Teknologi

Apa Itu Pengertian Machine Learning : Konsep Dasar & Cara Kerja

Selain untuk memajukan kehidupan manusia, perkembangan teknologi yang semakin lama semakin berkembang telah melahirkan sebuah kata yang simbolik yang sering didengar, yang salah satunya seperti Machine Learning atau Pembelajaran Mesin. Namun, tahukah Anda apa sebenarnya Machine Learning itu? Dan apa pula perannya dalam dunia teknologi masa kini?. Berikut ini Pengertian machine learning yang bisa diketahui:

Pengertian Machine Learning

Pengertian Machine Learnin

Machine Learning sendiri adalah metode analisis data yang mengotomatisasi pembuatan model analitik. Hal ini yaitu cabang dari AI (Artificial Intelligence / Kecerdasan Buatan) yang berdasarkan pada ide bahwa mesin seharusnya bisa belajar dan beradaptasi lewat pengalaman.

Fokus besar penelitian Machine Learning yaitu bagaimana mengenali secara otomatis pola kompleks dan membuat keputusan cerdas berdasarkan dari data. Mesin dalam hal ini memiliki arti “sistem” bukan mesin mekanik secara harfiahnya.

Contoh Machine Learning seperti Aplikasi Pengenalan Gambar, Aplikasi Asisten Pribadi seperti Siri, Bixby dll, Chat Bot, Pengenal Wajah, Mobil otonom dan domain spesifik lainnya.

Baca juga : Apa Itu Kecerdasan Buatan ?

Peran Data Dalam Machine Learning

Peran Data Dalam Machine Learning

Machine Learning bukan tanpa data, artinya semua aplikasi Machine Learning membutuhkan data sebagai bahan training dan untuk di analisa sehingga mampu untuk mengeluarkan Output.

Sebelum aplikasi Machine Learning bisa bekerja, maka membutuhkan data untuk “latihan”. Hasil training nanti akan diuji atau di tes dengan data yang sama atau bertolak belakang.

Baca juga : Apa Itu Komunikasi Daring ?

Sejarah Machine Learning

Sejarah Machine Learning

Pertama kali komputer diciptakan, manusia sudah memikirkan bagaimana caranya agar komputer bisa belajar dari pengalaman. Hal tersebut terbukti pada tahun 1952, sosok Arthur Samuel menciptakan sebuah program, Game of Checkers, pada sebuah komputer IBM. Program tersebut mempelajari gerakan untuk memenangkan permainan checkers dan menyimpan gerakan kedalam memorinya.

Baca juga : Apa Itu Internet of Things ?

Sisi Positif Machine Learning

Sisi Positif Machine Learning

Salah satu dampak positif dari Machine Learning yaitu menjadi peluang bagi para wirausahawan dan praktisi teknologi untuk berkarya dalam mengembangkan teknologi Machine Learning. Dengan adanya aktivitas yang harus dilakukan manusia menjadi salah satu dampak positif Machine Learning.

Contohnya yaitu adanya fitur pengecekan ejaan untuk tiap bahasa pada Microsoft Word. Pengecekan secara manual memakan waktu berhari-hari dan melibatkan banyak tenaga untuk mendapatkan penulisan yang sempurna. Namun dengan bantuan fitur pengecekan ejaan tersebut, maka secara real-time bisa melihat kesalahan yang terjadi pada saat pengetikan dilakukan.

Membuat Kualitas Hidup Semakin Baik

Dalam Konferensi AWS re:Invent 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), menyebutkan jika teknologi Machine Learning membuat kualitas hidup manusia menjadi lebih baik dan menjadi lebih produktif. Ia menilai kehadiran teknologi machine learning bisa meringankan beban manusia dari berbagai hal rutin yang tidak disukai.

Manusia sangat suka menciptakan berbagai hal dan tidak suka melakukan hal yang sama secara berulang-ulang, karena lebih menikmati melakukan berbagai hal yang benar-benar penting bagi mereka.

Kehadiran Machine Learning ini bisa membuat manusia lebih fokus menciptakan berbagai hal yang penting, sedangkan Machine Learning bisa membantu manusia melakukan berbagai hal lainnya.

Baca juga : Layanan Voip

Konsep Dasar dan Cara kerja Machine Learning

Konsep Dasar dan Cara kerja Machine Learning

Secara fundamental cara kerja machine learning yaitu belajar seperti manusia dengan menggunakan contoh dan setelah itu baru dapat menjawab suatu pertanyaan terkait. Proses belajar yang menggunakan data yang disebut train dataset. Berbeda dengan program statis, machine learning diciptakan untuk membentuk program yang bisa belajar sendiri.

Dari data tersebut, lalu komputer akan melakukan proses belajar untuk menghasilkan suatu model. Proses belajar menggunakan algoritma machine learning sebagai penerapan teknik statistika. Model ini yang menghasilkan informasi, lalu dapat dijadikan pengetahuan untuk memecahkan suatu permasalahan sebagai proses input-output. Model yang dihasilkan bisa melakukan klasifikasi atau prediksi kedepannya.

Untuk memastikan efisiensi model yang terbentuk, maka data akan dibagi menjadi data pembelajaran dan data pengujian. Pembagian data yang digunakan bervariasi tergantung algoritma yang digunakan. Umumnya train dataset lebih banyak dari test dataset, seperti dengan rasio 3:1. Test dataset digunakan untuk menghitung seberapa efisien model yang dihasilkan dalam melakukan klasifikasi dan prediksi kedepan dan disebut test score. Semakin banyak data yang digunakan, maka test score yang dihasilkan akan semakin baik. Nilai test score dalam rentang 0-1.

Metode Algoritma Machine Learning

Metode Algoritma Machine Learning

Supervised Machine Learning Algorithms

Supervised machine learning yaitu algoritma machine learning yang menerapkan informasi yang telah ada pada data dengan memberikan label tertentu, seperti data yang telah diklasifikasikan sebelumnya . Algoritma mampu memberikan target terhadap output yang dilakukan dengan membandingkan pengalaman belajar di masa lalu.

Unsupervised Machine Learning Algorithms

Unsupervised machine learning yaitu digunakan pada data yang tidak mempunyai informasi yang dapat diterapkan secara langsung atau tidak terarah. Algoritma diharapkan mampu menemukan struktur tersembunyi pada data yang tidak berlabel.

Semi-supervised Machine Learning Algorithms

Semi-supervised machine learning yaitu algoritma yang digunakan untuk melakukan pembelajaran data berlabel dan tanpa label. Sistem yang menggunakan metode ini bisa meningkatkan efisiensi output yang dihasilkan.

Reinforcement Machine Learning Algorithms

Reinforcement machine learning yaitu algoritma yang mempunyai kemampuan untuk berinteraksi dengan proses belajar yang dilakukan, algoritma akan memberikan poin (reward) saat model yang diberikan semakin baik atau mengurangi poin saat model yang dihasilkan semakin buruk. Salah satu penerapannya yaitu pada mesin pencari.

Penerapan Dalam Berbagai Industri

Penerapan Dalam Berbagai Industri

Saat ini pengaplikasiannya dikatakan sudah banyak diterapkan di sekeliling orang. Penerapan dari teknologi yang mau tidak mau pasti sudah dirasakan oleh masyarakat secara luas. Karena, saat ini ilmu mesin AI menjadi sesuatu yang sudah diterapkan dalam berbagai industri dan bidang seperti berikut ini.

Di Bidang Kedokteran

Salah satu penerapan kecerdasan buatan bisa ditemukan di bidang kedokteran. Misalnya dalam mendeteksi penyakit yang terjadi pada seseorang melalui gejala yang dilihat atau dirasakan. Seperti pada penggunaan rekaman elektrokardiogram untuk mendeteksi adanya penyakit jantung. Dari hal ini, bisa dilihat bahwa machine learning menjadi suatu hal yang penting dalam kemajuan bidang kedokteran dan upaya peningkatan kesehatan.

Di Bidang Computer Vision

Computer vision merupakan proses bagaimana komputer atau mesin dapat melihat. Dalam hal ini mempelajari bagaimana mesin atau komputer mengekstrak informasi dari gambar tertentu untuk menyelesaikan suatu tugas. Seperti penerapannya dalam bidang ini yaitu penerapan pengenalan wajah serta pelabelan wajah seperti yang ada pada Facebook.

Di Bidang Information Retrieval

Information retrieval atau IR merupakan proses mencari untuk lalu mendapatkan apa yang dicari. Dalam bidang ini, machine learning bisa ditemukan dalam banyak hal. Contohnya pada penerjemahan bahasa pada komputer. Dan biasanya diterapkan dalam proses mengubah suara menjadi teks dan sistem filter spam di email.

Baca juga : Apa Itu Startup ?

Demikian penjelasan dan ulasan mengenai Pengertian machine learning, semoga  menjadi manfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close