Pendidikan

Apa Itu Pengertian Evaluasi : Tujuan, Fungsi & Tahap Evaluasi

Evaluasi adalah proses identifikasi pengukuran atau penilaian apakah suatu kegiatan atau program telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan atau tujuan yang ingin dicapai. Pengertian lainnya adalah kegiatan mengumpulkan informasi tentang kinerja sesuatu (metode, manusia, peralatan) dimana informasi akan digunakan agar ditemukan alternatif terbaik saat mengambil sebuah keputusan. Berbagai bidang kehidupan membutuhkan evaluasi untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas baik dalam lingkungan individu, kelompok, maupun lingkungan kerja. Apa saja pengertian evaluasi tersebut? Simak ulasan berikut baik-baik ya!

Baca juga : Apa Itu Analisis ?

Pengertian Evaluasi

Pengertian Evaluasi

Evaluasi dibutuhkan untuk mengetahui berbagai peningkatan kemajuan suatu kegiatan, tingkat pencapaian suatu kegiatan sesuai dengan tujuan, serta menyangkut berbagai hal yang dilakukan di masa mendatang. Di bawah ini adalah beberapa pengertian evaluasi menurut para ahli, antara lain:

Menurut Para Ahli

Anne Anastasi

Menurut Anne Anatasi (1978), evaluasi adalah proses sistematis untuk menentukan seberapa jauh tujuan instruksional yang dicapai oleh seseorang. Evaluasi merupakan kegiatan menilai sesuatu secara terencana, sistematik, dan terarah sesuai tujuan yang jelas.

Sajekti Rusi

Evaluasi menurut Sajekti Rusi (1988) merupakan proses menilai sesuatu yang meliputi deskripsi tingkag laku siswa baik secara kuantitatif (pengukuran) maupun kualitatif (penilaian)

Suharsimi Arikunto

Menurut Suahrsimi Arikanto (2003) menyatakan bahwa evaluasi yaitu kegiatan untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu program pendidikan.

A.D Rooijakkers

Pengertian evaluasi merupakan usaha atau proses menentukan nilai-nilai. Lebih khususnya evaluasi diartikan sebagai proses pemberian nilai berdasarkan data kuantitatif hasil pengukuran sebagai acuan pengambilan keputusan.

Norman E. Gronlund

Menurut Norman E. Gronlund (1976), evaluasi adalah proses sistematis untuk menentukan keputusan sebagai bentuk pengukuran sejauh mana tujuan pengajaran yang telah dicapai oleh siswa.

Abdul Basir

Menurut Abdul Basir (1996) evaluasi adalah kegiatan pengumpulan data deskriptif, informatif, serta prediktif secara sistematik dan bertahap untuk menentukan suatu kebijaksanaan

William A. Mehrens dan Irlin J. Lehmann

Arti evaluasi menurut William A. Mehrens dan Irlin J. Lehmann (1978) yakni proses merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi untuk membuat alternated-alternatif keputusan,

Sudijono

Evaluasi adalah interpretasi atau penafsiran yang bersumber pada data kuantitatif dimana pengertian kuantitatif sendiri adalah hasil-hasil dari pengukuran.

Stufflebeam dkk

Evaluasi adalah proses penggambaran, perolehan, dan penyedia informasi yang berfungsi sebagai alternative keputusan.

Worthen dan Sanders

Evaluasi adalah mencari sesuatu berharga berupa suatu program atau informasi, produksi, maupun alternatif prosedur tertentu. Evaluasi bukan hal baru bagi manusia, sebab evaluasi mengiringi kehidupan seseorang.

Purwanto

Secara garis besar, evaluasi adalah pemberian nilai mengenai kualitas tertentu. Evaluasi juga merupakan proses merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi untuk membuat keputusan-keputusan alternatif.

Djaali dan Pudji

Menurut Djaali dan Pudji (2008:1), evaluasi adalah proses memperhitungkan sesuatu berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan lalu diambil keputusan sesuai obyek yang Akan dievaluasi.

Ahmad

Arti evaluasi menurut Ahmad (2007:133) adalah proses sistematis untuk menentukan nilai sesuatu (ketentuan, kegiatan, keputusan, unjuk kerja, proses, orang, obyek) sesuai kriteria tertentu melalui penelitian.

Arikunto dan Cepi

Menurut Arikunto dan Cepi, evaluasi adalah aktivitas pengumpulan data tentang bekerjanya sesuatu, kemudian data digunakan untuk menentukan alternatif saat pengambilan keputusan yang tepat.

Uzer

Pengertian evaluasi menurut Uzer (2003:120) adalah proses seseorang untuk mendapatkan informasi berguna untuk menentukan dua hal atau lebih yang diinginkan.

Crawford

Evaluasi merupakan proses yang dipakai seseoran untuk melihat sejauh mana keberhasilan suatu program.

Baca juga : Apa Itu Penelitian ?

Tujuan Evaluasi

Tujuan Evaluasi

Beberapa tujuan evaluasi adalah:

  • Untuk mengetahui tingkat penguasaan seseorang pada kompetensi yang telah ditentukan
  • Untuk mengetahui kesulitan yang dialami seseorang sehingga dilakukan diagnosis dan kemungkinan pemberian remedia teaching
  • Untuk mengetahui tingkat efisiensi dan efektivitas metode, media, dan sumber daya lain ketika melaksanakan suatu kegiatan
  • Sebagai umpan balik dan infomasi penting pelaksana evaluasi dalam memperbaiki berbagai kekurangan yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan

Fungsi Evaluasi

Fungsi Evaluasi

Kegiatan evaluasi bermanfaat bagi pihak yang mengevaluasi maupun dievaluasi, adapun beberapa fungsi evaluasi adalah:

Fungsi Selektif

Fungsi selektif adalah fungsi menyeleksi seseorang apakah sudah memiliki kompetensisesuai stnada yang ditetapkan. Misalnya, menentukan seseorang dapat diterima kerja atau tidak, menentukan karyawan bisa naik jabatan atau tidak, dan sebagainya.

Fungsi Diagnosa

Fungsi diagnosa memiliki tujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan seseorang di bidang kompetensi tertentu. Misalnya, mengetahui kelebihan dan kekurangan siswa di bidang studi yang didapatkannya dari sekolah.

Fungsi Penempatan

Fungsi penempatan berfungsi untuk mengetahui posisi terbaik seseorang dalam suatu bidang tertentu. Misalnya, mengetahui posisis terbaik karyawan sesuai dengan bidangnya dalam suatu perusahaan.

Fungsi Pengukuran Keberhasilan

Di dalam fungsi ini, evaluasi digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu program termasuk pemakaian metode, penggunaan sarana, dan pencapaian tujuan.

Baca juga : Apa Itu Konsep ?

Tahap-Tahap Evaluasi

Tahap-Tahap Evaluasi

Evaluasi memiliki tahapan yang penting untuk dilaksanakan. Berikut ini adalah tahapan-tahapan evaluasi secara umum, diantaranya adalah:

Menentukan Apa Saja yang Akan Dievalausi

Di setiap kegiatan dalam bidang apapun yang dilaksanakan akan selalu berkaitan dengan evaluasi. Segala bentuk evaluasi akan mengacu pada program kerja atau kegiatan lain yang memiliki aspek-aspek untuk dievaluasi. Tetapi, secara umum hal yang paling diutamakan untuk dievaluasi adalah hal yang menjadi kunci utama atau key-success.

Merancang Kegiatan Evaluasi

Sebelum melakukan kegiatan evaluasi suatu pekerjaan atau kegiatan yang telah dilaksanan, perencanaan evaluasi harus dilakukan terlebih dahulu. Seperti apa desain evaluasi yang akan dilaksanakan, data-data apa yang diperlukan, tahap kerja yang harus dilalui, hingga hal-hal yang dihasilkan sebelum melakukan evaluasi tersebut.

Mengumpulkan Data Evaluasi

Setelah rancangan kegiatan evaluasi yang dieprlukan selesai disiapkan, maka tahap selanjutnya adalah mengumpullkan data. Tahap ini dilakukan secara efektif dan efisien sesuai kaidah-kaidah ilmiah serta sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Analisis Data dan Pengolahannya

Setelah mengumpulkan data, maka selanjutnya adalah menganalisis data yang telah diterima. Cara mengolah data adalah dengan mengelompokkan agar mudah dianalisis menggunakan alat penganalisis yang sesuai sehingga menghasilkan fakta terpercaya. Hasil analisis ini akan dibandingkan dengan rencana awal.

Pelaporan Hasil Evaluasi

Tahapan terakhir dari proses evaluasi adalah pelaporan hasil evaluasi supaya bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Oleh sebab itu, hasil evaluasi yang sudah dilakukan harus didokumentasikan agar bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Baca juga : Apa Itu Metode Penelitian ?

Jenis-Jenis Evaluasi

Jenis-Jenis Evaluasi

Di bawah ini adalah jenis-jenis evaluasi, antara lain:

Evaluasi Formatif

Evaluasi formatif merupakan penilaian hasil-hasil yang dicapai selama kegiatan atau program kerja berlangsung. Waktu pelaksanaan evaluasi dilaksanakan secara rutin per bulan atau per tahun. Sesuai denan informasi hasil penilaian, manfaat evaluasi formatif adalah memberikan umpan balik kepada manajer program terhadap kemajuan hasil yang dicapai beserta hambatan-hambatan yang dihadap selama berlangsungnya suatu kegiatan.

Evaluasi Sumatif

Evaluasi sumatif merupakan penilaian hasil-hasil yang dicapai selama terlaksananya suatu kegiatan secara keseluruhan mulai dari awal hingga akhir. Waktu pelaksanaan hasil evaluasi adalah saat akhir kegiatan sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan oleh suatu kegiatan atau program kerja.

Baca juga : Apa Itu Obsesi ?

Demikian ulasan lengkap mengenai pengertian evaluasi dan semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close