Umum

Apa Itu Pengertian Konsep : Fungsi, Unsur, dan Karakteristik

Apakah kalian sudah mengetahui pengertian dari konsep? Sebenarnya, istilah konsep memiliki hubungan erat dengan kehidupan sehari-hari karena sebelum melakukan atau membuat suatu kegiatan, pastinya kita memerlukan sebuah konsep agar kegiatan yang akan dilakukan berjalan secara teratur sesuai dengan apa yang telah diatur. Sebagai contoh saat seseorang ingin membuat rumah, pastinya orang tersebut menyusun konsep berupa gambaran bentuk rumah yang diinginkan.

Perlu diketahui juga bahwa banyak orang yang menganggap antara konsep dan teori itu sama padahal jika dilihat dari pengertian dan ruang lingkupnya saja sudah jelas berbeda. Untuk lebih jelasnya lagi, di dalam artikel ini akan diulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan konsep mulai dari pengertian, fungsi, unsur, dan karakteristik dari konsep. Oleh karena itu, simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Konsep Diri

Pengertian Konsep

Pengertian Konsep

Kata konsep berasal dari bahasa Latin yaitu Conceptum  yang berarti sesuatu yang dapat dipahami. Dalam bahasa Jerman, konsep disebut dengan istilah Hund,dalam bahasa Spanyaol, konsep disebut dengan istilah Perro, sedangkan dalam bahasa Perancis, konsep disebut dengan stilah Chien. Konsep adalah suatu gagasan atau ide bahkan ada yang menyebutkan sebuah gambaran mental yang direpresentasikan dalam sebuah kata atau simbol. Konsep dapat dikatakan sebagai bagian-bagian dalam pengetahuan yang dibentuk atau dibuat dari berbagai macam karakter.

Adapula yang menyebutkan jika konsep merupakan suatu representasi abstrak dan umum mengenai sesuatu yang bertujuan untuk menjelaskan suatu gagasan, ide, benda, maupun peristiwa. Dengan adanya konsep, akan mempermudah manusia dalam menjalin hubungan dan berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, dengan adanya konsep dapat membuat manusia berpikiran secara jernih dan berpikir lebih baik lagi untuk kedepannya.

Biasanya banyak yang menganggap jika konsep memiliki pengertian yang sama dengan teori. Hal itu dikarenakan konsep dan teori merupakan dua kata yang serupa yang biasan kita temui di akademisi. Namun sebenarnya antara konsep dan teori itu berbeda. Berikut perbedaan dari konsep dan teori yang dilihat dari pengertian, alami, dan penerapannya:

  • Pengertian
    Konsep : merupakan ide abstrak, gagasan umum atau pemahaman tentang sesuatu
    Teori     : merupakan prinsip umum yang menjelaskan suatu fenomena secara ilmiah
  • Alami
    Konsep : merupakan gambaran mental
    Teori     : seringkali disajikan sengan menggunakan sebuah model
  • Penerapan
    Konsep : digunakan dalam berbagai macam bidang seperti linguisti, ilmu pengetahuan, filsafat, dan sebagainya.
    Teori : digunakan dalam bidang sains

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai pengertian dari konsep, berikut akan dipaparkan beberapa pendapat mengenai pengertian konsep yang dijelaskan oleh beberapa ahli:

Pengertian Konsep

1. Bahri

Menurut Bahri menyatakan bahwa konsep adalah salah satu arti sebagai perwakilan dari sejumlah objek-objek yang memiliki sebuah ciri yang sama. Orang yang memiliki suatu konsep dalam hidupnya dapat melakukan abstraksi kepada objek-objek yang akan dihadapi sehingga objek tersebut dapat ditempatkan di dalam golongan-golongan tertentu. objek-objek tersebut muncul pada kesadaran seseorang dalam bentuk representasi mental yang tidak memiliki raga.

2. Soedjaji

Menurut Soedjaji menyatakan bahwa konsep memiliki arti yaitu sebuah ide abstrak yang dapat dipakai untuk melakukan suatu klasifikasi yang biasanya dinyatakan dalam bentuk rangkaian kata (lambang bahasa) atau sebuah istilah.

3. Singarimbun dan Effendi

Menurut Singarimbun dan Effendi menyatakan bahwa konsep diartikan sebagai suatu generalisasi dari sekelompok fenomena tertentu dimana digunakan sebagai acuan untuk menggambarkan berbagai macam fenomena yang sama. Konsep juga dapat diartikan sebagai suatu kesatuan dari pengertian akan suatu hal atau persoalan yang telah dirumuskan.

4. Aristoteles

Dalam buku karangan Aristoteles yang berjudul The Classsical Theory of Concepts mengatakan bahwa konsep adalah penyusun utama dalam pembentukan pengetahuan ilmiah dan filsafat pemikiran manusia.

5. Woodruff

Pengertian konsep menurut Woodruff terbagi menjadi tiga yaitu:

  • Konsep didefinisikan sebagai suatu gagasan atau ide yang relatif sempurna dan bermakna
  • Konsep merupakan pengertian mengenai suatu objek
  • Konsep adalah suatu produk subjektif yang bersumber dari cara seseorang dalam membuat pengertian terhadap objek-objek melalui pengalamannya.

Baca juga : Pengertian Etiket

Fungsi Konsep

Fungsi Konsep

Setelah memahami pengertian dari konsep, maka akan dibahas mengenai fungsi dari konsep. Secara garis besar, konsep memiliki fungsi untuk memberikan gambaran atau penjelasan mengenai sesuatu. Adapun fungsi dari konsep sebagai berikut:

 Fungsi kognitif

Konsep dari kognitif adalah suatu kemampuan yang dimiliki manusia untuk berpikir secara optimal sepanjang hidupnya. Dengan membuat konsep maka fungsi kognitif seseorang akan menjadi lebih baik lagi dan teratur

Fungsi evaluatif

Dengan membuat konsep muncul suatu proses evaluatif yaitu suatu proses yang dilakukan manusia dalam menentukan nilai akan suatu hal atau objek tertentu. Proses tersebut akan menjadi ilmu pengetahuan yang baru dalam kehidupan sehari-harinya.

Fungsi operasional

Konsep operasional adalah suatu kemampuan manusia dalam melakukan proses suatu penelitian terhadap objek tertentu. Dalam proses yang menggunakan konsep operasional dibutuhkan suatu dasar yang kuat dalam melakukannya sehingga dengan adanya konsep maka proses operasional akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Fungsi komunikasi

Konsep komunikasi merupakan suatu kemampuan yang dimiliki manusia dalam menjelaskan suatu gagasan atau ide atas suatu objek ataupun peristiwa. Dalam hal ini di dalam konsep muncul adanya proses komunikasi yang bertujuan untuk berhubungan dengan orang lain terkait gagasan atau ide tentang objek tertentu.

Unsur-Unsur Dalam Konsep

Unsur-Unsur Dalam Konsep

Dapal pembuatan sebuah konsep terdapat beberapa unsur-unsur yang membangun di dalamnya. Adapun unsur-unsur dalam konsep sebagai berikut:

Nama

Dalam menjelaskan suatu ide atau gagasan terdapat satu kalimat sebagai inti dari pembahasan suatu objek.

Contoh : Kalimat “sayur sawi” mewakili dari sebuah tanaman sayur-sayuran

Contoh positif dan negatif

Dalam menjelaskan suatu ide ataupun gagasan terdapat suatu perbandingan terkait analisis dari suatu objek yang memiliki sisi positif dan negatif berdasarkan karakteristiknya.

Contoh: Kalimat “Rumah ibadat” jika dilihat dari sisi positif diantaranya Masjid, Gereja, Wihara. Sedangkan jika dilihat dari sisi negatif berarti Gadang, Joglo, Panggung, dan sebagainya.

Karakteristik pokok

Berfungsi untuk menciptakan sebuah aturan yang digunakan untuk menentukan sebuah contoh dari objek termasuk dalam sebuah konsep maupun bukan konsep.

Contoh: Karakteristik dari rumah yaitu memiliki atap rumah, dinding rumah, pilar rumah, dan lantai rumah.

Rentangan karakteristik

Berfungsi untuk membatasi suatu konsep pada sebuah objek tertentu, diantaranya:

a. Superordinat

Yaitu suatu konsep yang dapat dihubungkan dengan konsep lain secara luas.

Contoh : Kalimat “tempat tinggal” merupakan bagian dari kalimat yaitu “rumah”.

b. Koordinat


Yaitu suatu konsep yang saling berkaitan dengan konsep-konsep lainnya

Contoh : kalimat “rumah kos” dikatakan setara dengan kalimat yaitu “rumah dinas”

c. Subordinat

Yaitu suatu konsep yang dapat dihubungkan dengan konsep lainnya yang lebih kecil lagi

Contoh: kalimat “rumah” merupakan bagian kecil dari kalimat “tempat tinggal”.

Karakteristik Konsep

Karakteristik Konsep

Setiap konsep memiliki karakteristik yang membedakannya dari yang lain sheingga dapat dikenal dengan mudah. Adapun karakteristik dari konsep sebagai berikut:

  • Konsep memiliki sifat abstrak yang merupakan sebuah gambaran mental terkait benda, kegiatan maupun peristiwa
  • Secara umum, konsep dapat dikatakan sebagai kumpulan dari berbagai benda dengan karakteristik dan kualitas tertentu.
  • Konsep bersifat personal yang membuay pemahaman seseorang akan suatu hal berbeda dengan pemahama orang lain.
  • Konsep dapat diketahui melalui proses belajar dari pengalaman seseorang.

Nah itulah informasi mengenai apa itu konsep mulai dari pengertian, fungsi, unsur, dan karakteristik dari konsep. Semoga apa yang disampaikan di dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda sekaligus juga menambah wawasan mengenai pengertian dari konsep agar tidak lagi menyamakannya dengan teori karena keduanya itu berbeda.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close