Bisnis

Apa Itu Pengertian Startup : Sejarah, Karakteristik & Contoh

Beberapa tahun terakhir ini, istilah Startup sudah tidak asing lagi dan menjadi tren bisnis yang paling banyak diminati terutama pada kalangan milenial.  Bagi yang bekerja di dunia entrepreneur, kata Startup adalah sesuatu yang sangat familiar dan sudah berjalan cukup lama karena saat ini di Indonesia sudah banyak entrepreneur muda yang berhasil menciptakan bisnis startup yang memiliki inovasi dan kreatifitas tanpa batas, salah satunya adalah putri dari Chairul Tanjung yang bernama Putri Tanjung.

Apa Itu Pengertian Startup : Sejarah, Karakteristik & Contoh

Startup dapat didefinisikan sebagai suatu perusahaan atau usaha bisnis yang baru dibangun atau dalam masa transmisi. Akan tetapi, tidak semua perusahaan dapat disebut sebagai startup. Bagi Anda yang termasuk generasi milenial, apabila mendengar istilah startup, hal pertama yang ada di dalam pikiran kita tentang startup adalah Gojek, Shopee, Tokopedia,Tiket.com, Traveloka, dan lain-lain. Nama-nama tersebut adalah beberapa contoh pemain bisnis startup yang ada di Indonesia. Yang menjadi pertanyaannya, apakah kalian sudah memahami dengan benar apa itu bisnis startup? jika belum, maka jangan khawatir karena di dalam artikel ini akan diulas mengenai pengertian dari startup mulai dari pengertian, sejarah, karakteristik,  perkembangan bisnis startup di Indonesia dan contoh bisnis startup yang sukses di Indonesia. Oleh karena itu, simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Aplikasi Gojek Online

Pengertian Startup

Pengertian Startup

Kata Startup berasal dari bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses dalam memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis. Secara termonilogi, startup diartikan sebagai sebuah perusahaan baru yang sedang dikembangkan. Banyak yang mengatakan jika startup mulai berkembang pada akhir tahun 90-an sampai dengan tahun 2000. Startup merujuk pada perusahaan baru yang belum lama beroperasi yang sebagian besar didirikan dan masih dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menentukan pasar yang tepat. Oleh karena itu, startup seringkali disebut dengan perusahaan rintisan.

Baca juga : Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat

Sejarah Singkat Perusahaan Startup

Sejarah Singkat Perusahaan Startup

Penggunaan startup berhubungan dengan penggunaan teknologi, website, internet, dan lainnya. Hal itulah yang membuat startup mulai populer secara internasional pada masa buble dot.com. Buble dot.com adalah periode sekitar tahun 1998-2000 yang mana banyak perusahaan buble dot.com didirikan secara bersama-sama. Hal itu dikarenakan pada periode tersebut sedang gencar-gencarnya perusahaan perintis untuk membuka website pribadi untuk memulai bisnisnya.

Dampak dari kejadian tersebut yaitu semakin banyaknya orang yang mulai mengenal internet sebagai ladang baru dalam memulai bisnisnya. Nah, pada saat itulah startup lahir dan berkembang sehingga istilah startup mulai mengalami pergeseran makna dan arti menjadi sebuah bisnis yang identik dengan dunia digital, teknologi informasi, dan aplikasi. Kini setiap perusahaan yang dilabeli dengan nama startup termasuk perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan internet.

Baca juga : KlikBCA

Karakteristik Perusahaan Startup

Karakteristik Perusahaan Startup

Pada dasarnya, startup tidak selalu identik dengan dunia digital. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa startup merupakan perusahaan yang baru berkembang atau belum lama beroperasi. Untuk mempermudah seseorang dalam mengenali sebuah perusahaan yang bisa dikatakan sebagai perusahaan startup, maka seseorang harus mengenalinya berdasarkan karakteristik yang dimiliki. Adapun karakteristik perusahaan yang bisa dikatakan sebagai perusahan startup sebagai berikut:

Usia Perusahaan

Biasanya perusahaan yang dilabeli dengan nama startup berusia kurang dari 3 tahun sejak mulai beroperasi.

Jumlah Karyawan yang Minimalis

Pada umumnya sebuah perusahaan startup memiliki jumlah karyawan yang sedikit yaitu kurang lebih 30 orang

Sumber Daya Manusia Multitasking

Meskipun jumlah karyawan yang sedikit, namun karyawan perusahaan startup memiliki talenta terbaik dan ahli dalam bidangnya

Semangat Kerja yang Tinggi

Karyawan yang bekerja di perusahaan startup umumnya berasal dari kaum milenial yang masih berusia sangan muda dan paham akan teknologi dan internet. Biasanya perusahaan startup didirikan oleh anak muda sekitar usia 20-35 tahun ke atas sehingga pada rentang usia tersebut masih memiliki banyak keinginan yang harus dicapai dengan semangat yang tinggi

Umumnya Bergerak di Bidang Teknologi

Meskipun pengertian startup merupakan sebuah perusahaan baru dalam bidang teknologi, namun startup tidak hanya sebuah perusahaan yang selalu berkaitan dengan teknologi, aplikasi, atau suatu produk, namun bisa juga bergerak di bidang jasa dan gerakan ekonomi rakyat yang dapat mandiri tanpa bantuan korporasi-korporasi yang lebih mapan.

Website Menjadi Sarana Utama

Perusahaan startup pastinya memiliki website pribadi untuk menjalankan bisnisnya yaitu untuk menawarkan atau mempromosikan produk yang dijual. Bisnis yang dijalankan biasanya berupa jasa online yang pengoperasiannya menggunakan aplikasi yang terhubung dengan website yang dimiliki perusahaan tersebut.

Konsumen Startup Selalu Diprioritaskan

Perusahaan startup didirikan dengan menargetkan jumlah konsumen sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu, perusahaan startup selalu menghadirkan inovasi-inovasi terbaru untuk memanjakan setiap konsumen yang dimilikinya.

Pendapatan yang Dihasilkan

Biasanya untuk perusahaan startup yang baru berkembang memperoleh pendapatan sebanyak kurang dari $100.000 per tahunnya.

Baca juga : Internet Banking BTN

Contoh Bisnis Startup yang Sukses di Indonesia

Contoh Bisnis Startup yang Sukses di Indonesia

Tonggak awal berkembangnya bisnis startup di Indonesia yaitu pada tahun 2017 yang tercatat bahwa startup di Indonesia telah menerima investasi sebesar US$ 2 miliar. Pada tahun 2017, jenis startup yang berkembang dengan pesat di Indonesia diantaranya marketplace dan transportasi. Hal itu dapat dibuktikan dengan banyaknya startup di bidang tersebut yang mendominasi sebagai salah satu startup yang berhasil pada tahun tersebut.

Setiap bulannya, banyak sekali startup yang mulai bermunculan setidaknya ada sekitar 1500 startup yang muncul di Indonesia. Peningkatan tersebut disebabkan oleh besarnya potensi pengguna internet di Indonesia sehingga peluang bisnis terbuka sangat lebar. Berikut beberapa contoh bisnis startup di Indonesia yang sukses dan disukai banyak konsumen:

1. Bukalapak

Bukalapak termasuk perusahaan rintisan yang pertama kali diresmikan pada tanggal 10 Januari 2010 oleh Achmad Zaky selaku Founder dan CEO PT. Bukalapak saat ini. Bukalapak adalah salah satu perusahaan startup yang bergerak dibidang marketplace terbesar dan terpopuler di Indonesia. Bukalapak menyediakan fasilitas penjualan dengan menggunakan sistem Costumer to Costumer (C2C) dimana semua orang dapat membuka toko online secara gratis dan pemilik toko online dapat melayani pembeli di seluruh Indonesia baik dalam jumlah satuan maupun grosiran. Di Bukalapak, pengguna atau konsumen dapat membeli maupun menjual berbagai produk baru maupun bekas.

2. Tokopedia

Tokopedia secara resmi didirikan pada tanggal 6 Februari 2009 dan launching di publik pada tanggal 17 Agustus 2018 oleh Willian Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Tokopedia  merupakan salah satu startup teknologi pertama di Asia tenggara yang berhasil memperoleh dana investasi sebesar US$ 100 juta dari Sequuoiq Capital dan Softbank Internet and Media Ink. Tokopedia bersama dengan Bukalapak telah berhasil menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Dengan menggunakan Tokopedia, semua orang atau konsumen dapat membuat dan mengelola toko inline secara gratis.

3. Gojek

Gojek merupakan salah satu perusahaan bidang jasa transportasi online yang berhasil mengubah gaya hidup sebagian masyarakat di Indonesia dengan layanan berbasi asli yang mana pertama kali didirikan di Indonesia tepatnya di Jakarta pada tahun 2010 oleh Nadiem Makarim. Gojek termasuk salah satu bisnis startup dengan pertumbuhan yang sangat cepat dan telah menjadi Unicorn di Indonesia. Istilah Unicorn sendiri yaitu sebuah sebutan untuk startup yang telah memiliki valuasi lebih dari $1 miliar.

4. Tiket.com

Tiket.com merupakan salah satu bisnis startup yang ada di Indonesia dengan menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, kereta api, hotel, tiket konser, dan sebagainya yang berbasis di Indonesia. Perusahaan ini pertama kali didirikan oleh Wemas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, Natali ardianto, dan Mikhael Gaery Undarsa pada bulan Agustus 2011.

Awalnya, perusahaan rintisan ini merupakan dicetuskan oleh Wenas Agusetiawan dengan membeli domain Tiket.com kemudian beliau mengajak beberapa temannya untuk merintis situs pemesanan tiket pesawat dan kereta api. Saat ini, Tiket.com telah membuktikan sebagai salah satu situs untuk pembookingan tiket tiket pesawat, kereta api, hotel, tiket konser, dan sebagainya secara online dan menjadi salah satu situs pembookingan tiket yang terpercaya di Indonesia.

Baca juga : Internet Banking BNI

Nah itulah informasi mengenai ulasan pengertian startup dan contoh bisnis starup di Indonesia. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat dan menjadi wawasan bagi Anda mengenai dunia bisnis startup yang ada di Indonesia.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close