Pendidikan

Apa Itu Pengertian Statistik : Fungsi, Tujuan, Jenis & Contoh

Statistik adalah kumpulan data berbentuk angka yang disusun dalam bentuk diagram dan/atau tabel dimana isinya menjelaskan masalah tertentu. Arti statistik adalah sebuah metode dan aturan mengenai pengumpulan, analisis, pemrosesan, dan interpretasi data dari kumpulan angka yang menjelaskan suatu data atau pengamatan. Lalu apa saja pengertian statistik menurut para ahli? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda!

Pengertian Statistik

Pengertian Statistik

Secara etimologis, “statistic” berasal dari bahasa Latin “status” yang berarti negara atau berkaitan dengan konstitusionalitas. Statistik banyak digunakan dalam berbagai bidang baik ekonomi, bisnis, manufaktur, pemasaran, dan sebagainya. Statistik akan memudahkan Anda menemukan kesimpulan dan memfasilitasi proses dalam mengambil sebuah keputusan. Agar lebih jelas, berikut ini adalah beberapa pengetian analisis menurut para ahli, antara lain:

Baca juga : Apa Itu Evaluasi ?

Menurut Para Ahli

Anderson dan Bancroft

Statistik merupakan ilmu, seni pengemabngan, dan metode paling efektif untuk mengumpulkan, metabulasi, dan menafsirkan data kuantitatif sehingga kesalaman dalam kesimpulan serta estimasi bisa diperkirakan menggunakan penalaran induktif berdasarkan probabilitas matematika (peluang).

Prof. Dr. H. Agus Irianto

Statistik yaitu seperangkat cara atau aturan yang terdiri dari pengumpulan, pemrosesan (analisis), penarikan kesimpulan terhadap data dalam bentuk angka dengan asumsi-asumsi tertentu.

Prof. Dr. Sudjana M.A., M.Sc

Statistik adalah pengetahuan yang memiliki hubungan dengan metode pengumpulan data, pengolahan data, analisis, penarikan kesimpulan berdasarkan kelompok data, serta penganalisisan yang telah dilaksanakan.

Anto Dajan

Pengertian statistik menurut Anto Dajan yakni data kuantitatif yang masih belum tersusun maupun yang sudah tersusun dalam bentuk tabel.

Croxton dan Cowden

Arti statistik menurut Croxton dan Cowden merupakan metode mengumpulkan, mengelola, menyajikan, serta menginterpretasikan data yang berbentuk angka.

Steel dan Torrie

Statistik merupakan metode yang menjelaskan mengenai cara-cara menilai ketidaktentuan dari penarikan kesimpulan yang sifatnya induktif.

Drs. Djawanto

Statistik merupakan kumpulan angka-angka yang berkaitan dengan melukiskan suatu permasalaha.

J. Suprapto

J. Suprapto mengemukakan 2 pengertian statistik ke dalam arti sempit dan arti luas. Dalam arti sempit, statistik adalah data ringkasan berjenis kuantitatif. Sedangkan, arti statistik dalam arti luas merupakan ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, penyajian, analisis data, dan pengambilan kesimpulan secara umum sesuai hasil penelitaian keseluruhan.

Baca juga : Apa Itu Analisis ?

Perbedaan Statistik dan Statistika

Perbedaan Statistik dan Statistika

Adanya perbedaan statistika dan statisik bisa dilihat dari definisi masing-masing. Statistika adalah cara merencanakan data, mengumpulkan data, menganalisis data, menginterpretasi data, dan mempersentasikan data. Sementara, statistik adalah kumpulan data berbentuk angka atau bukan angka yang disusun dalam bentuk diagram maupun tabel untuk menggambarkan atau terkait dengan sebuah masalah tertentu.

Baca juga : Apa Itu Penelitian ?

Fungsi Statistik

Fungsi Statistik

Statistik memiliki dua fungsi utama yakni fungsi deskriptif dan fungsi inferensial:

Fungsi Deskriptif

Statistik memiliki fungsi deskriptif artinya fungsi menggambarkan serta menjelaskan data serta peristiwa yang dikumpulkan dari proses penelitian dan investigasi. Dimana hal tersebut belum tergeneralisasi atau menarik kesimpulan akan populasi yang diteliti.

Fungsi Inferensial

Fungsi inferensial adalah memprediksi dan mengendalikan populasi berdasarkan data, gejala, dan peristiwa di dalam suatu proses penelitian. Fungsi dimulai dengan membuat estimasi dan hipotesis terlebih dahulu.

Baca juga : Apa Itu Konsep ?

Tujuan Statistik

Tujuan Statistik

Statistik memiliki 5 tujuan utama yang harus Anda ketahui, yakni:

  • Membuat deskripsi atau menjelaskan data mengenai populasi yang diselidiki
  • Membuat estimasi nilai yang tidak diketahui berdasarkan data yang sudah dianalisis
  • Membuat perkiraan konsekuensi dari hipotesis yang diterima dimana estimasi digunakan sebagai dasar untuk mengambil keputusan
  • Mengurangi jumlah populasi besar dalam ukuran lebih kecil sehingga data akan mudah dipahami

Manfaat Statistik

Manfaat Statistik

Stastistik memiliki beberapa manfaat dalam berbagai lini kehidupan yang terbagi menjadi 3 bagian, yakni:

  • Dalam kehidupan sehari-hari, statistik adalah penyedia bahan atau keteranagn dari berbagai hal agar bisa diolah dan ditafsirkan
  • Dalam penelitian ilmiah, statistik adalah penyedia alat untuk menyampaikan maupun menemukan keterangan yang tersembunyi dalam angka
  • Dalam ilmu pengetahuan, statistik adalah peralatan analisis dan interprasi diri data kuantitatif ilmu pengetahuan sehingga data tersebut bisa disimpulkan

Jenis-Jenis Statistik

Jenis-Jenis Statistik

Statistik dibagi menjadi beberapa macam dengan kriteria tertentu, jenis-jenis statistik tersebut adalah:

Berdasarkan Orientasi Pembahasan

Statistik berdasarkan orientasi pembahasan terdiri dari:

  • Statistik matematika adalah statistik yang mempelajari pemahaman model, rumus statistik matematika-teoritis, turunan konseptual. Contohnya tes normalitas, analisis regresi, kesalahan, dan lainnya
  • Statistik terapan adalah statistik yang fokus pada konsep pemahaman, teknik statistik, dan penerapan dalam ilmu tertentu

Berdasarkan Fase dan Tujuan Analisis

Statistik berdasarkan fase dan tujuan analisis terdiri dari:

  • Statistik deskriptif berkaitan dengan pengumpulan, pemrosesan, analisis, dan penyajian daya tanpa kesimpulan umum. Bentuk statistik berwujud tabel, grafik, diagram, mode, dan lainnya
  • Statistik inferensial memiliki proses yang memungkinkan kesimpulan umum bisa dimabil dari data yang telah diproses

Berdasakran Asumsi Distribusi Populasi Data

  • Statistik berdasarkan asumsi distribusi populasi data terdiri dari:
  • Statistik parametik berdasarkan model distribusi normal
  • Statistik non-parametik dilakukan dengan metode distribusi gratis atau tidak berdasarkan model distribusi normal

Berdasarkan Jumlah Variabel Terikat

  • Statistik berdasarkan jumlah variabel terikat terdiri dari:
  • Statistik univariat memiliki satu variabel dependen
  • Statistik multivariate memiliki lebih dari satu variabel dependen

Kegunaan Statistik

Kegunaan Statistik

Berikut ini adalah beberapa kegunaan statistik yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah:

  • Statistik berguna mendapatkan suatu gambaran seperti gambaran khusus atau gambaran umum sebuah keadaan, peristiwa, dan gejala
  • Statistik berguna melakukan suatu pengujian untuk mengungkap apakah ada persamaan akan gejala satu dengan gejala lainnya
  • Statistik berguna mengikuti perkembagan ataupun pasang surut suatu gejala, peristiwa, atau keadaan dari masa ke masa
  • Statistik berguna mengetahui hubungan antara gejala satu dengan gejala lainnya
  • Statistik berguna menyusun laporan yang berisi data kuantitatif secara ringkas, je;as, dan teratur
  • Statistik berguna menarik kesimpulan dengan carac logis sehingga bisa mengambil keputusan secara baik dan benar

Contoh Statistik

Contoh Statistik

Beberapa contoh statistik dalam kehidupan sehari-hari adalah:

Sensus Penduduk

Sensus penduduk merupakan prosedur yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik setiap 10 tahun sekali, yakni saat angka tahun berakhiran 0. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan penduduk dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Sensus Ekonomi

Badan Pusat Statistik juga melakukan kegiatan sensus ekonomi setiap 10 tahun sekali pada angka terakhir tahun berkakhiran angka 6. Hal ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan perekonomian masyarakat pada 10 tahun terakhir. Data ekonomi yang telah dikumpulkan akan menghasilkan sebuah kesimpulan apakah perekonomian negara mengalami kenaikan atau malah sebaliknya.

Pemasaran Suatu Produk

Di bidang pemasaran, statistik sangat membantu produsen dan distributor until menentukan jenis dan jumlah barang yang akan diproduksi dan dikirim ke luar. Statistik pemasaran juga digunakan untuk mengembangkan suatu produk, segmentasi, analisis potensi, penetapan harga dan sebagainya.

Baca juga : Apa Itu Teks Laporan Hasil Observasi ?

Demikian ulasan lengkap pengertian statistik dari para ahli, jenis-jenis statistik, tujuan statsitik, manfaat statistik, fungsi dan kegunaan statistik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close