Pendidikan

Apa Itu Pengertian Rasisme : Menurut Ahli, Penyebab & Contoh

Tahukau.com – Pandangan perbedaan berdasarkan pada warna kulit secara implisit masih terjadi sampai sekarang ini. Fakta sosial memicu timbulnya gerakan-gerakan yang mengutamakan rasnya sendiri dan kelak akan menimbulkan contoh konflik di masyarakat. Tipikal penduduk yang menganut pandangan seperti itu merupakan praktik dari hal rasisme. Untuk mengetahuinya berikut ini membahas pengertian rasisme, penyebab, juga contohnya.

Apa Itu Pengertian Rasisme : Menurut Ahli, Penyebab & Contoh

Rasisme seringkali disamartikan dengan rasislisme, karena terjemahan dari bahasa inggris racism dan racialism, memiliki makna yang sama. Rasisme menjadi faktor pendorong diskriminasi sosial, kekerasan rasial, dan pemicu genosida.

Baca juga : Apa Itu Kedaulatan ?

Pengertian Rasisme

Pengertian Rasisme

Pengertian rasisme yaitu sebuah pandangan terhadap ideologi atau paham yang dianut oleh masyarakat yang menolak atau tidak suka pada suatu golongan masyarakat tertentu yang umumnya berdasarkan rasnya, derajat, dan lain sebagainya.

Baca juga : Apa Itu Konspirasi ?

Pengertian Rasisme Menurut Beberapa Ahli

Adapun penjelasan dari beberapa ahli mengenai rasisme adalah antara lain sebagai berikut:

1. Pramoedya Ananta Toer

Rasisme atau rasialisme yaitu pemahaman yang menolak suatu golongan masyarakat yang berdasarkan atau berbeda ras. Dengan kata lain, mempunyai kelainan daripada umumnya.

2. Alo Liliweri

Pengertian rasisme yaitu suatu ideologi yang mendasarkan diri pada diskriminasi terhadap seseorang atau sekelompok orang, karena ras mereka bahkan ini menjadi doktrin politis.

3. Human Rights and Equal Opportunity Commission

Definisi rasisme yaitu suatu ideologi yang menyumbangkan pernyataan mitos perihal kelompok ras dan etnis lain yang merendahkan kelompok atau komunitas tersebut.

Dari penjelasan pengertian rasisme menurut beberapa ahli di atas, bisa disimpulkan bahwa pengertian rasisme yaitu ideologi yang berlandaskan pada kepercayaan bahwa ciri-ciri tertentu yang melekat sejak lahir dan menandakan yang memiliki ciri tersebut lebih rendah sehingga otomatis didiskriminasi.

Baca juga : Apa Itu Nasionalisme ?

Penyebab Rasisme

Penyebab Rasisme

Berikut beberapa penyebab dari rasisme adalah antara lain sebagai berikut:

1. Sosialisasi Dalam Keluarga

Apa pun yang diajarkan oleh orangtua kepada anaknya, pasti akan melekat dalam dirinya sampai dewasa, baik itu baik atau buruk. Sayangnya, orangtualah yang menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya rasisme, sehingga hal ini akan terjadi rantai kebencian yang tidak putus karena terus didoktrin antargenerasi berikutnya.

2. Keputusan Kebijakan Pemerintah

Penyebab rasisme yang sering terjadi karena keputusan kebijakan pemerintah, tidak terlepas di Indonesia seperti itu. Hal ini dipengaruhi oleh keotoriteran dari pemimpin dalam pemerintah. Seperti, dari orla dan orba, etnis Tionghoa didiskriminasi dan membatasi ruang geraknya.

3. Budaya serta Adat Istiadat

Budaya dan adat istiadat setiap pelosok daerah atau bangsa berbeda-beda yang otomatis mempengaruhi pikiran dan pemahaman juga perasaan yang tentu mempengaruhi kultur atau pandangan penanganan dalam suatu fenomena sosial di masyarakat.

Selain penyebab di atas, penyebab rasisme muncul yang lain yaitu karena kesenjangan ekonomi, kesenjangan sarana dan prasarana, dan rasa cinta yang berlebihan serta munculnya rasa iri.

Baca juga : Apa Itu Demokrasi ?

Contoh Rasisme

Contoh Rasisme

Ada begitu banyak praktik rasisme yang dilakukan masyarakat dalam kehidupan, baik dilakukan secara sadar dan tidak sadar. Adapun beberapa contoh rasisme yang dilakukam secara implisit dalam bidang olahraga yaitu antara lain sebagai berikut:

1. Kasus Mihajlovic dan Vieira

Mantan pemain tim nasional Yugoslavia dan pemain Intermilan, Sinisa Mihajlovic, melakukan penghinaan kepada mantan pemain Arsenal, Patrick Vieira, dengan kata-kata yaitu “black shit”.  Atas tindakannya tersebut, Mihajlovic diganjar hukuman dua kali larangan bermain.

3. Rasisme Suporter Lazio

Suporter klub Lazio terkenal atau dikenal sebagai klub paling rasisme di Italia. Aron Winter, mantan pemain timnas Belanda yaitu pemain berkulit hitam yang terakhir bergabung dengan klub tersebut. Pada saat kedatangannya ke klub, ia mendapatkan cemoohan yang menyakitkan hati, dicemooh dengan kata-kata : “Yahudi Negro”.

Baca juga : Apa Itu Norma ?

Contoh Rasisme dalam Masyarakat

Contoh Rasisme dalam Masyarakat

1. Menghina Seseorang Berdasarkan Asal Tempat Tinggal

Keberagaman suku dan budaya tentunya tidak terlepas dari sebuah konflik antar sesama warga negara. Secara umum suatu wilayah atau daerah akan ditempati oleh para penduduk asli atau pribumi tempat tersebut.

Contoh pada daerah Kalimantan, penduduk di salah satu wilayah Kalimantan tidak mau menerima orang Madura untuk tinggal dan menetap disana. Sehingga terjadilah konflik dengan kekerasan.

Perilaku tersebut sudah termasuk dalam kategori rasisme.

2. Menghina Seseorang Dengan Kata-kata

Perilaku rasisme yang sering dijumpai dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari yaitu sebuah ungkapan atau mengucapkan kata-kata yang memojokkan individu.

Ucapan seperti sebuah cibiran yang mengatakan seseorang dengan kata-kata “Dasar Miskin, Jelek”. Tentunya setiap orang yang mendengar cemoohan tersebut akan merasa dihina dan direndahkan.

Nah, demikian ulasan mengenai Pengertian Rasisme beserta contoh dan juga penyebabnya. Semoga artikel di atas menjadi manfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close