Umum

Apa Itu Pengertian Pergaulan Bebas : Ciri, Faktor, & Dampak

Pada dasarnya, Pergaulan bebas merupakan sebuah perilaku negatif sebagai ekspresi penolakan seseorang khususnya dikalangan kaula remaja. Selain itu, pergaulan bebas diartikan sebagai salah satu bentuk perilaku yang menyimpang dan melampaui batas dari kewajiban, aturan, tuntutan, syarat, dan perasaan malu. Untuk tahu lebih lengkap simak pembahasan mengenai Pergaulan Bebas mulai dari Pengertian Pergaulan Bebas, Bahaya Pergaulan Bebas, Faktor Penyebab, dan Contoh Pergaulan Bebas seperti di bawah ini.

Pengertian Pergaulan Bebas

Pengertian Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas merupakan salah bentuk perilaku menyimpang yang melewati batas dari kewajiban, tuntutan, aturan, syarat, dan perasaan malu dari kalangan anak muda. Bebas dalam hal ini memiliki arti perilaku yang menyimpang dari norma agama dan norma kesusilaan.

Pergaulan bebas terdiri dari 2 kata, yaitu pergaulan dan bebas. Pergaulan yaitu proses interaksi antarindividu atau individu dengan kelompok, sedangkan bebas yaitu terlepas dari kewajiban, aturan, tuntutan, norma agama dan norma kesusilaan.

Menurut Agama, pergaulan bebas adalah proses bergaul dengan orang lain terlepas dari ikatan yang mengatur pergaulan. Pergaulan bebas terdapat dalam Surat An-Nur ayat 30-31 bahwa hendaknya bisa menjaga pandangan mata dalam bergaul.

Pergaulan dibedakan menjadi pergaulan positif dan pergaulan negatif. Contoh pergaulan positif seperti kerjasama antar individu dan kelompok yang bermanfaat. Sedangkan pergaulan negatif yaitu pergaulan bebas yang tidak bermanfaat dan dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Contoh pergaulan negatif seperti geng motor yang suka melanggar peraturan lalu lintas.

Pergaulan sangat berpengaruh kepada proses pembentukan kepribadian seseorang. Remaja sangat rentan terhadap pergaulan yang ada dalam lingkungannya. Remaja harus menghindari pergaulan yang bebas, karena remaja masih labil dan sedang proses mencari jati diri sesungguhnya.

Baca juga : Apa Itu Norma ?

Ciri-Ciri Pergaulan Bebas

Ciri-Ciri Pergaulan Bebas

Ciri-ciri pergaulan bebas adalah sebagai berikut.

  • Menghamburkan harta hanya untuk memenuhi keinginan sex bebasnya.
  • Memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar.
  • Terjadi perubahan emosi, pikiran, lingkungan pergaulan dan tanggung jawab yang dihadapi.
  • Terjerat pada pesta hura-hura dan menggunakan obat-obat terlarang seperti ganja, putau, ekstasi, dan pil-pil lainnya.
  • Menimbulkan perilaku munafik dalam masyarakat.
  • Menimbulkan perilaku yang tidak baik atau buruk.
  • Memakai pakaian yang terbuka atau sexy.
  • Mudah mengalami kegelisahan, tidak sabar, emosional, selalu ingin melawan, rasa malas, perubahan dalam keinginan, selalu menunjukkan eksistensi dan kebanggaan diri dan selalu ingin mencoba banyak hal.
  • Sering mengalami tekanan mental juga emosi.
  • Ingin mendapatkan harta dan uang dengan menghalalkan segala cara termasuk dengan jalan yang salah, buruk dan haram.

Baca juga : Apa Itu Globalisasi ?

Faktor Penyebab Pergaulan Bebas

Faktor Penyebab Pergaulan Bebas

Berikut merupakan beberapa penyebab pergaulan bebas, yaitu:

1. Rendahnya Tarah Pendidikan Keluarga

Penyebab terjadinya pergaulan bebas yang sangat berpengaruh besar yaitu rendahnya taraf pendidikan keluarga. Contoh, orang tua mengizinkan anaknya untuk berpacaran dan tanpa ada pengawasan, hal ini berakibat terjerumusnya anak dalam pergaulan bebas.

2. Keadaan Keluarga Yang Tidak Stabil (Broken Home)

Keluarga yang broken home bisa berpengaruh terhadap psikis anak. Anak akan cenderung mencari kesenangan di luar rumah dan melupakan apa yang dialaminya. Anak menjadi kurang mendapat kasih sayang dari orang tuanya dan berdampak pada pergaulan bebas.

3. Orang Tua yang Kurang Memperhatikan

Orang tua yang sibuk dalam pekerjaannya cenderung kurang memperhatikan aktivitas anaknya. Ini mengakibatkan anak bebas melakukan aktivitas apapun yang ia suka.

4. Lingkungan Sekitar Kurang Baik

Selain orang tua yang kurang memperhatikan, lingkungan juga menjadi faktor pergaulan bebas. Lingkungan yang kondusif berakibat pada terjerumusnya anak ke dalam pergaulan bebas.

5. Kurang Berhati-Hati Dalam Berteman

Sebagian besar pergaulan bebas terjadi karena salah dalam memilih teman. Apabila berteman dengan orang yang suka berjudi, maka juga akan ikut berjudi. Apabila berteman dengan orang yang suka belajar, maka akan rajin belajar pula.

6. Keadaan Ekonomi Keluarga

Kondisi ekonomi keluarga yang rendah bisa berakibat pada pergaulan bebas. Ekonomi yang rendah akan membuat anak putus sekolah atau yang lebih parah tidak bersekolah. Kurangnya pembelajaran mengenai pergaulan bebas membuat anak tidak tahu mana yang baik dan mana yang buruk.

7. Kurangnya Kesadaran Remaja

Remaja kurang menyadari pergaulan bebas. Mereka belum mengetahui dampak dari pergaulan bebas di masa sekarang dan masa depannya.

8. Adanya Teknologi Informasi (Internet)

Teknologi yang semakin hari semakin canggih digunakan remaja untuk mencari style terkini dan hal-hal yang sifatnya berbau negatif.

Baca juga : Apa Itu Kemiskinan ?

Dampak Pergaulan Bebas

Dampak Pergaulan Bebas

Dampak pergaulan bebas diantaranya yaitu :

1. Adanya Seks Bebas

Seks bebas yaitu dua orang yang berhubungan suami istri tanpa adanya ikatan pernikahan sampai dengan terjadinya kehamilan diluar nikah. Kehamilan diluar nikah nantinya akan memalukan diri sendiri, orang tua, masyarakat, dan Indonesia dengan adat ketimuran.

2. Ketergantungan Obat

Berawal dari mencoba maka muncul keinginan untuk mengkonsumsinya lagi. Kelebihan mengkonsumsi obat terlarang mengakibatkan ketergantungan juga overdosis yang berujung pada kematian.

3. Tingkat Kesehatan Menurun

Kesehatan yang menurun bisa berupa penularan penyakit HIV AIDS melalui sex bebas dan pengguguran kandungan yang disebabkan karena hamil diluar nikah.

4. Meningkatnya Kriminalitas

Keinginan seseorang kepada sesuatu menimbulkan orang tersebut melakukan segala macam cara. Contoh, seseorang ingin membeli narkoba tetapi ia tidak memiliki uang, maka ia akhirnya mencopet demi keinginannya. Dan kriminalitas akhirnya menjadi meningkat.

5. Meregangkan Hubungan Keluarga

Kemarahan yang meledak menimbulkan rasa kurang hormat terhadap orang tua akan berdampak pada renggangnya hubungan keluarga.

6. Menyebarkan Penyakit

Penyakit yang diderita oleh orang yang memiliki pergaulan bebas akan menular pada orang-orang yang ada disekitarnya.

7. Menurunnya Prestasi

Seorang yang telah masuk kedalam pergaulan bebas seringnya menjadi malas atau tidak ingin lagi dalam meraih prestasi.

8. Berdosa

Perbuatan yang tidak baik tentu mendapatkan dosa. Dosa nantinya akan mengantarkan ke dalam neraka. Hal ini yang terjadi jika terjerat dalam pergaulan bebas, perasaan dosa bisa saja hilang atau sebaliknya.

Baca juga : Apa Itu Karakter ?

Cara Mengatasi Pergaulan Bebas

Cara Mengatasi Pergaulan Bebas

Berikut merupakan beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi pergaulan bebas, yaitu:

1. Memperbaiki Cara Pandang

Orang tua bisa mengajarkan kepada anaknya untuk menerima semua hasil yang telah didapatkan walau tidak sesuai dengan apa yang diinginkannya. Selain menerima dengan apa adanya, bersikap optimis perlu diajarkan. Apabila mendapatkan hasil yang kurang memuaskan bisa menanggapi dengan positif dan berusaha lebih keras lagi.

2. Jujur Pada Diri Sendiri

Seseorang juga menyadari dan mengetahui hal yang baik untuk dirinya dan hal yang berdampak buruk untuk dirinya kelak.

3. Menanamkan Nilai Ketimuran

Nilai ketimuran atau nilai keislaman sangat penting dalam membentuk kepribadian. Salah satu cara yang dilakukan seseorang untuk menghindari pergaulan bebas yaitu dengan meningkatkan keimanan dan pegangan atau perisai dalam menghindari pergaulan bebas.

4. Menjaga Keseimbangan Pola Hidup

Seseorang harus cermat dalam mengatur waktu, emosi, energi agar selalu bisa berpikir positif dan mengisi hari dengan kegiatan yang positif.

5. Banyak Beraktivitas Secara Positif

Karena sibuk melakukan kegiatan positif seseorang akan tidak memiliki waktu untuk hal yang negatif.

6. Berpikir Masa Depan

Berpikir untuk masa depan untuk bisa mencapai apa yang dicita-citakan supaya tidak menjadi seseorang yang hampa tanpa adanya harapan dan cita-cita.

7. Mengurangi Menonton Televisi

Selain memberi informasi yang mendidik, televisi juga memberikan dampak buruk. Contoh, sinetron atau film yang tidak mendidik dan bertolak belakang terhadap nilai dan norma di Indonesia.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai Pengertian Pergaulan Bebas. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close