Teknologi

Apa Itu Pengertian Microsoft Outlook : Fungsi dan Manfaatnya

Microsoft Outlook adalah salah satu layanan pengelola email yang memungkinkan Anda untuk bisa masuk ke server email, dan dari aplikasi ini. Sehingga tidak harus mengunjungi halaman pengelola email terlebih dahulu, seperti Yahoo, Gmail, atau penyedia email lain.

Tambahannya juga bisa mengelola lebih dari satu akun email. Sehingga hanya dengan satu aplikasi, sudah bisa membuka banyak email secara lebih cepat dan mudah.

Apa Itu Pengertian Microsoft Outlook : Fungsi dan Manfaatnya

Namun untuk melakukan hal tersebut, Anda harus mengkonfigurasi layanan pengelola email dengan benar, sehingga dapat mengirim dan menerima pesan di Outlook. Untuk itu, Anda juga harus memiliki informasi yang spesifik berikut ini mengenai akun email agar dapat mengkonfigurasi Outlook secara manual. Simak penjelasan mengenai Pengertian Microsoft Outlook di bawah ini.

Ada 2 macam versi dari Outlook yaitu :

  • Microsoft Outlook
  • Microsoft Outlook Express

Microsoft Outlook Express yaitu versi kecil dari Outlook yang pertama kali dirilis dengan Windows 98. Aplikasi Microsoft Outlook tidak hanya bisa digunakan di PC/Komputer saja, melainkan di semua perangkat windows.

Contohnya Outlook Mobile, yang dapat menghubungkan data Outlook ke smartphone,

Ada juga add ons tambahan yang bisa menghubungkan Outlook dengan Blackberry dan perangkat handphone lainnya.

Baca juga : Apa Itu Microsoft Power Point ?

Fungsi Microsoft Outlook

Fungsi Microsoft Outlook

Fungsi  dan Kegunaan Microsoft Outlook Sebagai aplikasi pengelola email,

Microsoft Office Outlook memiliki manfaat sebagai berikut :

  • Membaca email secara offline Untuk mengirim email dengan cepat
  • Mencadangkan email di PC
  • Melakukan penjadwalan
  • Membuat dan mengatur address book (buku alamat)

Kelebihan Microsoft Outlook Microsoft Outlook memiliki keunggulan sebagai berikut :

  • Memiliki tampilan yang simpel dan elegan
  • Memiliki fitur undo untuk mengembalikan perintah yang baru saja dilaksanakan
  • Dapat terhubung dengan social media
  • Diberikan kapasitas SkyDrive sebesar 7GB
  • Dapat mengedit dokumen office di SkyDrive secara langsung
  • Dapat memisahkan email masuk sesuai kategori yang diinginkan
  • Memiliki sistem pembersih spam yang mumpuni
  • Dapat sinkronisasikan dengan smartphone
  • Dapat digunakan untuk melakukan video call dengan Skype

Baca juga : Apa Itu Microsoft Word ?

Cara Menambahkan Email di Microsoft Outlook

Cara Menambahkan Email di Microsoft Outlook

Menambahkan akun email di Outlook

Meski sebagian besar orang menambahkan akun email saat menjalankan Outlook pertama kalinya, akun email pertama dan tambahan bisa ditambahkan kapan saja. Berikut contohnya

1) Klik tab File.

2) Di bawah Informasi Akun, klik Tambahkan Akun.

3) Masukkan nama, alamat email, dan kata sandi, lalu klik berikutnya.

Jika Anda memasukkan alamat email yang diakhiri dengan outlook.com atau msn.com, maka Anda harus menggunakan Microsoft Outlook Hotmail Connector untuk menambahkan akun email.

Saat komputer Anda terhubung ke domain jaringan untuk suatu organisasi yang menggunakan Microsoft Exchange Server, maka informasi email Anda akan disisipkan secara otomatis. Kotak kata sandi tidak muncul karena kata sandi jaringan Anda yang digunakan.

Sebuah indikator kemajuan muncul saat akun Anda dikonfigurasi. Proses penyetelan tersebut bisa membutuhkan waktu dalam beberapa menit.

Jika usaha awal untuk mengkonfigurasi akun gagal, usaha kedua bisa dilakukan menggunakan koneksi tanpa di enkripsi ke server email. Jika Anda melihat pesan ini, klik Berikutnya untuk melanjutkan. Jika koneksi tanpa di enkripsi gagal, maka akun email Anda tidak bisa dikonfigurasi secara otomatis.

Lalu Klik Coba Lagi, atau pilih kotak centang Konfigurasi pengaturan server secara manual.

Untuk informasi lengkap, maka lihat Menambahkan akun email dengan menggunakan pengaturan tingkat lanjut.

Setelah akun berhasil ditambahkan, Anda bisa menambahkan lebih banyak akun dengan mengklik Tambahkan akun lain.

Baca juga : Apa Itu Microsoft Excel ?

Kegunaan dan Manfaat Microsoft Outlook

Kegunaan dan Manfaat Microsoft Outlook

Banyak manfaat yang bisa diperoleh jika mendownload email yang ada di mailbox ke program email client, seperti Outlook Express, Ms Outlook, Netscape, Opera dan lain-lainnya, antara lain:

1) Anda dapat membaca email secara offline.

2) Memiliki backup email di PC.

3) Proses pengambilan dan pengiriman email yang lebih cepat.

Untuk bersaing dengan pesaingnya yaitu Yahoo Mail dan Gmail akhirnya Microsoft melakukan perubahan besar pada layanan Emailnya . Outlook.com sebagai pengganti layanan Hotmail diharapkan bisa mengambil hati pengguna email yang saat ini yang didominasi oleh Yahoo Mail dan Gmail.

Hotmail masih penguasa pasar dengan menguasai 36 persen pasar layanan email dunia. Namun dengan GMail dengan cepat mengejar penguasaan karena menguasai 31 persen. Pemain lain Yahoo statis dengan 34 persen.Tentunya ada beberapa kelebihan yang ditawarkan Microsoft terkait layanan Outlook ini.

Berikut beberapa kelebihan Email Outlook tersebut :

  • Tampilan baru lebih elegan dan simpel
  • Dapat terhubung dengan social  media
  • Dapat melihat dan mengedit dokumen Office yang telah terintegrasi dengan layanan media penyimpanan awan SkyDrive.
  • Kapasitas SkyDrive 7 GB.
  • Bisa membuat folder tersendiri untuk memisahkan pesan email yang masuk sesuai kategori yang kita inginkan.
  • Pembersih spam yang handal

Dengan berbagai kelebihan Microsoft berharap mempertahankan pangsa pasarnya, dan bisa meningkatkan-nya. Seperti diketahui sebelumnya Outlook adalah sebuah nama yang familiar karena telah menjadi platform offline email milik Microsoft.

Kegunaan Microsoft Outlook

Kegunaan Microsoft Outlook

Selain itu Microsoft Outlook juga mempunyai kegunaan dan manfaat sebagai berikut :

1. Penggunaan Kalender Elektronik (electronic calendar)

Kalender elektronik yaitu penggunaan peralatan elektronik untuk mencatat, menyimpan, dan meng-akses kalender acara dan kegiatan para pimpinan. Perangkat lunak kalender elektronik terpadu dengan software e-mail (misalnya Microsoft Outlook) dengan fasilitas memasukkan kegiatan harian, meng-edit kegiatan, memeriksa kembali, mencetak, dan memberi alarm pada kegiatan penting, dan sebagainya.

Kalender elektronik dapat dipasang pada jaringan sehingga memungkinkan kolaborasi jadwal beberapa pimpinan dan staff, contoh akan diadakan rapat maka program kalender dapat memeriksa semua jadwal yang ada sehingga dapat dipilih waktu luang dimana setiap orang bisa hadir. Walau demikian acara tertentu bisa di-proteksi sehingga tidak bisa diakses oleh orang lain.

Dalam dunia perkantoran, yang membutuhkan banyak sumberdaya, salah satunya adalah kertas, bahkan kadang sumberdaya tersebut terbatas adanya sehingga dibutuhkan suatu kebijakan atau program yang dapat mengurangi penggunaan sumberdaya tersebut, seperti Program Eco Office (Kantor Berwawasan Lingkungan), dimana salah satu program kerjanya yaitu penggunaan kertas secara bolak balik.

Microsoft sebagai salah satu pengembang perangkat lunak dengan salah satu brand untuk pekerjaan perkantoran seperti Microsoft Office yang di dalamnya terdapat sebuah program dengan nama Microsoft Outlook. Microsoft Outlook menjadi sebuah program email client berfungsi mengefisienkan proses komunikasi via email. Program tersebut dikhususkan untuk aktifitas kirim dan terima email yang disetting pada sebuah komputer client. Selain outlook, juga banyak program email client lainnya seperti eudora, incridibl email, fivemail, office outlook, pegasus mail, dan lain-lainnya. Dari semua program-program tersebut berfungsi sama, mungkin perbedaannya hanya pada tampilan, tools-tools, dan lain sebagainya.

Microsoft Outlook atau Microsoft Office Outlook atau Outlook yaitu sebuah program personal information manager dari Microsoft, dan bagian dari suite Microsoft Office. Walau hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surel, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama.

2. Memiliki fungsi mengatur

memilah email ke dalam folder yang sesuai dengan segera , tanpa usaha dari pihak lain. Artinya bisa melihat pesan-pesan yang berhubungan di waktu yang telah diberi tanda untuk diperhatikan daripada menghabiskan tambahan waktu memilah-milah inbox yang membengkak . Juga menjadi cara bagus untuk memisahkan email pribadi dari email yang berhubungan dengan pekerjaan.

Manfaat lebih kalau membuka email (Gmail, Yahoo, Hotmail, dan lain-lain ) menggunakan software mail client seperti Microsoft Outlook, diantaranya akses akan lebih cepat karena tidak perlu membuka browser untuk login, tanpa iklan dan tanpa popup, selain itu juga masih bisa membuka arsip email tanpa harus terhubung ke internet.

3. Membaca Email

Untuk membaca email pastikan jika Outlook berada pada folder “Inbox”, cukup dobel klik pada pesan yang ingin dibaca. Pesan akan terbuka pada jendela baru.

Untuk mengetahui adanya pesan baru, pada windows toolbar di sudut kiri monitor akan diberi tanda amplop yang diiringi dengan suara “ding” sebagai bunyi default untuk email yang tiba pada Outlook tersebut.

Baca juga : Sejarah Komputer

Demikianlah ulasan singkat mengenai Pengertian Microsoft Outlook, semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close