Pendidikan

Apa Itu Pengertian Molekul : Berdasarkan Jenis dan Contoh

Mencari tahu pengertian dari Molekul yaitu kumpulan dua atom atau bahkan lebih yang ada di dalam susunan tertentu yang terikat oleh gaya kimia atau ikatan kimia. Molekul terbentuk dari adanya dua atom atau bahkan lebih yang saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya dan juga memiliki unsur-unsur yang sama, seperti O2 yang ada pada sebuah oksigen atau pada atom yang mempunyai unsur yang berbeda yang sering disebut dengan sebutan molekul senyawa.

Apa Itu Pengertian Molekul : Berdasarkan Jenis dan Contoh

Contoh H2O terdiri dari dua atom H dan juga satu atom yaitu O. Atom-atom itu harus berhubungan dengan kuat, sebab atom yang tidak kovalen tidak akan dapat dianggap sebagai molekul tunggal. Molekul juga sering disebut sebagai salah satu dari bagian atom yang paling kecil dan tidak bisa dipecahkan dari senyawa kimia. Dan terdiri dari dua atom atau bahkan lebih yang berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Untuk tahu pengetian molekul berikutnya simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Apa Itu Penelitian ?

Pengertian Molekul Berdasarkan Jenis-Jenisnya

Pengertian Molekul Berdasarkan Jenis-Jenisnya

1. Molekul Unsur

Molekul Unsur

Yaitu suatu molekul yang terbentuk atau berasal dari hasil kombinasi unsur atau atom yang satu jenis. Molekul unsur pada intinya adalah molekul yang terdiri dari satu jenis atom atau unsur saja. Dimana, molekul unsur sendiri saling berkaitan dengan jumlah unsur penggabung yang digunakan.

Berdasarkan pengertian molekul di atas bisa disimpulkan bahwa molekul terbentuk dari gabungan beberapa unsur dengan perbandingan tertentu, baik unsur sejenis atau tidak sejenis. Zat molekul dan zat atom memiliki hubungan yang erat. Bahkan keduanya tidak bisa dipisahkan karena jika dalam sebuah zat terdapat molekul maka juga terdapat atom didalamnya, begitu pula sebaliknya. Molekul tersebut menjadi susunan beberapa atom yang dihubungkan. Molekul terkecil bernama Hidrogen Dyatomic (H2). Dan pada molekul yang besar disebut dengan Supermolekul atau Makromolekul.

Dan dengan kata lain, Molekul Unsur memiliki satu jenis unsur/ atom saja. Dan berbicara mengenai Molekul Unsur, ternyata ada penamaan tersendiri mengenai jumlah unsur penggabungnya.

  • Dwiatom : Molekul yang terbentuk dari 2 atom
  • Kemudian Triatom : Molekul yang terbentuk dari 3 atom
  • Dan Tetraatom : Molekul yang terbentuk dari 4 atom

Molekul yang terdiri dari 3 atau lebih atom, sering disebut dengan molekul poliatomik.

Contoh Molekul Unsur

  • O2 (Oksigen)
  • O3 (Ozon)
  • P4 (Posfor)
  • N2 (Nitrogen)
  • H2 (Hidrogen)

2. Molekul Senyawa

Molekul Senyawa

Berbeda dengan molekul unsur, pengertian molekul senyawa adalah molekul yang terbentuk dari beberapa unsur atau atom. Definisi molekul senyawa lainnya yaitu molekul yang dihasilkan dari penggabungan unsur atau atom dengan jenis yang berbeda. Jika penamaan molekul unsur sangat sederhana karena terdiri dari banyaknya unsur atau atom yang digunakan. Penamaan molekul senyawa lebih rumit karena terdiri dari beberapa unsur berbeda yang di jadikan satu.

Contoh Molekul Senyawa

  • CO2 (Karbon Dioksida), CO2 adalah hasil penggabungan 1 atom Karbon dan dua atom Oksigen. Dan di sini bisa lihat bahwa atom H berbeda dengan atom O.
  • Pada CO (Karbon Monoksida), terdiri dari 1 atom Karbon dan 1 atom Oksigen.
  • H2O (Air), terdiri dari 2 atom Hidrogen dan 1 atom Oksigen.
  • CO(NH2)2 (Urea), terdiri dari 1 atom karbon, 1 atom Oksigen, 2 atom N, dan 4 atom Hidrogen.
  • Pada CaO (Kalsium Oksida), terdiri dari 1 atom Kalsium dan 1 atom Oksigen.
  • C6H12O6 (Gula/Glukosa), terdiri dari 6 atom karbon, 12 atom Hidrogen, 6 atom Oksigen.
  • CaCO3, terdiri dari 1 atom Kalsium, 1 atom Karbon dan 3 atom Oksigen.
  • H2SO4, terdiri dari 2 atom Hidrogen, 1 atom Sulfur (Belerang), dan 4 atom Oksigen.
  • NH3 (Amonia), terdiri dari 1 atom N dan 3 atom Hidrogen.
  • HCL (Hidrogen Klorida)

Dan contoh lain dari Molekul dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari, seperti saja pada saat bernapas. Lalu pada proses respirasi (bernapas), melibatkan molekul unsur dan molekul senyawa tanpa disadari. Adapun contoh reaksi kimianya yaitu :

C6H12O6 + 6O2 —– > Energi + 6CO2 +6H2O

Pada Zat Makanan (Glukosa) + Oksigen —– > Energi + Karbondioksida + Uap Air

Dan reaksi kimia di atas menunjukkan bahwa proses respirasi memerlukan oksigen untuk menguraikan glukosa yang terdapat pada zat makanan (karbohidrat) menjadi uap air, karbondioksida dan energi. Energi itulah yang digunakan untuk melakukan aktifitas dalam kehidupan sehari-hari.

Geometri

Dalam molekul juga  memiliki sebuah geometri yang berbentuk tetap dalam keadaan kesetimbangan. Pada setiap panjang ikat dan sebuah sudut ikatan akan bergetar melalui gerak vibrasi dan rotasi. Pada setiap rumus kimia dan suatu struktur molekul adalah dua faktor yang paling penting yang dapat menentukan sifat suatu senyawa. Pada senyawa isomer adalah rumus kimia yang memiliki kesamaan, namun pada sifatnya berbeda oleh sebab struktur yang tidak sama.

Baca juga : Apa Itu Reboisasi ?

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Molekul, semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close