Teknologi

Apa Itu Pengertian Microsoft Power Point : Fungsi & Manfaat

Microsoft Power Point atau disingkat PPT yaitu salah satu aplikasi milik Microsoft yang digunakan dalam presentasi, entah presentasi bisnis, materi pelajaran, tugas kuliah, karya penelitian ataupun lainnya.

Apa Itu Pengertian Microsoft Power Point : Fungsi & Manfaat

Dengan menggunakan power point diharapkan audiens lebih mudah menangkap apa yang disampaikan pembicara dalam sebuah rapat, kelas, seminar dan workshop.

Power point memiliki fitur yang membuat user bisa memasukan data dalam bentuk teks, gambar, video dan audio. Selain itu ppt juga dilengkapi fitur-fitur ‘animasi’ yang dapat membuat slide atau tampilan materi lebih menarik untuk dilihat. Untuk mengenai sejauh apa itu, berikut Pengertian Microsoft Powerpoint yang bisa diketahui:

Baca juga : Apa Itu Microsoft Word ?

Pengertian Microsoft Power Point

Pengertian Microsoft Power Point

Microsoft power point merupakan program andalan Microsoft yang ditujukan untuk membantu pengguna mempresentasikan sebuah karya, hasil dan dokumen terkait.

MS PowerPoint yaitu sebuah program milik Microsoft yang menggabungkan fungsi dari Word, Excel dan program milik Microsoft Office lainnya. Tidak heran jika pengguna bisa memasukkan beragam tipe dokumen di dalamnya.

Berbeda dari Word yang menggunakan halaman atau Excel yang terkenal spreadsheet-nya, MS PowerPoint menggunakan slide untuk menampilkan data yang dimasukkan. Dab, terdapat beberapa template slide yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya.

Fungsi Microsoft Power Point

Fungsi Microsoft Power Point

MS PowerPoint menjadi satu program besutan Microsoft yang dibuat untuk membantu mempresentasikan hasil kerja. Di program ini, pengguna dapat menggunakan slide untuk menjelaskan informasi kepada para audience.

Lebih lanjut, MS PowerPoint juga digunakan untuk memaparkan hasil yang berasal dari beragam tipe dokumen, baik angka, kata hingga gambar.

Banyaknya fitur yang mempermudah penggunaan MS PowerPoint dan membantu memperindah slide. Anda bahkan dapat memasukkan audio atau pun video ke dalam slide yang diinginkan.

Baca juga : Apa Itu Microsoft Excel ?

Manfaat Power Point

Manfaat Power Point

Setelah dikenal sebagai salah satu program terbaik dan termudah untuk mempresentasikan suatu dokumen, ternyata MS PowerPoint juga memiliki sejumlah manfaat, seperti:

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Fungsi utama dari program satu ini yaitu untuk memaparkan sebuah dokumen atau hasil kerja melalui kumpulan slide. PowerPoint memang dibuat untuk membuat lebih percaya diri.

Khususnya dalam menjelaskan setiap hasil yang tertera pada slide yang ada. Hanya dengan menggunakan fitur Presenter View yang sudah ditanamkan pada PowerPoint versi 2016 dan terbaru, maka sudah bisa menguasai bahan yang akan disampaikan kepada audience.

Bahkan, banyak fitur yang memperbolehkan penggunanya menambahkan gambar hingga info grafis untuk membuat tampilan slide terlihat lebih atraktif. Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan lagu dan video pada slide.

Pembuatan slide yang menarik bisa langsung dilakukan saat menjalankan program PowerPoint tanpa membuka program lain. Apalagi PowerPoint juga menawarkan beberapa template menarik yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

2.  Membuat Audience Lebih Fokus dengan Informasi yang Ditampilkan

Walau slide pada PowerPoint hanya menampilkan poin-poin utama dari sebuah informasi, ternyata dapat membuat audience lebih tertarik dan fokus dalam menerima informasi tersebut. Apalagi dengan adanya beragam fitur lainnya.

Pemaparan informasi yang dilengkapi dengan gambar atau suara sudah terbukti dapat menaikkan minat dan fokus para audience. Tidak heran jika banyak orang yang suka memilih memakai PowerPoint untuk menyampaikan sejumlah informasi penting.

Meski 2 poin manfaat menjadikan Microsoft Power Point seperti sebuah program yang tanpa cela, namun segala hal memiliki sisi baik dan buruknya masing-masing. Namun, hal tersebut berlaku pula pada Microsoft Power Point.

Baca juga : Sejarah Komputer

Kekurangan Microsoft Power Point

Kekurangan Microsoft Power Point
  • Presentasi membutuhkan waktu persiapan yang cukup menyita tenaga dan waktu.
  • Tidak bisa digunakan oleh platform lain selain Microsoft.
  • Versi Power Point yang satu tidak mendukung versi yang lain, sehingga dokumen yang dibuat pada software versi lama tidak akan bisa digunakan dengan sempurna pada software versi baru atau sebaliknya.
  • Tergolong software yang berat dan membutuhkan perangkat komputer dengan spesifikasi hardware yang baik.
  • Lisensinya berbayar, sehingga kita perlu mengalokasikan bujet khusus untuk pengadaan dan pengembangan program ini.
  • Butuh kemampuan yang baik untuk menjalankan program ini.

Bagian-Bagian Microsoft PowerPoint

Bagian-Bagian Microsoft PowerPoint

Dimana sebuah program, Power Point juga memiliki bagian-bagian yang tidak bisa dipisahkan. Berikut bagian-bagian Microsoft Power Point dan penjelasannya secara lengkap.

Tombol Office

Tombol Office yaitu tombol yang dipakai dalam mengakses perintah dasar yang berhubungan dengan dokumen. Seperti membuat, membuka, menyimpan, mencetak, dan lain sebagainya.

Quick Acces Toolbar

Quick Acces Toolbar yaitu ikon-ikon yang dipakai dalam mengakses perintah pengguna secara cepat. Defaultnya, ikon-ikon ini ada tiga ikon – Save, Undo, Repeat.

Tab Menu

Tab Menu yaitu berisi menu yang menunjukkan perintah-perintah untuk mengolah sebuah dokumen.

Title Bar

Title Bar yaitu nama file dokumen yang sedang dibuka.

Ribbon

Ribbon yaitu menu yang terletak dari perintah-perintah menu utama program.

Slides Pane

Slides Panel yaitu menu yang dipakai dalam menampilkan thumbnail slide di dokumen.

Status Bar

Status Bar yaitu menu yang dipakai untuk menunjukkan status dokumen. Seperti tema atau jumlah slide yang dipakai dalam slide.

Notes Pane

Notes Pane yaitu menu yang dipakai sebagai penampil catatan dalam slide.

Slide Area

Slide Area yaitu menu yang dipakai sebagai penampil slide dari dokumen.

Tombol View

Tombol View yaitu menu yang dipakai sebagai pengatur tampilan slide.

Zoom Controls

Zoom Controls yaitu menu yang dipakai untuk mengatur ukuran slide – zoom in memperbesar dan zoom out memperkecil.

Sejarah Microsoft Power Point

Sejarah Microsoft Power Point

Program yang digunakan untuk mempresentasikan sebuah dokumen ini merupakan program yang dikembangkan oleh Dennis Austin dan Thomas Rudkin. Keduanya adalah pekerja dari Forethought Inc.

Awalnya, salah satu program unggulan Microsoft ini tidak diperkenalkan dengan nama MS PowerPoint, tetapi Presenter. Karena terjadi masalah dengan merek dagang, akhirnya program ini menggunakan nama MS PowerPoint.

Penggantian nama dilakukan pada tahun 1987 atas saran Robert Gawkins. Karena inovasi dari dua orang tersebut berhasil menarik minat Microsoft untuk membeli perusahaan di mana Dennis dan Thomas bernaung.

Dengan menggelontorkan dana sebesar $14 juta, maka Forethought resmi dibeli oleh Microsoft dan menjadi salah satu unit bisnis grafisnya. Sejak itu, Forethought menjadi salah satu unit bisnis yang terus mengembangkan sejumlah software dan program menarik terkenal.

MS PowerPoint pertama kali diluncurkan pada tahun 1990 bersamaan dengan perilisan Windows 3.0. Pada saat itu, MS PowerPoint belum secanggih dan sebaik sekarang. Program yang hanya memiliki fitur untuk mengoperasikan pada slide berikutnya saja.

Sejarah Microsoft Power Point

Namun, rupanya para inovator yang menggarap PowerPoint tidak berhenti untuk melakukan perubahan. Dibuktikan dengan keluarnya PowerPoint 97 yang ditambah dengan fitur transisi untuk membuat hasil presentasi lebih menarik.

Anda juga dapat mengatur waktu dari setiap slide yang ada. Seiring perkembangan teknologi, Microsoft juga memperkenalkan versi terbaru dari PowerPoint, PowerPoint 2007.

Dimana versi ini, PowerPoint sudah menggunakan jenis interface “ribbon” yang lebih menarik dan efisien bagi para penggunanya. Pihak Microsoft juga selalu melakukan pengembangan produk.

Tidak terkecuali dengan MS PowerPoint yang mendapat penyempurnaan dan juga tambahan fitur di setiap versi terbarunya. Tentu saja fitur-fitur yang ada di MS PowerPoint adalah yang terbaru dan lebih memudahkan para pengguna dalam mengoperasikannya.

Sedangkan versi terbaru dari PowerPoint sendiri baru dirilis Microsoft pada tahun 2019 sekarang. Lebih lanjutnya, PowerPoint baru merilis versi PowerPoint365 yang  bisa digunakan pada program Office 365. Semakin keren bukan program untuk presentasi ini.

Baca juga : Komputer Server

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Microsoft Powerpoint, semoga bermanfaat dan mudah dipahami.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close