Pendidikan

Apa Itu Pengertian Istiqomah : Tips dan Manfaat Istiqomah

Pernah mendengar istilah dari istiqomah?. Istiqomah adalah bagian dari merebut kesuksesan dalam banyak hal. Istiqomah sebagai parameter kesuksesan perlu ditekuni dan konsisten, untuk menunjang sikap move on dari keterpurukan hidup.

Istiqomah merupakan parameter kesuksesan hidup. Maka tabi’at umum manusia berangan memiliki sikap istiqomah dalam seluruh aspek kehidupannya. Esensi kehidupan ditopang dari perbuatan amal baik, namun amal baik bukan jaminan kesuksesan jika tidak istiqomah.

Apa Itu Pengertian Istiqomah : Tips dan Manfaat Istiqomah

Orang yang istiqomah akan memiliki mental optimistis. Ia tidak akan kagetan dan tidak mudah terombang ambing dalam masalah. Orang yang istiqomah akan jauh dari sikap keputusasaan. Golongan ini dijamin oleh Allah dengan kebahagiaan surga.

Firman Allah, surat Al Fussilat ayat 30 :

ان الذين قالوا ربنا الله ثم استقامو تتنزل عليهم الملئكة الا تخافوا ولا تحزنوا وابشروا بالجنة التى كنتم توعدون ( الفصلت :٣٠ )

“ Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: Tuhan kami ialah Allah kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu ”

Kesuksesan amal seseorang, tidak diukur dari aspek kuantitas semata. Ibadah dilihat dari segi kualitas, tidak kuantitas. Rosulullah menekankan untuk beramal baik, meski sedikit namun jika istiqomah itu lebih bernilai daripada banyak tapi lekas menyerah dan tidak istiqomah. Ibarat membangun sebuah rumah, lebih baik menyusun bata satu persatu secara berkala dan istiqomah, daripada menyusunnya serentak namun tak diteruskan. Ibarat pepatah, yaitu

“ berakit rakit dahulu, berenang-trenang ketepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”

Adagium nusantara yang memberi pelajaran pada kita mengenai betapa pentingnya proses perjuangan. Dalam menempuh jalan hidup, perlu sikap optimis, berani, komitmen, dan berkorban demi menggapai apa yang menjadi mimpi. Dan, semua pengorbanan tidak akan menuai arti jika tidak istiqomah. Semua langkah memang berat, tapi kesakitan akan terobati oleh kesuksesan.

Mengutip dawuh imam Azzarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim bahwa:

الاستقامة خير من الف كرمة

Istiqomah lebih baik nilainya daripada seribu karomah”.

Satu amal yang konsisten, bisa menimbulkan sikap optimistis yang membuat seseorang mudah untuk meraih karamah. Sedangkan, karamah sendiri tidak akan lahir saat menafikan peran istiqomah. Bahkan, sebuah karamah bisa saja dicabut ketika seseorang telah hilang keistiqomahannya. Setiap amal yang lestari dan dijalani dengan penuh kesabaran, tentu akan berbuah manis.

Baca juga : Apa Itu Ukhuwah ?

Menuju Istiqomah

Menuju Istiqomah

Berikut tiga langkah sistematis untuk menuai Istiqomah, yaitu.

Pertama, tata niat. Orang yang menginginkan move on dari keterpurukan, sepantasnya ia memiliki tekad bulat (himmah aliyah) untuk merubah paradigma dari hidupnya.

الامور بمقاصدها

“Segala seseuatu bergantung pada niat awalnya.”

Bahkan dalam hadits yang masyhur yang diriwayatkan oleh Sahabat Umar bin Khattab, nabi bersabda:

وانما لكل امرئ ما نوى

“Setiap personal akan mendapatkan – balasan sesuai dari – apa yang ia niatkan”.

Ketika tekad atau niat untuk beristiqomah telah klimaks, maka semua obstacles tidak akan berarti. Hidup terasa ringan dijalani dan jalan menuju kesuksesan terus dipandang, tanpa peduli tanjakan dan belokan yang dilewati.

Kedua, sabar dan tawakkal. Istiqomah adalah hal yang tidak mudah. Menjalaninya, seperti menerjang tebing gunung yang terjal dan berbatu. Prosesnya panjang dan sangat akan haluan. Karena itu, diperlukan sebuah kesabaran yang disertai tawakkal, untuk mampu menaklukkan tantangan tersebut.

Ketiga, berdoa. Berdoa menjadi senjata orang mu’min. Orang yang berdo’a artinya ia telah meminta bala bantuan pada Allah untuk menaklukkan rintangan. Ketika kita berangan untuk menggapai istiqomah, maka musuh paling besar yaitu Nafsu. Nafsu timbul dari setan. Dan, yang mampu menghalangi godaan setan hanya Allah. Maka, segala usaha yang telah diupayakan perlu diberkahi oleh doa. Doa yang mujarab bermuara di hati. Maka, berdoalah meminta istiqomah dengan hati yang tulus dan iklas.

ولو استقاموا على الطريقة لاسقيناكم ماء غدقا

“Kalau mereka tetap berjalan lurus di jalan agama Islam, benar-benar kami akan memberi mereka minuman yang segar”

Ajaran Islam mengkristal di Alqur’an dan Assunnah. Mengkajinya adalah petunjukuntuk hidup. Dalam proses tersebut membutuhkan istiqomah. Istiqomahlah, seperti sebuah kehausan buah konsekuensi sabar dan tawakkal dibalas dengan tegukan air yang segar dan menyejukan.

Baca juga : Apa Itu Qanaah ?

Berikut Tips untuk Meningkatkan Istiqomah di Jalan Allah SWT

Berikut Tips untuk Meningkatkan Istiqomah di Jalan Allah SWT

1. Memahami Serta Mengamalkan Intisari dari Dua Kalimat Syahadat

Jika sudah bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, maka hal tersebut merupakan sebuah ikrar bahwa tidak akan menyembah selain Allah.

2. Banyak Membaca dan Mengamalkan Al-Qur’an

Dengan banyak berinteraksi dengan Al-Qur’an maka akan membuat hati menjadi lebih tenang dan merasa lebih dekat dengan Allah SWT.

3. Bersedekah

Bersedekah adalah salah satu amalan yang diwajibkan dalam agama islam. Dengan bersedekah, maka akan lebih istiqomah dalam menggapai ridhanya. Mulai dengan hal-hal kecil seperti, rutin bersedekah di masjid walau jumlahnya tidak banyak, sholat dhuha dan lain sebagainya.

4. Paksakan Diri untuk Bisa Bermanfaat bagi Orang Lain

Lakukanlah berbagai bentuk kebaikan untuk selalu membantu orang lain. Hal ini akan membuat hati menjadi lebih senang dan juga damai.

5. Yakin Bahwa Akan Ada Balasan di Akhirat

Yakinlah, setiap perbuatan yang dilakukan di dunia akan ada balasannya di akhirat kelak. Jika berbuat kebaikan, maka hal baik yang akan menghampiri, dan jika berbuat keburukan, maka hal buruk juga akan menimpa di akhirat kelak.

6. Mempunyai Kawan yang Selalu Mengajak Dalam Kebaikan

Untuk bisa terus beristiqomah di jalan Allah SWT, maka juga membutuhkan teman yang selalu mengajak selalu dalam kebaikan.

7. Banyak Membaca Kisah Orang-Orang Shalih

Kisah dari orang shalih terdahulu dapat memberikan semangat bagi untuk tetap terus istiqomah.

8. Banyak Berdo’a dan Meminta Pertolongan Allah SWT

Selalu berdo’a kepada Allah SWT agar senantiasa meneguhkan hati untuk beribadah kepada-Nya. Dan meminta tolong kepada Allah untuk dijauhkan dari hal-hal yang buruk dan bisa menggoyahkan keimanan.

Baca juga : Apa Itu Tabligh ?

Manfaat Istiqomah Dalam Kehidupan

Manfaat Istiqomah Dalam Kehidupan

Istiqomah memiliki beberapa manfaat untuk kehidupan manusia jika diterapkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari istiqomah yang akan Anda dapatkan jika menerapkan ajaran satu ini dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mendorong untuk senantiasa melakukan kebaikan

Manfaat pertama dari istiqomah yaitu bisa mendorong seseorang untuk senantiasa melakukan kebaikan. Maka, dengan memegang teguh istiqomah tersebut, maka akan selalu memperbaiki diri.

2. Mencegah manusia untuk melakukan kejahatan

Selain mendorong manusia untuk melakukan kebaikan, istiqomah juga bisa menghindarkan seseorang dari berbagai perbuatan yang jahat. Sehingga akan menjadi orang yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

3. Tahan terhadap godaan

Manfaat dari istiqomah selanjutnya yaitu seseorang akan senantiasa tahan terhadap dari godaan. Baik itu godaan untuk berbuat buruk dan hal lain yang bisa menyebabkan seseorang menjadi terhambat untuk mencapai cita-citanya.

Baca juga : Apa Itu Tawakal ?

Demikianlah ulasan mengenai Pengertian Istiqomah yang bisa dijadikan sebagai tambahan pengetahuan. Selain itu, juga untuk memotivasi agar selalu menjalankan perintah Allah serta menjauhi larangannya. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close