulasan Film Surat Kecil Untuk Tuhan

a. Orientasi

Film Surat Kecil Untuk Tuhan  merupakan flm yang diadaptasi dari sebuah novel yang memiliki judul yang sama dengan judul film ini. Kisah yang diceritakan di dalam novel ini diangkat dari sebuah kisah nyata. Film ini menceritakan tentang seorang gadis yang bernama Keke yang lahir dari keluarga yang berada. Keke menderita penyakit kanker. Akan tetapi, dalam kehidupannya Keke dikelilingi enam sahabatnya yang selalu sayang dengannya dan juga seorang kekasih yang selalu menyayanginya bernama Andy.


b. Tafsiran

Pada tahun 2003, kanker yang diderita Keke mulai parah yang membuat wajah Keke berubah menjadi mengerikan. Ayah Keke selalu mencari cara agar Keke dapat sembuh dari penyakitnya dan Keke selalu mendapatkan semangat dari sahabat-sahabatnya agar tetap terus dapat bertahan hidup.

Semangat yang diterima Keke membuatnya perlahan bangkit dari keterpurukan dan terus berusaha berobat demi kesembuhannya. Ketekunan dalam pengobatan yang dijalani Keke ternyata membuahkan hasil yang cukup baik karena kanker yang diderita Keke dinyatakan sembuh oleh dokter. Setelah sembuh, Keke mulai menjalani aktivitasnya kembali seperti biasanya yaitu sekolah dan berkumbul dengan sahabat-sahabatnya.

Setelah dinyatakan sembuh dari kanker yang otomatis membuat Keke bahagia, Keke mendapatkan kabar buruk yang harus dihadapi kembali olehnya yaitu kankernya tumbuh kembali dan kali ini lebih parah serta mematikan dari yang sebelumnya.

Dokter-dokter yang menangani Keke memberikan vonis bahwa Keke tidak akan bertahan selama tiga bulan. Akan tetapi, vonis itu tidak terjadi karena Keke dapat bertahan selama satu tahun meskipun akhirnya meninggal pada tanggal 26 Desember 2006.

c. Evaluasi

Kelebihan dari film karya Harris Nizam ini yaitu alur yang ditampilan tidak monoton sehingga tidak membuat penonton merasa bosan dan juga bahasa yang digunakan juga bahasa yang mudah dimengerti penonton.

d. Rangkuman

Terdapat banyak pesan yang dapat diambil dari kisah yang diangkat di dalam film ini yaitu selalu semangat dalam menjalani kehidupan. Jangan pantang menyerah sebelum mencoba dan juga mengajarkan agar kita harus selalu ikhlas dan tabah dalam menerima setiap cobaan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu, persahabatan yang erat dimana selalu memberikan motivasi kepada temannya agar selalu semangat dalam menjalani hidup dan juga perjuangan orang tua yang rela melakukan apapun demi kesembuhan anaknya. Film ini tentunya sangat direkomendasikan bagi para remaja.

Nah itulah ulasan mengenai pengertian teks ulasan lengkap beserta contohnya. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close