Bisnis

Apa Itu Pengertian Saham : Jenis, Manfaat dan Risiko

Tahukau.com – Berinvestasi sudah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang saat ini. banyak instrumen yang dapat digunakan untuk investasi. Salah satunya adalah saham. Bagi pengusaha-pengusaha mungkin sudah sering mendengar istilah saham. Banyak yang mengatakan jika saham termasuk mainan orang-orang yang berduit. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa siapapun sebenarnya bisa kok berinvestasi saham. Asalkan mengetahui seluk beluknya.

Apa Itu Pengertian Saham : Jenis, Manfaat dan Risiko

Untuk itu, di dalam artikel ini akan diulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan saham mulai dari pengertian, jenis, manfaat dan keuntungan saham hingga resiko berinvestasi saham. Maka dari itu, simak baik-baik ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Investasi di Reksadana

Pengertian Saham

Pengertian Saham

Pengertian saham menurut Bursa Efek Indonesia (BEI) merupakan sebuah tanda penyertaan  modal dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas sehingga jika seseorang menanamkan saham maka orang tersebut memiliki hak atas pendapatan perusahaan, hak atas asset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Secara sederhana, saham dapat dikatakan sebagai sebuah alat bukti tanda kepemilikan atas sebuah perusahaan atau badan usaha. Hal itulah yang menyebabkan saham dikategorikan sebagai surat berharga.

Di Bursa Efek Indonesia (BEI), pihak yang mengatur transaksi jual beli saham disebut dengan sekuritas. Apabila seseorang ingin membeli saham maka dia harus membuka rekening terlebih dahulu di perusahaan sekuritas. Untuk mengetahui mana yang termasuk perusahaan sekuritas dapat dilihat di situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI).

Agar lebih memaham lagi mengenai pengertian saham, berikut ini akan dipaparkan beberapa pengertian saham menurut para ahli:

  • Menurut Swadidji Widoatmodjo menyatakan bahwa saham adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan yang biasanya berbentuk perseroan atau yang disebut dengan emiten
  • Menurut Sapto Raharjo menyatakan bahwa saham adalah sebuah surat berharga yang menjadi bukti kepemilikikan atau penyertaan dari individu maupun instansi dalam suatu perusahaan.
  • Menurut Nofie Iman menyatakan bahwa saham merupakan surat berharga yang bisa memberikan suatu keuntungan yang tinggi namun juga beresiko tinggi pula.
  • Menurut Tjiptono Darmaji dan Hendy M. Fakhrudin menyatakan bahwa saham merupakan suatu bukti kepemilikan seseorang atau instansi terhadap suatu perusahaan yang berwujud selembar surat di mana di dalamnya disebutkan bahwa pemilik surat tersebut merupakan pemilik perusahaan yang menerbitkan surat tersebut.

Baca juga : Segmentasi Pasar

Jenis-jenis Saham

Jenis-jenis Saham

A. Ditinjau dari Segi Kemampuan Dalam Hak Tagih dan Klaim

Apabila ditinjau dari segi kemampuan dalam hak tagih dan klaim, saham dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

Saham Biasa (Common Stock)

Saham biasa merupakan saham yang dapat diklaim berdasarkan profit dan loss yang terjadi di dalam suatu perusahaan. Jika melakukan suatu likuidasi, maka pemegang saham akan menjadi prioritas terakhir dalam pembagian dividen dari hasil penjualan aset perusahaan.

Saham biasa dapat dikenali dengan melihat ciri-ciri berikut ini:

  • Pemegang saham memiliki hak suara dalam pemilihan dewan komisaris
  • Ketika perusahaan menerbitkan saham baru, hak pemegang saham didahulukan
  • Pemegang saham biasa memiliki kewajiban yang terbatas. Dengan kata lain, ketika perusahaan dinyatakan bangkrut maka kerugian secara maksimum akan ditanggung oleh para pemegang saham sejumlah berapa investasi saham yang dibeli.

Saham Preferen (Preferred Stock)

Saham preferen dapat dikenali melalui ciri-ciri sebagai berikut:

  • Adanya tingkatan yang diterbitkan dengan karakteristik yang berbeda
  • Adanya tagihan terhadap pendapatan dan aktiva
  • Mendapatkan prioritas tinggi dalam pembagian hasil
  • Adanya klaim atas laba dan aktiva sebelumnya
  • Dividen tetap sesuai dengan masa berlaku saham
  • Memiliki hak untuk menebus
  • Dapat ditukarkan dengan saham biasa sesuai dengan kesepakatan antara perusahaan dan pemegang saham

B. Ditinjau dari Segi Kinerja Perdagangan

Apabila ditinjau dari segi kinerja perdagangan, saham dibagi menjadi lima jenis, yaitu:

BlueChip Stocks

BlueChip Stocks merupakan saham biasa yang berasal dari perusahaan yang memiliki reputasi tinggi dimana perusahaan tersebut menjadi market leader di industri sejenisnya, memiliki penghasilan yang stabil, dan sangat konsisten dalam membayar dividen.

Income Stocks

Income Stocks merupakan saham yang berasal dari emiten yang memiliki kemampuan dalam pembayaran dividen di atas rata-rata pembayaran dividen tahun sebelumnya. Umumnya, saham jenis ini dapat memberikan pendapatan yang lebih besar karena rutin dalam pembayaran dividen secara tunai

Growth Stocks

Growth Stocks adalah sebuah saham yang terdiri dari well-known yang merupakan saham dari emiten yang memiliki reputasi tinggi dengan pendapatan tinggi dan market leader di industri sejenisdan lesser-known yang merupakan saham dari emiten yang bukan termasuk market leader dalam industri sejenis namun memiliki ciri growth stock.

Speculative Stock

Speculative Stock merupakan saham yang berasal dari sebuah perusahaan yang belum memiliki pendapatan rutin setiap tahunnya, namun di masa depan akan  berpotensi akan memiliki pendapatan tinggi meskipun belum adanya kepastian mengenai hal tersebut.

Counter Cyclical Stocks

Counter Cyclical Stocks merupakan saham yang tidak terlalu terpengaruh dengan kondisi ekonomi makro maupun situasi bisnis secara umum. Nilai saham tetap tinggi pada saat resesi ekonomi karena emitennya mampu mendapatkan penghasilan yang tinggi sehingga mampu memberikan dividen tinggi.

Baca juga : Sistem Kerja Outsourcing

Manfaat dan Keuntungan dari Saham

Manfaat dan Keuntungan dari Saham

A. Manfaat Saham

Salah satu manfaat utama dari saham yaitu dapat digunakan sebagai instrumen berinvestasi, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Jika ada seseorang yang memanfaatkan saham sebagai investasi jangka pendek, biasanya yang diinginkan hanya capital gain dari selisih harga beli dan harga jual. Sedangkan jika seseorang yang memanfaatkan saham sebagai investasi jangka panjang di mana mereka rutin membeli saham atau menabung saham.

B. Keuntungan Saham

Bagi investor saham, ada dua keuntungan yang dapat diperoleh saat melakukan investasi saham, yaitu:

Capital Gain

Capital Gain merupakan keuntungan yang diperoleh dari selisih harga jual saham yang lebih tinggi dari harga beli saham. Setiap investor saham akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan besarnya saham yang dimiliki.

Dividen

Dividen merupakan keuntungan yang diperoleh dari pembagian hasil dividen tunai suatu emiten. Ini termasuk pendapatan tambahan yang akan diterima oleh investor apabila membeli saham dari emiten yang memiliki pendapatan yang tinggi.

Baca juga : Apa Itu Pegadaian ?

Risiko Investasi Saham

Risiko Investasi Saham

Investasi saham memang dianggap sebagai investasi yang menguntungkan. Namun pada dasarnya investasi saham juga memiliki risiko. Adapun beberapa risiko dari berinvestasi saham, sebagai berikut:

1. Risiko Likuiditas

Risiko ini dapat terjadi ketika emiten mengalami kebangkrutan atau likuiditas di mana para pemegang saham masih memiliki hak klaim terakhir terhadap aktiva perusahaan setelah kewajiban emiten dibayarkan. Bahkan bisa jadi para pemegang saham tidak akan mendapatkan apapun ketika aktiva tidak tersisa setelah emiten membayar kewajibannya.

2. Tidak ada pembagian dividen

Risiko ini akan terjadi ketika emiten yang menggunakan keuntungan perusahaan untuk melakukan ekspansi usaha sehingga emiten akan memutuskan untuk tidak membagikan dividen kepada masing-masing pemegang saham.

3. Investor akan kehilangan modal

Risiko ini dapat terjadi ketika harga beli saham ternyata lebih tinggi dari harga jualnya sehingga pemegang saham akan kehilangan modal.

4. Saham delisting dari bursa

Ada beberapa alasan yang menyebabkan saham dihapus dari pencatatan di bursa sehingga mengakibatkan saham tersebut tidak dapat diperdagangkan. Hal tersebut tentunya akan membuat emiten dan para pemegang saham mengalami kerugian.

Baca juga : Online Stock Trading

Nah itulah ulasan mengenai pengertian saham paling lengkap mulai dari pengertian, jenis, manfaat dan keuntungan saham, hingga risiko berinvestasi saham. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin sekali berinvestasi saham.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close