Pendidikan

Apa Itu Pengertian Konspirasi : Teori, Contoh dan Tujuan

Dunia ini tidak terlepas dari yang namanya sebuah konspirasi, apakah hal tersebut yang terjadi dalam hal kehidupan sehari – hari dan juga pemerintahan. Ada banyak hal yang bisa dijadikan konspirasi, untuk itu berikut akan dibahas mengenai Pengertian Konspirasi yang bisa diketahui.

Definisi konspirasi adalah persekongkolan sekelompok orang yang mana dalam merencanakan sebuah kejahatan yang dilakukan dengan rapi dan sangat di rahasiakan. Pelaku konspirasi disebut dengan konspirator.

Apa Itu Pengertian Konspirasi : Teori, Contoh dan Tujuan

Contoh konspirasi dalam pemerintahan di desa, sekelompok warga desa dan wakil kepala desa tidak suka dengan kepala desa. Kepala desa tersebut lalu di fitnah oleh sekelompok warga desa dan wakil kepala desa. Kepala desa di fitnah telah menodai seorang janda di desa tetangga. Dan tujuan memfitnah tersebut yaitu untuk menghasut warga desa guna menurunkan paksa kepala desa tersebut dari jabatannya.

Lalu konspirasi di kerjakan secara mulus dan rapi sehingga orang tidak mengetahuinya sedikit pun. Hal ini yang membuatnya sulit untuk membuktikan konspirasi. Orang-orang mungkin hanya mampu menebak dan menduga apa yang akan terjadi berikutnya. Karena itu, munculah teori konspirasi.

Baca juga : Apa Itu Politik ?

Pengertian Teori Konspirasi

Pengertian Teori Konspirasi

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, secara bahasa konspirasi dapat di artikan sebagai persekongkolan atau komplotan. Namun menurut kamus Oxford, teori konspirasi memiliki definisi ‘keyakinan bahwa beberapa organisasi rahasia yang memiliki pengaruh luas yang bertanggung jawab atas suatu peristiwa atau kejadian.’ Pada tahun 1999 dalam bukunya yang berjudul 20th century words, John Ayto menjelaskan bahwa definisi teori konspirasi yaitu sebuah penjelasan tentang suatu peristiwa atau kejadian yang menimbulkan konspirasi yang tidak beralasan, yang dilakukan oleh orang-orang yang berpengaruh. Pada umumnya, konspirasi melibatkan hal-hal yang berbahaya dan terbilang ilegal.

Suatu teori konspirasi yaitu teori yang berusaha menjelaskan rencana-rencana atau fakta kejahatan yang sebenarnya terjadi dibalik sebuah peristiwa.

Seperti contoh diatas, sebagian warga desa yang berpikir kritis tidak akan percaya begitu saja dengan fitnah tersebut. Dan sebagian warga desa tersebut pastinya akan mencari tahu dahulu kebenaran dan fakta sehingga akan memunculkan teori konspirasi jika isu menodai janda desa tetangga hanyalah cara untuk menjatuhkan kepala desa dari jabatannya. Dan hal ini akan dijadikan sebagai teori selama belum dapat dibuktikan kebenarannya. Dan jika telah terbukti kebenarannya sesuai dengan teori, maka teori konspirasi tersebut baru bisa dikatakan sebagai kebenaran.

Baca juga : Apa Itu Demokrasi ?

Contoh Teori Konspirasi

Contoh Teori Konspirasi

Banyak teori konspirasi yang bermunculan di dunia. BErikut ini adalah lebih dari satu contoh teori konspirasi didunia yaitu:

  • Rencana zionis (new global order).
  • Pembunuhan tokoh dunia seperti kematian John F. Kenedy, kematian Paul McCartney, kematian Putri Diana dan sebagainya.
  • Hoax Pendaratan di bulan.
  • Pembantaian bangsa yahudi oleh pemerintah Jerman pada jaman perang dunia ke 2.
  • Sebuah serangan teroris yang berlangsung pada gedung kembar WTC (World Trade Center) di New York pada tanggal 11 September 2001.
  • Adanya sekte pemujaan setan yang sekarang banyak didengar seperti freemason, illuminati dan lain sebagainya.
  • Penampakan bentuk UFO .
  • Ramalan kiamat 2012 yang tujuanya hanya cuma untuk meningkatkan rating film tersebut.

Baca juga : Apa Itu Norma ?

Tujuan Melakukan Konspirasi

Tujuan Melakukan Konspirasi

Semua tujuan melakukan konspirasi tentu berbeda-beda sesuai dengan kepentingan dan tujuan yang ingin dicapai oleh kelompok atau orang yang berkuasa. Secara umum konspirasi dilakukan untuk menyalahkan suatu pihak atau untuk membuat suatu alasan tertentu. Misalnya adalah saat seseorang mengikuti pemilihan umum lalu kalah, ia kehilangan uang, dan pengaruh, maka ia memerlukan sesuatu untuk menjelaskan atau disalahkan sebagai penyebab kekalahannya.

Teori konspirasi yang paling umum yaitu teori yang mengikuti perkembangan arus politik. Seringnya, partai oposisi dan para pendukungnya cenderung lebih percaya mengenai persekongkolan jahat, ketimbang mempercayai kelompok berkuasa. Karena itu kenapa kemudian teori-teori konspirasi di jagat politik sering muncul bersamaan dengan masa pemilihan umum atau pemilihan presiden. Namun demikian, hal tersebut tidak bermaksud merendahkan mereka yang percaya teori konspirasi saat mengatakan hal tersebut.

Sementara, berdasarkan riset yang tayang di Social Psychiatry and Psychiatric Epidemiology tahun 2017 menyebutkan bahwa rata-rata orang di AS dengan pendapatan rumah tangga lebih kecil, lebih meyakini adanya teori konspirasi, dibanding mereka yang berpendapatan lebih besar.

Selain itu, mereka yang percaya teori konspirasi tidak terlalu percaya bahwa dunia adalah tempat yang berbahaya. Namun begitu, mereka cenderung setuju bahwa ada “tanda-tanda” yang mengarahkan dunia ini menuju ke kekacauan. Mereka juga meyakini bahwa objek non-manusia, seperti simbol segitiga di suatu tempat, seperti, telah sengaja dibuat sedemikian rupa dengan tujuan tertentu.

Baca juga : Apa Itu Konsep ?

Namun kembali lagi persoalannya, ada beberapa teori konspirasi lain yang kelak dapat dibuktikan kebenarannya. Hal tersebut menjadi tanda tanya besar, dan tidak menutup kemungkinan kehidupan ini khususnya juga sudah menjadi konsprasi pihak tertentu.

Semoga penjelasan mengenai  Pengertian Konspirasi menjadi manfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close