Umum

Apa Itu Pengertian Penelitian : Ciri-Ciri, Tujuan, dan Jenis

Istilah penelitian mungkin sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa, dosen, maupun ilmuan. Bagi mahasiswa, biasanya mereka melakukan penelitian dengan mencari data yang akan dihubungkan dengan teori pada saat mereka mengerjakan skripsi. Bagi dosen, mereka melakukan penelitian untuk mencari suatu inovasi baru terutama dalam hal pengembangan materi pengajaran dan tentunya meningkatkan reputasi kampus di mata masyarakat karena semakin banyak riset penelitian yang dikeluarkan oleh para dosen maka mampu memperbaiki tingkat reputasi kampus. Sedangkan bagi para ilmuan, mereka melakukan penelitian untuk mencari data yang diperlukan untuk dikaitkan dengan suatu eksperimen atau percobaan yang sedang mereka lakukan dan juga menemukan sesuatu yang memang belum ada sebelumnya.

Nah bagi kalangan umum sendiri, kira-kira apakah sudah memahami apa itu penelitian? Apakah menemukan sebuah resep makanan khusus sudah bisa dikatakan sebagai penelitian? Nah jangan khawatir karena di dalam artikel ini akan diulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pengertian penelitian secara lengkap mulai dari pengertian, ciri-ciri, tujuan, jenis penelitian, sikap para peneliti hingga macam-macam metode penelitian. Oleh karena itu, simak baik-baik ya ulasannya dibawah ini!

Baca juga : Metode Penelitian

Pengertian Penelitian

Pengertian Penelitian

Secara umum, penelitian merupakan suatu proses yang berkaitan dengan penyelidikan yang dilakukan secara aktif, tekun, dan sistematis yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisi fakta-fakta yang ada. Adapun pendapat lain mengenai pengertian penelitian secara jelas, diantaranya sebagai berikut:

  • Definisi dari penelitian adalah suatu proses investigasi yang dilakukan secara sistematis yakni dengan cara mempelajari berbagai bahan dan sumber rujukan untuk membangun fakta-fakta dan menghasilkan suatu kesimpulan
  • Menurut Soetrisno Hadi, penelitian adalah suatu usaha untuk menemukan segala sesuatu yang dapat mengisi setiap kekosongan, menggali secara mendalam suatu hal yang telah ada, dan mengembangkan dan memperluas serta menguji kebenaran dari suatu hal yang telah ada namun masih diragukan kebenarannya.
  • Menurut Soerjono Soekanto, penelitian merupakan suatu kegiatan yang bersifat ilmiah yang dilakukan berdasarkan analisis dan konstruksi yang bersifat sistematis, metodologis, dan konsisten dengan tujuan untuk mengungkapkan suatu kebenaran sebagai salah satu manifestasi keinginan manusia unutk mengetahui kebenaran yang terjadi.

Baca juga : Pengertian Artikel Ilmiah

Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan berdasarkan analisis dan konstruksi yang dilakukan berdasarkan sistematis untuk menemukan, mengembangkan, menggali, memperluas data yang telah ada sebelumnya serta mengungkap kebenaran dari fakta yang ada namun masih diragukan kebenarannya.

Secara umum, penelitian dilakukan untuk menemukan atau mendapatkan suatu data untuk suatu keperluan atau tujuan tertentu. Data yang diperoleh dalam suatu penelitian memiliki kriteria tertentu yaitu valid atau validitas dimana validitas suatu data merupakan ketepatan antara data sesungguhnya yang terjadi pada objek dengan data yang dapat dikumpulkan peneliti. Untuk mendapatkan data yang valid seringkali mengalami kesulitan. Oleh karena itu, biasanya untuk mendapatkan data yang valid dihasilkan melalui uji reliabilitas dan obyektivitas data yang terkumpul.

Penelitian atau riset harus dilakukan secara ilmiah yang sesuai dengan ciri-ciri keilmuan, yaitu:

  • Rasional artinya penelitian harus dilakukan dengan berbagai cara yang masuk akal sehingga dapat diterima oleh nalar manusia
  • Empiris artinya penelitian yang dilakukan harus berdasarkan pada sumber pengetahuan yang diperoleh dari hasil pengamatan indra manusia
  • Sistematis artinya penelitian harus dilakukan melalui langkah-langkah tertentu yang bersifat logis dan teratur sesuai dengan sistem yang telah diatur sebelumnya sehingga menjelaskan sebab-akibat suatu objek penelitian.

Baca juga : Contoh Kerangka Makalah

Ciri-ciri Penelitian

Ciri-ciri Penelitian

Kegiatan penelitian memiliki karakteristik tertentu. Adapun ciri-ciri penelitian, diantaranya sebagai berikut:

  • Bersifat ilmiah : penelitian yang dilakukan harus sesuai dengan prosedur dan menggunakan fakta-fakta yang didapatkan secara obyektif untuk menyakinkan kebenaranya.
  • Proses berkesinambungan : hasil penelitian bisa disempurnakan dari waktu ke waktu melalui proses yang berjalan secara terus menerus.
  • Memberikan konstribusi : suatu penelitian harus memiliki unsur konstribusi atau nilai tambah terhadap ilmu pengetahuan yang sudah ada sebelumnya
  • Analitis : penelitian yang dilakukan harus dapat dibuktikan dengan menggunakan metode ilmiah dan memiliki hubungan sebab-akibat dengan variabel-variabelnya.

Baca juga : Contoh Teks Deskripsi

Tujuan Penelitian

Tujuan Penelitian

Sudah dijelaskan di atas bahwa secara umum, penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menemukan atau mendapatkan suatu data untuk suatu keperluan atau tujuan tertentu. namun secara praktis, ada tiga tujuan dari dilakukannya sebuah penelitian, yaitu:

Tujuan eksploratif

Dalam hal ini, penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menemukan pengetahuan baru yang belum pernah ada

Tujuan verivikatif

Dalam hal ini, penelitian yang dilakukan bertujuan untuk membuktikan atau menguji kembali kebenaran dari suatu pengetahuan yang telah ada sebelumnya.

Tujuan pengembangan

Dalam hal ini, penelitian yang dilakukan bertujuan unutk menggali lebih dalam atau mengembangkan suatu penelitian terhadap pengetahuan yang telah ada sebelumnya.

Jenis-jenis Penelitian

Jenis-jenis Penelitian

Selain memiliki ciri-ciri, penelitian juga memiliki jenis-jenis yang harus diketahu, diantaranya sebagai berikut:

Baca juga : Contoh Kliping

1.  Deskriptif

Penelitian deskriptif dilakukan dengan memberikan gambaran yang lebih detail mengenai suatu gejala atau fenomena. Hasil penelitian ini berupa tipologi atau pola-pola terkait dengan fenomena yang sedang dibahas.

2. Fundamental atau murni

Penelitian jenis ini biasanya digunakan untuk waktu yang lama. Hal itu dikarenakan penelitian jenis ini biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan peneliti sendiri. penelitian fundamental atau murni mencakup penelitian yang dilakukan dalam kerangkan akademis seperti penelitian skripsi, thesis, dan disertasi.

3.  Terapan

Penelitian terapan ini dilakukan dengan memberikan manfaat bagi manusia karena penelitian ini dilakukan untuk memecahkan suatu permasalahan yang ada sehingga hasil penelitian langsung dapat diaplikasikan.

4. Konseptual

Penelitian konseptual berarti penelitian yang memiliki kerangka pemikiran yang utuh dalam mencari jawaban-jawaban ilmiah terhadap permasalahan penelitian dengan menjelaskan tentang variabel dan hubungan antara variabel secara teoritis.

5. Empiris

Di dalam penelitian empiris, sumber pengetahuan harus dicari di dalam pengalaman-pengalaman yang ada seperti pengalaman indrawi yang dapat dikatakan sebagai satu-satunya sumber pengetahuan dan bukan akal. Selain itu, penelitian empiris terkait dengan pandangan bahwa semua ide merupakan abstraksi yang dibentuk dengan menggabungkan apa yang dialami.

6. Analitis

Penelitian analitis merupakan penelitian epidermiologi yang bertujuan untuk memperoleh penjelasan mengenai faktor-faktor dari risiko dan penyebab penyakit.

7. Kuantitatif

Penelitian kuantitatif merupakan penelitian ilmiah yang bersifat sistematis terhadap bagian-bagian, fenomena-fenomena beserta hubungannya

8. Kualitatif

Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bersumber dari ilmu filsafat yaitu postpositivisme yang digunakan untuk meneliti pada setiap kondisi yang alami dimana peneliti sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data pada penelitian jenis ini dilakukan secara triangulasi, sedangkan untuk analisis data bersifat induktif. Dan yang perlu diingat bahwa hasil penelitian kualitatif ini lebih menekankan pada makna daripada generalisasi atau kesimpulan.

Sikap Seorang Peneliti

Sikap Seorang Peneliti

Orang yang melakukan penelitian dinamakan peneliti. Peneliti harus memiliki sikap-sikap tertentu yang harus diaplikasikan pada saat melakukan penelitian. Adapun sikap-sikap yang harus dimiliki seorang peneliti, diantaranya sebagai berikut:

Obyektif

Peneliti harus memiliki sikap yang obyektif karena sebagai seorang peneliti harus dapat memisahkan antara pendapat pribadi dengan kenyataan yang ada.

Kompeten

Peneliti harus memiliki sikap yang kompeten karena sebagai seorang peneliti harus memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan metode serta tekni penelitian tertentu yang sesuai dan tepat.

Faktual

Peneliti harus memiliki sikap yang faktual karena sebagai seorang peneliti harus mampu melakukan suatu penelitian sesuai dengan fakta yang diperoleh, bukan dengan berdasarkan harapan, obsesi, atau hayalan yang sifatnya abstrak.

Macam-macam Metode Penelitian

Macam-macam Metode Penelitian

Banyak sekali metode-metode yang biasa digunakan dalam penelitian. Menurut Mc. Milan membagi macam-macam metode penelitian berdasarkan pendekatan yang digunakan, diantaranya:

A. Pendekatan Kualitatif

  • Metode historis
  • Metode fenomenologis
  • Metode etnografis
  • Metode studi kasus
  • Metode teori dasar
  • Metode studi kritis

B. Pendekatan Kuantitatif

  • Metode komparatif
  • Metode deskriptif
  • Metode survey
  • Metode korelasional
  • Metode ekpos fakto
  • Metode tindakan

Demikian informasi mengenai ulasan pengertian penelitian secara lengkap mulai dari pengertian, ciri-ciri, tujuan, jenis penelitian, sikap para peneliti hingga macam-macam metode penelitian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dalam menambah wawasan Anda terkait dengan pengertian penelitian.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close